cover
Contact Name
Muhammad Yunus
Contact Email
m.yunus@polije.ac.id
Phone
+628123413933
Journal Mail Official
j-remi@polije.ac.id
Editorial Address
Program Studi Rekam Medik Politeknik Negeri Jember Jl. Mastrip PO Box 164, Jember, Jawa Timur
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
J-REMI : Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan
ISSN : -     EISSN : 2721866X     DOI : https://doi.org/10.25047/jremi
Core Subject : Health,
J-REMI : Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan is a scientific journal that is managed and published by the Program Studi Rekam Medik, Jurusan Kesehatan, Politeknik Negeri Jember. J-REMI contains the publication of research results from students, lecturers and or other practitioners in the field of medical records and health information with coverage and focus on the fields of Health Information Management, Health Information Systems, Health Information Technology, Health Quality Information Management and Classification, Coding of Diseases and Problems. Health and Action.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2021): Desember" : 10 Documents clear
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI APOTEK DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DI KLINIK PRATAMA ROLAS MEDIKA JEMBER Errica Rostia Loren; Sustin Farlinda; Nugroho Setyo Wibowo; Dony Setiawan Hendyca Putra
J-REMI : Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan Vol 3 No 1 (2021): Desember
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/j-remi.v3i1.2348

Abstract

Pelayanan kesehatan di Klinik Pratama Rolas Medika Jember sudah menggunakan sistem komputerisasi. Salah satu sistem komputerisasi yaitu adanya sistem informasi apotek yang telah digunakan di Apotek Rolas Medika milik klinik tersebut. Penggunaan sistem informasi apotek tersebut masih terdapat kendala dan kekurangan seperti tidak adanya form retur obat, mutasi obat dan tidak adanya pemberitahuan warning expired date pada sistem tersebut, sehingga petugas harus mengerjakannya secara manual. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sistem informasi apotek dengan merancang dan membuat sistem informasi apotek sesuai kebutuhan pengguna dalam meningkatkan pelayanan di Klinik Pratama Rolas Medika Jember. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode pengembangan prototipe. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi apotek di Klinik Pratama Rolas Medika Jember yang dapat meningkatkan pelayanan dan dengan adanya pemberitahuan warning expired date dapat mempermudah petugas dalam mengetahui jumlah stok obat yang akan mendekati tanggal kadaluarsa.
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN REKAM MEDIS ELEKTRONIK POLI GIGI MENGGUNAKAN VISUAL BASIC.NET DI PUSKESMAS BANJARSENGON Nur Hasanah Ayu Purnamawati; Niyalatul Muna
J-REMI : Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan Vol 3 No 1 (2021): Desember
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/j-remi.v3i1.2353

Abstract

Pelayanan rekam medis poli gigi di Puskesmas Banjarsengon masih dilakukan secara manual. Hal tersebut menyebabkan petugas merasa kesulitan dalam pengisian odontogram, tulisan tidak terbaca, terjadi missfile, kesulitan untuk menemukan riwayat medis maupun hasil pemeriksaan penunjang dan keterlambatan proses pelaporan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat rekam medis elektronik poli gigi menggunakan Visual Basic.Net di Puskesmas Banjarsengon. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu metode waterfall. Rekam medis elektronik poli gigi dibuat berbasis dekstop menggunakan visual basic.net. Hasil pengujian black box testing yang diujikan kepada dokter gigi, petugas rekam medis dan kepala rekam medis menunjukan sistem data berjalan dengan baik sesuai dengan perancangan. Kelebihan dari rekam medis elektronik poli gigi yaitu dapat membantu petugas untuk meningkatkan efisiensi sistem pencatatan secara cepat dan akurat, mempermudah proses pencarian data. Sistem ini secara otomatis menyediakan 3 laporan yaitu laporan bulanan data kesakitan terbanyak gigi dan mulut, laporan bulanan UKP pelayanan puskesmas, dan yang terakhir terdapat laporan bulanan UKP 4 kesakitan terbanyak.  
PERANCANGAN REKAM MEDIS ELEKTRONIK KORBAN BENCANA BERBASIS WEB DI UNIT GAWAT DARURAT PUSKESMAS PUGER KABUPATEN JEMBER avan fadholi; Andri Permana Wicaksono; Nugroho Setyo Wibowo; Ervina Rachmawati
J-REMI : Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan Vol 3 No 1 (2021): Desember
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/j-remi.v3i1.2370

