cover
Contact Name
Yanti Shantini
Contact Email
yanti.shantini@upi.edu
Phone
+6285692830937
Journal Mail Official
ijace@upi.edu
Editorial Address
Kantor Departemen Pendidikan Masyarakat Lt. 6 Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) B Universitas Pendidikan Indonesia Jln. Dr. Setiabudhi No.229 Kota Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE)
ISSN : 27764583     EISSN : 26866153     DOI : -
Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE) is an open access and peer-reviewed journal, published by Department Community Education, Faculty of Education Universitas Pendidikan Indonesia. This Journal collaborative with Indonesian Community Education Association (APENMASI) which is publishes research results and articles in the area of: 1. Adult Education 2. Lifelong Education 3. Management of education 4. Learning in community education settings.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2021)" : 8 Documents clear
LITERASI DIGITAL : EFEKTIFITAS APLIKASI PEDULILINDUNGI DALAM MEMBERIKAN INFORMASI PADA MAHASISWA FIP UPI Maharan, Anindya Putri; Rivai, Mochammad; Rivai, Mochammad; Sugianti, Sachiko; Fauzi, Rifki Ahmad Fauzi Ahmad; Azzahra, Septia; Ningsih, Safitri; Lailiya, Ulfa; Adawiyah, Robyathul; Amalia, Nurul Dzikra Dzakira; Sudirman, Sudirman; Saragih, Mahfuzi Irwan
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 3, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ijace.v3i2.43592

Abstract

Di era milenial ini masyarakat sangat mudah dalam mendapatkan maupun memberikan informasi apapun dengan cara cepat dan akurat. Tentu hal tersebut tak lepas dari kecanggihan teknologi yang berbasis digital. Dalam perkembangan teknologi ini masyarakat setidaknya harus melek digital dengan berliterasi atau sering disebut dengan literasi digital. Berhubungan dengan hal tersebut, masyarakat Indonesia saat ini tengah menghadapi pandemi COVID 19 dan sedang berjuang untuk mencegah tersebarnya virus tersebut, kemudian pemerintah mulai menyelenggarakan vaksin dan memberi sertifikat vaksin terhadap masyarakat. Untuk mempermudah penginputan data, pemerintah menciptakan aplikasi bernama PeduliLindungi yang telah digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Dengan adanya aplikasi PeduliLindungi ini, kami melakukan sebuah penelitian keefektifan dan literasi digital terhadap mahasiswa FIP UPI. Dalam penelitian tersebut kami memakai metode pengambilan sampel simple random sampling dengan nonpropability sampling. Penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi PeduliLindungi telah terbukti membawa pengaruh mahasiswa dalam literasi digital dan cukup efektif untuk proses mengirim ataupun menerima data.
EFEKTIVITAS PELATIHAN BERBASIS TEKNOLOGI ONLINE DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MANAJERIAL PENGELOLA PUSAT KEGIATAN BELAJAR KOTA BANDUNG Marcellyna, Nindy
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 3, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ijace.v3i2.43599

Abstract

Lembaga Pusat Kegiatan Belajar Mengajar tidak lepas dari peran pengelola sebagai decision maker yang menentukan keberhasilan seluruh kegiatan dalam penyelenggaraan pendidikan non formal. Menurut data PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat (2020), dalam pemetaan mutu tercatat rekapitulasi capaian SNP di Kota Bandung pada indikator standar pengelolaan adalah sebesar 63%. Maka, IPI bekerja sama dengan PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat dan Ketua Forum PKBM Kota Bandung berinisiasi untuk meningkatkan kompetensi bagi para pengelola PKBM melalui penyelenggaraan pelatihan manajerial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan proses pelaksanaan pelatihan, hasil pelatihan, dan faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari satu penyelenggara pelatihan, satu narasumber, dan tiga peserta pelatihan. Berdasarkan pada hasil temuan penelitian, dapat ditemukan bahwa: 1) Proses pelatihan terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 2) Hasil pelatihan dapat terlihat adanya peningkatan pemahaman pada beberapa peserta pelatihan berdasarkan pada hasil evaluasi pre-test, post-test dan rencana tindak lanjut yang di monitoring oleh penilik PKBM. 3) Faktor internal menjadi faktor pendukung proses pelatihan, pada faktor eksternal terdapat penghambat pada indikator lingkungan, yaitu koneksi yang tidak stabil dan pengaruh lingkungan sekitar sehingga membuat peserta merasa kurang fokus.
PENERAPAN PENDIDIKAN ORANG DEWASA DALAM PROGRAM BINA KELUARGA BALITA (BKB) Alamsyah, Dodi; Karwati, Lilis Karwati; Danial, Adang
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 3, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ijace.v3i2.43594

