cover
Contact Name
Iman Nurjaman
Contact Email
jurnalceria@gmail.com
Phone
+6281542117322
Journal Mail Official
jurnalceria@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol, Kota Tangerang, Banten, Indonesia
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 23019905     EISSN : 2775409X     DOI : http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i2
Core Subject : Education,
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini memiliki fokus dalam penelitian dalam bidang pendidikan dan anak usia dini. Artikel ilmiah yang termasuk dalam jurnal ini adalah metode pengajaran, media pembelajaran, permasalahan anak usia dini dalam pendidikan, dan hal lain yang terkait pada anak usia dini.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2020): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini" : 6 Documents clear
Penerapan Kegiatan Bercerita Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia 5-6 Tahun Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang Adnun Shaffati Latifah; Evy Fitria
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 2 (2020): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v11i2.2337

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kegiatan bercerita dalam pembentukkan karakter anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hidayah Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti tentang penerapan kegiatan bercerita dalam pembentukan karakter anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hidayah Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, setelah melakukan pengamatan dan penelitian tersebut dengan ini peneliti dapat menarik sebuah  kesimpulan,  bahwa  nilai  karakter memang sangatlah penting untuk membentuk kepribadian yang baik berbudi luhur dalam diri anak.Dampak yang dirasakan akan mempengaruhi setiap perilaku anak sehari-hari dalam perkembangannya menuju kedewasaan, jika seorang anak mendapatkan pendidikan karakter yang cukup dari guru maupun orang tua, maka anak akan tumbuh menjadi generasi penerus bangsa, pembangun muda dan pribadi yang mulia.Selain itu karakter anak dikembangkan mulai dari pengembangan potensi anak terlebih dahulu, kemudian perbaikan dan penyempurnaan kedepannya seiring  dengan  proses  penyaringan  budaya yang sesuai dan cocok dengan karakter dalam diri anak.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan AnakUsia 5-6 Tahun Melalui Media Puzzle di PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang Ratih Fitri Astuti; Ratna Istiarini
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 2 (2020): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v11i2.2338

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Membaca Permulaan melalui media puzzle pada anak didik kelompok B PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak tiga (3) siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitin ini adalah anak didik kelompok B anak yang mengalami masalah kemampuan membaca permulaan, seperti menyebutkan simbol-simbol huruf vokal dan konsonan, menghubungkan lambang huruf vokal dan konsonan dengan gambar yang berawalan huruf vokal dan konsonan, membaca dan menulis nama sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan  melalui Media Puzzle. Kemampuan Membaca Permulaan pada Siklus I mencapai 51% , Siklus II meningkat mencapai 74% dan meningkat lebih baik lagi pada Siklus III mencapai 91%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variasi dalam pembelajaran memiliki peranan penting dalam  penelitian meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media puzzle. Dengan demikian terbukti bahwa penerapan melalui media puzzle dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di PAUD Flamboyan Kel.Sukasari Kec.Kota Tangerang.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Logika Matematika Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Riyadhul Aulad Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang Sopia Apriani; Angger Prima Widhiasih
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 2 (2020): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v11i2.2339

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok B di TK Riyadhul Aulad Kecamatan Cikupa. Kemampuan logika matematika anak masih tergolong rendah, subyek penelitian 10 anak didik terdiri laki-laki 6 dan perempuan 4 anak. Terdapat 7 anak yang masih rendah dalam kemampuan logika matematikanya, hal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya metode pembelajaran yang monoton, kurangnya insiatif dalam menyelesaikan masalah yang ada dilingkungan, dan kurangnya minat anak dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan logika matematika anak melalui metode eksperimen di TK Riyadhul Aulad Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama 3 siklus. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan kemampuan logika matematika anak pada pembahasan siklus 1, siklus II dan siklus III, anak didik yang berkembang sangat baik (BSB). Berdasarkan presentase pencapaian peningkatan kemampuan logika matematika anak  dari kondisi awal memperoleh persentase sebesar 45%, kemudian pada siklus I adanya peningkatan yaitu mencapai 57%, pada siklus II mengalami peningkatan kembali sebesar 74%, dan pada siklus III sebesar 96%. Sehingga presentase kenaikan dari pra siklus (kondisi awal) ke siklus I adalah sebesar 12%, presentase dari silus I ke siklus II adalah sebesar 17%, dan prsentase dari siklus II ke siklus III adalah sebesar 22%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat penulis simpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan logika matematika anak pada kelompok B di TK Riyadhul Aulad Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang.
Analisis Capaian Standar dan Pemanfaatan Hasil Akreditasi PAUD Provinsi Banten Busron Busron; Titi Rachmi
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 2 (2020): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v11i2.2335

