cover
Contact Name
Evelyne Hanaseta N
Contact Email
seoi_ft@usahid.ac.id
Phone
+6282112452858
Journal Mail Official
seoi_ft@usahid.ac.id
Editorial Address
Jl Prof. Dr. Soepomo, SH Tebet Jakarta 12870
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal
ISSN : 26215586     EISSN : 26215586     DOI : https://doi.org/10.36441/seoi
Core Subject : Engineering,
Jurnal Sustainable Environment Optimizing Industri (SEOI) adalah merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik Universitas Sahid Jakarta. Jurnal ini berfokus kepada pengembangan ilmu-ilmu berdasarkan hasil penelitian dibidang lingkungan dan industri. Topik hasil penelitian yang terdapat dalam jurnal ini diataranya adalah tentang Manajemen Lingkungan, Ekologi Lingkungan, Analisa Mengenai Dampak Lingkungan, Pengolahan Air Limbah, Limbah Padat dan B3, Inovasi dalam Pengelolaan Lingkungan, Pencemaran Lingkungan, Teknik Industri, Manajemen Industri, Ergonomi Dan Sistem Kerja, Operational Research, Desain Produk, Manajemen Proyek, Business Design and Development, Sistem Informasi Manajemen, Industri Kreatif, Industri Jasa Dan Industri Manufactur
Articles 75 Documents
PENGARUH HYDRAULIC LOADING RATE (HLR) TERHADAP PENGOLAHAN LEACHATE DENGAN MENGGUNAKAN METODA MULTI SOIL LAYERING (MSL) Kasman, Monik; Herawati, Peppy; Hasan, Hadrah; Hikmah, Hikmah
Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal Vol 1, No 1 (2019): Maret
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/seoi.v1i1.171

Abstract

Leachate atau lindi sampah berpotensi untuk mencemari air pemukaan dan air tanah. Hal ini diakibatkan degradasi biologis leachate menghasilkan pencemar berbahaya seperti zat organik dan logam berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati efisiensi MSL dalam mereduksi pencemar yang terkandung dalam leachate. Pengamatan penelitian difokuskan pada pengaruh hydraulic loading rate (HLR) terhadap efisiensi reduksi pencemar, yang terdiri atas 250 l/m2 .hari, 500 l/m2 .hari dan 1000 l/m2 .hari. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengalirkan secara gravitasi leachate Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) Talang Gulo ke reaktor MSL berdimensi 15x50x50 cm. Reaktor MSL terdiri atas lapisan impermeable dan lapisan permeabel. Lapisan impermeabel merupakan lapisan yang terdiri atas campuran tanah dan arang dengan rasio 2 : 1, serta lapisan permeabel terdiri atas lapisan zeolit berdiameter 0,25 – 0,5 cm. Berdasarkan hasil penelitian, didapat bahwa MSL dapat menetralkan pH dan mereduksi konsentrasi pencemar COD, amoniak, besi (Fe) dan warna. Efisiensi reduksi untuk semua pencemar berkisar 92% – 99,966%. Secara umum, HLR sangat mempengaruhi efisiensi reduksi, dimana makin rendah HLR maka makin rendah konsentrasi outlet serta makin tinggi efisiensi reduksi.
STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA PANTAI PANGANDARAN DENGAN METODE QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX) Bagaswara, Ragil; Hasibuan, Bernard; Ratnasari, Lisa
Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal Vol 1, No 1 (2019): Maret
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/seoi.v1i1.166

Abstract

Untuk menjadikan Pantai Pangandaran menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan maka diperlukanlah strategi pengembangannya. Tujuan dari penelitian ini adalah Menentukan strategi prioritas untuk pengembangan pariwisata di Kawasan Wisata Pantai Pangandaran dengan menentukan faktor internal dan eksternal dan dengan menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) yang juga didukung dengan metode Matriks IE dan Analisis SWOC, teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan pakar-pakar. Hasil dari penelitian ini yaitu Matriks IE yang menunjukkan bahwa KWPP berada di kuadran I Growth and build yang berarti KWPP perlu berfokus untuk melakukan strategi intensif (Penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk). Hasil dari QSPM telah didapat strategi prioritas dengan nilai Attractive Score paling besar yaitu Strategi S-C (Strenght-Challenge) yaitu Penguatan promosi Pantai Pangandaran melalui media sosial, dengan total aktraktif skor (TAS) paling besar yaitu 6,99..
ANALISIS SISTEM PENCEGAHAN BAHAYA KEBAKARAN PADA GEDUNG MUSEUM PENERANGAN DI KAWASAN WISATA TAMAN MINI INDONESIA INDAH Upara, Nafsan; Prinajati, PS.Dyah
Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal Vol 1, No 2 (2019): November
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/seoi.v1i2.177

