cover
Contact Name
M. Yasep Setiawan
Contact Email
m.yasepsetiawan@ft.unp.ac.id
Phone
+6281374866887
Journal Mail Official
aeej@ppj.unp.ac.id
Editorial Address
Workshop Jurusan Teknik Otomotif UNP, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang Kampus UNP Air Tawar
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
ISSN : 2722404X     EISSN : 27224031     DOI : https://doi.org/10.24036/aeej.v1i1.1
Focus and Scope Fokus dari AEEJ adalah untuk menjadi sebuah sarana publikasi artikel-artikel ilmiah dari kajian bidang Teknik Otomotif secara praktis dan teoritis. Scope dari AEEJ yakni pada kajian teknik otomotif dan pendidikan kejuruan teknik otomotif yang secara rinci dipaparkan berikut ini. Teknik Otomotif Yang termasuk dalam lingkup kajian Teknik Otomotif ini adalah : 1. Teknologi pada kendaraan ringan 2. Teknologi alat berat 3. Manajemen Bengkel Otomotif 4. Teknik body dan pengecatan 5. Teknologi bahan bakar 6. Sistem kontrol elektronik otomotif 7. Kajian lain yang masih memiliki kaitan dengan otomotif Pendidikan Kejuruan Teknik Otomotif Yang termasuk dalam lingkup kajian Pendidikan Kejuruan Teknik Otomotif ini adalah : 1. Media pembelajaran 2. Evaluasi pembelajaran 3. Penelitian tindakan kelas 4. Pembelajaran jarak jauh 5. Kajian lain yang masih memiliki kaitan dengan pendidikan kejuruan otomotif
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2021): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education" : 6 Documents clear
Rancang Bangun Forklift Autonomous Driving System Menggunakan Arduino Ignatius Henry Adi Nagoro; Bias Kumoro Jati; Niki Agastia Mutaqin
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 2 No 2 (2021): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v2i2.26

Abstract

This study aims to design and build an Arduino Nano-based microcontroller device with a Bluetooth HC-06 module to control a forklift via an Android smartphone. In order to minimize the potential for work accidents, due to operator fatigue which causes physical hazards to operators and the workplace environment. This research was conducted in three stages, namely: a. Mechatronic System Design, b. Making a control system, using the MIT App Inventor app is used to adjust the solenoid valve, c. Tool performance testing. The results showed that the control device can work well up to a distance of 21 meters from the controller and has a delay of 0.16 seconds to 0.3 seconds and resistance to 55 work cycles. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun perangkat mikrokontroler berbasis Arduino Nano dengan module Bluetooth HC-06 untuk mengendalikan forklift melalui smartphone Android. Agar dapat meminimalisir potensi kecelakaan kerja, akibat kelelahan operator yang menyebabkan bahaya fisik bagi operator dan lingkungan tempat kerja. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu: a. Desain Sistem Mekatronik, b. Pembuatan sisem pengendali, menggunakan Aplikasi MIT app Inventor digunakan untuk mengatur katup solenoid, c. Pengujian kinerja alat. Didapatkan hasil penelitian bahwa perangkat kendali dapat bekerja dengan baik hingga jarak 21 meter dari kontroler dan memiliki delay antara 0,16 detik hingga 0,3 detik serta ketahanan pada 55 siklus kerja.
Kendala Penyelesaian Tugas Akhir Enjela Dwi Ananda; Wawan Purwanto
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 2 No 2 (2021): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v2i2.49

Abstract

This research aims to investigate the inhibit final project of students’ D3 Program in the Automotive Engineering Department Faculty of Engineering Padang State University in 2016 and 2017. The type of this research is descriptive correlational with a population 0f 74 students and 44 students for sample . Based on results that have beeen analyzes, it can be concluded that Instrumental Factors are the most influencing factors on the inhibiting final project of students’ D3 Program in the Automotive Engineering Department Faculty of Engineering Padang State University in 2016 and 2017 because of their TCR value 56,06%, its categorized into four indicators; ability to write scientific papers in the very poor category (54,60%); The effect of availability of learning resources in the less category (57,84%); The family economic conditions in the less category (60,32%); Quality of undergraduate final Project in the very poor category (40,53%). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kendala penyelesaian tugas akhir mahasiswa D3 Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang tahun masuk 2016 dan 2017. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan populasi sebanyak 74 mahasiswa dan diambil 44 mahasiswa sebagai sampel. Dari hasil analisis diketahui bahwa Faktor Instrumental menjadi variabel yang paling mempengaruhi kendala penyelesaian tugas akhir mahasiswa D3 Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang tahun masuk 2016 dan 2017 karena memiliki nilai TCR sebesar 56,06%, dijabarkan dalam 4 indikator yaitu Kemampuan Menulis Karya Ilmiah pada kategori sangat kurang (54,60%); Ketersediaan Sumber Belajar pada kategori kurang (57,84%); Keadaan Ekonomi Keluarga pada kategori kurang (60,32%); Kualitas Bimbingan pada kategori sangat kurang (40,53%).
Pengaruh Pemasangan Tembaga Termodifikasi di Knalpot dan Penggunaan Bahan Bakar Campuran Pertalite-Etanol Terhadap Penurunan CO Gas Buang Nasrun Nasrun; Arif Setyo Nugroho
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 2 No 2 (2021): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v2i2.31