Abstract

Akreditasi pada Satuan PAUD merupakan kegiatan menilai kelayakan program dan satuan berdasarkan delapan standar nasional pendidikan yang dalam hal ini mengacu pada Permendikbud nomor 137 Tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan anak usia dini. Harapan dari adanya akreditasi pada satuan PAUD yaitu dapat meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini. Oleh karena itu hasil dari kegiatan akreditasi PAUD perlu dianalisis dan dapat bermanfaat untuk merekomendasikan perbaikan bagi pemerintah daerah, khusunya dalam rangka pembinaan satuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat (1) bagaimana analisis capaian standar hasil akreditasi pada kabupaten/kota di Provinsi Banten dan (2) bagaimana pemerintah daerah dapat memanfaatkan hasil akreditasi dalam menentukan program dan kebijakan pada tingkat kabupaten/kota di Provinsi Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah meta-analysis dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dengan Ketua Badan Akreditasi Nasional PAUD dan PNF Provinsi Banten. Data sekunder bersumber dari website Badan Akreditasi Nasional PAUD dan PNF, Referensi Data Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta dokumen resmi peraturan perundang-undangan, dan hasil-hasil studi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) capaian rata-rata standar hasil akreditasi PAUD di Provinsi Banten tahun 2019 tertinggi pada standar penilaian pendidikan sebesar 91,04%, sedangkan rata-rata capaian terendah pada standar isi sebesar 60,80% dan (2) hasil akreditasi belum sepenuhnya ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah di tingkat kabupaten/kota di Provinsi Banten.
Penerapan Reinforcement Dalam Mendisiplinkan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Kinasih Kecamatan Pinang Tangerang Siti Masruroh; Nurul Fitria Kumala Dewi
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 2 (2020): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v11i2.2340

Abstract

Penanaman karakter seperti kedisiplinan diusia prasekolah sangat penting untuk dilakukan. Penanaman karakter disiplin dilakukan melalui pembiasaan sitiap hari selama proses belajar meengajar mencakup ketrampilan hidup, sosial, control diri, patuh pada peraturan. Penelitian ini bertujuan untuk menamkan karakter disiplin pada anak usia dini kususnya anak usia 5-6 tahun melalui penerapan reinforcement selama belajar mengajar di TK Islam Kinasih. Data yang terkumpul melalui metode oservasi, wawancara, dokumentasi dan analisis diskriminatif kualitatif. Hasil dari penelitian bahwa di TK Islam Kinasih telah menerapakan reinforcement dengan adil dan seimbang, telah menggunakan ketrampilan reinforcement dengan bervariasi, menggunakan prinsip-prinsip reinforcement kesabaran, bermakna kehangatan, waktu pemberian reinforcement dengan fleksibel dan menggunakan teknik reinforcement positif, modelling dan token conemy.  Hasil analisis data penelitian adalah penerapan reinforcement dapat diterapkan oleh berbagai pihak untuk diterapkan di sokalah oleh guru maupun orang tua di rumah. Jenis kedisiplinan yang diterapkan yaitu di siplin demokratis dan memotivasi anak melalui penerapan reinforcement.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Media Visual Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA.Manbaul Hikmah Rawalini Teluknaga Tangerang Syaidatur Rohmah; Iman Nurjaman
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 2 (2020): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v11i2.2336

Abstract

Kemampuan menyimak anak di Ra. manbaul hikmah rawalini masih tergolong rendah, subyek penelitian 12 anak terdiri 6 anak laki-laki dan 6 anak perempuan, terdapat 7 anak yang masih rendah kemampuan menyimak hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kemampuan menyimak  yang masih rendah, anak kurang fokus dalam kegiatan bercerita, media pembelajaran yang kurang menarik dan guru kurang kreatif dalam media pembelajaran, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak melalui media visual di Ra.Manbaul hikmah teluknaga tangerang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 3 (tiga) siklus. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan kemampuan menyimak  anak pada pembahasan siklus I, siklus II dan siklus III anak didik yang berkembang sangat baik atau (BSB). Berdasarkan persentasi pencapaian peningkatan kemampuan menyimak anak dari kondisi awal 40% pada ke siklus I  adanya peningkatan  yaitu 55% pada siklus II meningkat 70% pada siklus terakhir yaitu siklus III Mencapai 90%. Sehingga presentase kenaikan dari prasiklus (kondisi awal) ke siklus I adalah sebesar 15 % presentase kenaikan dari siklus I ke siklus II sebesar 16%, dan presentase kenaikan dari siklus II kesiklus III adalah 19%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat penulis simpulkan bahwa media visual dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak pada Kelompok B di RA.Manbaul Hikmah Rawalini Teluknaga Tangerang.

Page 1 of 1 | Total Record : 6