Abstract

Museum Penerangan is one of tourist attractions which is visited by tourist to increase the knowledge of lighting development in Indonesia. Museum Penerangan has fire protection system, but the reliability of building safety system of potential fire hazard needs to be known. This research is conducted to acknowledge Museum Penerangan reliability of building safety system. Reliability variables used in this research are the completeness of treads, safety tools, active fire protective systems, and passive fire protective systems. The research obtains the value of reliability of Museum Penerangan building safety system for potential fire hazard is 68,9895, which means Moderate. This value is inadequate to minimum requirements of reliability of building safety system that has value of 80 or Good. This is due to safety tools component’s variable that has value of 58,57. It is recommended for the Museum Penerangan management to increase or develop the safety tools’ components that have been lacking of function so that the building could have a better reliability level of potential fire hazard.
PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN INDIHOME MENGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY, QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DAN NET PROMOTERS SCORE DI PT TELKOM AKSES Fahmi, Fahmi; Sulistyadi, Kohar; Ratnasari, Lisa
Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal Vol 1, No 1 (2019): Maret
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/seoi.v1i1.172

Abstract

Kualitas produk dan layanan merupakan salah satu kunci sukses dalam persaingan. adanya keterkaitan antara kualitas jasa, kepuasan konsumen, minat membeli dan reputasi di mata konsumen. PT Telkom Indonesia sebagai penyedia layanan tetap (voice dan broadband) dengan merek Indihome melalui anak perusahaan PT Telkom Akses. Layanan internet broadband ini mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas hidup. Indihome berusaha untuk meningkatkan Kualitas layanan, Untuk itu Indihome memanfaatkan digital network basis teknologi fiber optic, yang membentang dari ujung barat sampai timur Indonesia. Kepuasan pelanggan akan semakin dipenuhi dengan jaringan fiber optic yang mampu menyediakan layanan akses internet dengan kecepatan tinggi dengan koneksi yang lebih stabil dan handal. Penelitian ini menggunakan metode Service Quality dan Quality Function Deployment untuk mememberiakn parameter antara persepsi dan harapan pelanggan serta metode Net Promotor Score untuk memberikan informasi besarnya keinginan pelanggan dalam memakai kembali produk atau jasa yang ditawarkan dan merekomedasikan. Input yang digunakan untuk perhitungan metode Quality Function Deployment dan Net Promotor Score adalah output yang dihasilkan dari metode service quality yang akan menghasilkan atribut penting dari kinerja yang dilakukan dan masih dianggap kurang maksimal untuk menjadi prioritas perbaikan. Berdasarkan hasil penelitian tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan indihome kurang memuaskan, dimana dari 24 atribut ada 6 atribut yang kurang memuaskan bagi pelangan sementara 18 atribut lainya belum mencapai target yang diharapkan, selain itu pada penelitian ini didapatkan usulan perbaikan dari kontribusi karakteristik house of quality dan net promoters score dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan Indihome di PT Telkom Akses Jakarta Selatan
EFEKTIVITAS MELATI AIR DALAM MENURUNKAN KADAR BOD, COD DAN TSS PADA AIR LIMBAH LAUNDRY Ain, Sela Zahratun; Noviana, Linda
Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal Vol 1, No 1 (2019): Maret
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/seoi.v1i1.167

