cover
Contact Name
Lalu Masyhudi
Contact Email
laloemipa@gmail.com
Phone
+6287864008292
Journal Mail Official
laloemipa@gmail.com
Editorial Address
Ketangga Desa Kateng Kecamatan Praya Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 27748316     EISSN : 27750302     DOI : 10.47492
E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat contains various activities of the teaching staff in LP2M STP Mataram in handling and managing the various potentials, obstacles, challenges, and problems that exist in society. Implementation of service activities also involve the participation of the community and partners. Service activities are organized into an activity aimed at improving the welfare of society. In the following year of publication, the journal is going to publish trianually. Any interested author could submit the manuscript following the submission guidelines. Please read these guidelines carefully. Authors who want to submit their manuscript to the editorial office of Jurnal Amal should obey the writing guidelines. If the manuscript submitted is not appropriate with the guidelines or written in a different format, it will be REJECTED by the editors before further reviewed. The editors will only accept the manuscripts which meet the assigned format. Every article that goes to the editorial staff will be selected through Desk Review and Initial Manuscript Evaluation processes by Editorial Board. Then, the articles will be sent to the Mitra Bebestari/peer reviewer and will go to the next selection by Double-Blind Peer-Review Process. Further details on reviewing policy and processes are available on submission guidelines. The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Community Services, People, Local Food Security; Training, Marketing, Appropriate Technology, Design; Community Empowerment, Social Access; Student Community Services; Border Region, Less Developed Region; Education for Sustainable Development; Economics; Tourism.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 28 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 3: September 2022" : 28 Documents clear
PELATIHAN BUDIDAYA SARANG BURUNG WALET SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF BAGI MASYARAKAT DESA BENTENG Muhsyanur Muhsyanur
E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 3: September 2022
Publisher : LP2M STP Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/eamal.v2i3.1939

Abstract

Budidaya sarang burung Walet merupakan salah satu strategi dalam mengembangkan ekonomi kreatif bagi masyarakat Indonesia pada umumnnya. Sarang Burung Walet memiliki potensi keberlangsungan yang baik selain memiliki nilai tinggi dari aspek ekonomi. Oleh karena itu perlu dibudidayakan. Tujuan program pengabdian ini ialah untuk memberikan pelatihan buidaya sarang burung Walte sebagai upaya pengembangan ekonomi kreatif bagi masyarakat. Subyek pengabdian ini pada masyarakat Desa Benteng. Jenis kegiatan yang ditawarkan ialah pelatihan sebagai upaya pemberian peningkatan pemahaman. Pelaksanaan pengabdian ada 3 (tiga) tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil program pengabdian, setelah memberikan pelatihan kepada masyarakat, ada peningkatan signifikan dalam pengelolaan-pembudidayaan sang burung Walet bagi masyarakat. Tentu hal tersebut berpengarhi dengan penghasilan, yaitu mencapai 30% yang lebih banyak dibandingkan sebelum pemberikan pelatihan.
Eduwisata di Laboratorium Terpadu SMKN 1 Pujon Berbasis “Integrated Farming System” Hari Suprayitno; Afifatul Khoirunnisak
E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 3: September 2022
Publisher : LP2M STP Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/eamal.v2i3.1957

Abstract

Kecamatan Pujon merupakan kecamatan yang memiliki topografi perbukitan dan sumberdaya alam potensial, terletak di Kabupaten Malang Jawa Timur. Kondisi alam yang mendukung membuat mayoritas masyarakat berprofesi sebagai petani, namun dalam penerapannya masih ditemui petani yang tidak memperhatikan keberlanjutan ekologi. Memanfaatkan potensi sumberdaya alam yang ada, SMKN 1 Pujon memanfaatkan lahan Perhutani sebagai laboratorium terpadu yang juga sebagai eduwisata berbasis sistem pertanian terpadu. Tulisan ini memuat perumusan konsep eduwisata berbasis integrated farming system dan dampaknya terhadap lingkungan, pendidikan, dan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu pendekatan kualitatif dengan observasi permasalahan di lapang. Setelah merumuskan permasalahan, dilakukan pengambilan data baik secara primer maupun sekunder yang selanjutnya dilakukan sintesa untuk merumuskan konsep perencanaan eduwisata. Hasilnya yaitu pengembangan eduwisata di Laboratorium Terpadu SMKN 1 Pujon menerapkan konsep integrated farming system yang mengintegrasikan beberapa unsur dalam satu lahan, yakni peternakan, perikanan, hidroponik, dan agroforestri. Beberapa program eduwisata yang ditawarkan yaitu wisata kandang, wisata agropononik, wisata agribisnis, wisata kriya, dan wisata alam. Kegiatan pengembangan eduwisata tersebut memberikan dampak positif bagi keberlanjutan lingkungan, kegiatan pendidikan, dan kegiatan ekonomi masyarakat setempat.
An INITIAL PERFORMANCE OF OPEN SOURCE ODOO FOR UMKM AT KECAMATAN SEPATAN KABUPATEN TANGERANG Taswanda Taryo; Jalaludin Jalaludin; Agung Budi Susanto; Sudarno Wiharjo
E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 3: September 2022
Publisher : LP2M STP Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/eamal.v2i3.1972

