cover
Contact Name
Iman Nurjaman
Contact Email
jurnalceria@gmail.com
Phone
+6281542117322
Journal Mail Official
jurnalceria@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol, Kota Tangerang, Banten, Indonesia
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 23019905     EISSN : 2775409X     DOI : http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i2
Core Subject : Education,
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini memiliki fokus dalam penelitian dalam bidang pendidikan dan anak usia dini. Artikel ilmiah yang termasuk dalam jurnal ini adalah metode pengajaran, media pembelajaran, permasalahan anak usia dini dalam pendidikan, dan hal lain yang terkait pada anak usia dini.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2023): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini" : 6 Documents clear
Pengaruh Aplikasi E-Flashcard Untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang Hasni Lesta; Rismareni Pransiska
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 12, No 2 (2023): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v12i2.9929

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya upaya memperkenalkan kosakata bahasa inggris pada anak, hal tersebut diakibatkan oleh terbatasnya media ajar yang menarik pada proses belajar di TK Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang. Jenis dari penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif melalui metode eksperimen berupa quasy eksperimen. Populasi pada penelitian ini yakni semua anak pada TK Nur Ilaahi, dengan sampel B1 dan B2 yang setiap kelas dengan jumlah 10 anak. Teknik dalam mengumpulkan data melalui penggunaan test dimana terdapat 5 butir item instrument pernyataan. Teknik dalam menganalisis data melalui cara melakukan perbandingan perbedaan dari dua rata-rata nilai, yang mana dilaksanakan uji t (t-test) melalui bantuan program SPSS 19 for windows. Namun sebelumnya melaksanakan pengujian normalitas dan homogenitas terlebih dahulu. Berdasarkan hasil analisis data, rata-rata pre-test grup eksperimen 12,90 dan grup kontrol 12,00. Berdasarkan nilai sig (2-tailed) adalah 0,016<0,05. Sehingga bisa diraih kesimpulan dimana pengaruh aplikasi e-flashcard memberikan dampak akan pengenalan kosakata bahasa inggris pada anak usia dini pada Taman Kanak-Kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang.   Kata kunci: Aplikasi E-Flashcard, Kosakata Bahasa Inggris, Anak Usia Dini
Analisis Efektivitas Peran Guru Dalam Membangun Proses Eksplorasi Anak Di Tadika Bijak Lestari Al-Fikh Orchard Georgetown Penang Sukria Hairun Nisa
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 12, No 2 (2023): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v12i2.9930

Abstract

Berkenaan dengan sistem pendidikan salah satu penyebab rendahnyakreativitas anak ialah lingkungan yang kurang menunjang anak untukmengekspresikan kreativitasnya khususnya lingkungan keluarga dansekolah. Permasalahan ini muncul dengan banyaknya persoalanmenyangkut pengembangan potensi melalui pendidikan. Orang tuamaupun lembaga pendidikan lebih banyak melakukan kegiatan yangberorientasi pada pengembangan akademik. Penelitian ini bertujuanuntuk mendeskripsikan secara mendalam tentang peran guru dalammengembangkan kreativitas anak di Tadika Bijak Lestari Al-FikhOrchard Georgetown. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatifdengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dandokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapatdelapan peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak yaitu:guru sebagai pendidik, motivator, penasihat, teladan, pengajar,pembimbing, pelatih dan pengevaluasian. 2) Upaya guru dalammengembangkan kreativitas anak yaitu melalui proses pembelajaransentra yaitu: sentra IMTAQ, sentra peran, sentra bahan alam, sentra  balok, sentra persiapan dan sentra seni. 3) Faktor pendukung dalam mengembangkan kreativitas anak yaitu manajemen waktu, kondisi lingkungan, sarana prasarana, rangsangan mental, dorongan internal dalam diri anak dan peran guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: peran keluarga, rasa emosional anak yang berlebihan dan pengawasan guru yang terlalu ketat dalam proses pembelajaran.
Perilaku Kecanduan Bermain Gadget Pada Anak Usia Dini Edi Hendri Mulyana; Nuraly Ma’sum Aprily; Ai Siti Zaenab
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 12, No 2 (2023): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v12i2.9926

