cover
Contact Name
Arif Mansyuri
Contact Email
jurnalapi@uinsby.ac.id
Phone
+6281359067234
Journal Mail Official
jurnalapi@uinsby.ac.id
Editorial Address
Laboratory Building of the Faculty of Tarbiyah UIN Sunan Ampel Surabaya 2nd Floor Jl. A. Yani 117, Surabaya 60237
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam
ISSN : 27762017     EISSN : 27762424     DOI : https://doi.org/10.15642/api
The journal provides on articles related to conceptual innovation or empirical research in administration, management, leadership and supervision of Islamic educational institutions.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2021): September" : 6 Documents clear
Strategi Guru dalam Pemberian Motivasi ke Anak pada Masa Covid-19 di RA Al-Qodir Sidoarjo Fiinaa Mujahidah; Yulinaeng Agharid
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 3 No. 2 (2021): September
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2021.3.2.1-11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti strategi guru Kelompok Bermain (KB) TK Al-Qodir Sidoarjo dalam menghidupkan motivasi belajar siswa demi menjaga keberlangsungan pendidikan dalam kebijakan Study From Home (SFH) pada masa pandemi COVID-19. Peneliti menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yaitu guru kelas serta siswa Kelompok Bermain (KB) di TK Al-Qodir Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk strategi guru untuk menghidupkan motivasi belajar siswa dalam kebijakan SFH di tengah wabah COVID-19 adalah dengan publikasi hasil kerja tugas siswa yang terbukti dapat menghidupkan motivasi belajar siswa. Hambatan yang ditemui guru yaitu berkenaan dengan aspek orang tua peserta didik, sarana pembelajaran, dan kreativitas guru. Manfaatnya berupa tumbuhnya motivasi belajar siswa, melatih kedisiplinan siswa, serta membantu meningkatkan kedekatan antara orangtua dan anak. Kata Kunci: motivasi belajar; anak usia dini; covid-19.
Penerapan Aplikasi Surat pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto Harlina Reny Baidhowi; Ni'matus Sholihah
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 3 No. 2 (2021): September
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2021.3.2.12-21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang penerapan aplikasi surat pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kemenag Kabupaten Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan informan yaitu pengelola bagian pelayanan terpadu satu pintu dan petugas PTSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bagian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Kemenag Kabupaten Mojokerto memiliki sebuah sistem informasi yang dapat memudahkan pekerjaan di bidang PTSP yang bernama “Aplikasi Surat”. Aplikasi surat ini merupakan aplikasi yang diadopsi dari PTSP di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Aplikasi surat ini launching dan baru digunakan di PTSP Kemenag Kabupaten Mojokerto pada tanggal 17 Juli 2019. Hal tersebut bersamaan dengan mulai beroperasinya PTSP Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto. Pada awalnya, fungsi secara umum dari aplikasi surat adalah untuk mencatat surat masuk dan surat keluar. Kemudian berkembang menjadi aplikasi layanan bagi masyarakat yang memerlukan pelayanan dari pihak Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto dan juga layanan bagi pegawai.
Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester (SKS) di SMAN 1 Krian Sidoarjo Innanda Oqta Putri Wulandary
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 3 No. 2 (2021): September
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2021.3.2.53-65

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyelengaaraan Sistem Kredit Semester (SKS) di SMAN 1 Krian Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode dengan mengumpulkan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian yaitu Kepala Seksi SMA dan PKPLK cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah Surabaya dan Sidoarjo, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, tim pengembang SKS, siswa pembelajar cepat dan siswa pembelajar normal. Hasil penelitian ini yaitu implementasi SKS, Faktor Pendukung Penyelenggaraan SKS dan Faktor Penghambat Penyelenggaraan SKS di SMAN 1 Krian Sidoarjo. Temuan pada penelitian ini yaitu penyelenggaraan SKS SMAN 1 Krian Sidoarjo sudah berjalan dengan baik, meski ada beberapa prinsip penyelenggaraan SKS yang belum dipenuhi, seperti pengambilan mata pelajaran yang bisa dilakukan sendiri oleh siswa.
Inovasi Layanan Pada Masa Pandemi Covid-19, Studi Kasus Manajemen Layanan di Perpustakaan UIN Sunan Ampel Hary Supriyatno
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 3 No. 2 (2021): September
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2021.3.2.44-52

