cover
Contact Name
Suherman
Contact Email
suherman@ar-raniry.ac.id
Phone
+6285277389989
Journal Mail Official
jurnal.libria@ar-raniry.ac.id
Editorial Address
Perpustakaan Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Jln. Ar-Raniry No.1 Darussalam - Banda Aceh, 23111
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
LIBRIA: Library of UIN Ar-Raniry
ISSN : 20861532     EISSN : 25498606     DOI : -
Core Subject : Science, Social,
This journal specializes in any topics and subjects related to the Librarianship, information and documentation, also it present the subjects and topics related to archives and literacy
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 1 (2022)" : 6 Documents clear
Tingkat Pemanfaatan Layanan Booking Book di Perpustakaan Universitas Syiah Kuala Yuliana Yuliana; Misriati Misriati
LIBRIA Vol 14, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/14610

Abstract

ABSTRAKDalam meningkatkan kepuasan pemustaka selama  pandemi covid 19 perpustakaan USK tetap memberikan layanan yang prima bagi pemustaka. Saat pendemi covid melanda  maka akses masuk ke perpustakaan dibatasi untuk menghindari meningkatnya covid 19, maka dibuatlah salah satu aplikasi booking book untuk pemustaka yang ingin meminjam koleksi buku yang ada di perpustakaan. Pemustaka yang sudah membooking buku dapat langsung meminjam buku yang sudah disiapkan oleh petugas bagian layanan booking book. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2021, data yang diambil adalah dengan menganalis data lime survey yang diisi oleh pemustaka selama tahun 2021, dimana hasilnya menunjukkan bahwa  penilaian terhadap pemanfaatan aplikasi booking book sangat membatu pemustaka dengan rata-rata jawaban sangat setuju 564 orang, setuju 616 orang, kurang setuju 93 orang, tidak setuju 15 orang, dan sangat tidak setuju 64 orang. Berarti dapat disimpulkan bahwa tingkat pemanfaatan aplikasi booking book selama pandemi covid 19 sangat membantu pemustaka dalam mencari judul informasi buku yang hendak dipinjam.Kata Kunci: Booking book, Kepuasan Pemustaka, Layanan Online ABSTRACT In increasing user satisfaction during the COVID-19 pandemic, the USK library continues to provide excellent service for users. When the covid pandemic hit, access to the library was limited to avoid the increase in covid 19, so a booking book application was made for users who wanted to borrow a collection of books in the library. Readers who have already booked books can directly borrow books that have been prepared by the booking book service officer. This research was conducted in 2021, the data taken was by analyzing the lime survey data filled out by users during 2021, where the results showed that the assessment of the use of the booking book application was very helpful for users with an average answer of 564 people strongly agreeing, 616 people agreeing. 93 people disagree, 15 people disagree, and 64 people strongly disagree. This means that it can be concluded that the level of utilization of the booking book application during the covid 19 pandemic is very helpful for users in finding the title of the book information that they want to borrow. Keywords: Booking book, User Satisfaction, Online Service
Pengadaan Koleksi Digital Pada Aplikasi i-Tangkab Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Pengguna Pada Era Kenormalan Baru , Putri Latifa Adna; Dian Sinaga; Nurmaya Prahatmaja; Fitri Perdana
LIBRIA Vol 14, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/14606

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengadaan koleksi digital untuk memenuhi kebutuhan informasi permustaka pada era kenormalan baru melalui aplikasi i-Tangkab yang merupakan aplikasi perpustakaan elektronik milik pemerintah Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode penelitian atau pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sementara itu, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik gabungan atau triangulasi, yaitu memadukan teknik pengumpulan data wawancara mendalam atau in depth interview dan teknik pengumpulan data observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koleksi digital pada aplikasi bernama iTangKab tersedia sebanyak 1300 judul koleksi dengan beragam subjek. Proses pengadaan koleksi dilakukan dengan digitalisasi atau alih media bahan pustaka cetak yang sudah ada dan juga e-book yang merupakan hasil kolaborasi atau kerja sama antara Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang dengan Aksaramaya.Kata Kunci: Pengadaan Koleksi Digital, Perpustakaan Digital, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang AbstractThis research aims to know the process of procuring digital collections to meet library information needs in the new normal era through the i-Tangkab application, which is an electronic library application owned by the Tangerang Regency government. The method used in writing this article is a qualitative approach with a descriptive type of research. Meanwhile, the data collection technique used is a combined technique or triangulation, which combines in-depth interview data collection techniques or in-depth interviews and participatory observation data collection techniques. The results showed that digital collections onan application called iTangKab is available as many as 1300 collection titles with various subjects. The collection procurement process is carried out by digitizing or transferring existing printed library materials and ebooks which are the result of collaboration between Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang and Aksaramaya.Keywords: Procurement of Digital Collection, Digital Library, Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang.
Sistem Pengolahan Bahan Pustaka dan Dampaknya Terhadap Temu Balik Koleksi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara Rauzatunnisa Rauzatunnisa; Suherman Suherman
LIBRIA Vol 14, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/14611