Abstract

Pada era sekarang, teknologi dan informasi berkembang dan mengalami kemajuan yang begitu pesat. Kita sudah tidak asing lagi dengan benda bernama gadget, yang mana benda tersebut merupakan salah satu dari hasil adanya perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi menjamah semua kalangan usia dari mulai orang dewasa, remaja, hingga anak-anak. Pada dasarnya anak senang dengan hal-hal baru yang diperolehnya dari kegiatan bermain. Bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Banyak anak zaman sekarang yang begitu sering bermain gadget bahkan bisa bermain gadget selama seharian. Kebiasaan bermain gadget ini sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak baik dari segi fisik maupun psikis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskrpsikan terkait perilaku kecanduan bermain gadget pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kajian pustaka, yaitu penelitian yang menghubungkan penelitian dengan penelitian yang sudah ada sebelumnya dan juga mendeskripsikan hasil analisis terhadap kajian teroritis dan hasil penelitian tentang penggunaan gadget pada tahun 2017 sampai 2021. Adapun hasil penelitian ini yaitu penggunaan gadget pada anak usia dini memberikan dampak negatif terhadap proses pertumbuhan dan perkembangan anak baik dari segi fisik maupun psikis karena mayoritas anak yang menggunakan gadget tersebut bermain tanpa adanya batasan ataupun kontrol dari orang tuanya.Kata kunci: Anak Usia Dini, Perilaku Kecanduan Gadget
Analisis Buku Cerita Bergambar Untuk Memfasilitasi Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Elan Elan; Taopik Rahman; Nadira Asri Fithriyati
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 12, No 2 (2023): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v12i2.9932

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari pada pentingnya memfasilitasi kemampuan menyimak anak usia dini, dimana kemampuan menyimak ini menjadi dasar untuk dikembangkannya perkembangan bahasa. Penelitian yang dilakukan ialah dengan menggunakan pendekatan kulaitatif metode deskriptif. Teknik dalam mengambil data yaitu observasi dan wawancara di TK Kartika IX-10/Cangkurileung. Adapun pada hasil observasi dan wawancara di TK Kartika IX-10/Cangkurileung anak dapat menyimak dengan menggunakan media pembelajaran yaitu menggunakan buku cerita bergambar. Pada analisis kualitatif yang dilakukan yaitu mereduksi data, peenyajian data serta simpulan. Berdasarkan dari hasil yang ditemukan buku cerita bergambar dapat memfasilitasi kemampuan menyimak anak usia dini.
Analisis Kebutuhan Pengembangan Animal Scrabble Untuk Memfasilitasi Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Imas Munisah; Sima Mulyadi; Edi Hendri Mulyana
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 12, No 2 (2023): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v12i2.9927

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan animal scrabble untuk memfasilitasi kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni EDR (Educational Design Research) model dari McKenney. Dimana penelitian ini dilakukan dengan 2 tahapan uji coba alat permainan edukatif animal scrabble.  Subjek dari penelitian ini adalah 18 anak usia 5-6 tahun. Selain itu, partisipan dari penelitian ini yakni 2 orang pendidik kelompok B di TK Artanita Al-Khoeriyah, RA Nurul Hikmah dan TK Kartika IX-10/ Cangkurileung. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu pedoman wawancara, lembar observasi, dokumentasi, validasi ahli dan angket. Adapun prosedur dari penelitian ini yakni 1) analisis dan eksplorasi, 2) desain dan kontruksi, 3) evaluasi dan refleksi, dan 4) intervensi yang matang. Hasil dari penelitian ini bahwa pengembangan animal scrabble sangat dibutuhkan dalam memfasilitas kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Kata kunci: Animal scrabble, kemampuan membaca permulaan, anak usia dini
Analisis Pesan Nilai Moral Dalam Film Kartun Nussa Rara Sinta Fatimah; Fajar Nugraha; Nandhini Hudha Anggarasari
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 12, No 2 (2023): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v12i2.9928

Abstract

Turunnya moral pada anak salah satunya disebabkan kurangnya tanyangan edukasi untuk anak sehingga anak menonton tanyangan yang kurang baik bagi usianya. Sehingga film kartun Nussa Rara hadir sebagai solusi atas kecemasan orang tua yang minimnya tanyangan edukasi untuk anak dan jarang sekali film kartun yang menawarkan kebaikan, terutama yang syarat akan nilai-nilai Islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum film kartun Nussa Rara dan untuk mengetahui pesan nilai moral dalam film kartun tersebut. Metode yang digunakan adalah analisis content dengan teknik analisis Ferdinand De Saussure. Hasil penelitian ini didapatkan pesan nilai moral yang terdapat pada film Nussa Rara yang berjudul “Tolong dan Terimakasih”, “Di Rumah Aja” dan “Adab Menguap”. Pesan nilai moral pada film tersebut ialah sopan santun, sifat peduli, sifat sabar, memberikan ilmu yang bermanfaat pada anak, belajar bersyukur dan nasehat baik yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya untuk bekal hidupnya. Film kartun Nussa Rara sangat dianjurkan untuk terus ditonton oleh anak-anak karena terkandung nilai moral sesuai dengan ajaran agama islam. Kata kunci: Nilai moral, anak usia dini dan film kartun nussa rara.

Page 1 of 1 | Total Record : 6