cover
Contact Name
Ilham Safar
Contact Email
ilhamsafar25@gmail.com
Phone
+6281340202750
Journal Mail Official
manorunifa@gmail.com
Editorial Address
Jl. Prof Abdurahman Basalamah No. 101
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Manor: Jurnal Manajemen dan Organisasi Review
Published by Universitas Fajar
ISSN : 26570130     EISSN : 2716148X     DOI : 10.47354
Core Subject : Economy, Humanities,
Fokus dan ruang lingkup MANOR: Jurnal Manajemen dan Organisasi Review adalah: 1. Manajemen Sumber Daya Manusia 2. Manajemen Pemasaran 3. Manajemen Keuangan 4. Manajemen Operasional 5. Manajemen Bisnis
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2019): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review" : 8 Documents clear
TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNA KARTU KUOTA 3 (THREE) DI KOTA MAKASSAR St Rukaiyah
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 1 No. 1 (2019): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yang dia terima dan harapannya. Seorang pelanggan, jika merasa puas dengan nilai yang diberikan oleh produk atau jasa, sangat besar kemungkinannya menjadi pelanggan dalam waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan mengetahui analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap pengguna kartu kuota Three (3) yang terdapat di Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini melalui data yang telah diperoleh dari wawancara dengan menggunakan 14 pertanyaan kepada 20 informan yang menggunakan kartu kuota Three di Kota Makassar, dengan tempat yang berbeda yaitu Timur,Barat, Selatan dan Utara, untuk melihat seberapa besar respon dari ke 4 arah tersebut terhadap pengguna kartu kuota Three (3). Kemudian penulis menyatukan data wawancara yang telah dikumpulkan hasil jawaban beberapa informan mengenai kepuasan pengguna kartu kuota Three (3) di Kota Makassar. Kata Kunci: Kepuasan Konsumen dan Pengguna Kartu Kuota Three
PENGARUH CAR, NPL, BOPO, DAN LDR TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA BANK YANG LISTED DI BURSA EFEK INDONESIA Dwi Rizky Puspa
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 1 No. 1 (2019): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) mengetahui Capital Adequacy Ratio (CAR), berpengaruh terhadap Pertumbuhan Laba Bank yang listed di Bursa Efek Indonesia.2) mengetahui Non Performing Loan (NPL), berpengaruh terhadap Pertumbuhan Laba Bank yang listed di Bursa Efek Indonesia.3) Untuk mengetahui Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh terhadap Pertumbuhan Laba Bank yang listed di Bursa Efek Indonesia.4) Untuk mengetahui Loan To Deposit Ratio (LDR) berpengaruh terhadap Pertumbuhan Laba Bank yang listed di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian adalah beberapa perusahaan bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 – 2016 .Sampel yang diambil sebanyak 7 Bank Umum yang terfadtar di BEI.Metode analisis yang digunakan adalah analisis data menggunakan Uji Statistik, Asumsi Klasik dan regresi linear berganda dengan menggunakan program software Statistical Product and Service Solution (SPSS) 21.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Laba, (2) Non Performing Loan(NPL) berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Laba, (3) Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh Positif dan signifikan terhadapPertumbuhan Laba, (4) Loan to Deposit Ratio (LDR) berpengaruh Negatif dan signifikan terhadapPertumbuhan Laba pada bank yang listed di Bursa Efek Indonesia. Kata kunci: CAR, NPL, BOPO, LDR, Dan Pertumbuhan Laba.
IMPLEMENTASI PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) BIRO UTAMA KUBE SEJAHTERA 036 KELURAHAN MACCINI GUSUNG Sri Adrianti Muin; Nurjannah Jabbar
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 1 No. 1 (2019): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip syariah produk pembiayaan Murabahah di BMT Kube Sejahtera 036 Kelurahan Maccini Gusung. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan mencoba untuk mengungkapkan penerapan prinsip syariah dalam produk pembiayaan murabahan, dengan mengambil informan dari pimpinan serta nasabah dari BMT Kube Sejahtera 036 melalui pengumpulan data dan informasi berdasarkan hasil wawancara, studi kepustakaan dan studi lapangan untuk memperkuat keabsahan data. Kehadiran peneliti merupakan instrument utama dalam penelitian ini. Untuk mengetaui Validitas dan Realibilitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dan bahan referensi. Pengecekan validitas temuan dengan menggunakan perpanjangan kehadiran peneliti dilapangan. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan prinsip syariah dalam pembiayaan Murabahan di BMT Kube Sejahtera 036 telah sesuai dengan rukun-rukun serta syarat akad pembiyaan murabahah. Kata Kunci : Pembiayaan Murabahah, prinsip-prinsip syariah.
