cover
Contact Name
Idola Perdini Putri
Contact Email
charity@telkomuniversity.ac.id
Phone
+6282262130800
Journal Mail Official
charity@telkomuniversity.ac.id
Editorial Address
https://journals.telkomuniversity.ac.id/charity/about/editorialTeam
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Published by Universitas Telkom
ISSN : -     EISSN : 26555336     DOI : https://doi.org/10.25124/charity
Journal of Charity is one of the scientific publication journals published by the Directorate of Research and Community Service (PPM), Telkom University. The aim of Charity is to build effective communication channels between stakeholders including academics and research institutions, the business world, government and society. In addition, it also aims to promote and disseminate research results in the development of theory and practice of community service, especially in Indonesia. Charity welcomes empirical and theoretical articles that discuss the Results of Community Experience. Manuscripts suitable for publication in Charity include domains such as business strategy and policy, entrepreneurship, Financial and Accounting Studies, human resource management, marketing, organizational behavior, organizational theory, Appropriate Technology and research methods implemented through Community Service.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2020): Charity - Jurnal Pengabdian Masyarakat" : 10 Documents clear
Penerapan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Menunjang Proses Belajar Mengajar di SD Negeri Kertasari 01 Kabupaten Bandung Dede Tarwidi; Putu Harry Gunawan; Didit Adytia
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 2 (2020): Charity - Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v3i2.2357

Abstract

Makalah ini menyajikan penerapan aplikasi pembelajaran interaktif berbasis multimedia untuk menunjang proses pelajar pengajar di SD Negeri Kertasari 01 Kabupaten Bandung. Penerapan aplikasi pembelajaran ini dituangkan kedalam sebuah pelatihan pembuatan konten pembelajaran interaktif dengan multimedia. Masyarakat sasar yang dijadikan sebagai mitra adalah guru-guru SD Negeri Kertasari 01 Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung yang jaraknya sekitar 42 km dari Telkom University. Permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat sasar adalah kurangnya media interaktif yang menunjang proses belajar mengajar, dalam satu kelas jumlah siswa terlalu banyak, proses penyampaian materi masih menggunakan papan tulis, siswa masih menggunakan buku ajar yang konvensional, keterbatasan waktu belajar siswa di sekolah. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, salah satu solusinya adalah dengan pembuatan materi ajar interaktif berbasis teknologi multimedia. Hal inilah yang mendorong kami untuk memberikan pelatihan bagi para guru SD Negeri Kertasari 01 dalam pembuatan materi ajar dengan bantuan multimedia. Untuk mengukur apakah pelatihan ini memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan peserta pelatihan dalam membuat materi ajar berbasis multimedia, kami melakukan observasi kemampuan peserta sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil observasi kemudian dianalisis menggunakan t-test. Hasil dari analisis menunjukkan terdapat cukup bukti dengan tingkat kesalahan 5% bahwa ada perubahan yang signifikan dalam pelatihan pembuatan konten pembelajaran interaktif berbasis multimedia.
Sosialisasi Implementasi Prototype Portal Manajemen Sumber Daya High Performance Computing (HPC): Simulasi Dinamika Molekular Heru Suhartanto; Arry Yanuar; Ari Wibisono; Yohanes Gultom
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 2 (2020): Charity - Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v3i1.2369