Abstract

Bina Keluarga Balita (BKB) adalah program yang bermanfaat untuk orang dewasa. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat permasalahan seperti kurangnya kekompakan para kader, rendahnya minat orang tua untuk mengikuti kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB), Maka perlunya penerapan program pembelajaran melalui pendidikan  orang dewasa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendidikan orang dewasa dalam program Bina Keluarga Balita (BKB). Lokasi penelitian ini di Bina Keluarga Balita (BKB), Puspa Indah, RW 06, kelurahan Kahuripan, kecamatan Tawang, kota Tasikmalaya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Metode yang digunakan, yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai pengumpulan datanya. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaan program Bina Keluarga Balita (BKB), telah menerapkan pembelajaran orang dewasa baik dalam perencanaan partisipatif maupun evaluasi program. Simpulan,  menunjukan bahwa terdapat penerapan prinsip–prinsip pembelajaran orang dewasa dalam program Bina Keluarga Balita (BKB) di kelurahan Kahuripan, kecamatan Tawang, kota Tasikmalaya. 
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN DALAM PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL PELATIHAN BERBASIS NILAI AGAMA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PEMUDA Faatihah, Syifa Nuur
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 3, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ijace.v3i2.43600

Abstract

Kecenderungan krisis moral pada kelompok pemuda, menunjukkan perilaku menyimpang serta mengakibatkan terbentuknya karakter buruk.  Kondisi ini mendorong dilakukannya pengembangan model pelatihan berbasis nilai agama yang sesuai dengan potensi dalam membentuk karakter pemuda. Dalam pengembangan model ini, adanya faktor-faktor determinan pembentuk karakter yang dikaitkan dengan pengelolaan pelatihan. Wilayah Andir Kaler RW 03 Kelurahan Cigending Kecamatan Ujungberung terkenal dengan mayoritas pemudanya memiliki kebiasaan yang buruk seperti mabuk-mabukan. Melalui model pelatihan berbasis nilai agama diharapkan menjadi upaya dalam mewujudkan karakter pemuda yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya. Terkait dengan hal tersebut, peneliti melakukan studi untuk dapat mendeskripsikan mengenai kondisi sosial ekonomi orang tua pemuda, nilai karakter pemuda dan pemetaan tokoh masyarakat yang ada dilingkungan RW 03 serta menganalisis pelatihan apa yang dibutuhkan oleh pemuda. Teori dan konsep yang mendukung yaitu konsep pelatihan, konsep status sosial ekonomi, konsep nilai karakter dan konsep tokoh masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang pemuda, empat orang tokoh masyarakat, dan tiga orang tua pemuda dilingkungan RW 03. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) kondisi sosial ekonomi keluarga pemuda dilingkungan RW 03 tergolong dalam kelas bawah. (2) Kondisi karakter pemuda dilingkungan RW 03 yang belum tercerminkan yaitu karakter jujur dan karakter peduli. (3) Daya dukung  tokoh masyarakat yang ada dilingkungan RW 03 terdiri dari beberapa tokoh masyarakat  diantaranya bidang pendidikan, kegamaan dan kepemudaan yang memiliki peran aktif serta melakukan pembinaan terhadap pemuda dilingkungan RW 03. 
PENERAPAN METODE BERMAIN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA AWAL DIMASA BELAJAR DARI RUMAH Setiawati, Tia; Yanuarsari, Revita; Maulani, Susan
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 3, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ijace.v3i2.43595

Abstract

Kemampuan matematika awal merupakan kemampuan dasar yang dimiliki oleh anak, masalah utama dalam penelitian ini adalah adanya penurunan kemampuan matematika awal anak usia 5-6 tahun dalam pembelajaran yang dilakukan dari rumah dengan metode bermain di PAUD Umi Bina Mandiri yang disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari rumah sehingga anak kurang terstimulasi dalam kemampuan matematika awal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran informasi dan data-data tentang aktivitas anak, peran guru, dan hasil belajar anak dalam matematika awal melalui metode bermain dari rumah pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber datanya adalah kepala sekolah, 2 orang guru dan peserta didik kelompok B. Hasil penelitian (1) Aktivitas anak dalam pembelajaran dari rumah melalui metode bermain dalam mengembangkan kemampuan matematika awal dilihat dari pelaksanaan dan respon menunjukan keberhasilan guru dan orangtua dalam memfasilitasi dan mendampingi anak dalam setiap pembelajaran, (2) Peran guru dalam pembelajaran dari rumah dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, sistem pendukung, dan desain pembelajaran hal ini dilihat dari guru sudah mampu membuat pembelajaran dari rumah yang menarik dan kreatif melalui metode bermain aktif, (3) Hasil belajar anak dalam mengembangkan kemampuan matematika awal melalui metode bermain dimasa belajar dari rumah dilihat dari hasil observasi anak yang sudah berkembang sesuai harapan.
PENYELENGGARAAN KAGIATAN FAMILY DEVELOPMENT SESSION (FDS) PADA SESI PENGASUHAN DAN PENDIDIKAN ANAK DI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) Dewi, Anindya Nurfitria
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 3, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ijace.v3i2.43596

