cover
Contact Name
Yeni Budi Rachman
Contact Email
yeni.budi@ui.ac.id
Phone
+62217872353
Journal Mail Official
yeni.budi@ui.ac.id
Editorial Address
Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia Gedung 7, Lantai 1, Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan
Published by Universitas Indonesia
ISSN : 14110253     EISSN : 25027409     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan (JIPK) adalah jurnal ilmiah dalam bidang ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan yang diterbitkan oleh Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. Cakupan topik meliputi: 1. Etika Profesi Pustakawan dan Arsiparis; 2. Manajemen Perpustakaan Umum, Khusus, Sekolah dan Perguruan Tinggi; 3. Literasi Informasi; 4. Layanan pada Perpustakaan dan Lembaga/Unit Arsip; 5. Preservasi dan Konservasi Media Informasi (Bahan Perpustakaan dan Arsip); 6. Teknologi Informasi di Perpustakaan dan Lembaga/Unit Arsip; 7. Perpustakaan dan Media Sosial; 8. Big Data dan Data Analitics; 9. Manajemen Koleksi Perpustakaan dan Arsip; 10. Open Access, Open Data dan Data Management; 11. Topik lain terkait bidang Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Untuk menjaga kualitas penerbitan, maka setiap artikel yang masuk akan melalui proses penelaahan oleh rekan sejawat (mitra bebestari) sebelum akhirnya diterbitkan. Adapun rekan sejawat (mitra bebestari) merupakan para pakar dan praktisi yang mumpuni dalam bidang Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan dan berasal dari berbagai institusi. Jurnal ini dapat dibaca oleh akademisi, praktisi, atau siapaun yang berminat untuk menambah wawasan terbaru dalam bidang Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan" : 7 Documents clear
Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dalam Serial Animasi "Daitoshokan No Hitsujikai" (A Good Librarian Like A Good Shepherd) Muhammad Indraji; Nina Mayesti
Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan Vol 19, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan
Publisher : Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7454/jipk.v19i2.123

Abstract

Penelitian ini membahas pemanfaatan perpustakaan sekolah dan pemanfaatan klub perpustakaan (books club) yang direpresentasikan dalam serial animasi “Daitoshokan no Hitsujikai (A Good Librarian Like A Good Shepherd)”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis framing. Hasil penelitian menunjukan bahwa serial animasi ini merepresentasikan fungsi dan pemanfaatan perpustakaan sekolah, khususnya dalam kegiatan klub perpustakaan sebagai bagian dari perpustakaan sekolah. Fungsi dan pemanfaatan perpustakaan sekolah direpresentasikan melalui perangkat-perangkat analisis framing. Perangkat analisis framing lebih berfokus kepada analisis metafora yang terkandung dalam serial animasi ini. Analisis metafora dalam penelitian ini didukung oleh analisis cerita, analisis tradisi, analisis slogan, analisis artefak atau fakta, analisis unsur yang kontras dalam serial animasi ini, analisis prasangka penonton setelah menonton serial animasi ini, dan analisis fungsi dan pemanfaatan perpustakaan yang digambarkan dalam serial animasi.  Analisis-analisis tersebut dibantu dengan analisis elemen ide yang terdapat dalam serial animasi. Selain itu, dalam serial animasi ini diperlihatkan ide bahwa perpustakaan sekolah dapat menjadi pusat aktivitas dalam lingkungan sekolah.
Motivasi Guru Pustakawan: Studi Kasus di Sekolah Luar Biasa A Pembina Tingkat Nasional Galih Gita Pangestu; Margareta Aulia Rachman
Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan Vol 19, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan
Publisher : Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7454/jipk.v19i2.124

