cover
Contact Name
M Garry Saputra
Contact Email
msaputra@bundamulia.ac.id
Phone
+628119991532
Journal Mail Official
jurnal.imaji@ubm.ac.id
Editorial Address
Jl Lodan Raya no 2 Jakarta Utara, Jakarta
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Titik Imaji
ISSN : 26204940     EISSN : 26212749     DOI : https://doi.org/10.30813/.v2i1.1523
Core Subject : Education, Art,
Titik Imaji merupakan jurnal ilmiah akademik yang diterbitkan oleh Progam Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Desain dan Teknologi, Universitas Bunda Mulia. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan dan mempelajari keilmuan desain komunikasi visual secara teoritis dan pragmatis dalam konteks lintas disiplin ilmu. Jurnal ini mencakup kerangka kerja konseptual, model analitis dan simulasi, kritik seni, studi kasus, dan penelitian empiris yang berkaitan dengan ilustrasi, tipografi, fotografi, seni visual, identitas visual, komunikasi visual, budaya visual, audiovisual, desain web, periklanan, videografi, film, animasi, multimedia, dan desain gim.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Titik Imaji" : 6 Documents clear
PERANCANGAN LOGO DAN IDENTITAS VISUAL UNTUK KOTA BOGO Brian Alvin Hananto
Jurnal Titik Imaji Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Titik Imaji
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/.v2i1.1525

Abstract

Sejak tahun 2014, Kota Bogor telah banyak menjalankan program-program yang ditujukan untuk meningkatkan brandnya. Dengan berbagai acara dan pengembangan infrastruktur, Bogor telah berhasil menunjukkan bahwa dirinya mampu dibranding dengan baik. Dari observasi pada beberapa tempat di Bogor, dan juga meninjau dokumentasi dan publikasi untuk Kota Bogor, dapat disimpulkan bahwa brand touchpoints dari Kota Bogor kurang konsisten dan tidak merepresentasikan esensi dari identitas Kota Bogor. Kemudian, setelah dilakukan studi dan wawancara, maka disimpulkan bahwa Kota Bogor membutuhkan sebuah redesain terhadap brand identitynya, dan hal itu dimulai dari identitas visualnya. Kebutuhan akan identitas visual tersebut direspon dengan dua alternatif desain logo yang ditampilkan dalam tulisan ini. Kedua desain logo tersebut berusaha merepresentasikan nilai-nilai yang berbeda dengan pendekatan yang rasional dan kontemporer dalam mendesain sebuah logo. Walaupun proyek desain ini adalah proyek simulatif untuk keperluan tugas akhir mahasiswa, kedua desain logo tersebut dipresentasikan dan dievaluasi kepada beberapa staf pemerintah Kota Bogor; hasilnya adalah salah satu desain dipilih dan dinyatakan cukup representatif untuk dikembangkan lebih lanjut dan kemudian diimplementasikan kepada beberapa brand touchpoints. Pada akhirnya, tulisan ini mencoba untuk menunjukkan sebuah proses desain yang komprehensif dalam mendesain sebuah identitas visual untuk sebuah kota, dimulai dari riset, penggagasan ide, dan juga pembuatan visual desain.  Kata Kunci: Desain Logo, Identitas Visual, Branding Kota, Bogor
ANALISIS ELEMEN VISUAL PADA DESAIN KEMASAN CHITATO RASA SAPI PANGGANG Ika Resmika Andelina
Jurnal Titik Imaji Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Titik Imaji
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/.v2i1.1526

Abstract

Kemasan merupakan salah satu faktor penting dalam industri produksi. Fenomena belanja modern juga menjadikan salah satu faktor kenapa sebuah kemasan menjadi penting. Dipengaruhi pula dengan gaya belanja self service menjadikan kemasan sebagai salah satu faktor penting dalam penjualan sebuah produk di berbagai macam kalangan. Salah satu pangsa pasar konsumen yang dianggap adalah remaja. Begitu banyak barang yang dikonsumsi oleh remaja dan makanan ringan berupa keripik kentang adalah salah satunya. Dari berbagai merek keripik kentang yang ada di pasaran, merek Chitato yang dipilih menjadi bahan penelitian. Merek ini dipilih karena merupakan merek yang dikenal luas. Produk sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah Chitato rasa sapi panggang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis elemen-elemen desain yang terdapat di dalam suatu kemasan keripik kentang, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskirptif berdasarkan teori desain, terutama desain anatomi kemasan oleh Silayoi & Speece.   Kata Kunci: Remaja, kemasan, Chitato, elemen desain, Silayoi & Speece.  
KARAKTER VISUAL TOKOH PADA GAME COUNTER STRIKE Teguh Meirizky Girdayanto
Jurnal Titik Imaji Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Titik Imaji
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/.v2i1.1527