Abstract

Masalah pertama yang dihadapi terkait kegiatan ini adalah Penggunaan sumber daya High Performance Computing (HPC) membutuhkan fasilitas superkomputer yang sangat mahal, baik pengadaan maupun perawatannya. Sehingga fasilitas HPC tersebut hanya dimiliki institusi tertentu yang memiliki sumber pendanaan cukup besar. Terutama di Indonesia, mungkin hanya segelintir lembaga pendidikan dan penelitian yang mampu memilikinya. Hal ini mengakibatkan, pemanfaatan HPC untuk penelitian menjadi terbatas, karena sangat sedikit sekali aktivitas penelitian yang memiliki akses ke fasilitas HPC tertentu. Sehingga hal ini menjadi suatu hambatan tersendiri, terutama untuk kasus penelitian yang menuntut sumber daya komputasi besar. Masalah kedua yakni para peneliti yang umumnya berasal dari berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan sering tidak memiliki kemampuan tentang bagaimana menggunakan infrastruktur HPC tersebut. Umumnya, pengguna HPC cloud akan diberikan beberapa server virtual, kemudian server virtual tersebut harus disiapkan secara mandiri sesuai kebutuhan aplikasinya. Setup tersebut berkaitan dengan instalasi Sistem operasi, midleware, aplikasi, serta beberapa konfigurasi yang tidak sederhana. (Rajan et all, 2011) Sehingga, peneliti tersebut harus bertambah pekerjaan dan waktu tambahan untuk mempelajari suatu kemampuan lain yang cukup rumit di luar esensi penelitian itu sendiri agar mampu menggunakan cloud IAAS tersebut Untuk mengatasi masalah masalah pertama tersebut, muncul satu alternatif solusi, yaitu dengan penggunaan layanan cloud Infrastruktur-as-a-Service (IAAS), di mana layanan cloud tersebut menyediakan infrastruktur HPC. Layanan infrastruktur tersebut meliputi prosesor, memory, storage, jaringan internet, listrik serta perawatan. Saat ini banyak bermunculan vendor IAAS, seperti Amazon EC2 (Elastic Computing Cloud for Computing Service), S3 (Simple Storage Service), Microsoft Azure (PAAS), Google AppEngine, dan lainnya. Penulis telah mengembangkan prototype portal Sumber Daya HPC untuk simulasi dinamika molekuler sebagai output dari kegiatan penelitian beberapa tahun belakangan ini. Dalam kegiatan ini, dilakukan ujicoba implementasi prototype tersebut kepada usernya yakni para peneliti baik dosen dan mahasiswa. Sosialisasi pengenalan dan ujicoba prototype tersebut telah dilakukan kepada beberapa rekan dosen, peneliti dan mahasiswa di Universitas Padjajadan dan Institute Teknologi Bandung. Berdasarkan hasil kuesioner kegiatan sosialisasi ini, seluruh peserta merasa puas dengan kegiatan sosialisasi ini dan menganggap prototype tersebut dapat membantu memperbaiki kondisi mereka. Sistem yang diperkenalkan ini juga dianggap sesuai oleh seluruh peserta untuk mengangkat potensi bidang mereka (farmasi/kimia). Sebagian besar peserta juga merasa puas dengan acara yang diselenggarakan ini dan merasa cukup mampu untuk memanfaatkan sistem ini secara mandiri tanpa bantuan/pendampingan dari tim UI.
Pembangunan Marketplace Online Barang Digital Menggunakan Fitur Product Recommendation (Rating & Tag Analytics) dan Braintree Payment System Erwin Yulianto; Fajar Nurochim
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 2 (2020): Charity - Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v3i2.2712

Abstract

Menurut riset Google, nilai transaksi e-commerce pada tahun 2019 di Indonesia mencapai US$ 21 Milyar dan akan terus meningkat, sedangkan belum banyak perusahaan yang menyediakan aplikasi marketplace yang khusus mempromosikan barang digital kepada masyarakat sebagai salah satu potensi ekonomi Indonesia di masa depan. Penelitian ini mengambil tema Pengabdian Kepada Masyarakat melalui pengembangan aplikasi marketplace khusus barang digital. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu studi literatur dan observasi serta peninjauan langsung terhadap potensi peluang usaha di bidang content barang digital. Metode pembangunan perangkat lunak yang digunakan menggunakan model Software Development Life Cycle Waterfall. Fitur utama yang dikembangan pada aplikasi Marketplace Barang Digital yaitu Product Recommendation via Rating dan Tags Analytics. Produk ini diharapkan akan mampu mempromosikan barang digital kepada masyarakat luas, sebagai salah satu potensi ekonomi baru dan sumber penghasilan tambahan bagi masyarakat.
Implementasi Kurikulum Robotik di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Husnul Khotimah 2 Kuningan Ari Yanuar Ridwan
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 2 (2020): Charity - Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v3i2.2539

