cover
Contact Name
Muslimin
Contact Email
jitu@ddipolman.ac.id
Phone
+6281355606606
Journal Mail Official
jitu@ddipolman.ac.id
Editorial Address
Jl. Madatte, Polewali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311
Location
Kab. polewali mandar,
Sulawesi barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
ISSN : -     EISSN : 2776365X     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Tadris Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the Muslim world. All articles will be reviewed by experts before accepted for publication. Each author is solely responsible for the content of the published articles. Tadris Journal is published twice a year in the months of June and December
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 1 (2021): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)" : 5 Documents clear
Peranan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MA Ma’arif Sarampu Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar Hijrana; Sudirman; Jumriani
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 11 No. 1 (2021): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1).Bagaimana Peran Kepala Madrasah Ma Ma’arif Sarampu Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.(2). Faktor Apa Sajakah Pendukung dan Penghambat Kepala Madrasah Di MA Ma’arif Sarampu Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Dalam penelitian ini digunakan desain atau pendekatan studi kasus sebagai bagian dari penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat pada Madrasah MA Ma’arif Sarampu Desa Kuajang, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar. Sumber data yang dipergunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data, yaitu studi pustaka dan studi lapangan. Teknik analisis data yang gunakan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan krebilitas data. Penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan triangulasi teknik, trianggulasi. Adapun yang menjadi hasil penelitian ini yaitu, Pengertian kepala madrasah adalah salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dari peran yang dilakukan oleh Kepala Madrasah penulis dapat pahami bahwa sangat penting peran kepemimpinan yang dilakukan Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MA Ma’arif Sarampu, dikarenakan baik buruknya kualitas lembaga kualitas pendidikan ditentukan dari seorang pemimpin dan tenaga pendidik yang memiliki kinerja yang baik dalam mendidik siswa-siswi disekolah tersebut. Berdasarkan hasil obersvasi dan wawancara dengan Kepala Madrasah MA Ma’arif Sarampu, Ibu Maryam, S.Kom, beliau sudah menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik. Kepala Madrasah sudah membimbing dan mengarahkan dengan baik untuk meningkatkan mutu pembelajaran terutama pada saat pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Usaha yang dilakukan Kepala Madrasah MA Ma’arif Sarampu untuk meningkatkan mutu pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 ini kalau untuk guru berikan fasilitas komputer dan di sediakan wifi, bagi peserta didik diberikan kuota secara gratis dari XL. Akibat dari adanya pembelajaran secara daring sehingga Kepala Madrasah MA Ma’arif Sarampu makin sulit dalam mengawasi proses pembelajaran dengan adanya Covid-19 Sehingga proses pembelajaran yang berlangsung kurang hasilnya kurang maksimal.
Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Etika Berbusana Muslim Dan Muslimah Kelas VIII A MTs Mas’udiyah Wonomulyo Nurfadila; Sumarno; Basri Mahmud
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 11 No. 1 (2021): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh hasil pembelajaran Aqidah Akhlaq terhadap Etika Belajar Siswa-siswi kelas VIII A MTs Mas’udiyah Wonomulyo. Penelitian ini meruppakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis statistic product moment. Sedangkan untuk pengumpulan datanya menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel 19 peserta didik dan difokuskan pada kelas VIII A saja. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa permasalahan etika berbusana siswa siswa kelas VIII A MTs Mas’udiyah Wonomulyo dengan rumus product moment, (1) Hasil pembelajaran aqidah akhlak tergolong “Sangat Baik” dengan hasil 80% dari rentangan 76% - 100% dari beberapa nilai ujian akhir semester (UAS) siswa-siswi kelas VIII A Mts Mas’udiyah Wonomulyo (2) penerapan etika berbusana muslim dan muslimah siswa-siswi kelas VIII A Mts Mas’udiyah Wonomulyo tergolong “baik” dengan hasil 60,3% dari rentangan 51%-75%. (3) Hasil Pembelajaran Aqidah Akhlak memimliki pengaruh terhadap Etika Berbusana muslim dan muslimah siswa-siswi kelas VIII A Mts Mas’udiyah Wonomulyo. Hal ini terbukti dengan Ha diterima dan H0 ditolak dengan t hitung sebesar dari t tabel yakni, Thitung > Ttabel = 2,342 ≥ 2,110.