Abstract

Peningkatan industry pencucian pakaian dapat menimbulkan pencemaran mengakibatkan eutrofikasi.Sehingga perlu dilakukan alternative pengolahan dan pengaplikasian yang efektif untuk mengolah limbah ini, salah satunya dengan menggunakan fitoremediasi.Fitoremediasi adalah penggunaan tumbuhan untuk menghilangkan, menstabilkan atau menghancurkan bahan pencemar baik senyawa organic maupun anorganik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan tumbuhan Melati Air dalam menurunkan kadar BOD, COD dan TSS pada limbah laundry dengan variasi waktu kontak 7, 14 dan 21 dengan perbedaan banyaknya tumbuhan yaitu 2, 4, 6 dan 8 tanaman. Sedangkan efektivitas penyerapan pada tanaman Melati Air adalah pada hari ke 14
PENGARUH HYDRAULIC LOADING RATE (HLR) TERHADAP PENGOLAHAN LEACHATE DENGAN MENGGUNAKAN METODA MULTI SOIL LAYERING (MSL) Kasman, Monik; Herawati, Peppy; Hadrah, Hadrah
Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal Vol 1, No 2 (2019): November
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/seoi.v1i2.178

Abstract

Leachate atau lindi sampah berpotensi untuk mencemari air pemukaan dan air tanah. Hal ini diakibatkan degradasi biologis leachate menghasilkan pencemar berbahaya seperti zat organik dan logam berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati efisiensi MSL dalam mereduksi pencemar yang terkandung dalam leachate. Pengamatan penelitian difokuskan pada pengaruh hydraulic loading rate (HLR) terhadap efisiensi reduksi pencemar, yang terdiri atas 250 l/m2.hari, 500 l/m2.hari dan 1000 l/m2.hari. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengalirkan secara gravitasi leachate Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) Talang Gulo ke reaktor MSL berdimensi 15x50x50 cm. Reaktor MSL terdiri atas lapisan impermeable dan lapisan permeabel. Lapisan impermeabel merupakan lapisan yang terdiri atas campuran tanah dan arang dengan rasio 2 : 1, serta lapisan permeabel terdiri atas lapisan zeolit berdiameter 0,25 – 0,5 cm. Berdasarkan hasil penelitian, didapat bahwa MSL dapat menetralkan pH dan mereduksi konsentrasi pencemar COD, amoniak, besi (Fe) dan warna. Efisiensi reduksi untuk semua pencemar berkisar 92% – 99,966%. Secara umum, HLR sangat mempengaruhi efisiensi reduksi, dimana makin rendah HLR maka makin rendah konsentrasi outlet serta makin tinggi efisiensi reduksi.
STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA PANTAI PANGANDARAN DENGAN METODE QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX) Hasibuan, Bernard
Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal Vol 1, No 2 (2019): November
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/seoi.v1i2.173

Abstract

Untuk menjadikan Pantai Pangandaran menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan maka diperlukanlah strategi pengembangannya. Tujuan dari penelitian ini adalah Menentukan strategi prioritas untuk pengembangan pariwisata di Kawasan Wisata Pantai Pangandaran dengan menentukan faktor internal dan eksternal dan dengan menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) yang juga didukung dengan metode Matriks IE dan Analisis SWOC, teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan pakar-pakar. Hasil dari penelitian ini yaitu Matriks IE yang menunjukkan bahwa KWPP berada di kuadran I Growth and build yang berarti KWPP perlu berfokus untuk melakukan strategi intensif (Penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk). Hasil dari QSPM telah didapat strategi prioritas dengan nilai Attractive Score paling besar yaitu Strategi S-C (Strenght-Challenge) yaitu Penguatan promosi Pantai Pangandaran melalui media sosial, dengan total aktraktif skor (TAS) paling besar yaitu 6,99..
ALTERNATIF STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA KANDI DI KOTA SAWAHLUNTO Hamdan, Lionard; Soecahyadi, Soecahyadi; Umar, Farhat
Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal Vol 1, No 1 (2019): Maret
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/seoi.v1i1.168

