cover
Contact Name
Ahmad Habibi
Contact Email
pascampduniska@gmail.com
Phone
+6285845959702
Journal Mail Official
pascampduniska@gmai.com
Editorial Address
Jalan Adhyaksa No.2 Kayutangi, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi
ISSN : -     EISSN : 27765113     DOI : http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v1i2.5022
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi (JMPD) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin. Jurnal ini terbit sebanyak dua kali setahun, yaitu pada bulan Januari dan Juni. Jurnal ini menerbitkan penelitian dan artikel konseptual yang berkaitan dengan bidang ilmu Manajemen Pendiikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi (JMPD) ini khusunya berfokus dalam penyebaran dan pengembangan bidang Manajemen Pendidikan yang berkaitan dengan: Manajemen Pendidikan Manajemen Kurikulum Manajemen Pendidikan Formal Manajemen Pendidikan Non Formal dan Pelatihan Manajemen Pendidikan Tinggi Manajemen Bimbingan dan Konseling Manajemen Kelas Manajemen Mutu Pendidikan Manajemen SDM Pendidikan Manajemen Tekhnologi Pendidikan dan Pembelajaran Manajemen Media Pendidikan dan Pembelajaran Manajemen Keuangan Pendidikan
Articles 33 Documents
IMPLEMENTASI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH (STUDI KASUS PADA MAN 2 MODEL BANJARMASIN) Muhammad Yuliansyah
Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jmpd.v1i1.4221

Abstract

Dunia pendidikan dalam hal ini lembaga persekolahan diberi kewenangan untuk mengurus dirinya sendiri dan mengelola kegiatan pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan daerahnya masing-masing, untuk menyediakan sumber daya manusia yang produktif dan mempunyai kemampuan profesional dalam meningkatkan mutu pendidikan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembangunan sumber daya manusia yang harus dilakukan secara terencana dan terarah sehingga mampu menyiapkan bangsa Indonesia dalam memasuki era globalisasi dan era otonomi daerah yang penuh dengan tantangan. Dalam rangka menentukan mutu  sumber daya manusia di sekolah dan untuk kepentingan bangsa di masa depan, kepala madrasah dan guru-guru merupakan penanggung jawab dan pelaksana pendidikan yang utama, yang secara langsung berhubungan dengan anak atau peserta didik. Seberapa jauh  keberhasilan pendidikan di lembaga-lembaga pendidikan persekolahan khususnya di tingkat ibtidaiyah sampai  madrasah aliyah dimana ketergantungan terhadap guru masih besar, sangat ditentukan oleh profesionalisme dan kompetensi para guru dalam mendidik dan mengajar. Kepala sekolah dan guru sama-sama berperan sebagai tenaga kependidikan yang secara terpadu harus saling bekerjasama dan berkoordinasi serta saling menunjang untuk kelancaran dan keberhasilan tugas-tugas pendidikan di sekolah.
MANAJEMEN PENDIDIKAN KAREKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI KOTA BANJARMASIN Kasypul Anwar
Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jmpd.v1i1.4222

Abstract

Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis implementasi manajemen pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada Sekolah Menengah Pertama Negeri  Kota Banjarmasin. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus.Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, karena jenis penelitian kualitatif merupakan metode yang memfokuskan pada keterlibatan interpretasi peneliti yang berusaha menginterprestasikan perilaku para stakeholders  pada suatu fenomena yang dialaminya (Denzin dan Lincoln, 2015: 3-4), yang dalam hal ini adalah para stakeholders  pada Sekolah Menengah Pertama Negeri  Kota Banjarmasin. Penelitian kualitatif mempunyai tujuan agar peneliti lebih mengenal lingkungan penelitian, dan dapat terjun langsung ke lapangan sebagai key instrument (instrumen kunci). Hasil penelitian menunjukan bahwa  manajemen pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada Sekolah Menengah Pertama Negeri  Kota Banjarmasin memberikan dampak yang begitu besar bagi pembelajaran. Eksistensi seluruh elemen yang terlibat sangat ditentukan oleh sarana dan prasarana yang mendukung berjalannya semua kegiatan pembelajaran baik di dalam maupun luar kelas.
KEPEMIMPINAN BERBASIS SEKOLAH UNGGULDALAM ORGANISASI PEMBELAJAR Noorhayatie H Simryah
Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jmpd.v1i1.4223

