cover
Contact Name
-
Contact Email
redaksi.biomed@gmail.com
Phone
+6287859850400
Journal Mail Official
redaksi.biomed@gmail.com
Editorial Address
UNITRI PRESS UPT. Penerbitan & Jurnal Ilmiah Jl. Telaga Warna, Tlogomas Malang, Jawa Timur 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Biomed Science
ISSN : 23385189     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Health,
Biomed Science : ISSN 2338-5189 (media cetak) , adalah jurnal peer-review yang menerbitkan artikel tentang praktik, teori, dan penelitian di semua bidang kesehatan dan kebidanan. Scope jurnal terdiri dari kebidanan,kesehatan,kesehatan masyarakat Setiap naskah yang diserahkan akan ditinjau oleh satu peer-reviewer menggunakan metode double blind review. Biomed Science diterbitkan oleh UNITRI PRESS Jurnal Biomed Science merupakan Jurnal Ilmiah Obstetri Gynekologi dan ilmu kesehatan yang memuat tulisan perancangan, pengumpulan, pengolahan dan analisis data, baik merupakan pemikiran konseptual maupun penerapannya. jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu bulan Juli dan Desember.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2014)" : 5 Documents clear
PENGARUH STIMULASI VISUAL, STIMULASI AUDITORI DAN STIMULASI TAKTIL TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA 12 – 15 BULAN DI RW 02 KELURAHAN TLOGOMAS KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG Tri Wiji Lestari; Kun Handayani
Biomed Science Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Stimulasi tumbuh kembang pada anak balita merupakan kegiatan merangsang kemampuan dasar anak agar anak tumbuh kembang secara optimal. Setiap anak perlu mendapat stimulasi rutin sedini mungkin dan terus menerus pada setiap kesempatan. Stimulasi tumbuh kembang anak dilakukan oleh orang tua, yang merupakan orang terdekat anak, pengganti ibu atau pengasuh anak, anggota keluarga lain dan orang dewasa lainnya. Kurangnya stimulasi dapat menyebabkan penyimpangan tumbuh kembang anak bahkan gangguan yang menetap. Kemampuan dasar anak yang dirangsang dengan stimulasi terarah adalah kemampuan gerak kasar, kemampuan gerak motorik halus,kemampuan bicara dan bahasa serta kemampuan sosialisasi dan kemandirian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruhantara stimulasi visual, stimulasi auditory dan stimulasi taktil terhadap perkembangan anak usia 12 –15 bulan. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 30 orang balita yang berusia 12 –15 bulan, data diperoleh dengan menggunakan lembar kuesioner selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji statistik regresi linear berganda. Pengaruh masing–masing variable secara sendiri –sendiri nilai thitungsebesar 3.987 maka variabelstimulasi visualberpengaruh secara signifikkan terhadap perkembangan anak usia satu tahunkarena nilai thitunglebih besar dari nilai ttabel = 2.056 sedangkan variabelstimullasi auditoriberpengaruh secara signifikan karena nilai thitung= 5.279dan variabel stimulasi taktiljuga berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan anak usia 12 –15 bulan dapat dilihat dari nilai thitung= 3.727 yang lebih besardari nilai ttabel = 2.056. Sedangkan Indikasi pengaruh variabel stimulasi visual, auditori dan taktil terhadap perkembangan anakusia 12 –15 bulan (Y) sebesar 58,1% dan sisanya 41,9% dipengaruhi oleh faktor lain
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN SOSIALISASI ANAK DAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK PRASEKOLAH DI TK BUMIAYU KECAMATAN BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO Andjar Sulandri; Sarwasmi Priyastiwi
Biomed Science Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masa depan dan perkembangan anak akan sangat tergantung pada pengalaman yang mereka punya, termasuk jenis-jenis pendidikan berbeda dari pola. kemampuan sosial bukan hanya pemikiran dan kemampuan tetapi juga adaptasi sosial, keterampilan sosial, dan penerimaan sosial. Demikian juga pola asuh yang salah akan berakibat pada perkembangan anak khusunya perkembangan emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemampuan sosialisasi dan perkembanagn emosional anak pra sekolah, yang dilakukan pada Januari sampai Mei 2014. Desain penelitian menggunakan studi deskriptif. Populasi penelitian adalah semua anak pra sekolah di TK Bumiayu. Sampel diambil dengan menggunakan tehnik total sampling sebanyak 33 orang. Data yang diambil merupakan data primer dengan menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Variabel X3 berpengaruh lebih besar (dominan) terhadap variabel Y1, sehingga pola asuh demokratis lebih cenderung diterapkan orang tua yang dapat berpengaruh positif terhadap kemampuan sosialisasi anak dan Variabel X3 berpengaruh lebih besar (dominan) terhadap variabel Y2, sehingga pola asuh demokratis lebih cenderung diterapkan orang tua yang dapat berpengaruh positif terhadap perkembangan emosional anak