Abstract

Videogames menurut Office Dictionary of Defense Modelling & Simulation  yang diterjemahkan sebagai suatu kompetisi fisik dan mental yang dilakukan para pemain untuk mencapai tujuan-tujuan di bawah aturan yang ditetapkan dalam jalan cerita. Videogames  merupakan bentuk kombinasi antara seni, teknologi dan produk ekonomi.  Konten dan karakter yang dikembangkan dalam sebuah game, jika ditinjau dari sudut pandang desain merupakan bentuk upaya sistematis pengembang game untuk menciptakan added value dalam produknya sehingga menghasilkan produk yang memiliki nilai ekonomis. Karakter  yang ditemukan pada game Counter-Strike yang menampilkan konten peperangan dengan menampilkan karakter terorrist dan counter-terorrist, secara visual menggiring konsumennya kepada pencitraan diri dalam kaitannya pada  tampilan visual karakter game Counter-Strike  Kata kunci: karakter, visual, gim, Counter-Strike
ANALISIS COVER ARTWORK ALBUM-ALBUM CHRISYE Yana Erlyana; Steffani Steffani
Jurnal Titik Imaji Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Titik Imaji
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/.v2i1.1523

Abstract

Dimotivasi oleh panjangnya diskografi Chrisye di industri musik Indonesia, penelitian ini dibuat untuk menganalisis cover artwork Chrisye. Penelitian ini menggunakan baik teori desain maupun teori lainnya yang berhubungan, dengan harapan hasil dari pembelajaran ini dapat berguna bagi desainer serta pebisnis yang hendak melakukan pekerjaan yang sama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menyajikan data deskriptif dari desain cover artwork dan informasinya yang berkesinambungan dengan teori serta literatur yang digunakan. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk dari analisis dari setiap cover artwork album Chrisye yang masing-masing terdiri dari analisis ketertarikan visual dan tampilan praktis dari setiap karya.  Kata kunci: Cover, Artwork, Chrisye, Album
KOMIK STRIP DAN FENOMENA CLICKBAIT Godham Eko Saputro; Toto Eko Haryadi
Jurnal Titik Imaji Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Titik Imaji
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/.v2i1.1528

Abstract

Kemudahan dalam mengakses informasi berdampak positif sekaligus negatif bagi masyarakat. Informasi yang sangat banyak dan update dalam hitungan detik menyebabkan website dan sosial media menjadi tempat menyebarkan berita-berita yang tidak kredibel, salah satunya yaitu clickbait. Clickbait semakin masif dan membuat masyarakat menerima informasi yang tidak sesuai dengan judul yang ditampilkan. Hal ini muncul karena adanya keuntungan yang bisa diperoleh penyebar konten clickbait. Masalah ini perlu diberantas dengan cara melawan clickbait menggunakan media yang juga digunakan oleh penyebar clickbait, yaitu sosial media. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendalami fenomena clickbait melalui proses observasi, studi literatur, serta pengalaman langsung peneliti saat mengakses berita clickbait. Analisis permasalahan menggunakan framing dengan memaparkan beberapa realita terpilih untuk menemukan statement sebagai dasar perancangan karya. Metode Design Thinking dipilih untuk mengembangkan komik strip sebagai media untuk memberikan informasi seputar fenomena clickbait. Komik strip dirancang menggunakan cerita humor agar mudah dipahami oleh target audiens. Melalui komik ini pula peneliti berharap agar praktisi maupun akademisi bidang desain komunikasi visual turut serta membantu memberantas clickbait agar masyarakat memperoleh informasi yang kredibel dan bermanfaat.  Kata Kunci: clickbait, design thinking, komik, strip
MOTIF BATIK BETAWI SEBAGAI INSPIRASI DALAM DESAIN POSTER PERIBAHASA INDONESIA Arif Priyono Susilo Ahmad; Rina Kartika; Hastjarjo Boedi Wibowo
Jurnal Titik Imaji Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Titik Imaji
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/.v2i1.1524

Abstract

Pengetahuan, pemahaman dan apresiasi masyarakat yang semakin menurun terhadap keberadaan budaya lokal Indonesia dapat melemahkan rasa dan nilai-nilai nasionalisme. Penelitian ini memandang beberapa hal sekaligus terkait masalah tersebut, bahasa Indonesia sebagai salah satu simbol nasionalisme, motif batik Betawi sebagai salah satu bentuk artefak budaya visual yang unik, dan desain poster sebagai media komunikasi visual. Tujuan penelitian ini adalah merajut kembali rasa memiliki dan bangga terhadap budaya Indonesia melalui desain poster peribahasa Indonesia yang terispirasi dari artefak-artefak budaya visual lokal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tahapan proses The Design Method yang menekankan proses observasi, identifikasi masalah, pengembangan konsep visual, dan implementasi desain. Motif batik Betawi dipilih sebagai sumber inspirasi dan eksplorasi karya desain poster peribahasa Indonesia yang berkarakter budaya betawi. Hasil dari penelitian ini adalah konsep dan pola rancangan poster peribahasa Indonesia yang terispirasi dari motif batik Betawi yang memiliki karakter lokal yang kuat.  Kata Kunci: motif batik, Betawi, desain poster, peribahasa

Page 1 of 1 | Total Record : 6