Abstract

Pelayanan gawat darurat bertujuan menyelamatkan penderita gawat darurat dan menanggulangi korban bencana pada masyarakat dengan penanganan yang cepat dan tepat, semua itu dapat dicapai dengan meningkatkan sarana, prasarana, sumberdaya manusia dan manajemen UGD puskesmas sesuai dengan standart. Pelayanan Kesehatan puskesmas mencakup perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pencatatan, pelaporan, dan dituangkan dalam suatu sistem. Petugas Unit Gawat Darurat Puskesmas Puger dalam melakukan  pencatatan  masih menggunakan buku ekspedisi yang mengakibatkan petugas kesulitan dalam pencarian data saat diperlukan dan pencatatan masih menggunakan formulir UGD yang dicatat secara manual sehingga pendokumentasian  data korban bencana yang dihasilkan kurang lengkap sehingga mengakibatkan kualitas informasi kurang akurat. Penelitian ini bertujuan merancang Rekam Medis Korban Bencana Berbasis web di Unit Gawat Darurat Puskesmas Puger Kabupaten Jember. Jenis Penelitian adalah kualitatif. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu metode waterfall. Subyek penelitian berjumlah 4 orang meliputi 2 petugas UGD, petugas pelaporan bencana dan kepala puskesmas. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pembuatan rekam medis elektronik korban bencana di unit gawat darurat dimulai dari analisis kebutuhan perangkat lunak, desain sistem, pembuatan kode program, dan pengujian black box testing. Hasil penelitian ini adalah sebuah website pencatatan rekam medis korban bencana di Unit Gawat Darurat Puskesmas Puger, website ini diharapkan dapat mempermudah petugas dalam pencatatan dan penyimpanan data korban bencana di unit gawat darurat
Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Kaliwates Jember Suhartini Nur Afifah; Sustin Farlinda; Nugroho Setyo Wibowo; Maya Weka Santi
J-REMI : Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan Vol 3 No 1 (2021): Desember
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/j-remi.v3i1.2432

Abstract

Puskesmas Kaliwates telah menerapkan SIMPUS yang diberikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jember sejak tahun 2010. Dalam pengimplementasiannya, SIMPUS pada Puskesmas Kaliwates masih terdapat kendala, yaitu SIMPUS yang sudah tidak berjalan lagi sehingga saat ini pendaftaran rawat jalan dilakukan secara manual. Pendaftaran yang dilakukan secara manual tersebut dapat menyebabkan terjadinya duplikasi data pasien dan kesalahan dalam memasukkan data pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membuat sistem informasi pasien rawat jalan di Puskesmas Kaliwates Jember menggunakan metode waterfall. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Dalam proses perancangan sistem ini menggunakan Flowchart System, Context Diagram, Data Flow Diagram, Entity Relationship Digram serta dalam mengimplementasikan program menggunakan Microsoft Visual Basic.Net. Hasil dari penelitian ini adalah pembuatan sistem informasi bagian rawat jalan untuk untuk memudahkan pelayanan agar lebih efektif dan efisien serta meminimalisir kesalahan penginputan data.
Pengembangan Sistem Informasi Rawat Jalan Berbasis Web pada Klinik Keluarga Kita di Nganjuk Naufan 'Aliyyuddin
J-REMI : Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan Vol 3 No 1 (2021): Desember
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/j-remi.v3i1.2444