PENGARUH PENYULUHAN LINGKUNGAN SEHAT TERHADAP PERUBAHAN POLA HIDUP DAN KONDISI LINGKUNGAN RUMAH DI DESA SAMBIGEDE RT. 18 RW. 06 KEC. SUMBERPUCUNG MALANG Titin Sutriyani; drh. Awang Teja Satria
Biomed Science Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kebijakan Nasional Promosi Kesehatan dalam mendukung upaya peningkatan perilaku sehat ditetapkan pada Visi Nasional Promosi Kesehatan sesuai Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 1193/MENKES/SK/X/2004 yaitu “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat 2010” (PHBS 2010). Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui pengaruh penyuluhan lingkungan sehat terhadap perubahan pola hidup dan kondisi lingkungan rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah pengaruh signifikan dari pemberian penyuluhan lingkungan sehat terhadap perubahan pola hidup dan kondisi lingkungan rumah. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimental. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara serta pengamatan yang dilakukan secara langsung ke masing-masing responden. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 30 responden. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji statistic two tail tes. Hasil penelitian data menggunakan t-test, penyajian data dengan table. Dari hasil penelitian yang signifikan ( =0,05) didapat thitung > ttabel maka H0 ditolak. Semua variable berpengaruh, artinya ada pengaruh yang signifikan antara masyarakat yang diberi penyuluhan dan masyarakat yang tidak diberi penyuluhan. dengan variable yang paling berpengaruh adalah masyarakat yang diberi penyuluhan thiting > ttabel 0,05, yaitu 5.657 > 2.048
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR PEMERIKSAAN FISIK DI LABORATORIUM PADA MAHASISWA AKADEMI KEBIDANAN WIRA HUSADA NUSANTARA MALANG Vivin Yuni Astutik; Eni Ratih
Biomed Science Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Minat belajar adalah suatu keinginan untuk mendapatkan suatu perubahan yang terjadi melalui latihan atau pengalaman-pengalaman tertentu. Minat belajar besar sekali pengaruhnya terhadap hasil belajar, sebab dengan minat seseorang akan melakukan sesuatu yang di minati nya. Sebaliknya tanpa minat sesorang tidak mungkin melakukan sesuatu. Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar pemeriksaan fisik di laboratorium pada mahasiswa semester II di Akademi Kebidanan Wira Husada Nusantara. Penelitian ini jenis deskriptif dengan total populasi 40 responden dan sampel 34 responden mahasiswa Akademi Kebidanan Wira Husada Nusantara Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada Januari-April 2014. Hasil penelitian menunjukan bahwa Variabel lingkungan (X1), motivasi(x2), tenaga pendidik (x3), fasilitas (x4) berpengaruh signifikan terhadap variabel minat belajar (Y), hal ini dibuktikan dengan adanya nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel yaitu 13,972> 2,701. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Semakin baik lingkungan, motivasi, tenaga pendidik, fasilitas maka semakin tinggi pula minat belajar yang timbul pada mahasiswa tersebut begitu juga sebaliknya
PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK, MOTIVASI EKSTRINSIK DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER I AKADEMI KEBIDANAN WIRA HUSADA NUSANTARA MALANG Susi Chuti Winarni; Suwisi Suwisi
Biomed Science Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar, tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar. Kebiasaan belajar yang tidak sesuai juga dapat mempersulit siswa dalam memahami dan memperoleh pengetahuan sehingga memghambat kemajuan belajar siswa dan pada akhirnya akan mengalami kegagalan dalam berprestasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar intrinsik, ekstrinsik dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mahasiswa semester I. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah teknik sampel jenuh yang artinya semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yaitu sejumlah 40 orang. Uji statistic menggunakan Regresi Linier Berganda. Variabel X1 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y dengan nilai t hitung > t 0,05 yaitu 19,581 >2,021. Variabel X2 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y dengan nilai t hitung > t 0,05 yaitu 47,943 >2,021. Variabel X3 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y dengan nilai t hitung > t 0,05 yaitu 43,168 >2,021sehingga terdapat pengaruh variabel X1, X2 dan X3 terhadap variable Y.

Page 1 of 1 | Total Record : 5