cover
Contact Name
Acep Muslim
Contact Email
acepmuslim@uinsgd.ac.id
Phone
+6281223398409
Journal Mail Official
jurnal.reputation@uinsgd.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/reputation/about/editorialTeam
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Reputation : Jurnal Hubungan Masyarakat
ISSN : 27470024     EISSN : 27470024     DOI : https://doi.org/10.15575/reputation
Core Subject : Social,
Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2016. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan dengan kajian ilmu hubungan masyarakat (Public Relations).
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 4 (2018): Humas: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat" : 6 Documents clear
Upaya Pemerintah dalam Membentuk Citra Purwakarta Melalui Kearifan Lokal YuniaGu Gustini; Irfan Sanusi; Khoiruddin Muchtar
Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat Vol 1 No 4 (2018): Humas: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/reputation.v1i4.290

Abstract

Citra yang baik atau bisa dikatakan citra positive sebuah daerah perlu dibangun oleh Pemerintahan setempat. Wajah Kabupaten Purwakarta pada saat ini lebih banyak dikenal oleh masyarakat dibandingkan dengan 10 tahun silam apalagi didalam sektor kearifan lokal. Hal ini merupakan adanya gerak cepat dari pemerintah setempat untuk memoles wajah Kabupaten Purwakarta.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya pemerintah dalam membentuk citra Purwakarta dilihat dari konsep proses pembentukan citra (Ardianto: 2002) yang mana didalamnya terdiri dari persepsi, keyakinan, motivasi dan sikap. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk membentuk persepsi masyarkat diadakannya perbaikan infastruktur dan menciptakan slogan baru atau city branding. Cara meyakinkan masyarakat menegnai informasi yang disampaikan di lakukan hubungan kerjasama dengan beberapa media cetak dan menciptakan sebuah aplikasi. Cara memotivasi masyarakat dengan diadakan pembangunan ifastruktur penunjang masyarakat dengan menyediakan fasilitas umum dan membentuk sikap masyarakat diadakannya pembaharuan pembangunan. A good image that can be said as a positive image of an area needs to be built by the local government. The face of Purwakarta Regency is currently more widely known by the public compared to 10 years ago especially in the local wisdom sector. This is a quick move from the local government to polish the face of Purwakarta Regency. The purpose of this study is to determine the government's efforts to shape the image of Purwakarta seen from the concept of the process of image formation (Ardianto: 2002) which consists of perceptions, beliefs, motivations and attitudes. This research uses constructivism paradigm, qualitative approach and case study method. The results of the study show that to establish community perceptions there is an improvement in infrastructure and creating a new slogan or city branding. How to convince the public about the information conveyed in a cooperative relationship with several print media and create an application. How to motivate the community with the construction of community support infrastructure by providing public facilities and shaping the attitude of the community for the development of development. Keywords: Image; Image Formation; Local Wisdom.
Aktivitas Kampanye Public Relations dalam Mensosialisasikan Internet Sehat dan Aman Rissa Khoerunnisa; Yusuf Zaenal Abidin; Abdul Aziz Ma'arif
Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat Vol 1 No 4 (2018): Humas: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/reputation.v1i4.453

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pelaksanaan kampanye program Internet Sehat dan Aman dari mulai proses mendefinisikan masalah, perencanaan dan pemrograman, mengambil tindakan dan komunikasi hingga kegiatan mengevaluasi. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses mendefinisikan masalah diakukan dengan meggunaka metode informal dan metode formal. Proses perencanaan dan pemrograman dilakukan untuk menetapkan tujuan dan menyusun perencanaan strategis. Proses mengambil tindakan dan komunikasi menggunakan metode interaktif dan pemanfaatan media. Serta proses kegiatan mengevaluasi dilakukan dengan menyebar kuesioner. This paper aims to determine the stages of implementing a Healthy and Safe Internet program campaign from the process of defining problems, planning and programming, taking action and communicating until evaluating activities. This study uses the constructivism paradigm. The approach used is qualitative. This research method uses case studies. The results of this study indicate that the process of defining problems is done by using informal methods and formal methods. The planning and programming process is carried out to set goals and develop strategic planning. The process of taking action and communicating using interactive methods and media use. And the process of evaluating activities is done by distributing questionnaires.
Strategi Mempertahanakn Citra Lembaga melalui Intelligence Media Management Rizky Nur Apriliansyah; Abdul Aziz Ma'arif; Ruhiyat Ruhiyat
Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat Vol 1 No 4 (2018): Humas: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/reputation.v1i4.497

