cover
Contact Name
Rusdyi Habyi
Contact Email
jimatjurnal@gmail.com
Phone
+6281356476549
Journal Mail Official
jimatjurnal@gmail.com
Editorial Address
Gedung D. Lantai I. Kampus STKIP Kie Raha Ternate Kelurahan Sasa Ternate Selatan, Maluku Utara
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
JURNAL ILMIAH MATEMATIKA (JIMAT)
Published by STKIP Kie Raha Ternate
ISSN : -     EISSN : 27741729     DOI : -
Core Subject : Education,
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika adalah terbitan berkala ilmiah (ISSN) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, JIMAT menempuh misi untuk mendistribusikan informasi serta mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2022): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Januari- Juni 2022)" : 6 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Himpunan Di MTs AN-Nur Susupu Jufri Ade
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 3 No 1 (2022): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Januari- Juni 2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.6616657

Abstract

Saat ini pelaksanaan pembelajaran di MTs An-nur Susupu khususnya pada mata pelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran langsung. Pada pembelajaran ini, peran guru sangat dominan dan cenderung guru hanya sebagai pentransfer pengetahuan dan informasi kepada siswanya. Tidak dapat dipungkiri bahwa pembelajaran seperti ini, membuat siswa merasa jenuh dan bosan sehingga siswa tidak termotivasi untuk belajar. Hasil ini mengakibatkan dalam diri siswa tidak terjadi perubahan sehingga berdampak hasil belajar menjadi rendah. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTsAn-nur Susupu. Dalam usaha meningkatkan hasil belajar, penulis menerapkan metode pembelajaran Problem Solving pada pokok bahasan Himpunan. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII Mts An-nur Susupu. Adapun metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan II siklus terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Tehnik pengumpulan data digunakan observasi, tes awal, tes siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi himpunan setelah diterapkan model pembelajaran Problem Solving berkualifikasi amat baik 68,75%, kualifikasi baik 25%, kualifikasi cukup 6,25%, kualifikasi kurang 0%, dan kualifikasi sangat kurang juga 0% atau tidak ada. 2). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi himpunan setelah diterapkan model pembelajaran Problem Solving dengan menggunakan rumus N-gain diperoleh nilai rata-rata pretest dan nilai posttest 84,68 peningkatan sebesar 17,81yang menunjukan bahwa peningkatan berada pada interperensi tinggi.
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatiftipe Jigsaw Pada Materi Matriks Yani Awal
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 3 No 1 (2022): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Januari- Juni 2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.6616716

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi matriks dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kelas XI-B MA Muhammadiyah Pabos.Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, ketuntasan belajar mencapai 31,25% dengan nilai rata-rata 66,87. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan, ketutasan belajar peserta didik meningkat menjadi 56,25% dengan nilai rata-rata 74,56. Sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu 81,25%, dengan nilai rata-rata 80,56. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dibandingkan dengan hasil belajar sebelumnya.
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas VII SMP Islam 2 Kota Ternate Nurlaila H Tasanif; Asmira Sudiman
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 3 No 1 (2022): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Januari- Juni 2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.6616758

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Matematika pada materi pecahan Siswa SMP Islam 2 Kota Ternate Kelas VII, merupakan jdul dari penelitian ini. Masalah poko dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika materi pecahan di SMP Islam 2 Kota Ternate pada siswa kelas VII. Subyek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Islam 2 Kota Ternate dengan jumlah 18 siswa, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 9 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu menggunakan tes yang terdiri dari tes awal, tes siklus I dan tes siklus I, dan barengi dengan observasi yang di lakukan kepada guru dan kepada siswa. Setalah melaksanakan penelitian peneliti melakukan analisis data, dari hasil analisis data tersebut diperoleh bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Islam 2 Koat Ternate Kelas VII. Dengan data pencapaian sebagai berikut, pada siklus I prosentase keaktifan belajar sebesar 68,3% dan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 50%, dan sikluus II mmengalami peningkatan keaktifan sebesar 90% dengan ketuntasan klasikal sebesar 88%.Melalui model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP kelas VII pada materi operasi perkalian pecahan semester ganjil tahun pelajaran 2021. Pada siklus I ini nilai rata-rata yang diperoleh siswa masih 55,5 dengan ketuntasan kalsikal 50%, pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat menjadi 82,7 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88%.
Implementasi E-Modul Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa STKIP Kusuma Negara Rusmin R. M. Saleh; Ageng Triyono
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 3 No 1 (2022): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Januari- Juni 2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.6616903