Abstract

Sensus penduduk 2020 mencatat terdapat persentase masyarakat miskin sebesar 10,19 persen atau 27,55 juta jiwa. Pemerintah berupaya mengurangi persentasenya dengan pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin dan rentan yaitu Program Keluarga Harapan (PKH). Salah satu syaratnya yaitu dengan menghadiri kegiatan Family Development Session (FDS) untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan dengan harapan menjadi keluarga yang lebih berketahanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyelenggaraan kegiatan Family Development Session pada sesi Pengasuhan dan Pendidikan Anak di Program Keluarga Harapan. Metode yang digunakan adalah wawancara secara terbuka. Hasil temuan yang didapatkan penyelenggaraan kegiatan Family Development Session (FDS) pada sesi Pengasuhan dan Pendidikan Anak di Program Keluarga Harapan di Kecamatan Ciparay Kab. Bandung sudah berjalan dengan baik sesuai dengan Pedoman Pelaksanaan Family Development Session yang telah ditetapkan oleh Kementrian Sosial RI.
EVALUASI PELAKSANAAN DAN CAKUPAN PROGRAM IMUNISASI DI POSYANDU LINGKUNGAN RANCAPETIR CIAMIS Sukmana, Cucu; Permatasari, Vini Rizky
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 3, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ijace.v3i2.43597

Abstract

Program imunisasi merupakan salah satu program yang diselenggarakan di posyandu. Namun, dengan adanya pandemi covid-19 menimbulkan kekhawatiran akan keamanan untuk melaksanakan imunisasi di posyandu tetapi jika tidak diadakannya imunisasi akanmembuat cakupan imunisasi menjadi rendah dan kekebalan kelompok pun tidak terbentuk sehingga program imunisasi harus tetap berjalan dengan memperhatikan pedoman pelaksanaan imunisasi di masa pandemi covid-19 agar tetap aman dan program tetap berjalan sesuaidengan yang diharapkan. Oleh karena itu, evaluasi ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan dan cakupan dari program imunisasi yang dilaksanakan di Posyandu Lingkungan Rancapetir Ciamis sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara dan penyebaran angket kepada seorang kader posyandu dan tenaga kesehatan puskesmas. Hasil yang didapatkan ialah bahwa pelaksanaan dan cakupan imunisasi di Posyandu Lingkungan Rancapetirsudah terbilang baik karena kader dan tenaga kesehatan puskesmas telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik meskipunpelaksanaan imunisasi masih terkendala oleh beberapa faktor seperti perbedaan waktu pemberian imunisasi, pendidikan, pengetahuan,pekerjaan, dan sikap orang tua (terutama ibu) yang dimana masih ada orang tua yang anti imunisasi (anti vaksin).
EVALUASI PROGRAM PELAKSANAAN PENGASUHAN ANAK USIA DINI DI TAMAN PENITIPAN ANAK AD – DIROYAH CIBIRU Sudiapermana, Elih; Nurwahidah, Alyssa
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 3, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ijace.v3i2.43598

Abstract

Taman Penitipan Anak (TPA) adalah jenis PAUD di jalur non-formal yang bertindak sebagai pengganti bagi keluarga untuk jangka waktubagi anak-anak yang orang tuanya bekerja. Tujuan menyeluruh evaluasi program pada laporan ini adalah untuk mengetahui bagaimana Evaluasi Program Pelaksanaan Pengasuhan Anak Usia Dini di Taman Penitipan Anak Ad – Diroyah. Tahapan dalam evaluasi; 1) Pemilihan model CIPP; 2) pembuatan tujuan program dan tolak ukur keberhasilan; 3) menentukan metode pengumpulan data; 4) menyusun instrumen. Metode Sampling digunakan dalam evaluasi program ini Sampling Non - Random, yaitu pengelola TPA. Jenis sampel yang diambil pun Purposive Sample. Metode pengambilan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Model evaluasi program PENMAS CIPP yangdigunakan akan mengevaluasi 4 tujuan evaluasi yaitu komponen dan proses program kegiatan diantaranya sebagai berikut; 1) EvaluasiKonteks, 2) Evaluasi Masukan, 3) Evaluasi Proses, dan 4) Evaluasi Hasil. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pengasuhan di TPA Ad– Diroyah Cibiru Hilir sekaligus juga memberikan pendidikan bagi anak yaitu terdapat KOBER dan TK. Pengasuhan pada TPA Ad – Diroyah Cibiru Hilir ini berjenis fullday karena pengasuhan dimulai pagi hari sampai siang hari. TPA Ad – Diroyah Cibiru Hilir memilikibentuk layanan asuhan, dimana kebutuhan anak dari segala aspek sangat diperhatikan. Namun, dalam beberapa komponen evaluasi masihterdapat beberapa aspek yang belum terpenuhi.

Page 1 of 1 | Total Record : 8