Abstract

Sistem informasi rawat jalan yang sudah ada Pada klinik Keluarga kita, masih belum bisa membantu sepenuhnya pekerjaan petugas pada pasien rawat jalan. Petugas merasakan sistem informasi tersebut belum memiliki fitur yang lengkap. Seperti tidak ada nya fitur untuk menngunduh data pasien yang sudah terdaftar, sehingga petugas merasa pekerjaan tidak efektif untuk menyusun laporan kunjungan pasien rawat jalan, karena harus melakukan dengan manual sama saja dengan bekerja dua kali. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi rawat jalan berbasis web pada Klinik Keluarga Kita di Nganjuk dengan fitur yang dapat memudahkan petugas. Seperti, login dengan hak akses-nya masing - masing, pengunduhan data kunjungan, pengunduhan data obat, kelola data petugas, input data pemeriksaan, kelola data pemeriksaan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem informasi Waterfall yang memiliki tahapan identifikasi, analisis, pengkodean, pengujian, dan implementasi. Metode pengumpulan data menggunakan, wawancara, observasi, dan kuesioner. Responden mengisi kuesioner terkait kegunaan dan kemudahan. Didapatkan hasil sistem informasi rawat jalan berbasis web yang telah dikembangkan ini memiliki nilai aspek kegunaan sebesar 37,5% - 100% responden setuju, dan 12,5% - 62,5 % sangat setuju, untuk data dalam aspek nilai kemudahaan sebesar 50 % - 87,5% responden setuju, dan 12,5 % - 62,5 %  responden sangat setuju, dari total 8 responden yang telah menggunakan sistem informasi rawat jalan berbasis web yang telah dikembangkan.
ANALISIS PENYEBAB KETERLAMBATAN PENGEMBALIAN BERKAS REKAM MEDIS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT: LITERATUR REVIEW kesia stefani hallatu
J-REMI : Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan Vol 3 No 1 (2021): Desember
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/j-remi.v3i1.2454

Abstract

Pengembalian berkas rekam medis adalah suatu sistem yang cukup penting karena terkait dengan pelaporan rumah sakit dan proses klaim ke asuransi. Namun beberapa penelitian menunjukkan pengembalian berkas rekam medis rawat inap tidak sesuai dengan standar yang berlaku di masing-masing rumah sakit dengan persentase keterlambatan lebih dari 50% dan melebihi batas waktu 2x24 jam. Hal ini menimbulkan berbagai dampak diantaranya terhambatnya proses pengolahan data rekam medis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalis penyebab keterlambatan pengembalian berkas rekam medis rawat inap di rumah sakit. Metode penelitian ini adalah literature review dengan menggunakan artikel yang dipublikasikan tahun 2010-2020 pada 3 database (Google Schoolar, Portal Garuda, dan Asian Journal of Case Reports in Medicine and Health). Sebanyak 15 artikel memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian menunjukkan 12 faktor penyebab terjadinya keterlambatan pengembalian berkas rekam medis rawat inap yaitu, faktor pengetahuan, faktor sikap, faktor standar prosedur operasional, faktor monitoring, faktor ketidak lengkapan, faktor motivasi, faktor jumlah petugas, faktor pendidikan, faktor usia, dan faktor masa kerja. Penyebab utama terjadinya keterlambatan pengembalian rekam medis dari ruangan ke ruang rekam medis adalah kurangnya pengetahuan responden tentang batas maksimal pegembalian rekam medis, kurangnya sikap disiplin responden dalam pengembalian rekam medis karena rekam medis akan dikembalikan jika rekam medis sudah menumpuk, dan belum dilakukan sosialisasi terkait batas waktu pengembalian rekam medis dari ruang perawatan ke ruang rekam medis.
FAKTOR KETIDAKTEPATAN WAKTU PENGEMBALIAN REKAM MEDIS RAWAT INAP RUMAH SAKIT-LITERATURE REVIEW Herisa Eril Hidayat
J-REMI : Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan Vol 3 No 1 (2021): Desember
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/j-remi.v3i1.2468