Abstract

Citra sebuah lembaga menjadi salah satu harta yang bernilai tinggi bagi suatu lembaga manapun, lembaga yang baik tentu memiliki citra yang baik terutama lembaga pemerintahan di mata masyarakatnya. Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mempertahankan citra mereka melalui kebijakan yang dipersiapkan dengan baik yang didasari data kuat agar kebijakan tersebut tidak keliru, pengumpulan data dibantu menggunakan Intelligence Media Management. Berdasarkan konteks di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan peneliti. Adapun pertanyaan tersebut adalah bagaimana penggunaan Intelligence Media Management dalam membantu proses pengumpulan data, bagaimana proses penentuan perencanaan pengambilan keputusan, bagaimana strategi Pemprov Jabar dalam menghadapi berita hoax dan pemberitaan negatif pada media, bagaimana hasil evaluasi saat ini mengenai penggunaan Intelligence Media Management dalam mempertahankan citra Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan setiap hari subbagian pelayanan media membuat laporan berupa pemberitaan negatif dan positif, hot news, top news serta media share, yang nantinya laporan akan diberikan kepada Gubernur untuk membantu dalam menentukan suatu kebijakan, Pemprov Jabar menciptakan sistem kerja cepat tanggap dalam menghadapi berita hoax dan menimalisir pemberitaan negatif. The image of an institution is one of the highest value assets for any institution, a good institution certainly has a good image, especially government institutions in the eyes of its people. Researcher chose this title because interested in seeing the seriousness of the West Java Province Government in maintaining their image through well prepared policies based on strong data so that the policy was not wrong, data collection was assisted using Media Intelligence Management. Based on the context above, the purpose of this study was to answer the researcher questions. The question is how to use Intelligence Media Management in helping the data collection process, how the process of determining decision making planning, how the West Java Province Government strategy in handling hoax news and negative reporting on the media, how is the evaluation of the use of Media Intelligence Management in maintaining the image of the West Java Provincial Government. The results showed that Subbagian Pelayanan Media made reports in the form of negative and positive news, hot news, top news, and media shares every day, which later the report would be given to the Governor to assist in determining policies. , The West Java Province Government created a work system responsive to hoax news and minimized negative reporting.
Pengelolaan Pemeliharaan Citra Melalui Pameran (Studi Kasus Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Indonesia) Syifa Qolbiyah; Dang Eif Saiful Amin; Dyah Rahmi Astuti
Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat Vol 1 No 4 (2018): Humas: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/reputation.v1i4.507

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terlaksananya kegiatan pameran yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian dalam mengelola serta memelihara citra melalui keuinkan yang ada pada pameran tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menjawab pertanyaan penelitian yang berisi bagaimana tahap riset sebelum melaksanakan pameran, bagaimana tahap penentuan desain dalam penyampaian pesan, bagaimana tahap perencanaan rangkaian acara, bagaimana tahap koordinasi dengan pihak EO, bagaimana tahap evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui keberhasilan pameran dalam pengelolaan dan pemeliharaan citra Kementerian Pertanian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, dimana peneliti dapat menjelaskan secara komprehensif tentang suatu program dengan mendeskripsikan fakta apa yang didapat dilapangan . Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil pada penelitian ini bahwa untuk melaksanakan kegiatan pameran memerlukan proses dengan mencari sebuah data untuk di riset, menentukan desain pameran, merangkai perancanaan pameran, kerjasama dengan pihak EO dan evaluasi dari kegiatan pameran. This research was motivated by the implementation of the exhibition activities carried out by the Ministry of Agriculture in managing and maintaining the image through the beauty that existed at the exhibition. The purpose of this study is to answer the research questions that contain the research stage before conducting the exhibition, how the design determination stage in the delivery of messages, how the planning phase of the event, how the coordination phase with the EO, how the evaluation phase is carried out to determine the success of the exhibition in management and maintenance the image of the Ministry of Agriculture. This study uses a qualitative approach and a case study method, where researchers can explain comprehensively about a program by describing the facts of what is obtained in the field. This study uses interview data collection techniques, observation and documentation. The results of this study that to carry out exhibition activities require a process by looking for a data for research, determining the design of the exhibition, arranging exhibition planning, collaboration with the EO and evaluating the exhibition activities.
Manajemen Kampanye Bahaya Merokok melalui Iklan Layanan Masyarakat Televisi Lia Riski; Wiryo Setiana; Dyah Rahmi Astuti
Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat Vol 1 No 4 (2018): Humas: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/reputation.v1i4.514