Abstract

The PKM activity was carried out in Sepatan District, Tangerang Regency, Banten Province. There are micro, small and medium enterprises (UKM) and engaged in food and beverages, where many restaurants operate and are mushrooming in the district. The restaurants implement sales and purchase transactions manually and marketing and looking for buyers should go out into the street so consumers will increase. A problem of the food and beverage restaurant is cash flow management and marketing. An open source Odoo has been aimed at small and large companies having ambitions and desires to improve their performance management. The first stage done was to prepare the Odoo ERP online application for the Kasir Resto post. The formed application was directly submitted to around 20 trainees directly mentored by the Odoo expert. The resto cash flow problems can now be resolved and its marketing strategy in the future can be well planned.
PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIC GUNA MEMBERIKAN NILAI TAMBAH MELALUI BUDI DAYA MAGGOT Novi Diah Wulandari; Zulfatun Ruschitasari; Lilis Kurniasari; M. Khirzuddarojatil Ula
E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 3: September 2022
Publisher : LP2M STP Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/eamal.v2i3.1988

Abstract

Kegiatan pengabdian ini melibatkan mitra dari Desa Guwosari dimana desa ini merupakan desa yang sadar dan memberikan perhatian khusus terhadap sampah. Sebagai bentuk pelaksanaan kewajiban pemerintah desa terhadap pengelolaan sampah, BUMDes membentuk Unit Layanan Kebersihan Lingkungan Desa Guwosari yang disebut dengan Go-Sari. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan membatu pengelola Go-Sari untuk dapat mensukseskan program Bantul Bersama (Bantul Bersih Sampah 2025). Salah satu alternatif pengolahan sampah organic adalah dengan menjadikannya maggot dan juga kasgot sehingga memiliki nilai tambah. Pengolahan sampah organic melalui media maggot ini menjawab pertanyaan masyarakat cara pemanfaatan sampah bernilai tinggi. Hasil dari pengolahan sampah melalui media maggot yaitu pupuk kompos kasgot, dan budidaya maggot dengan modal pakan sampah sangatlah murah dengan nilai jual maggot yang sangat tinggi.
EDUKASI PERATURAN BPJS PADA KELOMPOK MASYARAKAT RT 05/RW 25, NGRINGO, JATEN, KABUPATEN KARANGANYAR Antik Pujihastuti; Dewi Arradini; Adelia Bela Pratama
E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 3: September 2022
Publisher : LP2M STP Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/eamal.v2i3.1989

Abstract

The latest changes to BPJS regulations at that time still found different perceptions in the community. The ignorance and reluctance of the public to read the contents of the latest BPJS regulations requires education regarding the latest BPJS regulations through PKK women in order to provide more complete and correct information. The method used is education or increasing understanding of PKK mothers Rt 5 Rw 25 Ngringo, the results of the education are described descriptively. According to research by lusiana apriani and nanda aula rumana (2018) that the level of knowledge of BPJS participants is still low, BPJS participants choose a hospital that cooperates with BPJS as they wish, 2 month late fees can still be used to get health services, BPJS class III participants can be treated in class I. So this service activity was carried out, the results showed positive implications as evidenced by the knowledge of PKK mothers, 16 people (46%) understood about service products between BPJS health and BPJS employment. Based on age, most are aged 23 s.d. 50 years old, 23 people (76.66%) are of productive age who easily receive information about changes to the tiered referral system in obtaining advanced services by specialist doctors and designated primary health facilities, if they cannot provide health services, they are referred to a second level health facility. or secondary health facilities. Initially, participants only understood the obligation to register, pay dues, and provide personal data when registering. An increase also occurred in the understanding of participants' responsibilities to report changes to their personal data and family members at any time if a participant dies, marries, changes domicile, checks the bpjs-kesehatan.go.id website and protects participant cards from damage and loss to immediately report to BPJS
DISEMINASI TEKNOLOGI TEPAT GUNA PEMBENIHAN BANDENG PADA “HATCHERY MANGKRAK KORBAN TSUNAMI” SEBAGAI SOLUSI KETAHANAN PANGAN DI MASA PANDEMI COVID-19 D Yadi Heryadi; Betty Rofatin; Tenten Tejaningsih
E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 3: September 2022
Publisher : LP2M STP Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/eamal.v2i3.1990

