cover
Contact Name
Ebni Sholikhah
Contact Email
ebnisholikhah@uny.ac.id
Phone
+6282220388720
Journal Mail Official
kebijakan_pendidikan@uny.ac.id
Editorial Address
Prodi Kebijakan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Jln Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 2746007X     DOI : https://doi.org/10.21831/sakp.v10i2
Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the results of research in the field of education and education policy.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan" : 13 Documents clear
Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Digital di SMP Negeri 1 Mungkid Kabupaten Magelang Annisa Setyaningrum
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v11i4.18071

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan gerakan literasi digital di SMP Negeri 1 Mungkid. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, koordinator tim literasi, guru, siswa, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dengan model interaktif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian: (1) Implementasi kebijakan gerakan literasi digital di SMP Negeri 1 Mungkid menunjukkan keberhasilan dan sudah efektif. Faktor penentu keberhasilan yaitu: a) Komunikasi melalui rapat koordinasi, grup whatsapp kelas dan wali murid; b) Sumber daya didukung ketersediaan SDM dan finansial, fasilitas fisik, narasi petunjuk pelaksanaan dan teknis; c) Pelaksana kebijakan memiliki sikap dan komitmen yang cukup bagus; d) Struktur birokrasi dengan membentuk tim literasi siswa. Adapun kecakapan literasi digital guru dan siswa ditunjang dengan beberapa program antara lain program pembiasaan literasi menggunakan berbagai aplikasi, program sosialisasi UU ITE, pelatihan literasi digital guru maupun siswa. Kata kunci: Implementasi Kebijakan, Literasi Digital, SMP Negeri 1 Mungkid
Implementasi Kebijakan Program Beasiswa Satu Rumah Satu Sarjana dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Ponggok Kabupaten Klaten Ulyatun Tasyak
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v11i4.18047

Abstract

     Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi serta faktor pendukung dan penghambat program beasiswa Satu Rumah Satu Sarjana dalam pemberdayaan masyarakat di Desa Ponggok Kabupaten Klaten. Jenis penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian memperoleh, diantaranya: (1) Implementasi program beasiswa Satu Rumah Satu Sarjana dalam pemberdayaan masyarakat di Desa Ponggok Kabupaten Klaten: a) Standar program beasiswa pendidikan adalah pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan tinggi serta sasarannya adalah masyarakat desa yang berkuliah di perguruan tinggi. b) Sumber daya meliputi 3 orang pimpinan dan 7 staf yang terbagi di beberapa bidang di Kantor Desa Ponggok, serta 3 orang pimpinan tambahan dari lembaga eksternal, sumber daya finansial berasal dari pendapatan desa, serta fasilitas yang mendukung. c) Karakteristik organisasinya bertanggungjawab dan mampu bekerja sesuai dengan prosedur yang berlaku. d) Hubungan antar organisasi berjalan dengan komunikasi dan koordinasi saat pelaksanaan program. e) Kondisi lingkungan memiliki iklim kerja yang kurang kondusif. f) Disposisi implementor yang memiliki komitmen yang cukup dalam pelaksanaan, serta pengawasan yang masih kurang. (2) Faktor pendukungnya adalah kepedulian pemerintah yang tinggi terhadap pendidikan tinggi dan sumber daya anggaran yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya a) administrasi yang tidak teratur, b) lingkungan kerja yang kurang kondusif, c) mahasiswa yang kurang suportif, dan d) pandemi Covid-19 yang terjadi.Kata kunci: implementasi, beasiswa pendidikan, Satu Rumah Satu Sarjana, Desa Ponggok Kabupaten Klaten
Analisis Implementasi Kebijakan Reward Masuk PTN dalam Meningkatkan Partisipasi Pendidikan Tinggi Negeri Di Kabupaten Karanganyar Dina Tri Susilowati
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v11i4.18054