Abstract

Otonomi daerah menjadikan pemerintah Kota Sawahlunto giat membangun objek wisata yang berlatar belakang kota bekas tambang batubara. Objek wisata Kandi Kota Sawahlunto merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Provinsi Sumatra Barat. Objek wisata Kandi merupakan objek wisata unggulan di Kota Sawahlunto yang memiliki beberapa objek wisata yang terdiri dari Pacuan kuda kandi, Danau wisata Kandi, Kebun Binatang Kandi, Arena Roadrace permanent Kandi, arena Mottocroos dan lain sebagainya. Dalam rangka meningkatkan tingkat kunjungan wisata di Sumatera Barat, khususnya di, Kota Sawahlunto, maka perlu melakukan berbagai langkah-langkah strategis, agar dapat miningkatkan kunjungan wisatawan. Adapun para aktor yang terlibat dalam pengambilan keputusan dalam penelitian ini adalah dinas Pariwisata, Dinas Pekerjaan Umum, Pengelola Obyek Wisata, DPRD Komisi A, dan ASITA. Berdasarkan pengolahan dan analisa data dengan menggunakan Analitical Hirarki Process (AHP), maka didapatkan 3 Strategi pengembangan objek wisata Kandi di Kota sawahlunto, dengan prioritas utamanya adalah 1) Melibatkan dan mengikut sertakan masyarakat; 2) Meningkatkan kegiatan promosi; dan 3) Meningkatkan infrastruktur objek wisawa Kandi di Kota Sawahlunto.
PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN INDIHOME MENGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY, QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DAN NET PROMOTERS SCORE DI PT TELKOM AKSES Sulistyadi, Kohar
Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal Vol 1, No 2 (2019): November
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/seoi.v1i2.179

Abstract

Kualitas produk dan layanan merupakan salah satu kunci sukses dalam persaingan. adanya keterkaitan antara kualitas jasa, kepuasan konsumen, minat membeli dan reputasi di mata konsumen. PT Telkom Indonesia sebagai penyedia layanan tetap (voice dan broadband) dengan merek Indihome melalui anak perusahaan PT Telkom Akses. Layanan internet broadband ini mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas hidup. Indihome berusaha untuk meningkatkan Kualitas layanan, Untuk itu Indihome memanfaatkan digital network basis teknologi fiber optic, yang membentang dari ujung barat sampai timur Indonesia. Kepuasan pelanggan akan semakin dipenuhi dengan jaringan fiber optic yang mampu menyediakan layanan akses internet dengan kecepatan tinggi dengan koneksi yang lebih stabil dan handal. Penelitian ini menggunakan metode Service Quality dan Quality Function Deployment untuk mememberiakn parameter antara persepsi dan harapan pelanggan serta metode Net Promotor Score untuk memberikan informasi besarnya keinginan pelanggan dalam memakai kembali produk atau jasa yang ditawarkan dan merekomedasikan. Input yang digunakan untuk perhitungan metode Quality Function Deployment dan Net Promotor Score adalah output yang dihasilkan dari metode service quality yang akan menghasilkan atribut penting dari kinerja yang dilakukan dan masih dianggap kurang maksimal untuk menjadi prioritas perbaikan. Berdasarkan hasil penelitian tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan indihome kurang memuaskan, dimana dari 24 atribut ada 6 atribut yang kurang memuaskan bagi pelangan sementara 18 atribut lainya belum mencapai target yang diharapkan, selain itu pada penelitian ini didapatkan usulan perbaikan dari kontribusi karakteristik house of quality dan net promoters score dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan Indihome di PT Telkom Akses Jakarta Selatan.
EFEKTIVITAS MELATI AIR DALAM MENURUNKAN KADAR BOD, COD DAN TSS PADA AIR LIMBAH LAUNDRY Noviana, Linda
Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal Vol 1, No 2 (2019): November
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/seoi.v1i2.174

Abstract

Peningkatan industry pencucian pakaian dapat menimbulkan pencemaran mengakibatkan eutrofikasi.Sehingga perlu dilakukan alternative pengolahan dan pengaplikasian yang efektif untuk mengolah limbah ini, salah satunya dengan menggunakan fitoremediasi.Fitoremediasi adalah penggunaan tumbuhan untuk menghilangkan, menstabilkan atau menghancurkan bahan pencemar baik senyawa organic maupun anorganik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan tumbuhan Melati Air dalam menurunkan kadar BOD, COD dan TSS pada limbah laundry dengan variasi waktu kontak 7, 14 dan 21 dengan perbedaan banyaknya tumbuhan yaitu 2, 4, 6 dan 8 tanaman. Sedangkan efektivitas penyerapan pada tanaman Melati Air adalah pada hari ke 14.