Abstract

Sektor perikanan dan kelautan walaupun berperan penting dalam perolehan PDRB dan berkontribusi lebih dari 80 persen produksi ikan di Indonesia, namun sampai saat ini belum memberikan kesejahteraan bagi nelayan di Indonesia ditambah dengan kondisi Pandemik COVID19 telah memperburuk situasi sosial, ekonomi masyarakat termasuk Mitra Program Penerapan Teknologi Tepat Guna kepada Masyarakat (PPTTG) yaitu “Tirta Hurip” dan “Laut Kidul” Batu Hiu, Pangandaran. Permasalahan pokok yang dihadapi mitra adalah tidak adanya alternatif jenis pekerjaan dan hanya sebagai nelayan penangkapan ikan yang hasilnya tidak memuaskan. Untuk mengatasi masalah ini maka dilakukan diseminasi teknologi tepat guna pembenihan bandeng dengan memanfaatkan hatchery “mangkrak” korban Tsunami tahun 2006 yang merupakan investasi masyarakat yang semula untuk hatchery udang Vanamei menjadi hatchery untuk Bandeng. Kegiatan ini memanfaatkan Program PTTG yang digagas Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Deputi Bidang Penguatan Risbang Kemenristek. Metode yang dilakukan yaitu Penyuluhan, Pelatihan, Pendampingan dan Demonstrasi plot sebanyak 24 bak dengan luas sekitar 500 m2. Diseminasi teknologi tepat guna berlangsung lancar sehingga nelayan saat ini memiliki alternatif profesi sebagai pembenih bandeng dengan spesialisasi penyedia pakan alami dan pemelihara larva serta kelembagaan kelompok yang lebih baik serta telah memberikan peningkatan dampak sosial ekonomi melalui peningkatan indikator psychological assets, informational assets, organizational assets, material assets, financial assets, dan human assets. PPTTG ini harus dilanjutkan melalui sinergi dengan berbagai stakeholders yang ada di wilayah setempat untuk menjamin keberlanjutannya.
PENERAPAN FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN PADA TURNAMEN ESTAFET KELERENG DI PESANTREN AL-QAMAR TAKALAR Dicky Zulkarnain Rona Gah; Arianto Taliding; Meldilianus Nabas J. Lenas3 J. Lenas
E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 3: September 2022
Publisher : LP2M STP Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/eamal.v2i3.1991

Abstract

Pendidikan jasmani dan olahraga bertujuan untuk mengembangkan potensi setiap anak setinggi-tingginya yang meliputi tiga ranah atau domain yakni kognitif, psikomotor, dan afektif sebagai satu kesatuan. Tujuan tersebut bisa dicapai melalui kegiatan pembelajaran yang direncanakan secara matang, tentunya dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen. Fungsi manajemen pada turnamen estafet kelereng pada dasarnya merupakan seni atau proses dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pelaksanaan, pengendalian atau pengawasan dan evaluasi sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Metode dalam pelaksanaan kegiatan diawali dengan mendiskusikan fungsi manajemen yang akan digunakan kemudian melakukan survei, mengidentifikasi, menganalisis, mendistribusikan, mempersiapkan, dan menyusun tahapan penerapan fungsi manajemen. Hasil yang diperoleh yakni penerapan fungsi-fungsi manajemen pada turnamen estafet kelereng berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, manfaat yang diperoleh dari penerapan fungsi manajemen yakni kerja sama tim, pelaksanaan tugas dengan penuh tanggung jawab, pengendalian diri, dan penggunaan strategi yang tepat.
PENGUATAN STRATEGI MARKETING INDUSTRI KREATIF MASYARAKAT (UMKM) MELALUI BRANDING DESIGN Joko Iskandar; Agung Prasetya; Maliatul Fitriyasari
E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 3: September 2022
Publisher : LP2M STP Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/eamal.v2i3.1992

