cover
Contact Name
Mashur Imam
Contact Email
Sajakimam@gmail.com
Phone
+6285326007778
Journal Mail Official
njisjurnal@gmail.com
Editorial Address
Sekolah Tinggi Agama Islam Cendekia Insani Jl.Raya Paowan No.25, Panarukan, Kec. Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68351
Location
Kab. situbondo,
Jawa timur
INDONESIA
Nusantara Journal of Islamic Studies
ISSN : 27459608     EISSN : 27222535     DOI : -
Core Subject : Education,
Nusantara Journal of Islamic Studies is Islam education scientific journal that contains articles on Islamic education, Islamic education thought and management of Islamic Education. Intended as a vehicle for critical thinking and open to all circles of academia, religion, intellectuals, students with the specifications of studies and research in the field of Islamic Education.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2022): September" : 8 Documents clear
Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di MTs Negeri Situbondo Saiful Bahri; Nurhafid Ishari
Nusantara Journal of Islamic Studies Vol. 3 No. 2 (2022): September
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/njis.2022.3.2.97-106

Abstract

Tingkat pendidikan orang tua sangat berpengaruh terhadap perolehan prestasi belajar siswa, ada yang latar pendidikan orang tua rendah, siswa berprestasi ada juga latar belakang pendidikan orang tua rendah siswa belum berprestasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Negeri Situbondo. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian Ex Post Facto. Sampel penelitian adalah 40 siswa kelas VII di MTs Negeri Situbondo dalam pengambilan sampel ditentukan dengan teknik Simple Cluster Sampling, Teknik pengumpulan datanya meliputi angket dan dokumentasi sedangkan untuk menguji hipotesis dengan korelasi berbantuan SPSS 22.0 for windows. Dengan taraf signifikansi 0,05 dan digunakan rumus korelasi product moment. Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa bahwa ada hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Negeri Situbondo dengan Nilai rhitung pada Pearson Correlation untuk uji hipotesis ini sebesar 0,347. Sementara itu nilai pada rtabel distribusi 5% atau 0,05 sebesar 0,257, maka rhitung 0,347 > rtabel 0,257. Berarti tingkat pendidikan orang tua mempunyai korelasi yang positif. Hal ini juga diperkuat dengan nilai signifikan yaitu sebesar 0,028 dimana nilai tersebut lebih kecil dari taraf nyata (a) 0,05, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima
Membangun Sekolah Peduli dan Berwawasan Lingkungan Ahmad Aziz Fanani; Muhammad Hisyam
Nusantara Journal of Islamic Studies Vol. 3 No. 2 (2022): September
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/njis.2022.3.2.107-121

Abstract

Dengan struktur yang sudah terprogram, dan adanya keterlibatan dan kepedulian seluruh warga lingkungan sekolah maka unsur-unsur lingkungan hidup dapat terwujud sesuai dengan visi , misi, dan strategi yang ada di sekolah. Undang-Undang No. 23 Tahun 1997 tentang Lingkungan Hidup secara bertahap dapat dilaksanakan dengan baik, dalam mengimplementasikannya melalui berbagai kegiatan yang terkait dan dilaksanakan oleh seluruh warga lingkungan sekolah sesuai dengan minat, bakat masing-masing dan potensi yang professional. Hal ini dapat dilihat dan dibuktikan dengan keberhasilan-keberhasilan yang di raih oleh sekolah.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match di SMP Islam Nurul Falah Muhammad Arifin; Syamsul Arifin
Nusantara Journal of Islamic Studies Vol. 3 No. 2 (2022): September
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/njis.2022.3.2.122-131

Abstract

Model pembelajaran Tipe Index Card Match atau mencari pasangan adalah model yang cukup menyenangkan yang digunakan untuk mengulang materi yang telah diberikan sebelumnya. Kelebihan dari model ini adalah meningkatkan kreativitas siswa, menfokuskan perhatian siswa, alokasi waktu yang mudah, dan terjadi diskusi dan presentasi antar kelompok, mampu meningkatkan hasil belajar siswa mencapai taraf ketuntasan belajar. Pendekatan yang digunakan kualitatif dan jenis rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan 2 siklus yang masing-masing siklus mencakup 4 fase yaitu prencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, tes dan dokumentasi sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapaan model pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII Pada Pembelajaran PAI di SMP Islam Nurul Falah. Dapat dikatahui bahwa hasil analisis pada hasil belajar siswa telah memenuhi standar ketuntasan belajar, yaitu 85% siswa mendapatkan nilai diatas 75. Pembelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match dapat memberikan dampak positif bagi keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran yang dapat dilihat dari persentase hasil belajar siswa.
Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di MA Burhanul Abrar Besuki Situbondo Rif'an Khumaidi; Halimatus Sa'diyah
Nusantara Journal of Islamic Studies Vol. 3 No. 2 (2022): September
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/njis.2022.3.2.132-143