Abstract

Kemampuan yang harus disiapkan dalam menghadapi era Industri 4.0 diataranya adalah kemampuan terkait Teknologi Informasi, robotika, dan otomasi. Kemenristek Dikti sudah mencanangkan bahwa kurikulum pendidikan harus sesuai dengan kebutuhan industri 4.0. Pondok Pesantren Husnul Khotimah 2 (PPHK) Kuningan Jawa Barat adalah salah satu Pondok Pesantren Unggulan di Jawa Barat. PPHK 2 sudah mendapatkan A dan memiliki prestasi menjadi juara kompetisi di Tingkat Nasional baik dalam bidang sains maupun Musabaqah Quran. Saat ini kurikulum pendidikan di PPHK 2 maupun kegiatan ekstra kurikuler belum mendukung ke arah kompetensi RI 4.0. Sehingga perlu dibantu untuk dirancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk merancang dan implementasi kurikulum Robotik yang disesuaikan dengan kebutuhan kurikulum sekolah di tingkat Madrasah Tsanawiyah PPHK 2. Pengenalan robotik ini menjadi penting dalam mempersiapkan siswa menghadapi era revolusi industri 4.0 (IR 4.0). Secara umum solusi dan tahapan aktivitas pengabdian terbagi ke dalam tiga tahap, yaitu: (1) Mengembangkan kurikulum robotik; (2) Pelatihan implementasi kurikulum robotik; (3) Pembentukan kelompok ilmiah remaja (KIR) Robotik. Output yang diharapkan dari pengabidian kepada masyarakat ini adalah: (1) Adanya kurikulum robotik di MTS PPHK 2; (2) Adanya Guru-Guru yang bisa menghantarkan kurikulum robotik kepada Siswa sesuai dengan kurikulum yang sudah dirancang; (3) Adanya Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) untuk memperdalam pengetahuan robotik. Sehingga pada akhirnya ada outcome yaitu: (1) Peningkatan prestasi Siswa dalam kejuaran robotik tingkat daerah; (2) Meningkatkan citra pesantren Husnul Khotimah sebagai pesantren berbasis akhlak dan ilmu pengetahuan; (3) Meningkatkan minat siswa pesantren kepada ilmu robotik. Evaluasi Pelaksanaan dilakukan dengan cara: (1) Penyebaran kuisioner untuk mengukur pencapaian output/outcome dari hasil implementasi kurikulum; (2) kunjungan dan observasi lapangan; (3) pendampingan.
PELATIHAN SOUND DESIGN UNTUK DOKUMENTASI VIDEO SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN POTENSI PANGALENGAN PADA KOMUNITAS LENSA PANGALENGAN Ardy Aprilian Anwar; Arief Budiman
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 2 (2020): Charity - Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v3i2.2914

Abstract

Pelaku promosi seperti komunitas fotografi di Pangalengan menjadi ujung tombak promosi wisata agrikultur. Komunitas Lensa Pangalengan yang telah berdiri pada 07 Januari 2017 untuk merintis usaha promosi potensi-potensi yang dimiliki kawasan Desa Pangalengan. Mereka bergerak dalam membuat konten promosi berupa videografi dokumenter keindahan sudut-sudut alam, perkebunan teh, terutama pengolahan kopi, dan lain-lain. Akan tetapi mereka belum memperlihatkan hal-hal penting saat menerapkan audio pada karya-karya audio visual yang telah mereka upload ke Youtube ataupun Instagram, seperti belum mencantumkan credit title pada musik dari outsource hingga kurangnya pengetahuan peralatan dasar rekaman suara. Seiring kemajuan teknologi, komunitas Lensa yang mendalami fotografi, bergerak untuk membuahkan karya video. Dengan pelatihan ini, mereka akan mendapatkan keilmuan di bidang tata suara dan musik. Selain itu, masyarakat sasar pun mengharapkan kegiatan pengabdian masyarakat lanjutan demi terserapnya kebutuhan keilmuan pengkaryaan terutama dalam bidang fokus audio multimedia.
Pengembangan Visualisasi Tanda Pengenal Merek Pada Produk IKM Sentra Telur Asin Derwati Sheila Andita Putri; Anisah Ramdhianty; Achmad Syahid
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 2 (2020): Charity - Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v3i2.2350

