cover
Contact Name
Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Contact Email
forbiswira@mdp.ac.id
Phone
+62711376400
Journal Mail Official
forbiswira@mdp.ac.id
Editorial Address
Jalan Rajawali No 14 Palembang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Core Subject : Economy,
FORBISWIRA , Forum Bisnis dan Kewirausahaan merupakan jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan oleh STIE Multi Data Palembang (MDP Business School), Indonesia. Merupakan media bagi para dosen, mahasiswa, alumni, dan peneliti lainnya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan paper yang berisi perkembangan mutakhir ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu ekonomi manajemen, akuntansi, dan kewirausahaan (entrepreneurship). FORBISWIRA diterbitkan pertama kali dengan edisi Volume 1 Nomor 1 pada September 2011 dengan ISSN 2089-0001 yang diperoleh dari LIPI. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan September dan Maret. Redaksi dengan senang hati menerima artikel baik berupa publikasi hasil penelitian maupun gagasan inovatif mengenai perkembangan ilmu pengetahuan. Artikel yang masuk dan dapat diterbitkan bila telah melalui tahap review oleh para reviewer sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ucapan terima kasih disampaikan kepada dosen, mahasiswa, alumni dan peneliti yang telah mengirimkan artikel, para penyunting ahli dan mitra bestari yang telah meluangkan waktunya mereview artikel, serta segenap manajemen STIE Multi Data Palembang dan Yayasan Multi Data Palembang yang telah mendukung penerbitan jurnal. Semoga kehadiran FORBISWIRA mampu berkontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan memberi manfaat bagi kita semua.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 1 (2022): Forum Bisnis dan Kewirausahaan" : 20 Documents clear
RENCANA BISNIS PAKAIAN MUSLIM PRIA PLUS SIZE (SALAKA) DENGAN ANALISIS BISNIS MODEL KANVAS Irham Amir; Muhammad Rafi’ Firdaus
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 12 No 1 (2022): Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v12i1.1652

Abstract

Abstrak: Populasi penduduk Indonesia yang mempunyai tubuh overweight terus bertambah, disisi lain sulit sekali ditemukannya pakaian plus size terutama untuk kaum Muslim. Ide dalam penelitian ini merupakan pakaian muslim berukuran besar yang memiliki bahan nyaman serta desain kasual modern. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Bisnis Model Kanvas 9 Blok dan terfokus pada customer segment dan value proposition. Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara secara mendalam kepada 30 responden. Setelah dilakukan uji solusi maka didapatkan verifikasi model bisnis terhadap dua blok yaitu customer segment dengan hasil : Laki-laki Muslim, memiliki ukuran pakaian minimal XL, mahasiswa, pegawai / pekerja, memiliki penghasilan minimal Rp 3.000.000, generasi Z, dan berbelanja secara online. Sementara untuk value proposition yaitu: berukuran besar (over size), bahan nyaman, desain kasual polos dan minim desain, serta memiliki quality control yang ketat.
Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image dan Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli Produk Erigo Apparel Octavina Chalwa Adaby; Nurhadi Nurhadi
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 12 No 1 (2022): Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v12i1.2476

Abstract

Abstract: This study aims to analyze the effect of Brand Ambassador and Brand Image on Purchase intention with Electronic Word of Mouth as a moderate variable. The sample used in this study were 100 respondents using purposive sampling technique. Data analysis using multiple linier regression with Moderated Regression Analysis which is processed by SPSS software application.The result of the analysis show that simultaneously all variables have a positive and significant effect on Purchase Intention. Brand Ambassador and Brand Image have a positive and significant effect on Erigo Apparel Purchase Intention. The result of the MRA test prove that Electronic Word of Mouth does not moderate the effect of Brand Ambassador on Purchase Intention and it does not moderate the effect of Brand Image on Purchase Intention. Keywords: Brand Ambassador, Brand Image, Electronic Word of Mouth, Purchase Intention Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image terhadap Minat Beli dengan Electronic Word of Mouth sebagai variabel moderasi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan Moderated Regression Analysis menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menujukkan bahwa secara simultan seluruh variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli. Brand Ambassador dan Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Produk Erigo Apparel. Hasil uji MRA membuktikan bahwa Electronic Word of Mouth tidak memoderasi pengaruh Brand Ambassador terhadap Minat Beli dan tidak memoderasi pengaruh Brand Image terhadap Minat Beli. Kata kunci: Brand Ambassador, Brand Image, Electronic Word of Mouth, Minat Beli
Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek Dan Loyalitas Merek Terhadap Ekuitas Merek Pada Chang Tea Cabang PTC Mall Palembang Stevi Stevi; Nyimas Artina
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 12 No 1 (2022): Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v12i1.3252