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan manajemen kampanye bahaya merokok malalui iklan layanan masyarakat televisi yang dikelola berdasarkan identifikasi masalah, perancangan kampanye, pelaksanaan kampanye dan evaluasi kampanye yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI. Adapun pertanyaan penelitiannya adalah bagaimana identifikasi masalah yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI dalam program kampanye bahaya merokok melalui iklan layanan masyarakat televisi, bagaimana perancangankampanye bahaya merokokmelalui iklan layanan masyarakat televisi Kementerian Kesehatan RI, bagaimana pelaksanaan kampanye bahaya merokokmelalui iklan layanan masyarakat televisi Kementerian Kesehatan RI, bagaimana evaluasi kampanye bahaya merokok melalui iklan layanan masyarakat televisi Kementerian Kesehatan RI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan observasi partisipatori pasif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam manajemen kampanye bahaya merokok melalui iklan layanan masyarakat Kementerian Kesehatan RI melakukan empat tahap pengelolaan yaitu identifikasi masalah, perancangan kampanye, pelaksanaan kampanye, dan evaluasi kampanye. Kata Kunci : Manajemen Kampanye, Bahaya Merokok, Iklan Layanan Masyarakat, Televisi. ABSTRACT The purpose of this study is to illustrate the dangers of smoking campaign management by public service television ads run based on problem identification, design, implementation of campaigns and campaign evaluation campaigns conducted by the Ministry of health of Indonesia. As for the research question is how to identify the issue carried out by the Ministry of health of Indonesia in danger of smoking campaign program through public service television campaign design, how the dangers of smoking through public service television Ministry of health RI, how implementation of the dangers of smoking campaign through public service television Ministry of health RI, how campaign evaluation of the dangers of smoking through public service advertisements television Ministry of health republic of Indonesia. The methods used in this research is a case study of qualitative data collection techniques with in-depth interviews and observations of passive partisipatori. The results of this research show that the dangers of smoking campaign management through the public service Ministry of health RI did a four-stage management i.e. identification problems, designing campaigns, campaign implementation, and evaluation the campaign. Keywords: Campaign Management; Dangers Of Smoking; Public Service Advertisements; Television.
Strategi Public Relations Pemerintah Kota Bandung Mendukung Program Bandung Smart City Hidayat Sudarjat; Yusuf Zaenal Abidin
Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat Vol 1 No 4 (2018): Humas: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/reputation.v1i4.575

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana Humas Pemerintah Kota Bandung (Humas Bandung) mendukung Program Bandung Smart City melalui publikasi dengan menggunakan perspektif four steps of PR (Research, Planning, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan melibatkan informan dari Humas Bandung dan observasi proses dan hasil publikasi. Analisis data dengan analisa kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas Bandung memanfaatkan media online terutama media sosial sebagai media utama dengan agenda setting dalam perencanaan publikasinya. Konten dibuat semenarik mungkin, kemudian publikasi dilakukan dengan memanfaatkan hashtag sebagai Viral Marketing dan verified badge untuk prior ethos. Kegiatan publikasi mendapatkan respon yang positif, baik dari masyarakat maupun SKPD terkait. - This research aims to understand how the PR Department of City Government of Bandung (Humas Bandung) promoting the Bandung Smart City Program through publications from the point-of-view of the four steps of PR theory (includes research, planning, implementation, and evaluation of the publication). Case study method that is being used in this research involves the informant from Humas Bandung and observations on the process and results of the publication. Research shows that Humas Bandung utilizes the online media, mainly social media, as the primary media for the publication and designed an agenda setting as part of the publication planning. The contents are made to be as much exciting as possible, using hashtag as method of Viral Marketing, and the verified badge for evoking prior ethos. Publication achieves positive feedback from citizens and involved local government agencies.

Page 1 of 1 | Total Record : 6