cover
Contact Name
Ilham Safar
Contact Email
ilhamsafar25@gmail.com
Phone
+6281340202750
Journal Mail Official
manorunifa@gmail.com
Editorial Address
Jl. Prof Abdurahman Basalamah No. 101
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Manor: Jurnal Manajemen dan Organisasi Review
Published by Universitas Fajar
ISSN : 26570130     EISSN : 2716148X     DOI : 10.47354
Core Subject : Economy, Humanities,
Fokus dan ruang lingkup MANOR: Jurnal Manajemen dan Organisasi Review adalah: 1. Manajemen Sumber Daya Manusia 2. Manajemen Pemasaran 3. Manajemen Keuangan 4. Manajemen Operasional 5. Manajemen Bisnis
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2020): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review" : 8 Documents clear
RASIO LIKUIDITAS, SOLVABILITAS DAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN SEKTOR JASA TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Muliana Muliana; Usfiah Hamzah Siga
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 2 No. 1 (2020): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh likuiditas dan solvabilitas terhadap profitabilitas pada perusahaan sektor Jasa Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan selama periode 2014 – 2018. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 8 (delapan) perusahaan. Adapun variabel penelitian yang terdiri dari variabel independen yaitu Current Ratio (CR), Quick Ratio (QR), Debt to Assets Ratio (DAR), dan Debt to Equity Ratio (DER) dan variabel dependen yaitu Return On Assets (ROA). Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, Current Ratio (CR), Quick Ratio (QR), Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh positif terhadap ROA. Sedangkan, Debt to asset ratio (DAR) berpengaruh positif dan signifikan terhdap ROA. Secara simultan, CR, QR, DAR dan DER berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ROA. Kata Kunci : Rasio Keuangan, Perusahaan Sektor Jasa Komunikasi, Bursa Efek Indonesia
PERAN ADVERTISING STRATEGY, BRAND IMAGE, DAN DIFFERENTIATION TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PERGURUAN TINGGI SWASTA DI KOTA MAKASSAR Nasyirah Nurdin; Mujahid Mujahid; Sri Adrianti Muin
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 2 No. 1 (2020): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sejauh mana pengaruh advertising strategy, pengaruh brand image, dan pengaruh differentiation terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi swasta di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode yang bersifat kuantitatif deskriptif dan lokasi penelitian di Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Adapun variabel penelitian yang terdiri dari variabel independent (X) yaitu advertising strategy (X1), brand image (X2), Differentiation (X3) dan variabel dependen (Y). Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji hipotesis yang terdiri dari Uji t dan Uji F. Berdasarkan Hasil Pada uji t, advertising strategy tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan mahasiswa ditunjukkan dengan nilai thitung lebih kecil dari ttabel atau 0,239 < 1,984 dengan nilai signifikasi 0,811 > 0,05 dan brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel atau 3,284 > 1,984 dengan nilai siginifikasi 0,001 < 0,05 sedangkan differentiation berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel atau 3,381 > 1,984 dengan nilai signifikasi 0,001 < 0,05. Pada Uji F terbukti bahwa advertising strategy, brand image dan differentiation berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi swasta di Kota Makassar, ditunjukkan dengan nilai Fhitung 49,168 > Ftabel 2,70 dan nilai signifikasi <0,05. Kata kunci: advertising strategy, brand image, differentiation, keputusan mahasiswa
PENGARUH PENGAKUAN, INSENTIF, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PELABUHAN INDONESIA IV CABANG MAKASSAR Muhammad Shaleh Z; Yuliana Yuliana
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 2 No. 1 (2020): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang dilakukan dengan judul “Pengaruh Pengakuan, Insentif, dan Lingkungan kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Pelabuhan Indonesia IV Cabang Makassar”, Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Pengakuan, Insentif, dan Lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Pelabuhan Indonesia IV Cabang Makassar. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dilaksanakan pada 161 karyawan PT. Pelabuhan Indonesia IV Makassar. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 22. Teknik sampling yang dipakai adalah metode sensus dan teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Uji analisis regresi liner berganda, untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan faktor pengakuan, insentif, dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan dan secara parsial yang berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan adalah faktor pengakuan. Kata Kunci: Pengakuan, Insentif, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan.
PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP CITRA PERGURUAN TINGGI, MOTIVASI, SIKAP, DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SULAWESI SELATAN Jamaluddin Sawaji
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 2 No. 1 (2020): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Citra Perguruan Tinggi, Motivasi, Sikap, Dan Pengambilan Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Sulawesi Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kelompok rujukan terhadap motivasi, sikap, dan pengambilan keputusan mahasiswa baik langsung maupun tidak langsung. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dari mahasiswa perguruan tinggi swasta terpilih menjadi sampel sebanyak 250 orang. Analisis dilakukan dimulai dengan pemeriksaan sifat-sifat pengukuran melalui analisis faktor konfirmatori, kemudian verifikasi model dengan menggunakan structural equation model (SEM) dan hasilnya dijustifikasi. Hasil peneltian menunjukkan bahwa Komunikasi Pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perguruan tinggi dan pengambilan keputusan namun tidak signifikan terhadap motivasi, dan sikap. mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi swasta di Sulawesi Selatan. Kata kunci : Komunikasi Pemasaran, Citra, motivasi, sikap, dan pengambilan keputusan
PENGARUH KEBIJAKAN HUTANG, PROFITABILITAS, DAN KEPUTUSAN INVESTASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan Jasa Sektor Keuangan Sub-Sektor Asuransi Periode 2014 – 2018) Muhammad Saleh
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 2 No. 1 (2020): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan perusahaan merupakan sesuatu yang akan di capai oleh perusahaan yang bersangkutan dan tujuan tersebut merupakan target yang bersifat kuantitatif, pencapaian target tersebut merupakan ukuran keberhasilan kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebijakan hutang, profitabilitas, dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 16 perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan sampel sebanyak 6 perusahaan dengan menggunakan purposive sampling. Data dianalisis menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kebijakan Hutang (DER) berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, Profitabilitas (ROA) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, Keputusan investasi (TAG) berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, Kebijakan Dividen (DPR) tidak mampu memoderasi pengaruh Kebijakan Hutang (DER) terhadap nilai perusahaan, Kebijakan Dividen (DPR) tidak mampu memoderasi pengaruh Profitabilitas (ROA) terhadap nilai perusahaan, dan Kebijakan Dividen (DPR) tidak mampu memoderasi pengaruh Keputusan Investasi (TAG) terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: kebijakan hutang, profitabilitas, keputusan investasi, kebijakan dividen, nilai perusahaan
PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI PRODUK KECANTIKAN WARDAH PADA MAHASISWI HPMM CABANG MAIWA DI MAKASSAR Ramlawati Ramlawati; Emy Lusyana
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 2 No. 1 (2020): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh celebrity endorsement dan citra merek terhadap minat beli produk kecantikan wardah pada mahasiswi HPMM Cabang Maiwa yang ada di Makassar. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui observasi dan kuesioner. Total jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 102 orang mahasiswi HPMM Cabang Maiwa yang ada di Makassar, sedangkan penentuan sampel digunakan rumus slovin dengan hasil sebanyak 51 orang responden yang akan dibagikan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan metode uji validitas, uji reabilitas, analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji t (parsial) dan uji F (simultan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen celebrity endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel depeden minat beli dengan nilai Sig. Lebih kecil dari 0,05. Sedangkan variabel independen citra merek hanya berpengaruh positif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen minat beli dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. Koefisien Determinasi menunjukkan nilai nilai Adjusted R Square yang diperoleh sebesar 0,308. Hal ini mengandung arti bahwa variasi dari minat beli dipengaruhi oleh celebrity endorsement dan citra merek sebesar 30,8 % dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata kunci: celebrity endorsement, citra merek, minat beli
Analisis Karakteristik Individu, Lingkungan Kerja, Iklim Organisasi, Motivasi, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Sri Langgeng Ratnasari; Martinus Buulolo; Herni Widiyah Nasrul
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 2 No. 1 (2020): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kinerja karyawan merupakan faktor yang sangat penting dalam organisasi, karena kinerja karyawan menentukan kinerja organisasi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh karakteristik individu terhadap kinerja karyawan, lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan, iklim organisasi terhadap kinerja karyawan, motivasi terhadap kinerja karyawan, kompensasi terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan tetap PT. Matahari Departement Store Nagoya Hill Batam 198 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Slovin berjumlah 132 responden. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen angket yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Pengujian data ini dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, kompensasi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja karyawan, dan karakteristik individu, lingkungan kerja, iklim organisasi, motivasi dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Kata Kunci: Kinerja Karyawan; Karakteristik Individu; Lingkungan Kerja; Iklim Organisasi; Motivasi; Kompensasi
KONSEP DAN PENERAPAN HOTEL SYARIAH PADA HOTEL AL-BADAR MAKASSAR Rachmat Sugeng; Edwin Basmar
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 2 No. 1 (2020): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hotel Al-Badar Makassar sebagai salah satu bisnis berkonsep syariah yang didirikan atas dasar beberapa alasan. Salah satunya untuk menegakkan aturan islam dengan label syariah. Hotel Al-Badar Makassar dalam menjalankan aktifitas bisnisnya senantiasa menerapkan prisip-prinsip syariah yang menunjang tinggi nilai-nilai agama islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data primer dalam penelitian ini didapatkan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber yang sudah ada berupa sejarah tempat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hotel Al-Badar Makassar belum sepenuhnya dapat dikatakan sebagai Hotel Syariah karena belum memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh Fatwa DSN-MUI Nomor 108/DSN-MUI/X/2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah dan Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Reublik Indonesia No 2 tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Usaha Hotel Syariah, Kriteria Hotel Syariah Hilal 1 dan Kriteria Hotel Syariah Hilal 2, sebagaimana syarat yang harus dipenuhi hotel syariah dalam menjalankan bisnisnya. Kata Kunci : Hotel Al-Badar Makassar, Kriteria hotel syariah Hilal 1 dan Hilal 2,Fatwa DSN-MUI, PERMEN No 2 tahun 2014.

Page 1 of 1 | Total Record : 8