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis proses implementasi KebijakanReward Masuk PTN dalam meningkatkan partisipasi pendidikan tinggi negeri di Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil analisis implementasi Kebijakan Reward M PTN menurut Edward III sebagai berikut : a) komunikasi berjalan dengan efektif, b) segi sumber daya kurang efektif karena mengalami hambatan pada sumber daya manusia dan sumber dana, c) sikap baik, d)struktur birokrasi efektif. Faktor pendorong dalam meningkatkan partisipasi dalam pendidikan tinggi negeri berikut dari segi impelementasi Kebijakan Reward Masuk PTN ialah berdampak  positif terhadap meningkatnya motivasi belajar anak. Sedangkan faktor penghambat nya yaitu dari segi impelementasi Kebijakan Reward Masuk PTN yaitu terbatasnya dana, sikap tidak konsisten para pelaksana kebijakan, belum adanya pengukuran yang jelas mengenai ketercapaian tujuan kebijakan.  Kata kunci : kebijakan pendidikan, pendidikan tinggi, angka partisipasi pendidikan.
Implementasi Program Sistem Kredit Semester di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bantul Fauzie Adhi Pratama
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v11i4.18057

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang, proses pembelajaran, implementasi, serta faktor yang mempengaruhi implementasi program sistem kredit semester (SKS) di SMA Negeri 1 Bantul. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas siswa, guru, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis interaktif yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data  diuji dengan triangulasi sumber dan teknik. Latar belakang pelaksanaan program SKS berdasarkan prinsip bahwa setiap individu mempunyai kemampuan berbeda, upaya meminimalisir dampak negatif zonasi, dan wujud komitmen sekolah untuk berinovasi. Proses pembelajaran disesuaikan dengan prinsip pembelajaran yang diatur pemerintah. Implementasi program SKS di SMA Negeri 1 Bantul didukung oleh komunikasi dilakukan oleh sekolah kepada guru dan orangtua terkait pemahaman mengenai sistem kredit semester, sumberdaya didukung peningkatan SDM melalui bimtek dan adanya pendanaan oleh komite sekolah, guru mempunyai komitmen yang memadai, struktur birokrasi telah dibentuk tim pengelola.
Pelaksanaan FLS2N dalam Pengembangan Pendidikan Berbasis Budaya Lokal Jenjang SMP Mery Susan Kristiani Daniel
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v11i4.18067

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dalam pengembangan pendidikan berbasis budaya lokal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti pada penelitian ini ialah observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut: (1) Pelaksanaan FLS2N jenjang SMP tahun 2021 di Kabupaten Karanganyar didukung oleh, a) Komunikasi berupa koordinasi antar tim pelaksana, komunikasi dengan sekolah serta komunikasi dengan guru pembina/pelatih melalui kegiatan pembinaan, b) Sumberdaya pada pelaksanaan FLS2N jenjang SMP tahun 2021 didukung oleh ketersediaan tim pelaksana dengan jumlah yang memadai serta kompeten di bidangnya,fasilitas serta sumber dana yang menunjang terlaksananya kegiatan FLS2N, c) Pihak-pihak yang terlibat sebagai pelaksana memiliki komitmen serta tanggung jawab terhadap tugas-tugas mereka, d) Struktur birokrasi dibuat oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar dengan pembagian wewenang yang jelas.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) ZONASI DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA Selvy Ayunda Putri
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v11i4.18079

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses implementasi kebijakan PPDB zonasi di SMA Negeri 3 Yogyakarta, 2) Mendeskripsikan aspek implementasi kebijakan PPDB zonasi di SMA Negeri 3 Yogyakarta, 3) mendeskripsikan input dan output peserta didik SMA Negeri 3 Yogyakarta sebelum dan setelah adanya PPDB zonasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan mix method embedded. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses implementasi kebijakan PPDB zonasi (a) interpretasi sekolah terhadap kebijakan PPDB zonasi dipandang sebagai kebijakan yang memiliki sisi positif dan negatif, (b) pengorganisasian pelaku kebijakan mengacu pada juknis, (c) pelaksanaan PPDB zonasi mengacu pada juknis. 2) aspek implementasi kebijakan PPDB zonasi (a) komunikasi dilakukan secara online dan offline (b) SDM berasal dari guru dan karyawan, sumber dana adalah dana BOS dan komite, sumber daya peralatan sudah mencukupi (c) pelaksana kebijakan telah melaksanakan tugas sesuai job deskripsi (d) struktur birokrasi disusun berdasarkan kompetensi panitia. 3) input peserta didik menjadi beragam dan output peserta didik mengalami peningkatan pada tahun 2019 dan penurunan di tahun 2020.
Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Digital di SMP Negeri 1 Mungkid Kabupaten Magelang Annisa Setyaningrum
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v11i4.18071