Abstract

Ekuitas merek atau brand equity merupakan nilai tambah sebuah merek yang disisipkan pada nama agar dapat dikenali oleh konsumen, juga mencerminkan bahwa konsumen ingin menggunakan mereka atau produk tertentu. Konsumen saat ini membayar lebih untuk produk dengan merek terkemuka dan menuntut layanan terbaik dari merek tersebut. Semakin besar nilai merek di benak konsumen, maka akan semakin banyak keuntungan yang bisa diperoleh perusahaan dari produk atau jasa yang dipasarkan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek dan Loyalitas Merek terhadap Ekuitas Merek pada Chang Tea cabang PTC Mall Palembang. Ukuran sampel yang diambil sebanyak 170 responden dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kesadaran Merek, Citra Merek dan Loyalitas Merek berpengaruh positif secara parsial dan simultan terhadap Ekuitas Merek Chang Tea cabang PTC Mall Palembang.
Upaya Pemerintah Kota Singkawang dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif (Ekonomi Kreatif Kuliner Khas Kota Singkawang) Sri Syabanita Elida; Agus Eko Tejo S; Seviera Putri Deria
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 12 No 1 (2022): Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v12i1.3262

Abstract

Kuliner yang merupakan salah satu dari 17 sub-sektor ekonomi kreatif sedang mengalami perkembangan yang pesat dengan beragam pilihan mulai dari kuliner khas hingga kuliner modern. Namun, kehadiran kuliner modern memunculkan persaingan terhadap kuliner khas khususnya di Kota Singkawang. Tujuan penelitian ini sebagai upaya pemerintah Kota Singkawang dalam pengembangan ekonomi kreatif khususnya pada sub-sektor kuliner khas Kota Singkawang, untuk mengetahui kendala dan solusi yang dilaksanakan untuk mengatasi kendala yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang khususnya Bidang Ekonomi Kreatif sudah berjalan baik, tepat dan sesuai yaitu dengan komunikasi, partisipasi, dan penghargaan. Kendala yang dihadapi yaitu kurangnya pengetahuan pelaku ekonomi kreatif sub-sektor kuliner khas Kota Singkawang terkait teknologi informasi, produksi, pengemasan, pemasaran, dan promosi sehingga terkadang pemerintah melakukan pemasaran yang berlebihan. Selain itu, keterbatasan anggaran juga menjadi kendala. Solusi dalam menghadapi kendala tersebut yaitu perlunya dilakukan diskusi, pembinaan, pelatihan, serta pengawasan terhadap pelaku ekonomi kreatif sub-sektor kuliner khas Kota Singkawang dan menentukan skala prioritas.
An Analysis of the Influence of Auditor Professional Skepticism and Effort on Audit Judgment Performance Muhsin Muhsin
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 12 No 1 (2022): Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v12i1.3263

Abstract

The objective of this research is to examine the influence of auditors' professional skepticism and effort on audit judgment performance at Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). The sample in this study consisted of auditors from level I to VII. Data was collected using the survey method and the purposive sampling technique. The data collected in this study came from 90 respondents and was tested using the SEM analysis technique on Warp PLS 7.0 program. The findings revealed that the auditor's professional skepticism and effort had a positive and statistically significant influence on audit judgment performance (with probability p <0.05). This research corresponds to Carpenter (2007) which states that auditors who have professional skepticism when dealing with high-risk clients will always modify audit procedures in order to achieve audit judgment performance. This suggests that auditors who have professional skepticism will be more critical in conducting audit performance assessments.
Pengaruh Harga Dan Promosi Penjualan Shopee FoodTerhadap Minat Beli Konsumen Di Kota Palembang Octavianus Calvin; Maria Josephine Tyra
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 12 No 1 (2022): Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v12i1.3264