Abstract

ABSTRAK Pendidikan dalam akumulasi komplek adalah suatu organisasi, karakter, kepemimpinan, belajar dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan berbasis sekolah unggul dalam organisasi pembelajar pada Paud Terpadu Mawar Banjarbaru Utara Kalimantan Selatan. Sasaran penelitian adalah pendidik dan tenaga kependidikan pada yayasan mawar banjarbaru utara kota banjarbaru. Pengumpulan data diperoleh melalui langkah-langkah observasi, dokumentasai, dan menggunakan instrument sebagai monitoring dan evaluasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan perlunya melakukan workshop pembelajaran  bagi guru dalam organisasi pendidikan di Paud Terpadu Mawar serta mengembangkan pola kepemimpinan dalam pembelajaran berbasis sekolah unggul dalam hal pembinaan manajemen administrasi sekolah, pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan dalam metode pembelajaran, pembinaan potensi peserta didik, pemenuhan sarana penunjang pembelajaran dan prasarana  sekolah,  dan sistem penilaian hasil belajar yang terencana.
HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SDN DI MARABAHAN KABUPATEN BARITO Indria Wiratin
Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jmpd.v1i1.5050

Abstract

enelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hubungan antara supervise akademik dengan kompetensi profesional guru SDN di Marabahan Kabupaten Barito Kuala. (2) Untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kompetensi professional guru SDN di Marabahan Kabupaten Barito Kuala. (3) untuk mengetahui hubungan supervise akademik dan kepemimpinan kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru SDN di Marabahan Kabupaten Barito Kuala. Penelitian menggunakan metode deskriftif korelasional, dengan populasi penelitian berjumlah 115 orang. Jumlah sampel penelitian yaitu sebanyak 85 orang. Hasil penelitin dismpulkan: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara supervise akademik denga kompetensi professional guru SDN di Marabahan Kabupaten Barito Kuala. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kompetensi professional guru SDN di Marabahan Kabupaten Barito Kuala. (3) Terdapat hubungan secara bersamasama yang positif dan signifikan antara supervise akademik dan kepemimpinan kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru SDN di Marabahan Kabupaten Barito Kuala. Disarankan untuk melakukan penelitian serupa dengan subjek penelitian yang lebih luas.
ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN DALAM MEMBENTUK KARAKTERISTIK BUDAYA ORGANISASI (STUDI PENELITIAN PADA SMA NEGERI DI KABUPATEN BANJAR) Esthi Endah Ayuningtyas
Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jmpd.v1i1.5051

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa Gaya Kepemimpinan Dalam Membentuk Karakteristik Budaya Organisasi (Studi Penelitian Pada SMA Negeri Di Kabupaten Banjar). Penelitian ini menggunakan metode analisa data kuantitatif, teknik analisis yang Dalam penelitian ini, metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana yaitu permodelan persamaan regresi. Alasan pemilihan menggunakan metode regresi linier sederhana ini adalah disesuaikan dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel terikat. Hasil analisis yang dilakukan menyatakan bahwa Gaya Kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap Karakteristik Budaya Organisasi Pada SMA Negeri Di Kabupaten Banjar. Dengan demikian membuktikan Gaya Kepemimpinan dapat meningkatkan dalam pembentukan Karakteristik Budaya Organisasi Pada SMA Negeri Di Kabupaten Banjar
KOMPETENSI MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SMP NURUL IHSAN BANJARAN KABUPATEN SUBANG JAWA BARAT badru, sohim; M, Syah; Hanafiah, Hanafiah
Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jmpd.v1i2.5022