Abstract

Pengolahan berkas rekam medis merupakan salah satu prosedur dalam manajemen kegiatan di instalasi rekam medis selanjutnya dipakai sebagai laporan rumah sakit. Berkas rekam medis dari unit rawat inap dikembalikan ke instalasi rekam medis. Proses ini dapat diketahui berkas kembali tepat waktu dan terlambat kembali ke instalasi rekam rekam medis. Dampak ketidaktepatan pengembalian berkas rekam medis mengganggu proses pelayanan pasien dan pengolahan data rekam medis. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis faktor penyebab ketidaktepatan waktu pengembalian berkas rekam medis rawat inap di rumah sakit. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review melalui penelusuran dengan membaca berbagai sumber artikel dan bahan acuan lain sesuai dengan topik penelitian. Artikel yang direview sebanyak 22 artikel yang memenuhi kriteria artikel dan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan faktor penyebab ketidaktepatan pengembalian berkas rekam medis rawat inap di rumah sakit berdasarkan literatur review ini adalah; (1) Faktor man, yaitu tingkat kedisplinan dokter dan perawat dalam pengisian berkas rekam medis rawat inap, kekurangan tenaga kerja, pengetahuan masih kurang serta beban kerja dokter dan perawat tinggi; (2) Faktor money, yaitu tidak adanya anggaran reward, mengusulkan petugas baru atau pengajuan anggaran pelatihan; (3) Faktor material, yaitu buku ekspedisi yang terdapat di ruang asembling; (4) Faktor machine, yaitu penggunaan pipa pneumatic tube macet, penempelan post it belum ada, lift boleh digunakan hanya dengan pasien, dan telepon tidak digunakan maksimal; (5) Faktor method, yaitu pelaksanaan kebijakan / standar prosedur operasional belum maksimal, monitoring dan evaluasi belum berjalan baik, dan motivasi rendah. Tingkat kedisiplinan dokter dan perawat yang rendah dalam pengisian berkas rekam medis rawat inap menjadi masalah paling banyak dibahas dalam literature review penelitian ini.
Analisis Faktor Penyebab Ketidaksesuaian Pencatatan Sensus Harian Rawat Inap dengan SIMRS di RSU dr. H. Koesnadi Bondowoso Isye Isyanti Devi; dr. Novita Nuraini; Feby Erawantini; Dony Setiawan Hendica P
J-REMI : Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan Vol 3 No 1 (2021): Desember
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/j-remi.v3i1.2469

Abstract

Pencatatan sensus harian rawat inap adalah kegiatan pencatatan atau perhitungan pasien yang dilakukan setiap hari pada instalasi rawat inap. Informasi dari sensus harian rawat inap dibutuhkan oleh rumah sakit sebagai dasar pengambilan keputusan bagi pihak manajemen sehingga kegiatan sensus harian rawat inap harus dilaksanakan dengan benar agar data yang dihasilkan akurat dan dapat digunakan. Diketahui RSU dr. H. Koesnadi Bondowoso ditemukan permasalahan ketidaksesuaian pencatatan sensus harian rawat inap dengan SIMRS. Data tertinggi ketidaksesuaian pencatatan sensus harian rawat inap dengan SIMRS terjadi pada ruang Teratai bulan Juni yaitu 37%. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor penyebab serta melakukan upaya perbaikan masalah ketidaksesuaian pencatatan sensus harian rawat inap dengan SIMRS di RSU dr. H. Koesnadi Bondowoso. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dengan teori kinerja Robbins (Motivation, Opportunity, Ability). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan brainstorming. Hasil penelitian ini diketahui bahwa faktor penyebab ketidaksesuaian pencatatan sensus harian rawat inap dengan SIMRS yaitu dari faktor Motivation pemberian reward dan punishment kurang maksimal, faktor Opportunity yaitu pengetahuan admin tentang SOP kurang, tidak ada pelatihan pencatatan sensus harian rawat inap, dan faktor Ability terkait pengetahuan admin memiliki perbedaan persepsi dalam mencatat sensus harian rawat inap dan kedisiplinan admin masih kurang teliti dan tertib dalam mencatat. Berdasarkan hal tersebut upaya penyelesaian masalah yang peneliti sarankan pada pihak RSU dr. H. Koesnadi Bondowoso dengan merevisi SOP dan dilakukan sosialisasi, serta pelatihan terkait pencatatan sensus harian rawat inap.
ANALISIS PENYEBAB KETERLAMBATAN PEMUSNAHAN BERKAS REKAM MEDIS INAKTIF DI PUSKESMAS JENGGAWAH Nur Huda
J-REMI : Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan Vol 3 No 1 (2021): Desember
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/j-remi.v3i1.2473