Abstract

Industri telur asin berkembang di Derwati bermula ketika masyarakat sekitar mulai banyak yang memiliki usaha sampingan beternak bebek di sekitar area persawahan. Produk telur asin Derwati ini dikerjakan dalam skala rumah tangga secara turun temurun. Hingga saat ini sistem penjualan memang masih mengandalkan direct selling, dan kanal distribusi online belum cukup familiar diantara para produsen telur asin Derwati. Hasil produksi umumnya dijual di rumah pembuatnya dan beberapa produsen juga menjual telur asinnya secara berkeliling dengan motor/ mobil. Selain dijual sendiri, beberapa produsen mendistribusikan telur asin produksinya ke warung dan pasar tradisional. Salah satu hambatan yang umum ditemui oleh para produsen dalam mendistribusikan produknya pada kanal yang lebih luas adalah kemasan produk yang belum mampu melindungi telur dari benturan, terutama untuk pembelian eceran. Selain itu, produk seringkali dijual tanpa mencantumkan informasi merek yang jelas sehingga pembeli sulit untuk melacak produsen di Sentra Telur Asin Derwati. Oleh karena itu dilakukan pengembangan tanda pengenal merek (brand identity) dari produk telur Asin dan aplikasinya pada kemasan untuk mendukung pemasaran Telur Asin Derwati ke kanal distribusi yang lebih luas.
Pembangunan Aplikasi Pengembangan Konten Wisata Berbasis Komunitas di Wilayah Kabupaten Sukabumi Z K A Baizal
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 2 (2020): Charity - Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v3i2.2352

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu industri yang menjadi andalan sebuah daerah. Kabupaten Sukabumi mempunyai potensi besar dalam hal pariwisata yang dapat menunjang pendapatan daerah. Beberapa tempat wisata di wilayah Kab Sukabumi antara lain [1], [2] : Danau Bacan, Bukit Karang Pra, Geopark Ciletuh, Tebing Panenjoan, Bravo adventure, Kampung Ciptagelar, dsb. Saat ini telah banyak berkembang aplikasi-aplikasi media sosial, dimana kontennya dikembangkan oleh pengguna sendiri. Konten dari media sosial ini berkembang begitu cepat, karena pada dasarnya konten tidak dikembangkan secara centralized, namun decentralized. Konten dalam Wikipedia misalnya. Semua pengguna dapat memperkaya konten Wikipedia, sehingga pengayaan konten dapat berkembang cepat, dan pihak Wikipedia bertugas mengkontrol konten tersebut. Contoh contoh yang lain seperti facebook, Instagram, bahkan website (apilkasi) e-commerce-pun, pengeyaan konten berbasis pengguna. Konsep ini tentu akan lebih bermanfaat jika dapat diterapkan juga pada aplikasi (website), dimana kontennya dikembangkan oleh pengguna aplikasi, atau dapat disebut sebagai komunitas. Komunitas ini dapat berupa komunitas-komunitas penggiat wisata, kesenian, kerajinan di daerah kabupaten Sukabumi. Komunitas dapat juga berarti para wisatawan itu sendiri maupun masyarakat yang peduli dengan potensi wisata di Sukabumi. Setiap pengguna (komunitas) dapat menambahkan tempat wisata, deskripsi, foto-foto, video, dan juga review dan rating dalam aplikasi. Untuk program pengabdian masyarakat kali ini, tim Telkom University bekerjasama dengan Grup Wisata Alam Sukabumi sebagai mitra, yang nantinya dapat menjadi pemilik aplikasi yang tim kembangkan sekaligus sebagai pengelola aplikasi. Dengan demikian, pihak mitra mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan data-data wisata baru untuk memperkaya database wisata, juga mendapatkan feedback terhadap layanan wisata dari review dan rating para pengguna. Feedback ini dapat dimanfaatkan untuk evaluasi dan monitoring, untuk pengembangan layanan wisata yang lebih baik. Dalam pengembangan ini, kami menggandeng ahli dari Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM), Dr. Mohd Rasidi Bin Ibrahim Seorang ahli dalam bidang Industri dan Teknologi Informasi Sebagai rekanan dalam pengembangan aplikasi ini.
Pengukuran Customer Satisfaction Index Implementasi Mobile Version Portal Wisata Garut Anisa Herdiani
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 2 (2020): Charity - Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v3i2.2516

Abstract

Kabupaten Garut merupakan daerah dengan berbagai destinasi wisata yang menarik dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Hingga saat ini Dinas Pariwisata Kabupaten Garut telah memiliki portal wisata berbasis web yang dikembangkan bersama dengan Universitas Telkom. Portal wisata tersebut mengakomodasi informasi tempat pariwisata, tempat menginap, produk atau layanan jasa yang ditawarkan, serta fitur informasi wisata halal yang tentunya sangat penting diketahui oleh wisatawan muslim. Portal wisata kemudian perlu dikembangkan lebih lanjut agar dapat lebih mudah dijangkau oleh calon wisatawan yang mengakses informasi melalui perangkat mobile. Portal versi mobile dikembangkan dengan teknologi PWA (Progressive Web Application) sehingga user dapat merasakan experience penggunaan aplikasi mobile tanpa perlu mengunduh aplikasi untuk mengakses informasi yang ada di dalam portal wisata. Untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna informasi terhadap portal wisata yang sudah dibangun, dilakukan evaluasi yang menghasilkan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil evaluasi menunjukkan CSI yang dicapai oleh portal yang sudah dibangun yaitu sebesar 90,5% dengan interpretasi Sangat Baik.
Program Pengembangan Model Pembelajaran, Sarana, dan Prasarana Berbasis Factory Teaching Method di SMK IT Al-Abror Tasikmalaya Rd Rohmat Saedudin
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 2 (2020): Charity - Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v3i2.2355

