cover
Contact Name
M Rusli B
Contact Email
mruslib@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
redaksi.cjpe@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo Jl. Latamacelling No 19B, Kota Palopo
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Cokroaminoto Journal of Primary Education
ISSN : 26546426     EISSN : 26546434     DOI : -
The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson study.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2019): November 2018 - April 2019" : 5 Documents clear
Korelasi Kebiasaan Membaca dan Kemampuan Literasi Sains Rosmalah Yanti; Achmad Riady
Cokroaminoto Journal of Primary Education Vol. 2 No. 1 (2019): November 2018 - April 2019
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/cjpe.122019.98

Abstract

This study aims to determine the correlation between reading habits and the ability of science literacy in students of SMP Negeri 2 Bua Ponrang. The research method used is quantitative descriptive, to determine the correlation used product moment correlation. The results show that the r count value is smaller than r table, so it can be concluded that there is no significant relationship between reading habits and scientific literacy skills.
Hubungan Outdor Activity dengan Scene Setting dalam Skill Mengajar Pembelajaran IPA Mahasiswa PGSD Universitas Cokroaminoto Palopo Andi Kilawati; Rosmalah Yanti
Cokroaminoto Journal of Primary Education Vol. 2 No. 1 (2019): November 2018 - April 2019
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/cjpe.122019.100

Abstract

This study generally aims to determine the relationship of outdoor activity with Scene Settings in Elementary School Science Learning PGSD University Students Cokroaminoto Palopo. This research is a quantitative research. The research model used in this study is the correlational model. This research hypothesis was tested using two-way analysis of variance (ANAVA). The sample of this study was PGSD University Cokroaminoto Palopo University. The results of this study indicate that: (1) there is a positive relationship between outdoor activities and scene settings (2) there is a positive positive relationship between outdoor activities and scene settings in science learning of PGSD students at Cokroaminoto Palopo University.
Evaluasi Program Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 33 Solie Kabupaten Soppeng Erni Erni; Andi Kilawati
Cokroaminoto Journal of Primary Education Vol. 2 No. 1 (2019): November 2018 - April 2019
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/cjpe.122019.102

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 dari segi konteks (latar belakang, tujuan, lingkungan sekolah, dan kebutuhan pada pembelajaran kurikulum 2013) di Sekolah Dasar Negeri 33 Solie Kabupaten Soppeng. Penelitian ini merupakan penelitian jenis evaluasi yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 33 Solie Kabupaten Soppeng dengan menggunakan metode analisis secara kuantitatif bersifat deskriptif. Data yang dikaji bersumber dari kepala sekolah, guru kelas 1, 4, dan 5, dan siswa berjumlah 37 orang, 18 laki-laki dan 19 perempuan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 yang telah melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara (indikator latar belakang dan tujuan pembelajaran), observasi (indikator lingkungan dan kebutuhan pada pembelajaran kurikulum 2013), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen konteks pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Negeri 33 Solie Kabupaten Soppeng berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan kepala sekolah dan guru masuk dalam kategori baik.
Perbandingan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Berdasarkan Tingkat Minat Baca antara yang Belajar dengan Metode SQ3R dan Metode Quantum Reading Sunardin Sunardin
Cokroaminoto Journal of Primary Education Vol. 2 No. 1 (2019): November 2018 - April 2019
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/cjpe.122019.104

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan membaca pemahaman siswa berdasarkan tingkat minat baca antara yang belajar dengan metode SQ3R dan yang belajar dengan metode quantum reading. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN segugus I Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan desain penelitian treatment by level 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis of varian (ANOVA) two way. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 responden siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan siginfikan kemampuan membaca pemahaman siswa yang memiliki minat baca tinggi antara yang belajar dengan metode SQ3R dan yang belajar dengan metode quantum reading, hasil ANOVA diperoleh nilai probabilitas signifikansi (P sig) 0,000 < daripada nilai kritis (α) 0,05 dan didukung oleh nilai F hitung 94,773 > dari nilai F tabel 4,11; (2) terdapat perbedaan siginfikan kemampuan membaca pemahaman siswa yang memiliki minat baca rendah antara yang belajar dengan metode SQ3R dan yang belajar dengan metode quantum reading hasil ANOVA diperoleh nilai probabilitas signifikansi (P sig) 0,005 < daripada nilai kritis (α) 0,05 dan didukung oleh nilai F hitung 10,484 > dari nilai F tabel 4,11
Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Hardianto Hardianto; M Rusli Baharuddin
Cokroaminoto Journal of Primary Education Vol. 2 No. 1 (2019): November 2018 - April 2019
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/cjpe.212019.105

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimental design, dikatakan pre-eksperimental design karena penelitian ini belum merupakan eksperimen sungguh-sungguh. Desain penelitian yang digunakan yaitu One-Group Pretest-Posttest Design yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Pada desain ini menggunakan pretest sebelum diberi perlakuan. Dengan demikian, hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan keadaan sebelum perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar semester empat tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 360 mahasiswa yang terdiri dari 9 kelas. Sampel diambil secara random atau acak karena terdiri dari 9 kelas dan yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa PGSD kelas IV F yang berjumlah 43 mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika sebelum penerapan Model Pembelajaran Paikem Gembrot adalah 50,35 sedangkan rata-rata hasil belajar matematika setelah penerapan Model Pembelajaran Paikem Gembrot adalah 79,19. Adapun analisis statistik inferensial untuk instrumen dalam bentuk tes menunjukkan nilai dan nilai sehingga nilai F yang dicari = 1,56. Dengan demikian > atau F > 1, berarti Model Pembelajaran Paikem Gembrot efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada mahasiswa kelas IV F.

Page 1 of 1 | Total Record : 5