cover
Contact Name
Kamal
Contact Email
assegafkamal@gmail.com
Phone
+6281341108090
Journal Mail Official
assegafkamal@gmail.com
Editorial Address
Jalan Di Ponegoro No 14
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Trend : Pemasaran, Produksi, Keuangan, SDM, Akuntansi dan Sistem Informasi Manajemen
Published by Universitas Alkhairaat
ISSN : 2088107X     EISSN : 27226565     DOI : https://doi.org/10.31970/trend.v8i2.193
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomi Trend : Pemasaran, Produksi, Keuangan, SDM, Akuntansi dan Sistem Informasi ManajemenJurnal Trend adalah jurnal yang terbit dua kali dalam satu tahun, jurnal ini di terbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat, jurnal ini merupakan hasil riset dalam dunia Ekonomi Manajemen, mencakup Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, dan Manajemen Sumber Daya Manusia.Jurnal Trend adalah jurnal yang berada di bawah program studi Manajemen yang telah diterbitkan semenjak tahun 2012. Jurnal Trend adalah media publikasi ilmiah berisi hasil-hasil penelitian, kajian, pemikiran, dan analisis kritis mengenai kebijakan di bidang ekonomi, Fakultas EkonomiĀ  Universitas Alkhairaat menerbitkan JKE sebagai media bagi para akademisi untuk mengkomunikasikan berbagai penelitian, kajian, pemikiran, dan analisis kritis terhadap kebijakan ekonomi.ISSN ONLINE : 2722-6565ISSN CETAK : 2088-107X
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1" : 6 Documents clear
PENGARUH DISIPLIN KERJA, KOMPETENSI DAN PRODUKTIVITAS TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) PROVINSI SULAWESI TENGAH Eva Warta I Pagisi
Jurnal Ekonomi Trend Vol 9 No 1
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v9i1.200

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh disiplin kerja, kompetensi, dan produktivitas terhadap kepuasan aparatur di Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Tengah. Populasi terdiri dari 46 pejabat yang semuanya dipilih sebagai responden melalui teknik sensus. Alat analisis adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin kerja, kompetensi, dan produktivitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pegawai KPU dengan nilai kuadrat 0,548 atau 54,8% yang menunjukkan bahwa kepuasan pegawai dipengaruhi pengaruh disiplin kerja, kompetensi, dan produktivitas. sebesar 54,8%, sedangkan unsur kepuasan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Secara parsial disiplin kerja dan produktivitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. Sedangkan produktivitas berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pegawai di Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Tengah dengan tingkat signifikansi 0,354> 0,05. Kata kunci: Disiplin kerja, Kompetensi, Produktivitas, dan Kepuasan Kerja
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA WARUNG KOPI CELEBEST DI KOTA PALU Faigah A Badjamal; Maulid Sakaria
Jurnal Ekonomi Trend Vol 9 No 1
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v9i1.202

Abstract

Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada warung kopi celebest di kota Palu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara simultan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada warung kopi celebest di Kota Palu. Adapun hasil penelitian yang didapatkan di lapangan bahwa hasil perhitungan regresi dapat diketahui bahwa koefisien determinasi (adjusted R2) yang diperoleh sebesar 0,401. Hal ini berarti 40,1% kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh bukti fisik, andalan, daya tangkap, jaminan dan kepedulian, sedangkan sisanya yaitu 59,9% kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variable-variabel lainnya yang tidak diteliti Dalam penelitian ini. kualitas layanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada warung kopi Celebes di kota Palu. Tangible Bukti fisik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada warung kopi Celebes di kota Palu. reliability keandalan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada warung kopi Celebes di kota Palu, responsiveness, daya tangkap secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada warung kopi celebest di kota Palu. Assurance, jaminan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada warung kopi Celebes di kota Palu. Emphaty, empati secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada warung kopi celebest di kota Palu Kata Kunci: Kualitas Layanan dan Kepuasan Konsumen
KAJIAN MENGENAI KEMAMPUAN MODAL SENDIRI DALAM MENJAMIN KESELURUHAN HUTANG PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Bisi International Tbk Tahun 2017-2019) Akhmad Akhmad; Labandingi Latoki
Jurnal Ekonomi Trend Vol 9 No 1
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v9i1.203

Abstract

This study aims to analyze the ability of its own capital owned by Bisi International Tbk to guarantee all of its debts. So the approach used is a case study. Data collection is done by documentation method and the data taken is secondary data. The data comes from the 2017- 2019 financial statements. The analysis technique in this study uses financial ratios, namely comparing total debt with own capital. The results of research and studies reveal that the company's financial condition, especially the guarantee of capital on debt, tends to be in good condition. This can be seen from the amount of each rupiah of own capital that is able to cover every rupiah of costs. This research needs to be expanded by analyzing the relationship and the influence of other components that affect the improvement of the company's financial performance. Keywords: Current Debt, Long-Term Debt, Own Capital
PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN, DAN LINGKUNGANKERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PENDIDIKAN KOTA PALU Abd Azis; Albar Alaydrus
Jurnal Ekonomi Trend Vol 9 No 1
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v9i1.204

