cover
Contact Name
Dian Perayanti Sinaga
Contact Email
dianperayanti@gmail.com
Phone
+6281377105410
Journal Mail Official
pendbiologi.usi@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Biologi-FKIP Universitas Simalungun Jl. Sisingamangaraja Barat,Kelurahan Bukit Sofa, Kecamatan Siantar Sitalasari Kota Pematangsiantar
Location
Kota pematangsiantar,
Sumatera utara
INDONESIA
MetaBio : Jurnal Pendidikan
Published by Universitas Simalungun
ISSN : -     EISSN : 23026553     DOI : https://doi.org/10.36985
Jurnal Ilmiah Metabio merupakan jurnal publikasi yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Simalungun Pematangsiantar. Jurnal ini akan memuat hasil-hasil penelitian ilmiah pada berbagai bidang ilmu Biologi dan Pembelajaran Biologi diantaranya Ekologi, Anatomi, IPA, Metode Pembelajaran, Media Pembelajarandan bidang-bidang lain yang terapannya sangat berhubungan dengan bidang Biologi dan Pembelajaran Biologi
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2019): Oktober 2019" : 9 Documents clear
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATERI SALING KETERGANTUNGAN DI KELAS VII Mts NEGERI TANAH JAWA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Huda, M. Komarul
Jurnal Metabio Vol. 1 No. 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/jpbm.v7i2.163

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Example Non Example. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-test, post-test. Jumlah populasi sebanyak 203 orang dan jumlah sampel sebanyak 80 orang siswa (Cluster Random Sampling). Kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII-4 sebagai kelas ekperimen II. Analisis data dilakukan dengan cara mencari rata-rata skor dan standart deviasi, dan hipotesis diuji dengan statistik t atau uji t pada taraf signifikansi α= 0,05. Nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 44,25 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen I yaitu 76,57. Nilai rata-rata pre-test kelas ekperimen II sebesar 38,50 dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol yaitu 65,25. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan denganmenggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Example Non Example pada materi saling ketergantungan dalam ekosistem di kelas VII MTs Negeri Tanah Jawa T.P 2018/2019 sebesar 34,12. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh t hitung (7,68) > t tabel (2,00), maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Example Non Example pada materi saling ketergantungan dalam ekosistem di kelas VII MTs Negeri Tanah Jawa T.P 2018/2019. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Example Non Example pada materi saling ketergantungan dalam ekosistem di kelas VII MTs Negeri Tanah Jawa T.P 2018/2019. Kata kunci : Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Example Non Example, hasil belajar.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII SMP SATRYA BUDI TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018 Sinaga, Dian Perayanti
Jurnal Metabio Vol. 1 No. 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/jpbm.v7i2.164

Abstract

Penelitian ini tentang pengaruh penggunaan model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Dilaksanakan di Kelas VII SMP Satrya Budi Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini bertujun untuk mengetahui pengunaan metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dalam mempelajari ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran group investigation. Populasi dan sampel penelitian sebanyak 40 orang, dibagi menjadi dua kelas eksperimen 20 orang dan satu kelas kontrol 20 orang. Analisis data dilakukan dengan menghitung rata-rata skor, Standar Deviasi dan hipotesis diuji dengan statistik t atau uji t pada taraf signifikansi α = 0.05. Nilai rata-rata pre-test dan post-test kelompok eksperimen adalah 3.70 dan 8.05 dan selisih hasil belajar sebesar 4.35. Nilai rata-rata pre-test dan post-test kelompok kontrol adalah 2.95 dan 4.20 dengan selisih hasil belajar 1.25. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan ditemukan bahwa, thitung (6.376)>ttabel (2.02). Dengan demikian, Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nihil (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar siswa dalam mempelajari ekosistem pada siswa Kelas VII SMP Satrya Budi Tahun Pelajaran 2017/ 2018.Kata Kunci: Hasil Belajar, Group Investigation, Ekosistem.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 PANOMBEIAN PANEI TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Siboro, Thiur Dianti
Jurnal Metabio Vol. 1 No. 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/jpbm.v7i2.165