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of the use of modified copper waste to reduce levels of carbon monoxide (CO). Incomplete combustion in the combustion motor will produce very high toxic gases, one of which is CO. Copper waste in the form of plates is shaped like a honeycomb and modified with the addition of SiO, activated carbon and ZSM-5. Testing using a motorized two-wheeled motor vehicle 4 stroke 125 CC, fuel using pertalit, gasohol E5, E10, E15. The test carried out is an emission test. The maximum results of carbon monoxide reduction are using copper modified Sio-C 75% and ZSM-5 25%, the fuel used is pure pertalit at RPM 9000, reducing CO by 3.59%, where the test using a standard exhaust is not given modified copper CO levels of 4.97% and when fitted with a modified exhaust the CO level becomes 1.38%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui effektifitas pemanfaatan limbah tembaga yang dimodifikasi untuk menurunkan kadar karbon monoksida (CO). Pembakaran tidak sempurna di motor bakar akan menghasilkan gas beracun yang sangat tinggi salah satunya adalah CO. Limbah tembaga berupa plat dibentuk seperti sarang lebah dan di modifikasi dengan penambahan SiO, karbon aktif dan ZSM-5. Pengujian menggunakan kendaraan bermotor roda dua 4 langkah 125 CC, bahan bakar menggunakan pertalit, gasohol E5, gasohol E10, gasohol E15. Pengujian yang dilakukan adalah uji emisi. Hasil maksimal reduksi karbon monoksida yaitu menggunakan tembaga termodifikasi Sio-C 75% dan ZSM-5 25%, bahan bakar yang digunakan pertalit murni pada RPM 9000 reduksi CO sebesar 3,59%, dimana pengujian menggunakan knalpot standar tidak diberi tembaga termodifikai kadar CO sebesar 4,97 % dan ketika dipasangi knalpot yang dimodifikasi kadar CO menjadi 1,38% .
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunkan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Diklat Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI Program Studi Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Padang Teguh Primadana; Hasan Maksum; Wagino Wagino
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 2 No 2 (2021): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v2i2.38

Abstract

This study aims to improve student learning outcomes of SMK Negeri 1 Padang by using the Project Based Learning (PjBL) learning model. The research is Classroom Action Research using The George Lucas Educational Foundation model. The results of this study indicate an increase in student activity by 21.9% and an increase in student learning outcomes with the average value increasing from 60.6 to 78.1 in cycle 1 and 86.7 in cycle 2, and the number of students who graduate increased from 6 people to 22 people in cycle 1 and 32 people in cycle 2. Project Based Learning (PjBL) is effective in improving the learning outcomes of TKR Class XI students at SMK Negeri 1 Padang in the subject of Electrical Maintenance course. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Padang dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Pada penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research menggunakan model The George Lucas Educational Foundation yang terdiri atas 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan keaktifan siswa sebesar 21,9% dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata meningkat dari 60,6 menjadi 78,1 pada siklus 1 dan 86,7 pada siklus 2, serta jumlah siswa yang lulus meningkat dari 6 orang menjadi 22 orang pada siklus 1 dan 32 orang pada siklus 2. Project Based Learning (PjBL) efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa TKR Kelas XI SMK Negeri 1 Padang pada mata diklat Pemeliharaan Kelistrikan.
Pengaruh Penggunaan Variasi Busi dan Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Matic 110 CC Terhadap Torsi dan Daya Ishadhol Almanda; Andrizal Andrizal
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 2 No 2 (2021): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v2i2.67