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai sumber daya manusia di Sekolah Luar Biasa A Pembina Tingkat Nasional (SLB A PTN), yang berfokus pada motivasi kerja guru pustakawan. Guru pustakawan di SLB A PTN ini merupakan seorang guru yang dengan sukarela merangkap tugasnya menjadi seorang guru pustakawan. Untuk itu dalam melakukan pengelolaan perpustakaan yang baik dan benar, seorang guru pustakawan tersebut pasti memiliki motivasi yang membuat guru pustakawan tersebut menjalankan dua tugas sekaligus. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara dan observasi. Tujuan dari penelitian ini menggambarkan motiviasi yang dimiliki guru pustakawan SLB A PTN dalam bekerja dan faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi guru pustakawan bekerja berdasarkan pada keinginanya untuk mewujudkan perpustakaan yang baik. Selain itu, faktor yang memengaruhi motivasi guru pustakawan adalah faktor yang berasal dari dalam dirinya sendiri yaitu berdasarkan prestasi, pengakuan, tanggung jawab dan status pekerjaannya. 
Perilaku Pemustaka dalam Memperlakukan Koleksi Perpustakaan: Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Indonesia Suhaila Suhaila; Yeni Budi Rachman
Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan Vol 19, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan
Publisher : Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7454/jipk.v19i2.125

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perilaku pemustaka dalam memperlakukan koleksi di Perpustakaan Universitas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai bentuk perilaku pemanfaatan koleksi disertai pula dengan upaya baik yang telah dilakukan maupun yang dapat dilakukan kedepannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa bentuk perilaku pemustaka dalam pemanfaatan koleksi di Perpustakaan Universitas Indonesia antara lain meliputi mutilasi, vandalisme, hingga terkena air hujan. Upaya yang tengah dilakukan Perpustakaan Universitas Indonesia dilakukan melalui kegiatan sirkulasi, shelvinghingga preservasi dan konservasi. Penelitian ini menyarankan agar pihak perpustakaan dapat mempertimbangkan pengadaan pendidikan preservasi/pelestarian bahan pustaka untuk para pemustaka. 
Implementasi Literasi Informasi dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pemustaka di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dinda Ayu Sumanti; Kiki Fauziah
Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan Vol 19, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan
Publisher : Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7454/jipk.v19i2.121

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi literasi informasi di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi implementasi literasi informasi di Perpustakaan Kemendikbud melalui program kegiatan yang dibuat oleh perpustakaan dan diselenggarakan secara berkala setiap tahun. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi literasi informasi yang dilakukan oleh Perpustakaan Kemendikbud melalui program kegiatannya dirancang selain untuk mendukung salah satu program organisasi induknya yaitu Gerakan Literasi Sekolah (GLS), juga untuk memperkenalkan konsep literasi informasi kepada para siswa di jenjang pendidikan sekolah. Implementasi program terdiri atas beberapa jenis kegiatan seperti lokakarya literasi informasi, library tour, dan permainan interaktif yang disebut ‘treasures hunt’. Walaupun program masih dikemas dengan sederhana, namun respon positif dari peserta maupun manfaat yang didapatkan oleh mereka membuat program ini dinilai dapat terus dijalankan bahkan dikembangkan menjadi lebih baik lagi.
Informasi Mengenai Perempuan dalam Berita di Kompas.com Female Rizka Awalia Kamila; Laksmi Laksmi
Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan Vol 19, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan
Publisher : Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7454/jipk.v19i2.126