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa program studi Pendidikan Matematika STKIP Kusuma Negara bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa menggunakan e-modul berbasis proyek. Jenis penelitian ini adalah Action Research dengan subjek penelitian adalah mahasiswa yang menempuh mata kuliah sistem evaluasi pembelajaran matematika. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi dan tugas proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar mahasiswa meningkat. Peningkatan dapat diketahui dari perbandingan skor aktivitas belajar pada mahasiswa siklus I dan siklus II. Pada tahap tindakan siklus I, Sebanyak 64% mahasiswa tergolong sangat aktif, 36% mahasiswa tergolong aktif, pada tindakan siklus II Sebanyak 73% mahasiswa tergolong sangat aktif, 27% mahasiswa tergolong aktif. Peningkatan penilaian hasil belajar dapat diketahui dari perbandingan skor hasil belajar pada siklus I dan siklus II. Pada tahap tindakan siklus I, sebanyak 55% mahasiswa tergolong sangat tuntas, sebanyak 41% mahasiswa tergolong tuntas, dan sebanyak 4% mahasiswa tergolong tidak tuntas. Pada tahap tindakan siklus II, sebanyak 64% mahasiswa tergolong sangat tuntas, sebanyak 36% mahasiswa tergolong tuntas.
Pengaruh Kemampuan Awal Matematika, Lingkungan Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Soleman Talib
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 3 No 1 (2022): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Januari- Juni 2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.7634245

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan langsung maupun tidak langsung antara kemampuan awal matematika, lingkungan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika.Pada dasarnya penelitian ini adalah penelitian survey yang menggunakan teknik analisis jalur (path analysis) dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X Jurusan IPA SMA Negeri 9Tidore Kepulauan Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 50 orang. Terdapat empat variabel yang dijadikan obyek penelitian, yakni dua variabel eksogenus yang meliputi kemampuan awal matematika dan lingkungan belajar serta variabel endogenus yang meliputi kemandirian belajar dan hasil belajar matematika. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data penelitian adalah: (a) terdapat pengaruh langsung positif kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar matematika; (b) terdapat pengaruh langsung positif lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika; (c) terdapat pengaruh langsung positif kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika; (d) terdapat pengaruh langsung positif kemampuan awal matematika terhadap kemandirian belajar; (e) terdapat pengaruh langsung positif lingkungan belajar terhadap kemandirian belajar.
Kemampua Berpikir Matematika Melalui Metode Pembelajaran Inquiri Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMP Islam Samargalila Labuha Tahun Ajaran 2022-2023 Syaiful Bahri Rahantan
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 3 No 1 (2022): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Januari- Juni 2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.8320693

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berjudul Kemampuan berpikir matematika melalui metode pembelajaran inquiri pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Islam Samargalila Labuha. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode pembelajaran inquiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran matematika. Tehnik pengumpulan data yang di gunakan adalah lembar observasi siswa dan hasil tes tertulis.Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran inquiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematika siswa kelas VIII SMP tahun ajaran 2022 pada siklus I presentasi keaktifan siswa besebar 56% dan presentasi klasikal sebesar 50%, dan pada siklus II Mengalami peningkatan keaktifan sebesar58% dengan ketuntasan klasikal sebesar 50%. Metode pembelajaran inquiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa kelas VIII SMP Islam Samargalila Labuha materi sistem persamaan linear dua variabel tahun ajaran 2022 pada siklus I nilai rata-rata yang di peroleh siswa masih kurang yaitu 56,55 Dengan ketentuan klasikal 57%, pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80,55 Dengan ketentuan klasikal 81%.

Page 1 of 1 | Total Record : 6