Abstract

Tujuan penelitian yaitu Ingin mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MA Burhanul Abrar, ingin mengetahui faktor yang menghambat dan upaya kepala sekolah untuk mengatasi hambatan dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MA Burhanul Abrar Besuki. Metode penelitian yaitu kualitatif deskriptif, Sumber Data meliputi data primer, sekunder, pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Peneliti dalam menganalisis data kualitatif menggunakan metode analisis interaktif. Hasil penelitian ini yaitu peran kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru yaitu dengan a) sebagai seorang pendidik kepala sekolah fokus terhadap pengembangan kurikulum dan kegiatan belajar mengajar disekolah, b) sebagai pemimpin sekaligus manajer, c) sebagai pelaksanaan program kerja, d) Pengawasan dan pengendalian juga dilakukan secara terus menerus, e) Sebagai seorang motivator. Kepala sekolah mengalami hambatan dalam pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana dan Belum meratanya kemampuan atau skill dalam penggunaan internet dan teknologi merupakan hal yang harus diperhatikan. Upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk mengatasi hambatan dalam meningkatkan motivasi kerja guru yaitu dengan melakukan koordinasi dengan guru dan karyawan, melakukan bimbingan secara individu dan kelompok kepada guru dan karyawan, melakukan pelatihan Diklat untuk guru dan karyawan, pemberian reward terhadap guru dan karyawan yang berprestasi.
Formulasi Sarana Publikasi Sekolah Berbasis Podcast : Studi Kasus SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo Ahmad Rifdur Rohman; Ahmad Musaddad
Nusantara Journal of Islamic Studies Vol. 3 No. 2 (2022): September
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/njis.2022.3.2.144-153

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran podcast sebagai sarana publikasi di SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Datanya diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini berjumlah satu orang yaitu Wakasek Ur. Humasy dan Infokom SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Hasil penelitian yang diperoleh ialah perencanaan sekolah dalam melakukan kegiatan langkah awal yang dimulai dari penetapan tujuan. Penetapan tujuan sangat menentukan arah dalam mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien, setelah adanya penetapan tujuan pesantren maka langkah selanjutnya yaitu menyusun progam kerja sebagaimana mampu mempertahankankan eksistensi SMA Nurul Jadid dengan memberikan sebuah pelayanan terbaik melalaui pemanfataan podcast di SMA Nurul Jadid.
Proses Pembentukan Nilai Karakter Anak di Yayasan Panti Asuhan Dinas Sosial Kabupaten Situbondo Elga Yanuardianto; Fathorrahman
Nusantara Journal of Islamic Studies Vol. 3 No. 2 (2022): September
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/njis.2022.3.2.154-168

Abstract

Membentuk karakter merupakan proses yang berlangsung seumur hidup. Anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter jika ia tumbuh pada lingkungan yang berkarakter pula. Hal ini akan bisa terwujud dengan cara penerus generasi bangsa mampu meneruskan untuk mewujudkan karakter setiap individu yang baik. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Proses penanaman nilai karakter Panti Asuhan Dinas Sosial yaitu pendidikan karakter melalui pendekatan religius, nilai budaya, lingkungan, potensi diri yang dilaksanakan melalui sikap dan keseharian seperti menjalankan ibadah, siraman rohani, membersihkan lingkungan, memberikan bimbingan keterampilan. (2) Nilai karakter yang ditanamkan terhadap anak asuh yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, tanggung jawab. Nilai karakter tersebut ditanamkan terhadap anak asuh melalui perencanaan, pelaksanaan, materi pengasuhan, dan evaluasi pengasuhan. (3) Faktor penghambat dalam pengasuhan nilai karakter adalah asal mula anak yang belum memperhatikan nilai karakter karena anak hidup di lingkungan. Faktor pendukungnya adalah panti asuhan Dinas Sosial, lingkungan panti asuhan yang kekeluargaan. (4) Cara mengatasi hambatan yang ada di panti asuhan tersebut adalah lingkungan panti asuhan yang mendukung dengan kehidupan yang religius, pihak panti asuhan bekerja sama dengan bimbingan konseling.
Service Quality dalam Membangun Competitive Advantage di Pondok Pesantren Nurul Jadid Mashur Imam; Abdullah
Nusantara Journal of Islamic Studies Vol. 3 No. 2 (2022): September
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/njis.2022.3.2.167-186