Penerapan Manajemen Kepengawasan Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Di SDN 017 Bonra Mapilli Barat Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar Rivai Makduani; Mahmuddin
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 11 No. 1 (2021): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan manajemen kepengawasan dalam meningkatkan profesionalisme guru di SDN 017 Bonra Mapilli Barat Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar. Sumber data penelitian adalah informan yang ditentukan secara purposive sampling dan yang menjadi key informan adalah pengawas dan informan pendukung adalah kepala sekolah SDN 017 Bonra, komite sekolah, guru SDN 017 Bonra dan staf administrasi SDN 017 Bonra. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil analisis memberikan informasi bahwa SDN 017 Bonra telah menerapkan manajemen kepengawasan dengan melakukan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pengawasan dalam meningkatkan profesionalisme guru, dimana perencanaan pengawasan dalam meningkatkan profesionalis guru di SDN 017 Bonra dilaksanakan melalui rapat kerja sekolah atau musyawarah warga sekolah, dengan melibatkan wakil kepala sekolah, pengawas, guru-guru dan komite sekolah, pengoranisasian sumberdaya untuk pelaksanaan pengawasan guru di SDN 017 Bonra mencakup pembagian tugas, pembuatan jadwal, dan penyediaan biaya untuk mendukung pelaksanaan rencana supervisi pendidikan di SDN 017 Bonra, pelaksanaan pengawasan terhadap guru melalui kegiatan kunjungan kelas, bimbingan individual dan supervisi klinis dengan tindak lanjut pembinaan kegiatan lesson study sebagi forum pembinaan dan peningkatan keterampilan mengajar para guru, dan evaluasi atas pelaksanaan rencana supervisi pendidikan di SDN 017 Bonra adalah untuk memastikan terlaksananya program dengan baik atau masih belum terlaksana dikarenakan berbagai faktor yang ada dalam pelaksanaan pengawasan dalam meningkatkan profesionalisme guru di SDN 017 Bonra yang sekaligus berfungsi memajukan pendidikan di SDN 017 Bonra. Pengawasan supervisi pendidikan di SDN 017 Bonra didasarkan kepada pembuatan laporan kegiatan supervisi pendidikan yang dilaksanakan setiap bulan berdasarkan atas rencana pendidikan yang ditetapkan sebelumnya.
Meningkatkan Prestasi Belajar PPKN Melalui Penggunaan Media Gambar Di SMA Negeri Tapango Ruslan M; Mustapa T
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 11 No. 1 (2021): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian eksperimen ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan peningkatan prestasi belajar siswa kelas X dalam mata pelajaran PPKN yang diajar dengan menggunakan media gambar dengan tanpa media gambar di SMA negeri Tapango Kab.Polewali Mandar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri Tapango sebanyak 70 orang. sedangkan sampel diambil dengan menggunakan teknik total sampling.Total sampling dilakukan karena jumlah siswa kelas X ada dua kelas sehingga semua populasi dijadikan sampel. Data dikumpulkan melalui teknik tes dan dokumentasi yang diolah dengan analisis statistik inferensial menggunakan rumus t-tes Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara yang diajar dengan menggunakan media gambar dengan tanpa media gambar siswa kelas X dalam mata pelajaran PPKN di SMA negeri Tapango Kabupaten Polewali Mandar dengan nilai rata-rata yang diajar dengan menggunakan media gambar adalah 8,38 dan rata-rata nilai yang diajar dengan tidak menggunakan media gambar adalah 6,91.
Peran Keluarga Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Di Era Digital: IAI DDI Polewali Mandar Hiljati; Fadli Yusuf Aco
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 11 No. 1 (2021): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keluarga merupakan lembaga terkecil dalam masyarkat yang dimilki oleh setiap idividu. Pada lingkup lingkungan kecil ini terdapat hubungan yang terbangun antara anggota keluarga lebih erat, ini karena hubungan keluarga terikat oleh hubungan darah. Setiap keluarga akan berkontribusi dalam menanamkan nilai nilia karakter pada anggota keluarga lainnya. Pembentukan karakter bangsa ataupun karakter anak di era digital memerlukan trik yang berbeda dengan masa sebelumnya. Rumusan masalah pada peneitian ini adalah: bagaimana pengertian nilai-nilai karakter dan bagaimanakah peran keluarga dalam menanamkan nilai nilai krakter pada anak di era digital? Dengn tujuan untuk mengetahui pengertian nila nilakarakter dan peran keluarga dalam penanaman nilia nilia karakter pada anak di era digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kepustakaan yaitu dengan meramu, mengumpulkan dan membandingkan pandangan tentang peran keluarg dalam menanamkan nilia nilai karakter pada anak dari berbagai literatur. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa peran orang tua dalam menanamkan nilai nilai karakter pada anak dalam keluarga antara lain sebagai berikut: Pendidik, menerapkan pembiasaan, Suritauladan, tempat anak berkomunikasi dan sebagai teman.

Page 1 of 1 | Total Record : 5