ANALISIS NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Nurul Hafizah Haya
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 1 No. 1 (2019): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) mengetahui Struktur Asset, berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.2) mengetahui Profitabilitas, berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.3) Untuk mengetahui Kebijakan Deviden berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.4) Untuk mengetahui Pertumbuhan Perusahaan berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian adalah perusahaan sector Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 – 2016. Sampel yang diambil sebanyak 17 Perusahaan Sektor Manufaktur yang terfadtar di BEI. Metode analisis yang digunakan adalah analisis data menggunakan Uji Statistik, Asumsi Klasik dan regresi linear berganda dengan menggunakan program software Statistical Product and Service Solution (SPSS) 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Struktur Asset berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan, (2) Profitabilitas berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan, (3) Kebijakan Deviden berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan, (4) Pertumbuhan Perusahaan berpengaruh Negatif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kata kunci: Struktur asset, Profitabilitas, Kebijakan Deviden, Pertumbuhan Perusahaan dan Nilai Perusahaan
STRATEGI SEGMENTATION TARGETING POSITIONING PT RADIO SUARA AS’ADIYAH SENGKANG UNTUK MENJAGA EKSISTENSINYA Nur Khalis
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 1 No. 1 (2019): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi segmentasi, penargetan, dan positioning yang dilakukan oleh PT Radio Suara As'adiyah dalam mempertahankan eksistensinya. Hasil penelitian ini menemukan bahwa strategi segmentasi yang dilakukan oleh PT Radio Suara As'adiyah adalah dengan membagi segmentasi audiens berdasarkan segmentasi demografis, geografis dan pesikografi. Strategi penargetan yang dilakukan oleh PT Radio Suara As'adiyah adalah dengan melihat respons audiens, potensi penjualan, pertumbuhan yang memadai, dan juga jangkauan pengiklan. Sedangkan strategi positioning yang dibuat untuk membandingkan PT Radio Suara As'adiyah untuk tertanam di benak pendengarnya dengan identitas statoin, citra stasiun, stasiun pemantauan, dan kreativitas program unggulan. Kata Kunci: Strategi, Segmentasi, Target dan Posisi
ANALISIS PERSEPSI PELANGGAN TENTANG KUALITAS PELAYANAN RUMAH MAKAN SOTO BANJAR PANAKKUKANG CAB. KANTOR POS MAKASSAR Novita Kumalasari
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 1 No. 1 (2019): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk melihat Persepsi pelanggan dalam menilai sebuah kualitas pelayanan pada rumah makan soto Banjar Panakkukang Cab. Kantor Pos di kota Makassar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif, yaitu memberi gambaran atau menganalisis suatu hasil penelitian tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas (Sugiyono, 2009). Metode pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pendekatan kuantitatif dalam bentuk data. Hasil perhitungan analisis deskriptif dan nilai rata-rata Tingkat Kepuasan Pengunjung atas kualitas pelayanan pada Rumah Makan Soto Banjar Panakkukang Cab.Kantor Pos Makassar menunjukkan umumnya masuk dalam kategori puas, kecuali pada variabel kehandalan, daya tanggap, dan bukti langsung yang berada pada kategori cukup puas. Kata kunci: Persepsi, kualitas pelayanan, dan kepuasan pelanggan
ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PRODUK MIE PADA PERUSAHAAN MIE BAJI MINASA DI KOTA MAKASSAR Asdi Asdi; Samsul Rizal; Nurhayani Nurhayani
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 1 No. 1 (2019): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengendalian persediaan bahan baku mie di Perusahaan Mie Baji Minasa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Yaitu suatu penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan data dan informasi tentang suatu gejala dan fakta pada objek di dan tempat penelitian sesuai dengan apa adanya pada saat penelitian berlangsung. Pencarian dilakukan di perusahaan mie Baji Minasa di kota Makassar dengan memilih dua pembicara yang dianggap mewakili kelompok yang terdiri dari satu pemilik bisnis dan bertanggung jawab atas persediaan bahan baku dan satu karyawan dalam pengendalian persediaan bahan baku. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian persediaan bahan baku mie di perusahaan mie Baji Minasa di kota Makassar telah berjalan dengan baik dengan dua indikator persediaan bahan baku, yaitu volume pesanan dan waktu penyimpanan bahan baku yang rentan. Kata kunci: kontrol persediaan bahan baku
DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KINERJA USAHA IWAPI PROVINSI SULAWESI SELATAN Nurmadhani Fitri Suyuthi
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 1 No. 1 (2019): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau dan mendiskusikan literatur mengenai dukungan sosial dan kinerja usaha (IWAPI, Provinsi Sulawesi Selatan). Atas dasar ini, suatu model hipotetis sebagai dasar untuk pengembangan teoretis dan hipotetis ditinjau lebih lanjut. Dukungan sosial merupakan sumber emosional, informasional atau pendampingan yang diberikan oleh orang-orang disekitar individu untuk menghadapi setiap permasalahan dalam kehidupan. Bentuk dukungan ini dapat berupa infomasi, tingkah laku tertentu, ataupun materi yang dapat menjadikan individu yang menerima bantuan didukung, termotivasi dan bernilai. Perempuan dalam berwirausaha membutuhkan dukungan dari keluarga dan lingkungan yang menjadikan perempuan memiliki kemandirian dalam berwirausaha. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 212 wanita pengusaha IWAPI Sulawesi Selatan. Sampel ditentukan sebanyak 183 responden. Kata kunci: Dukungan Sosial, Kinerja Usaha.

Page 1 of 1 | Total Record : 8