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman makhluk hidup di kelas VII Panombeian Panei Tahun Pelajaran 2019/2020. Jumlah populasi seluruh siswa kelas VII sebanyak 50 orang dan jumlah sampel sebanyak 50 orang (total sampling). Kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25 orang dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 25 orang. Analisis data dilakukan dengan mencari rata-rata dan standar deviasi, hipotesis diuji dengan uji t pada taraf signifikansi α= 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 48. Nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen sebesar 31,40 dan 81,80. Nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol sebesar 31,20 dan 76,60. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada materi keanekaragaman makhluk hidup di kelas VII Panombeian Panei Tahun Pelajaran 2019/2020 sebesar 50,40. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung (3,37) > ttabel (2,02) pada taraf signifikansi
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII MTS SWASTA YMI SINAKSAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Hulu, Irwan Lihardo
Jurnal Metabio Vol. 1 No. 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/jpbm.v7i2.166

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas VII MTs Swasta YMI Sinaksak Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Swasta YMI Sinaksak sebanyak 70 orang, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 2 sebagai kelas kontrol masing masing berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa. Tes hasil belajar siswa bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan cara mencari nilai rata-rata, standart deviasi dan hipotesis diuji dengan statistik t atau uji t pada taraf signifikansi α= 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen nilai post-test 8,03 sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol nilai post-test 6,14. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa sebesar 1,89. Dari pengujian hipotesis menggunakan uji “t” diperoleh thitung > dari ttabel pada taraf α = 0,05 dan derajat kebebasan = 68 (7,95> 2,00) dengan demikian H0 ditolak H1 diterima, artinya ada pengaruh media pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas VII MTs Swasta YMI Sinaksak Tahun Pelajaran 2018/2019. Disimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas VII MTs Swasta YMI Sinaksak Tahun Pelajaran 2018/2019.Kata kunci : Media Pembelajaran, Mind Mapping, Hasil Belajar.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN JIGSAW PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 PEMATANG SIANTAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Purba, Sumarny Tridelpina
Jurnal Metabio Vol. 1 No. 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/jpbm.v7i2.167

Abstract

Penelitian ini tentang perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Snowball Trowing dan Jigsaw pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas VIII SMP. Negeri 7 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Snowball Trowing dan Jigsaw pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas VIII Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi yang menjadi sampel sebanyak 64 siswa dibagi menjadi 2 kelas yang diambil secara cluster random, satu kelas eksperimen I 32 siswa dan satu kelas eksperimen II 32 siswa. Analisis data dengan menghitung harga Mean (M), Standart Deviasi (S) dan Uji Hipotesis menggunakan Uji t.Nilai rata-rata pre test (3,87) dan post test (8,81) pada kelas eksperimen I. Nilai rata-rata pre test (3,59) dan post test (7,78) pada kelas eksperimen II. Jika t hitung > t tabel pada taraf signifikan =0,05 dan derajat kebebasan (62), maka H0 ditolak Ha diterima. Dari pengujian hipotesis pre test diperoleh t hitung (4,86) > t tabel (2,00) artinya, ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Snowball Trowing dan Jigsaw pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas VIII SMP. Negeri 7 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2018/2019.Kata Kunci : Hasil belajar, Jigsaw, Snowball Throwing, Ekosistem
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DAN MAKE A MATCH PADA MATERI SEL KELAS XI SMA KARTIKA I-4 PEMATANGSIANTAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Saragih, Marlindoaman
Jurnal Metabio Vol. 1 No. 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/jpbm.v7i2.168

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example Dan Make A Match. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-test, post-test. Jumlah populasi sebanyak 120 orang dan jumlah sampel sebanyak 80 orang siswa (Cluster Random Sampling). Kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas ekperimen II. Analisis data dilakukan dengan cara mencari rata-rata skor dan standart deviasi, dan hipotesis diuji dengan statistik t atau uji t pada taraf signifikansi α= 0,05. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen I yaitu 80,50 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen II yaitu 71,50. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Example Non Example pada materi Sel di kelas XI SMA Kartika I-4 Pematangsiantar T.P 2018/2019 sebesar 9,00. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh t hitung (3,93) > t tabel (2,00), maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Example Non Example pada materi Sel di kelas XI SMA Kartika I-4 Pematangsiantar T.P 2018/2019. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Example Non Example pada pada materi Sel di kelas XI SMA Kartika I-4 Pematangsiantar T.P 2018/2019. Kata kunci : Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Example Non Example, hasil belajar.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DAN MAKE A MATCH PADA MATERI SEL KELAS XI SMA KARTIKA I-4 PEMATANGSIANTAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Marlindoaman Saragih
MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik) Vol. 1 No. 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Program Studi Biologi FKIP Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/jmo.v1i2.320