Abstract

This study describes service quality in building a competitive advantage in Nurul Jadid Islamic Boarding School. This research uses a qualitative case study approach. The data is obtained from observations and interviews. The resource persons in this study were seven people and consisted of the head of the Nurul Jadid Islamic boarding school, the head of the bureau leadership, bureau staff, students, guardians of students, alumni and the community around the Nurul Jadid Islamic boarding school. The data analysis uses Miilles and Hubberman's data reduction, data display and data verification. The results obtained from the implementation of service quality in building a competitive advantage at the Nurul Jadid Islamic Boarding School are (1) Tangible: tangible services such as E-Bekal services, BPS, visiting students, goods deposit services, and so on, (2) Reliability: service in the form of reliability such as TOEFL test services, service SOPs, service regulations, teacher centralization, etc., (3) Responsivness: services that are responsive or complaints from guardians in the form of guardian groups, (4) Assurance: health insurance, job security and pensions, (5 ) Empathy: the role of guardian for students
Peran Kepala Sekolah pada Pengelolaan Program Tahfidz Quran untuk Meningkatkan Karakter Siswa D SD Anak Emas Denpasar, Bali Yeni Anggraini; Sudarsono
Nusantara Journal of Islamic Studies Vol. 3 No. 2 (2022): September
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/njis.2022.3.2.187-196

Abstract

Kepemimpinan merupakan faktor yang paling penting dalam menunjang tercapainya tujuan organisasi sekolah. Keberhasilan kepala sekolah dalam mengelola kantor, mengelola sarana prasarana sekolah, membina guru, atau mengelola kegiatan sekolah lainnya, salah satunya mengelola hafalan Al-Qur’an siswa. Fokus permasalahannya sebagai berikut: 1) Bagaimana perencanaan pada pengelolaan program tahfidz quran dalam meningkatkan karakter siswa di SD Anak Emas Denpasar? 2) Bagaimana pelaksanaan pada pengelolaan program tahfidz quran dalam meningkatkan karakter siswa di SD Anak Emas Denpasar? 3) Bagaimana evaluasi pada pengelolaan program tahfidz quran dalam meningkatkan karakter siswa di SD Anak Emas Denpasar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perencanaan yang pada pengelolaan program tahfidz quran dalam meningkatkan karakter siswa di SD Anak Emas Denpasar. 2) Pelaksanaan pada pengelolaan program tahfidz quran dalam meningkatkan karakter siswa di SD Anak Emas Denpasar. 3) Evaluasi pada pengelolaan program tahfidz quran dalam meningkatkan karakter siswa di SD Anak Emas Denpasar. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode deskriptif, yakni dengan metode penyajian, penafsiran data terhadap faktor-faktor di lapangan. Untuk memperoleh data yang valid dan akurat, peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan pengelolaan program tahfidz untuk meningkatkan karakter siswa dengan cara analisis kemampuan, pengumpulan data, pengelompokkan peserta didik, serta perencanaan program tasmi’ jangka panjang, 2) Pelaksanaan pada pengelolaan program tahfidz quran dalam meningkatkan karakter siswa yaitu pemberian motivasi, pendekatan karakter, kendala/hambatan peaksanaan dan 3) Evaluasi pada pengelolaan program tahfidz quran dalam meningkatkan karakter siswa yaitu strategi mengajar guru, kualitas bacaan Alquran, kesenjangan kemajuan tiap kelas dan keterkaitan antara program tahfidz dengan karakter peserta didik.

Page 1 of 1 | Total Record : 8