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) berkualitas menjadi tuntutan era kompetitif agar mampu menjawab tantangan lokal, nasional, dan internasional dalam memenuhi kebutuhan dunia usaha dan industri. Sumber Daya Manusia berkualitas hanya dapat diperoleh dari guru profesional dan sekolah berkualitas. Sumber Daya Manusia berkualitas sangat diperlukan oleh dunia industri dari mulai level dasar, menengah, sampai atas. Lembaga Pendidikan menjadi salah satu harapan pemerintah untuk menghasilkan tenaga-tenaga professional berkualitas tersebut. Salah satu lembaga pendidikan yang bisa menciptakan tenaga kerja di tingkat menengah adalah sekolah menengah kejuruan (SMK). Berdasarkan pengamatan empirik yang dilakukan sebuah lembaga carier development center, ternyata lulusan SMK mempunyai kelemahan utama yang membuat kurang diterimanya lulusan SMK oleh industry atau pengguna, yaitu: Kaget memasuki dunia usaha dan industri nyata padahal bidang kerjanya sesuai dengan jurusan waktu di SMK. Hal ini dikarenakan praktek selama sekolah hanya bersifat simulasi tidak dibuat sama dengan dunia kerja/ bengkel sebenarnya. Berdasarkan kondisi tersebut itulah, setidaknya ada 2 program utama yang perlu diusulkan dan akan dilaksanakan secara berkelanjutan pada kegiatan PPM periode 2 2019 ini, yaitu: Program Pelatihan Penguatan dan Peningkatan kompetensi SDM (Guru, Tenaga Administrasi, dan Siswa/ Lulusan) berbasis teaching based factory. Materi dan Praktek harus dibuat senyata dan sesesuai mungkin dengan dunia real industry. Pengadaan, pembuatan, dan pengembangan materi pembelajaran berbasis video learning
Implementasi E-Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Ar-Ruhama Ari Yanuar Ridwan
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 2 (2020): Charity - Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v3i2.2546

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat dengan skema kolaborasi internal ini adalah untuk menghasilkan e-learning yang disesuaikan dengan kebutuhan sekolah di tingkat Madrasah Tsanawiyah khususnya untuk mata pelajaran IPA di Madrasah Tsnawiyah (MTs) Ar-Ruhama Kuningan Jawa Barat. Kendala yang dihadapi saat ini adalah proses pembelajaran yang masih konvensional sehingga ada kendala keterbatasan waktu pengajaran dan ruang untuk melaksanakan praktikum. Sehingga diperlukan suatu sistem e-learning yang bisa membantu proses pembelajaran khususnya pembelajaran IPA. Tahapan aktivitas dibagi ke dalam tiga tim yang terdiri dari: (1) Tim 1: Mengembangkan sistem e-learning; (2) Tim 2: Pelatihan penggunakan e-learning dan pengembangan konten pembejaran; (3) Tim 3: Implementasi konten pembelajaran IPA berbasis e-Learning. Output yang diharapkan dari pengabidian kepada masyarakat ini adalah: (1) Adanya Guru-Guru yang bisa mengembangkan konten pembelajaran berbasis e-Learning; (2) Adanya konten pembelajaran IPA berbasis e-learning; (3) Adanya sistem e-learning. Sehingga pada akhirnya ada outcome yaitu: (1) Peningkaatan nilai rata-rata mata pelajaran IPA; (2) Peningkatan nilai rata-rata Ujian Nasional Mata Pelajaran IPA; (3) Peningkatan prestasi juara olimpiade sain tingkat provinsi dan nasional. Evaluasi Pelaksanaan dilakukan dengan cara: (1) Penyebaran kuisioner untuk mengukur pencapaian output/outcome dari hasil implementasi e-learning; (2) kunjungan dan observasi lapangan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10