Abstract

Latar belakang penelitian ini berupa fenomena kepala sekolah yang belum memberikan perhatian khusus dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kemampuan kepala sekolah yang masih rendah dalam melaksanakan peran kepemimpinannya terutama dalam meningkatkan motivasi kerja tenaga kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perencanaan kompetensi manajemen; (2) pelaksanaan kompetensi manajemen; (3) dan evaluasi kompetensi manajemen kepala sekolah SMP Nurul Ihsan Banjaran  Kabupaten Subang dalam meningkatkan profesionalisme guru. Manfaat penelitian terdiri dari manfaat teoritis dan praktis. Secara teoritis mendapatkan khasanah ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan khususnya manajemen pendidikan bidang kepemimpinan pendidikan dan profesionalisme guru sedangkan manfaat secara praktis bermanfaat bagi guru, siswa dan lembaga. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan penelitian diskriptif kualitatif. Subyeknya yaitu kepala sekolah. Adapun informannya yakni wakil kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data (1) observasi, (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Data yang terkumpul dilakukan pemeriksaan keabsahan data, menggunakan triangulasi, dengan verifikasi dan pengecekan mengenai kecukupan referensi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan kompetensi manajemen yang dilakukan oleh kepala sekolah SMP Nurul Ihsan Banjaran  Kabupaten Subang meliputi: (a) Perencanaan berdasarkan visi, misi, tujuan sekolah, dan kebutuhan (need assesment); (b) Melibatkan seluruh unsur civitas akademika sekolah; (c) Melakukan rekrutmen guru GTT baru dan melakukan analisis jabatan pekerjaan; (d) dilakukan dalam rapat kerja. (2) Pelaksanaan kompetensi manajemen dalam meningkatkan profesionalisme guru yang dilakukan oleh kepala sekolah SMP Nurul Ihsan Banjaran  Cibogo Kabupaten Subang meliputi: (a) Mengikutkan dalam diklat, seminar, maupun workshop; (b) Studi lanjut; (c) Revitalisasi MGMP; (d) Membentuk forum silaturrahim antar guru; (e) Meningkatkan kesejahteraan guru; (f) Penambahan fasilitas penunjang; (g) Mengoptimalkan bimbingan konseling; (h) Studi banding ke sekolah lain, dan (i) sertifikasi guru. Sedangkan (3) evaluasi yang dilakukan oleh kepala sekolah SMP Nurul Ihsan Banjaran  Cibogo Kabupaten Subang meliputi: (a) melakukan supervisi, baik secara personal maupun kelompok; (b) Teknik yang digunakan adalah secara langsung (directive) dan tidak langsung (non direcvtive); (c) Aspek penilaian dalam supervisi adalah presensi guru, kinerja guru di sekolah, perkembangan siswa, RPP, dan silabus.Kata Kunci : Kompetensi, Manajemen, Profesionalisme, Guru PAI.
PERENCANAAN IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGETAHUAN DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) Maryati, Delis Sri; Wasliman, Wasliman; Mudrikah, A
Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jmpd.v1i2.5023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perlu adanya implementasi manajemen pengetahuan di perpustakaan Perguruan Tinggi yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi agar pengetahuan dapat diakses secara efektif dan efisien untuk diketahui, dipelajari, digunakan kembali, penelitian dan publikasi ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran dan menganalisis tentang Implementasi Manajemen Pengetahuan (knowledge management) Perpustakaan Perguruan Tinggi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam hal Pelayanan Prima Tenaga Perpustakaan Perpustakaan IPDN Jatinangor Sumedang Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi.  Teori dalam penelitian ini adalah teori Manajemen menurut Hasibuan, M (2017:10), Mangkunegara, A (2017:2), teori Pengetahuan Davenport & Prusak (1998:42) dan Implementasi Manajemen Pengetahuan menurut Bhatt, D (2000). Hasil penelitian ini adalah: Perencanaan tenaga perpustakaan IPDN Jatinangor dari segi rekruitmen, pendidikan, pengembangan, motivasi, retensi, kerjasama dan partisipasi seluruh pegawai (share knowledge to creating value through social interaction) sudah dilakukan meskipun belum maksimal, karena pustakawan bagian IT jumlahnya masih sedikit dan tenaga teknis IT juga belum ada ahlinya, sehingga pengelolaan website masih bekerjasama dengan unit lain di IPDN. Perencanaan proses pengadaan pengetahuan dan teknologi di perpustakaan IPDN telah dilakukan oleh tenaga perpustakaan IPDN, walaupun tidak semua terealisasi karena keterbatasan anggaran.
KERJASAMA ANTARA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SHALAT SISWA KELAS V SDN 004 CISARANTEN KULON KECAMATAN ARCAMANIK KOTA BANDUNG Dian, N; Fathurrohman, A
Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jmpd.v1i2.5025