Abstract

Penelitian ini tentang variasi penggunaan busi dan bahan bakar terhadap torsi dan daya yang dihasilkan oleh sepeda motor matic 110 cc dengan menggunakan tiga variasi busi yaitu busi nikel, busi platinum, dan busi iridium serta tiga jenis bahan bakar yaitu premium, pertalite, dan pertamax. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Objek penelitian ini adalah sepeda motor Honda Beat tahun 2017. Pada penggunaan bahan bakar pertalite serta menggunakan busi nikel, busi platinum, dan busi iridium didapat hasil torsi sebesar 9,62 N.m, 9,77 N.m, 9,62 N.m. Daya sebesar 6,29 Kw, 6,41 Kw, 6,29 Kw. Pada penggunaan bahan bakar pertamax serta menggunakan busi nikel, busi platinum, dan busi iridium didapat hasil torsi sebesar 9,67 N.m, 9,27 N.m, 9,83 N.m. Daya sebesar 6,34 Kw, 6,26 Kw, 6,44 kw. Setelah melalui uji T dengan taraf signifikan 5% didapat hasil torsi dan daya pada perlakuan menggunakan busi nikel, busi platinum, busi iridium serta bahan bakar pertalite dan pertamax tidak signifikan. This study is about variations in the use of spark plugs and fuel on the torque and power produced by a 110 cc automatic motorcycle using three variations of spark plugs, namely nickel spark plugs, platinum spark plugs, and iridium spark plugs and three types of fuel, namely premium, pertalite, and pertamax. This type of research is experimental research. The object of this research is a 2017 Honda Beat motorcycle. In the use of pertalite fuel and using nickel spark plugs, platinum spark plugs, and iridium spark plugs, the torque results are 9.62 N.m, 9.77 N.m, 9.62 N.m. Power of 6.29 Kw, 6.41 Kw, 6.29 Kw. In the use of Pertamax fuel and using nickel spark plugs, platinum spark plugs, and iridium spark plugs, the torque results are 9.67 N.m, 9.27 N.m, 9.83 N.m. Power of 6.34 Kw, 6.26 Kw, 6.44 kw. After going through the T test with a significant level of 5%, the results of the torque and power treatment using nickel spark plugs, platinum spark plugs, iridium spark plugs and pertalite and pertamax fuels were not significant.
Rancang Bangun Smart Alert Dedi Mulyono; Gilang M Rahmadi; Riko Saputra; Yuvani Oksarianti; Ahmad Arif
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 2 No 2 (2021): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v2i2.78

Abstract

Abstract Motorcycles are the biggest contributor to driving accidents in Indonesia. Some of the accidents that occurred were caused by the negligence of passengers who did not pay attention to the clothes worn when riding a motorcycle. Smart Alert is an innovation designed as an effort to prevent the passenger's skirt or hijab from being wrapped around a motorcycle chain or spokes. This tool utilizes several simple electronic components such as batteries, sensor, microcontroller, buzzer and LED as a circuit. This distance detecting device is fully controlled by a microcontroller with an ultrasonic sensor to detect the distance on one side and its supporting components. With the Smart Alert, the potential for accidents can be avoided and minimized thereby reducing the number of driving accidents in Indonesia. Keywords Buzzer, Crash, LED, Microcontroller, Smart Alert Abstrak Sepeda motor merupakan penyumbang kecelakaan berkendara terbesar di Indonesia. Beberapa kecelakaan yang terjadi tersebut diakibatkan oleh kelalaian dari penumpang yang tidak memerhatikan pakaian yang dikenakan ketika akan menaiki sepeda motor. Smart Alert merupakan inovasi yang dirancang sebagai upaya pencegahan terlilitnya rok atau hijab penumpang pada rantai atau jari-jari sepeda motor. Alat ini memanfaatkan beberapa komponen elektronik sederhana seperti baterai, sensor, microcontroller, buzzer serta LED sebagai rangakaiannya. Alat yang mendeteksi jarak ini dikendalikan sepenuhnya oleh sebuah microcontroller dengan sebuah sensor ultrasonik untuk mendeteksi jarak pada suatu sisi beserta komponen-komponen penunjangnya. Dengan adanya Smart Alert maka potensi kecelakaan dapat dihindari dan diminimalisir sehingga menurunkan angka kecelakaan berkendara di Indonesia. Kata Kunci Buzzer, Kecelakaan, LED, Microcontroller, Smart Alert

Page 1 of 1 | Total Record : 6