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh harga dan promosi penjualan Shopeefood terhadap minat beli konsumen di Kota Palembang. Populasinya adalah masyarakat Palembang yang mengetahui layanan pesan antar makanan Shopeefood. Purposive sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sampel. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, dan reliabilitas, uji asumsi klasik, serta analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan promosi penjualan Shopeefood memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen di Kota Palembang
Return Saham Sebelum dan Selama Masa Pandemi Covid-19 Periode Juli 2018-Oktober 2021 Frinsen Liyanto; Anastasia Sri Mendari
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 12 No 1 (2022): Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v12i1.3265

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan return sub sektor industri transportasi, telekomunikasi, hotel, restoran, dan pariwisata serta farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebelum dan selama masa pandemi dengan periode penelitian Juli 2018 hingga Oktober 2021. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Purposive Sampling dan diperoleh 79 yang terdiri dari 36 perusahaan sub sektor transportasi, 13 perusahaan sub sektor telekomunikasi, 22 perusahaan sub sektor hotel, restoran, dan pariwisata, serta 8 perusahaan sub sektor farmasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan Paired Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan return yang signifikan pada sub sektor transportasi, telekomunikasi, hotel, restoran, dan pariwisata, serta farmasi periode sebelum dan selama pandemi COVID-19. Dapat dilihat dari mean difference yang negatif atau positif sebelum dan selama pandemi COVID-19
Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tridinanti Di Masa Pendemi Covid – 19 Muhni Pamuji; Sasiska Rani
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 12 No 1 (2022): Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v12i1.3266

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat berwirausaha pada mahasiswa di Fakultas Ekonomi Uni versitas Tridinanti di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 96 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Metode penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Selain itu, kepribadian juga berpengaruh positif signifikan terhadap minat berwirausaha.
Pengaruh Jumlah Pembiayaan Mudharabah Dan Musyarakah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Terhadap Jumlah Uang Beredar Di Indonesia Selama Pandemi Covid-19 Muhammad Bahrul Ulum; Muhammad Hamdan Sayadi; Ayu Geby Gisela Syaputri
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 12 No 1 (2022): Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v12i1.3267

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jumlah pembiayaan mudharabah dan musyarakah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah terhadap jumlah uang beredar di Indonesia selama pandemi covid-19. Periode pengamatan selama Januari hingga Desember 2021. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi berganda. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa jumlah pembiayaan mudharabah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah berpengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap jumlah uang beredar di Indonesia selama pandemi covid-19, sedangkan bahwa jumlah pembiayaan musyarakah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap jumlah uang beredar di Indonesia selama pandemi covid-19.
Analisis Taylor Rule Tentang Pengaruh Inflasi Dan Produk Domestik Bruto (PDB) Terhadap Suku Bunga Riil Neny Rostiati; Muhammad Bahrul Ulum
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 12 No 1 (2022): Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v12i1.3268

Abstract

Penelitian ini mengenai kebijakan moneter khususnya analisis kebijakan moneter dengan menggunakan pendekatan “Taylor Rule”, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Inflasi dan Produk Domestik Bruto (PDB) terhadap Tingkat Suku Bunga Riil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel Bebas (Inflasi dan Output) berpengaruh positive slope terhadap Variabel Terikat (Tingkat Suku Bunga Riil), hal ini berarti setiap kenaikan nominal pada variabel Inflasi dan Output maka akan menyebabkan tingkat suku bunga riil akan naik. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Variable bebas mampu menjelaskan variabel terikat sebesar 0,733 atau 73,3%, dan terdapat 26.7% variabel lain yang dapat juga menjelaskan variabel terikat tetapi tidak dimasukkan kedalam uji model pada penelitian ini. Untuk uji hipotesis, variable bebas berpengaruh secara signifikan terhadap variable terikat

Page 1 of 2 | Total Record : 20