Abstract

                                           ABSTRAKLatar belakangi dari penelitian ini adalah hasil observasi awal yang dilakukan dengan para pustakawan pada kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara, dimana pada proses pengolahan bahan pustaka terdapat ketidaksesuaian antara subyek buku dengan nomor kelas, sehingga berdampak pada temu balik koleksi yang dilakukan oleh pemustaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengolahan yang dilakukan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara dan dampaknya terhadap temu balik informasi. Metode yang digunakan adalah kualitatif melalui pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengolahan bahan pustaka yang dilakukan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara sudah memenuhi standar pengolahan Perpustakaan sebab sudah menggunakan bagan klasifikaasi dan adftar tajuk subjek yang sudah sesuai dengan ketentuan. Namun demikian dalam proses pengolahannya masih terdapat beberapa   kendala. Salah satunya adalah terdapat doubel jobddesk pustakawan bidang pengolahan dan pustakawan yang tidak berlatar belakang Pendidikan ilmu Perpustakaan sehingga mengakibatkan banyak persepsi yang terjadi pada saat pemberian nomor kelas yang mengakibatkan terjadi ketidaksesuaian antara nomor kelas dengan subjek dokumen. Hal ini terjadi karena pustakawan dalam menentukan nomor kelas dan subjek bahan pustaka hanya dengan membaca halaman buku atau daftar isi buku.  Kata Kunci: Pengolahan Bahan Pustaka, Temu Balik Informasi, Perpustakaan Umum ABSTRACTThe background of this research is the results of initial observations made with librarians at the Office of the Library and Archives of North Aceh Regency, where in the processing of library materials there is a discrepancy between the subject of the book and the class number, so that it has an impact on the collection of retrieval carried out by users. The purpose of this study was to determine the processing system carried out at the Office of the Library and Archives of North Aceh Regency and its impact on information retrieval. The method used is qualitative through a descriptive approach with data collection techniques using the methods of observation, interviews, and documentation. The results showed that the library material processing system carried out at the North Aceh Regency Library and Archives Service had met the library processing standards because it used a classification chart and subject heading list that were in accordance with the provisions. However, in the processing there are still some obstacles. One of them is that there are double job librarians in the field of processing and librarians who do not have a background in library science education, resulting in many perceptions that occur when giving class numbers which result in mismatches between class numbers and document subjects. This happens because the librarian in determining the class number and subject of library materials only by reading the pages of the book or the table of contents of the book. Keywords: Library Material Processing, Information Retrieval, Public Library
Mobile Library: One Inovation of Literacy Information Reference Rahmat Iqbal; Mezan El-Khaeri Kusuma; Irva Yunita; Aldy Gyan Dinasta
LIBRIA Vol 14, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/14607

Abstract

 AbtrakLiterasi informasi merupakan hal yang sangat dibutuhkan bagi segenap kalangan akademis ataupun kalangam masyarakat biasa dalam meningkat kemampuan dalam pengetahuan dalam sebuah informasi yang lagi terbaru atau yang lagi hangat disaat ini. Lahirnya budaya literasi digital seiring dengan kemajuan dalam teknologi informasi yang melahirkan sebuah kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan informasi digital tanpa harus memikirkan dari jarak dan lokasi yang mereka upayakan dalam mendapatkan informasi. Transformasi penelusuran informasi di era teknologi informasi menghasilkan sebuah maha karya yang menjadikan sebuah perubahan dalam budaya penelusuran informasi yang awal menggunakan cetak sebagai koleksi referensi menjadi literasi digital dan menggunakan digital buku sebagai referensi informasi digital. Peneliti menggunakan metodologi kualitatif, penelitian ini memakai deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data peneliti menggunakan sistem observasi perhadap aplikasi mobile library, wawancara dan studi literature aplikasi mobile library dan disajikan secara deskriptif dengan menjelaskan hasil observasi sesuai temuan di lapangan. Lembaga pendidikan sudah mulai siap dalam berinteraksi dengan perkembangan teknologi informasi hal tersebut terlihat dari sejauh ini sudah cukup banyak menyediakan / menghadirkan aplikasi mobile library di lingkungan pendidikan mereka baik itu dikalangan perguruan tinggi sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP).  Keyword: Perpustakaan mobile, Literasi informasi, literasi dijital. AbstrakInformation literacy is something that is very much needed for all academic circles or among ordinary people in increasing their ability in knowledge in information that is more recent or hot at this time. The birth of a digital literacy culture is in line with advances in information technology which makes it easy for the public to obtain digital information without having to think about the distance and location they seek to obtain information. The transformation of information retrieval in the information technology era produces a masterpiece that makes a change in the culture of information retrieval, which initially used print as a reference collection to become digital literacy and use digital books as a reference for digital information. The researcher uses a qualitative methodology, this research uses a qualitative descriptive. The method of data collection by researchers used an observation system for mobile library applications, interviews and literature studies of mobile library applications and presented descriptively by explaining the results of observations according to the findings in the field. Educational institutions have begun to be ready to interact with information technology developments, this can be seen from so far there have been quite a number of providing/presenting mobile library applications in their educational environment, both among colleges and junior high schools (SMP).Keyword: Mobile library, Information literacy, digital literacy. 
Strategi Penelusuran Informasi di Perpustakaan (Studi di Perpustakaan IAIN Manado) Radiyastika Awumbas
LIBRIA Vol 14, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/14608