Abstract

Penelitian ini membahas seputar informasi mengenai perempuan yang terdapat dalam suatu berita di salah satu portal berita onlinekompas.com. Pada penelitian ini, peneliti berfokus pada salah satu kanal pada portal tersebut yaitu kanal femalekompas.com yang menjadi bahan penelitian. Penelitian ini berusaha menganalisis isi informasi mengenai perempuan pada sebagian berita di kanal femalekompas.com dalam suatu periode dan dikaitkan dengan konsep budaya patriarki yang dapat mewakili eksistensi kaum perempuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana informasi mengenai perempuan yang berkaitan dengan budaya patriarki pada berita di kanal femalekompas.com. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis isi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kontradiksi antara informasi mengenai perempuan dalam berita dengan konsep budaya patriarki dari keseluruhan berita yang diteliti. Kontradiksi yang dimaksud adalah kaum perempuan dapat menjadikan berita pada media onlinesebagai sumber inspirasi dalam mengembangkan dirinya untuk hidup dan berkarya sesuai keinginan tanpa adanya batasan dan larangan. Hal tersebut didapat berdasarkan dari kumpulan berita yang disajikan pada periode Bulan April di kanal femalekompas.com. Periode tersebut dipilih karena didalamnya terdapat topik khusus yaitu topik “Kartini-Kartini Masa Kini” yang peneliti anggap sebagai representasi dari kaum perempuan masa kini. 
Minat Baca Siswa Sekolah Dasar di Depok: Studi Kasus di SDN Anyelir 1 Depok Jaya Margareta Aulia Rachman; Yeni Budi Rachman; Yuliana Mukti Rachmawati
Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan Vol 19, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan
Publisher : Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7454/jipk.v19i2.122

Abstract

Penelitian ini membahas minat baca siswa sekolah dasar siswa kelas dua di Sekolah Dasar Negeri Anyelir 1 Depok Baru, Kota Depok, Jawa Barat. Adanya kebiasaan membaca pada siswa Sekolah Dasar di Kota Depok juga menjadikan kota ini ramah terhadap anak-anak. Tujuan dari penelitian ini, menggambarkan minat baca siswa kelas dua dengan fase usia 8 tahun di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Anyelir 1 Depok Baru, Depok, Jawa Barat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah survei dan observasi. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara total sampling dimana seluruh siswa kelas 2 Sekolah Dasar Negeri Anyelir 1 Depok Baru berjumlah 152 siswa menjadi responden penelitian. Hasil penelitian menunjukkan Minat baca siswa kelas 2 Sekolah Dasar Negeri Anyelir 1 Depok Baru tergolong masih rendah, hal ini terlihat dari hasil survei yang dilakukan kepada seluruh siswa kelas 2 yang menunjukkan secara keseluruhan tidak lebih dari 55% siswa yang melakukan kegiatan membaca di waktu luang. Kegiatan membaca di waktu luang juga tidak secara otomatis dilakukan oleh siswa dan bukan merupakan ciri khas ku. Namun demikian, 55% siswa menyatakan bahwa membaca merupakan kegiatan yang telah dilaksanakan sejak dahulu. Hal ini merupakan tantangan bagi guru dan orang tua untuk mendekatkan anak pada bahan bacaan, karena minat baca tidak dapat datang sendirinya pada diri anak.
Peran Perpustakaan dalam Implementasi Balanced Scorecard Lembaga Induknya: Studi Kasus di Kementerian Keuangan dan BPPT Muthia Nurhayati; Tamara Adriani Salim; Fuad Gani
Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan Vol 19, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan
Publisher : Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7454/jipk.v19i2.127

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran perpustakaan dan persepsi pegawai perpustakaan dalam implementasi BSC di Kementerian Keuangan dan BPPT. Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif deskriptif untuk mengetahui peran perpustakaan dan kuantitatif deskriptif untuk mengetahui persepsi pegawai perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan peran perpustakaan dalam implementasi BSC terletak dalam perspektif proses internal peta strategi lembaga induk. Persepsi pegawai perpustakaan Kemenkeu terhadap implementasi BSC masih dirasa belum memadai dalam faktor sumber daya (staf, anggaran, dan fasilitas). Sementara itu, persepsi pegawai perpustakaan BPPT terhadap implementasi BSC masih dirasa belum memadai dalam faktor komunikasi (kejelasan dan konsistensi), faktor disposisi (pemberian insentif), dan faktor struktur birokrasi (standar operasi prosedur). 

Page 1 of 1 | Total Record : 7