Abstract

Latar belakang penelitian adalah Islam mengajarkan agar proses penanaman disiplin dalam pelaksanaan salat 5 waktu harus ditanamkan sejak dini.Kerja sama antara guru PAI dan orang tua siswa untuk mendidik pembiasaan salat 5 waktu kepada siswa, dilatarbelakangi oleh kegiatan pengisian buku penghubungan salat 5 waktu siswa. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara guru PAI dan orang tua dalam upaya mereka untuk meningkatkan kedisiplinan salat 5 waktu siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi mengenai desain, pelaksanaan, keberhasilan, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kerja sama antara guru PAI dan orang tua untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam melaksanakan salat lima waktu. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu dengan memberikan gambaran secara faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta yang berkaitan dengan desain, pelaksanaan kerja sama antara guru PAI dan orang tua siwa,keberhasilan serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kerja sama antara guru PAI dan orang tua untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam melaksanakan salat lima waktu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi,wawancara,dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah diperoleh setelah dilaksanakannya desain program kedisiplinan salat melalui buku penghubung pada bulan Agustus dan September pada bulan September mengalami peningkatan siswa terlihat banyak melaksanakan salat di tempat-tempat ibadah. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program sudah berhasil,teramati dengan banyaknya siswa yang melakukan salat fardu di mushala dan mesjid semakin bertambah. Guru PAI mampu melaksanakan program ini sesuai prosedur, seluruh pihak di sekolah mendukung adapun penghambat dari program ini dapat ditanggulangi dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan prestasi anak dan disiplin salat dipertahankan dan ditingkatkan, agar memiliki kesadaran yang tinggi untuk memahami dan mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam. Intensitas komunikasi dengan orang tua juga senantiasa dipertahankan bahkan ditingkatkan. 
PERENCANAAN PENGUATAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN TEKNIS SISWA SMK PRODI DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) UNTUK MENGHADAPI DUNIA KERJA hermawan, totok; Wasliman, Wasliman; Hanafiah, Hanafiah; Muliani, Y
Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jmpd.v1i2.5026

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatar belakangi oleh lulusan SMK tidak sesuai kompetensinya dengan yang diharapkan oleh dunia kerja. Oleh sebab itu, perlu adanya manajemen penguatan praktek kerja lapangan dalam meningkatkan keterampilan siswa SMK kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) untuk menghadapi Dunia Kerja (Studi Kasus di SMKN 9 Garut). Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran dan menganalisis tentang Perencanaan Penguatan Praktek Kerja Lapangan Dalam Meningkatkan Keterampilan Teknis Siswa SMK Untuk Menghadapi Dunia Kerja pada kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) SMKN 9  Garut.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi.  Teori dalam penelitian ini adalah teori Manajemen menurut Hasibuan, M (2017:10), Mangkunegara, A (2017:2), teori PKL dalam  Pedoman Praktik Kerja Lapangan (PKL) Peserta Didik SMK  Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud (2018: 2) yakni:“Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan di DUDI dan/atau lapangan kerja lain untuk penerapan, pemantapan, dan peningkatan kompetensi.  
KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AQIDAH AKHLAK DI MI (Studi kasus pada kelas V MI Panamur Kersamanah Kabupaten Garut) Muhidin, Ujang; Fathurrohman, Fathurrohman
Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jmpd.v1i2.5027

Abstract

Sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 2 ayat (1) menegaskan bahwa guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang diangkat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Pada Pasal 4 juga dijelaskan bahwa kedudukan guru sebagai tenaga professional sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1) berfungsi untuk meningkatkan martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasionalDengan demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa guru harus memiliki pengetahuan yang luas, menguasai berbagai jenis bahan pembelajaran, menguasai teori dan praktik pendidikan, serta menguasai kurikulum dan metodologi pembelajaran. Kompetensi guru adalah salah satu faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran dan pendidikan di madrasah, namun kompetensi guru tidak berdiri sendiri, tetapi dipengaruhi latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, dan lamanya mengajar.  Berangkat dari paradigma tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru untuk meningkat meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Panamur Kersamanah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan memperpanjang waktu penelitian dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Profesional guru merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan (2) Mutu pembelajaran Pendidikan Agama di Madrasah Ibtidaiyah Panamur Kersamanah diwujudkan dengan penerapan pembelajaran aktif, kreatif, dan menyenangkan serta melalui penelitian studi kasus. (3) Upaya Kepala Madrasah dalam meningkatkan professional guru di Madrasah Ibtidaiyah Panamur Kersamanah adalah dengan meningkatkan kompetensi guru melalui kursus dan diklat, pengadaan sumber dan media Pembelajaran, mengelola lingkungan belajar, penerapan e-learning, dan controling (4) Upaya guru Madrasah Ibtidaiyah Panamur Kersamanah dalam meningkatkan profesionalnya dengan mengikuti diklat dan Kelompok Kerja Guru. 

Page 1 of 4 | Total Record : 33