Abstract

                                              Abstrak Perpustakaan merupakan sebuah lembaga yang menyediakan berbagai informasi baik yang tercetak maupun noncetak. Perpustakaan terlebih khusus perpustakaan perguruan tinggi sudah seharusnya menyediakan fasilitas yang baik bagi pengunanya. Beragam informasi telah tersedia untuk menunjang proses belajar mengajar. Oleh sebab itu keterampilan serta kemampuan dari pemustaka sangat diharapkan agar dapat memanfaatkan semua informasi yang telah disediakan. Penelitian ini akan membahas tentang strategi apa saja yang dilakukan pemustaka untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan agar dapat menyelesaikan tugas yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dimana fokus utama dari metode penelitian ini adalah menjelaskan objek penelitiannya, sehingga peristiwa dan fenomena yang terjadi dapat terjawab. Hasil dari penelitian ini secara keseluruhan sesuai dengan teori yang digunakan yaitu teori David Ellis, Cox dan Hall. Sebagian besar mahasiswa melakukan tahapan-tahapan dalam teori tersebut yaitu starting, chaining, brows­ing, differentiating, monitoring, extracting, verifying, dan ending. Namun ada beberapa tahap yang jarang dilakukan oleh mahasiswa sebagai pemustaka. Diantaranya adalah mencari refensi lain selain referensi utama. Kata Kunci: startegi, penelusuran informasi, perpustakaan AbstractA library is an institution that provides a variety of information, both printed and non-printed. Libraries, especially college libraries, should provide good facilities for their users. Various information is available to support the teaching and learning process. Therefore, the skills and abilities of the users are expected to be able to take advantage of all the information that has been provided. This study will discuss what strategies are used by users to get the information needed in order to complete the given task. This study uses a qualitative descriptive research method where the main focus of this research method is to explain the object of research, so that events and phenomena that occur can be answered. The results of this study as a whole are in accordance with the theory used, namely the theory of David Ellis, Cox and Hall. Most of the students carried out the stages in the theory, namely starting, chaining, browsing, differentiating, monitoring, extracting, verifying, and ending. However, there are several stages that are rarely carried out by students as users. Among them is looking for other references besides the main reference. Keywords: strategy, information search, library
Membangun Etika Komunikasi dalam Layanan Informasi Perpustakaan Syukrinur A. Gani
LIBRIA Vol 14, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/14609

Abstract

 AbstrakArtikel ini mengkaji tentang etika komunikasi yang perlu dibangun pustakawan dalam layanan informasi perpustakaan. Etika komunikasi memegang peranan penting dalam berkomunikasi. Komunikasi antar manusia memegang teguh prinsip etika sehingga terbangun hubungan yang menyenangkan. Bagaimana etika komunikasi dalam layanan informasi perpustakaan?. Dalam menjawab permasalahan, kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menelaah dan merujuk kepada bahan-bahan dalam berbagai literatur baik berupa buku atau tulisan dari berbagai bentuk yang ada kaitannya dengan permasalahan yakni etika komunikasi. Analisis data adalah deskriptif analisis yaitu mendeskripsikan data yang terkait dengan permasalahan dan disusun secara sistematis sesuai dengan permasalahan. Hasil kajian menunjukkan bahwa etika communisis yang dapat membangun hubungan menyenangkan dengan pemustaka dalam layanan informasi adalah komunikasi dengan bahasa secara lemah lembut, jujur, dan menghargai orang lain.Kata Kunci: Etika Komunikasi, Layanan Informasi AbstractThis article examines the communication ethics that librarians need to build in library information services. Communication ethics plays an important role in communicating. Communication between humans adheres to ethical principles so that a pleasant relationship is built. How is the ethics of communication in library information services? In answering the problem, this study uses a qualitative approach by examining and referring to materials in various literatures in the form of books or writings of various forms that are related to the problem of communication ethics. Data analysis is descriptive analysis that is describing data related to the problem and arranged systematically according to the problem. The results of the study show that communication ethics that can build pleasant relationships with users in information services is communication with language that is gentle, honest, and respectful of others. Keywords: Communication Ethics, Information Services

Page 1 of 1 | Total Record : 6