Abstract

Kajian ini membahas tentang inovasi layanan pada masa pandemi Covid-19 yang ada di Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya. Selama masa pandemi yang dimulai pada tanggal 17 Maret 2020 bisa dikatakan perpustakaan hanya memberikan layanan daring. Meski sempat memberikan layanan tatap muka, namun itu hanyalah berlaku untuk hari-hari tertentu sesuai dengan regulasi yang berlaku. Dengan ditiadakannya layanan tatap muka, maka perlu dilakukan inovasi baik dari segi layanan dan koleksi agar peran perpustakaan sebagai pusat sumber informasi tetap berjalan sebagaimana mestinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yakni melakukan kajian mendalam tentang fenomena yang terjadi di masyarakat disertai penyajian dengan menggunkan kata-kata agar mudah dipahami. Adapun hasil analisis pada data hasil observasi dan dokumentasi memberikan kesimpulan bahwa terdapat tujuh inovasi layanan yang diberikan oleh Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya selama masa Pandemi, yakni layanan bebas pinjam mandiri online, layanan jaminan, layanan paket, perpustakaan digital KUBUKU UINSA, Online Information Literacy The Series, Smart Room, dan bimbingan pemustaka online.
Supervisi Kepala Madrasah dalam Optimalisasi Potensi Guru Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Gresik Achmad Anwar Abidin; Nor Mubin
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 3 No. 2 (2021): September
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2021.3.2.31-43

Abstract

Supervision carried out at the madrassa level is s the responsibility of a madrassa head. This article discusses the madrassa head supervision model how it is efforts in optimizing the potential of existing teachers. This discussion is the result of research conducted at MIN 2 Gresik. Qualitative research with results that show that the supervision model carried out by the head of madrasah when supervising teachers of fiqh subjects is by using the clinical supervision model. Where the head of the madrassa observes firsthand the ongoing learning process in the supervised classroom. This is done so that the head of madrasah knows the readiness and preparation of teachers in the learning process, especially in fiqh subjects that require special skills related to ubudiyah practices. From this madrassa head will conduct follow-up as needed to optimize the potential of each teacher.
Implementasi Program Khotmil Qur’an pada Masyarakat dalam Upaya Meningkatkan Citra Lembaga MA Ma’arif NU Assa’adah Bungah Gresik Santi Eka Mirnawati; Naylun Nada
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 3 No. 2 (2021): September
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2021.3.2.22-32

Abstract

Abstrak Khotmil Qur’an merupakan kegiatan positif yang mana bisa mendatangkan dampak positif pula bagi yang melaksanakannya. Pada penelitian ini, kegiatan khotmil Qur’an difokuskan pada siswa yang mengikuti program Tahfidz di MA Ma’arif NU Assa’adah Bungah Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang diperoleh madrasah setelah adanya kegiatan khotmil Qur’an. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan khotmil Qur’an merupakan kegiatan yang sangat positif dan patut untuk diterapkan di madrasah, dengan diadakannya kegiatan khotmil Qur’an bisa menambah semangat siswa tahfidz untuk belajar membaca dan menghafal al Qur’an. Selain itu, kegiatan khotmil Qur’an juga bisa meningkatkan citra madrasah dalam pandangan masyarakat juga meningkatkan hubungan dan komunikasi yang baik dengan masyarakat sekitar madrasah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, data dan sumber data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sasaran atau subjek dalam penelitian ini yakni masyarakat sekitar dan lembaga MA Ma’arif NU Assa’adah Bungah Gresik. Kata Kunci: Khotmil Qur’an, Masyarakat, Citra Lembaga.

Page 1 of 1 | Total Record : 6