Abstract

Puskesmas memiliki pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan upaya kesehatan promotif dan preventif, baik upaya ksehatan masyarakat atau perorangan dengan tujuan untuk mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya. Dalam melakukan upaya tersebut dibutuhkan rekam medis guna pendokumentasian pelayanan. Rekam medis pada sarana pelayanan kesehatan non rumah sakit disimpan sekurang-kurangnya 2 tahun terhitung dari tanggal terakhir pasien berobat. Berkas rekam medis yang sudah tidak bernilai guna dapat dimusnahkan namun seringkali beberapa fasilitas kesehatan tidak melakukan kegitana retensi dan pemusnahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab keterlambatan pemusnahan berkas rekam medis inaktif di puskesmas Jenggawah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan teori 5M yang akan digambarkan melalui fishbone dengan subjek penelitian 2 petugas rekam medis, 1 penanggung jawab rekam medis, dan kepala puskesmas. Teknik pengambilan data dengan kuisioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa dari faktor man penyebab keterlambatan pemusnahan rekam medis adalah kurangnya pengetahuan tentang pemusnahan, latar belakang pendidikan masih SMA, tidak pernah mengikuti proses pemusnahan; dari faktor method adalah tidak ada SOP pemusnahan rekam medis; faktor money yaitu belum ada anggaran untuk membeli alat penghacur kertas dan teknik pemusnahan; machine yaitu tidak ada alat penghancur kertas; faktor material tidak menyebabkan pemusnahan rekam medis. Saran yang dapat diajukan adalah pembuatan dan pengimplementasian SOP Pemusnahan Rekam Medis. Keywords: pemusnahan, puskesmas, retensi, rekam medis, penyimpanan
UPAYA PERBAIKAN KELENGKAPAN PENGISIAN HASIL PENUNJANG PADA RINGKASAN PULANG PASIEN RAWAT INAP UNTUK MENCEGAH PENGEMBALIAN KLAIM BPJS DI RSUD IBNU SINA KABUPATEN GRESIK Ermin Nurhayati
J-REMI : Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan Vol 3 No 1 (2021): Desember
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/j-remi.v3i1.2475

Abstract

Kelengkapan pengisian hasil penunjang  pada  ringkasan pulang pasien rawat inap  adalah hal yang penting untuk kelengkapan Klaim BPJS. Karena jika terjadi ketidaklengkapan pengisian hasil penunjang pada ringkasan pulang pasien rawat inap bisa menyebabkan pengembalian klaim BPJS.DPJP adalah Dokter penanggung Jawab Pelayanan Pasien yang wajib mengisi kelengkapan hasil penunjang pada ringkasan pulang pasien rawat inap. Jika DPJP berhalangan untuk pengisian hasil penunjang pada ringkasan pulang pasien rawat inap boleh diwakilkan sama MPP. Tujuan penelitian ini untuk melakukan upaya perbaikan pengisian hasil penunjang pada ringkasan pulang pasien rawat inap untuk mencegah pengembalian klaim BPJS  di RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik dengan mengidentifikasi faktor penyebab ketidaklengkapan pengisian hasil penunjang pada ringkasan pulang pasien rawat inap ditinjau dari teori perilaku Green kemudian menentukan prioritas masalah dengan metode USG (Urgency, Seriousness, Growth) lalu menyusun upaya perbaikan melalui Brainstroming. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, pengumpulan data melalui wawancara 5 responden, kuesioner dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prioritas masalah ketidaklengkapan pengisian hasil penunjang pada ringkasan pulang pasien rawat inap yaitu banyaknya pasien yang dirawat oleh DPJP . Saran yang diberikan yaitu melakukan pembinaan terhadap DPJP dan mengadakan pelatihan minimal inhouse training kepada DPJP dan MPP tentang kelengkapan pengisian hasil penunjang pada ringkasan pulang pasien pulang rawat inap  untuk mencegah pengembalian klaim BPJS, Perlu membuat SPO kelengkapan pengisian ringkasan pulang pasien rawat inap untuk kesuksesan klaim BPJS, Perlu diadakan SEMARAK REAL TIME lagi untuk memberikan apresiasi kepada DPJP dan MPP

Page 1 of 1 | Total Record : 10