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example Dan Make A Match. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre - test, post - test. Jumlah populasi sebanyak 120 orang dan jumlah sampel sebanyak 80 orang siswa (Cluster Random Sampling). Kelas XI IPA - 1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas ekperimen II. Analisis data dilakukan dengan cara mencari rata - rata skor dan standart deviasi, dan hipotesis diuji dengan statistik t atau uji t pada taraf signifikansi α= 0,05. Nilai rata - rata post - test kelas eksperimen I yaitu 80,50 dan nilai rata - rata posttest kelas eksperimen II yaitu 71,50. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Example Non Example pada materi Sel di kelas XI SMA Kartika I - 4 Pematangsiantar T.P 2018/2019 sebesar 9,00. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung (3,93) > ttabel (2,00), maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Example Non Example pada materi Sel di kelas XI SMA Kartika I-4 Pematangsiantar T.P 2018/2019. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Example Non Example pada pada materi Sel di kelas XI SMA Kartika I-4 Pematangsiantar T.P 2018/2019
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII SMP SATRYA BUDI TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018 Dian Perayanti Sinaga
MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik) Vol. 1 No. 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Program Studi Biologi FKIP Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/jmo.v1i2.322

Abstract

Penelitian ini tentang pengaruh penggunaan model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem . Dilaksanakan di Kelas VII SMP Satrya Budi Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini bertujun untuk mengetahui pengunaan metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dalam mempelajari ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran group investigation. Populasi dan sampel penelitian sebanyak 40 orang, dibagi menjadi dua kelas eksperimen 20 orang dan satu kelas kontrol 20 orang. Analisis data dilakukan dengan menghitung rata-rata skor, Standar Deviasi dan hipotesis diuji dengan statistik t atau uji t pada taraf signifikansi α = 0.05. Nilai rata - rata pre - test dan post - test kelompok eksperimen adalah 3.70 dan 8.05 dan selisih hasil belajar sebesar 4.35. Nilai rata -rata pre - test dan post-test kelompok kontrol adalah 2.95 dan 4.20 dengan selisih hasil belajar 1.25. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan ditemukan bahwa, thitung (6.376) > ttabel (2.02). Dengan demikian, Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nihil (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar siswa dalam mempelajari ekosistem pada siswa Kelas VII SMP Satrya Budi Tahun Pelajaran 2017/ 2018 .
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATERI SALING KETERGANTUNGAN DI KELAS VII Mts NEGERI TANAH JAWA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Muhammad Komarul Huda
MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik) Vol. 1 No. 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Program Studi Biologi FKIP Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/jmo.v1i2.324

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Example Non Example. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-test, post-test. Jumlah populasi sebanyak 203 orang dan jumlah sampel sebanyak 80 orang siswa (Cluster Random Sampling). Kelas VII -2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII-4 sebagai kelas ekperimen II. Analisis data dilakukan dengan cara mencari rata - rata skor dan standart deviasi, dan hipotesis diuji dengan statistik t atau uji t pada taraf signifikansi α= 0,05. Nilai rata - rata pre-test kelas eksperimen sebesar 44,25 dan nilai rata - rata posttest kelas eksperimen I yaitu 76,57. Nilai rata - rata pre-test kelas ekperimen II sebesar 38,50 dan nilai rata - rata post - test kelas kontrol yaitu 65,25. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Example Non Example pada materi saling ketergantungan dalam ekosistem di kelas VII MTs Negeri Tanah Jawa T.P 2018/2019 sebesar 34,12. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung (7,68) > ttabel (2,00), maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Example Non Example pada materi saling ketergantungan dalam ekosistem di kelas VII MTs Negeri Tanah Jawa T.P 2018/2019. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Example Non Example pada materi saling ketergantungan dalam ekosistem di kelas VII MTs Negeri Tanah Jawa T.P 2018/2019.

Page 1 of 1 | Total Record : 9