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan pengaruh motivasi, disiplin dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Pendidikan Kota Palu. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi, disiplin dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Pendidikan Kota Palu. Metode yang digunakan Penelilti bersifat verifikatif dengan alat bantu koesioner terhadap 42 responden. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa melihat hubungan antara ketiga variabel bebas motivasi, disiplin dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Pendidikan Kota Palu sebesar 0,886 artinya hubungan variabel bebas (independen) terhadap variabel terikat (dependen) adalah sangat kuat. R Square atau koefisien determinasi (R2) adalah melihat pengaruh antara variabel motivasi, disiplin dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Pendidikan Kota Palu sebesar 0,786 atau 78,6% artinya pengaruh variabel bebas (independen) terhadap variabel terikat (dependen) sebesar 78,6% sedangkan sisanya 21,4% adalah pengaruh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Motivasi, Disiplin, Lingkungan Kerja dan Kinerja
ANALISIS PERSEDIAAN BERAS PADA TOKO BALI YASA LUWUK BANGGAI Zulfikar Jakaputera Djalamang; Nanang Qosim; Hasan Hasan
Jurnal Ekonomi Trend Vol 9 No 1
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v9i1.205

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang persediaan beras pada Toko Bali Yasa Luwuk Banggai tahun 2020, lebih spesifik terkait dengan pengelolaan persediaan dalam memenuhi kebutuhan yang di inginkan di pasaran. Manajemen persediaan yang efektif seringkali merupakan kunci keberhasilan operasi perusahaan. Manajemen berusaha untuk mempertahankan kualitas dan jenis persediaan yang cukup untuk memenuhi permintaan konsumen, tapi di sisi lain manajemen juga harus menghindarkan biaya penyimpanan persediaan yang terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. Persediaan yang terlalu kecil akan menimbulkan kekecewaan konsumen, sebaliknya persediaan yang terlalu tinggi akan menyebabkan biaya penyimpanan dan pemeliharaan persediaan akan melambung. Tujuan penelitian ini di lakukan untuk mengetahui jumlah persediaan beras yang paling optimal pada Toko Bali Yasa Luwuk Banggai dengan menggunakan beberapa metode yaitu Total Inventori Cost (TIC), Economi Order Quantity (EOQ), Safety Stock dan Reorder Point (ROP). Jenis data yang di gunakan adalah jenis data kuantitatif dengan menggunakan sumber data sekunder. Dari hasil penelitian serta pengolahan data yang telah dilakukan, diperoleh bahwa dalam waktu satu tahun Toko Bali Yasa melakukan pemesanan beras sebanyak 60 kali pemesanan dengan jumlah sebanyak 12.000 sak beras dengan total biaya persediaan sebesar Rp. 147.400.000,-. Untuk mengoptimalkan persediaan tersebut menggunakan metode EOQ diperoleh hasil bahwa pemesanan beras yang dilakukan Toko Bali Yasa sebanyak 60 kali pertahun tidak efisien dan tidak efektif atau belum optimal. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan metode EOQ diperoleh hasil pemesanan yang optimal yaitu sebanyak 20 kali pesan pertahun dengan jumlah pemesanan sekali pesan 592 sak dengan biaya persediaan sebesar Rp. 81.092.540,-. Penerapan metode ini dapat menghemat pengeluaran biaya Toko Bali Yasa sebesar Rp. 66.307.460,-. Usaha ini dapat menerapkan metode EOQ dengan menggunakan turunan rumus dari Safety Stock, bahwa Toko Bali Yasa harus menyediakan persedian sebanyak 267 sak beras sebelum melakukan pemesanan kembali atau Reorder Point (ROP) pada saat persediaan beras berjumlah 366 sak. Kata Kunci : Persediaan Optimal, TIC, EOQ, ROP, dan Safety Stock.
PENGARUH SERVANT LEADERSHIP, MOTIVASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERTANIAN BALAI PENYULUHAN PERTANIAN (BPP) KECAMATAN SIRENJA KABUPATEN DONGGALA Muhammad Rezal; Megawaty Sangkota
Jurnal Ekonomi Trend Vol 9 No 1
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v9i1.206

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan pengaruh pengaruh servant leadership, motivasi dan kompetensi terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pertanian Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh servant leadership, motivasi dan kompetensi terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pertanian Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala. Metode yang digunakan Penelilti bersifat Deskriptif dengan alat bantu koesioner terhadap 32 responden. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Multiple atau koefisien korelasi (R) adalah hubungan antara ketiga variabel bebas servant leadership, motivasi dan kompetensi terhadap kinerja pegawai Dinas Pertanian Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala sebesar 0,747 artinya hubungan variabel bebas (independen) terhadap variabel terikat (dependen) adalah kuat. R Square atau koefisien determinasi (R2) adalah melihat pengaruh antara variabel servant leadership, motivasi dan kompetensi terhadap kinerja pegawai Dinas Pertanian Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala sebesar 0,558 atau 55,8% artinya pengaruh variabel bebas (independen) terhadap variabel terikat (dependen) sebesar 55,8% sedangkan sisanya 44,2% adalah pengaruh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Servant Leadership, Motivasi, Kompetensi dan Kinerja

Page 1 of 1 | Total Record : 6