Abstract

Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memerlukan suatu strategi dalam pemasaran produknya untuk meningkatkan daya saing serta serta mengembangkan usahanya salah satunya melalui branding agar mempunyai ciri dan dikenal lebih luas. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan penguatan kepada industri kreatif masyarakat (UMKM) di Desa Sodo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung mengenai strategi marketing melalui branding. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah ceramah, diskusi dan latihan. Skema kegiatan terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Penguatan strategi marketing ini dilakukan selama sehari di Balai Desa Sodo yang dihadiri oleh 20 peserta dari UMKM Desa Sodo. Untuk kelancaran kegiatan pengabdian ini, maka tim pengabdi membuat paparan materi, manual book penggunaan aplikasi mobile untuk membuat brand dengan Canva dan tim pengabdi bisa memberikan bantuan pendampingan secara berkelanjutan dengan mencantumkan nomor kontak tim pengabdian.
PENCEGAHAN COVID 19 MELALUI PENYEDIAAN TEMPAT CUCI TANGAN DARI BAMBU PADA SISWA SMPN 1 MOJOAGUNG JOMBANG Siti Indatul Laili; Tri Ratnaningsih; Tri Peni
E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 3: September 2022
Publisher : LP2M STP Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/eamal.v2i3.1993

Abstract

Guru, tenaga kependidikan, dan siswa harus patuh menjalankan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan covid 19. Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan pemahaman mitra melalui penyuluhan tentang cara membuat tempat cuci tangan dari bambu. Kegiatan pengbdian ini dilaksanakan dengan cara Pre test dan analisis hasil pre test, Pemberian penyuluhan, mitra mempraktikkan dan membuat tempat cuci tangan dari bambu, kemudian mitra menyediakan tempat cuci tangan dari bambu dirumah, dan Post test. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah pengetahuan mitra meningkat menjadi 86 (80%), kemampuan membuat tempat cuci tangan dari bambu sangat sesuai sebanyak 88 (82%), dan tersedianya tempat cuci tangan dari bambu dirumah masing- masing sebanyak 87 (81%).
PKMBP ECOCR (ECOTOURISM CENTER OF CINTA RAJA) UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI DESA WISATA MELALUI DIGITALISASI DESA DI DESA CINTA RAJA KECAMATAN LANGSA TIMUR MENUJU PARIWISATA 4.0 Yani Rizal; Kiagus Muhammad Zain Basriwijaya; Siti Balqies Indara; Fairus Fairus
E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 3: September 2022
Publisher : LP2M STP Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/eamal.v2i3.1994

Abstract

Cinta Raja Village is a village that has a lot of natural potential, so that in July 2021 the Langsa City Government set Cinta Raja Village to be a tourist village under the Tunas Muda BUMG. One of the destinations or potential tourist villages in Cinta Raja Village is mangrove forest exploration, traditional Acehnese culinary tourism, monitoring of migratory birds, and tika seukèe (Pandan leaf woven mat). BUMG Tunas Muda is still a beginner and still young in developing a tourism village business, but partner members are quite skilled in managing the tourism potential in the Cinta Raja village, there are two priority problems faced, namely problems in promoting or marketing EcoCR (Ecotourism Center of Cinta Raja) ), the number of tourists is not maximized because the marketing or promotions that have been carried out so far are not comprehensive, marketing is only done by word of mouth so that the number of tourists who come is not optimal due to the lack of information obtained by tourists about the potential of Cinta Raja Village; and Partners do not yet have a financial accounting system that is well structured and recorded in a disciplined and orderly manner. Overcoming these problems the solutions are making village websites, BUMDes websites, selling tour package websites, making EcoCR (Ecotourism Center of Cinta Raja) logos, socializing website utilization, website management training, and assisting in making cash flow bookkeeping or simple financial reports by handling existing problems. increase Enhancement of partner empowerment.

Page 1 of 3 | Total Record : 28