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan gerakan literasi digital di SMP Negeri 1 Mungkid. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, koordinator tim literasi, guru, siswa, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dengan model interaktif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian: (1) Implementasi kebijakan gerakan literasi digital di SMP Negeri 1 Mungkid menunjukkan keberhasilan dan sudah efektif. Faktor penentu keberhasilan yaitu: a) Komunikasi melalui rapat koordinasi, grup whatsapp kelas dan wali murid; b) Sumber daya didukung ketersediaan SDM dan finansial, fasilitas fisik, narasi petunjuk pelaksanaan dan teknis; c) Pelaksana kebijakan memiliki sikap dan komitmen yang cukup bagus; d) Struktur birokrasi dengan membentuk tim literasi siswa. Adapun kecakapan literasi digital guru dan siswa ditunjang dengan beberapa program antara lain program pembiasaan literasi menggunakan berbagai aplikasi, program sosialisasi UU ITE, pelatihan literasi digital guru maupun siswa. Kata kunci: Implementasi Kebijakan, Literasi Digital, SMP Negeri 1 Mungkid
Analisis Kasus Kekerasan terhadap Anak dan Kebijakan Pencegahannya di Kabupaten Kulonprogo Arrum Aisyah Ilham
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v11i4.18227

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kasus kekerasan terhadap anak dan kebijakan yang telah diupayakan pemerintah daerah dalam mencegah kasus kekerasan terhadap anak di Kabupaten Kulon Progo, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang berlokasi di Dinsos PPPA dan BPS Kabupaten Kulon Progo pada bulan Februari-Mei 2022. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman serta analisis tren metode jumlah kuadrat kecil. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kasus kekerasan terhadap anak di Kabupaten Kulon Progo diprediksi belum mencapai 0,00% pada tahun 2022-2026. Jenis kekerasan yang akan meningkat yaitu pencabulan, psikis, dan eksploitasi. Sedangkan, yang diprediksi mengalami penurunan yaitu penelantaran, fisik, pelecehan seksual, perkosaan, dan trafficking. Kebijakan dalam pencegahan kasus kekerasan terhadap anak dilakukan melalui Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2015 yang diperbaruhi menjadi Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak.Kata Kunci: Kekerasan terhadap Anak, Kebijakan, Kabupaten Kulonprogo
Analisis Implementasi Kebijakan Reward Masuk PTN dalam Meningkatkan Partisipasi Pendidikan Tinggi Negeri Di Kabupaten Karanganyar Dina Tri Susilowati
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v11i4.18054

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis proses implementasi KebijakanReward Masuk PTN dalam meningkatkan partisipasi pendidikan tinggi negeri di Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil analisis implementasi Kebijakan Reward M PTN menurut Edward III sebagai berikut : a) komunikasi berjalan dengan efektif, b) segi sumber daya kurang efektif karena mengalami hambatan pada sumber daya manusia dan sumber dana, c) sikap baik, d)struktur birokrasi efektif. Faktor pendorong dalam meningkatkan partisipasi dalam pendidikan tinggi negeri berikut dari segi impelementasi Kebijakan Reward Masuk PTN ialah berdampak  positif terhadap meningkatnya motivasi belajar anak. Sedangkan faktor penghambat nya yaitu dari segi impelementasi Kebijakan Reward Masuk PTN yaitu terbatasnya dana, sikap tidak konsisten para pelaksana kebijakan, belum adanya pengukuran yang jelas mengenai ketercapaian tujuan kebijakan.  Kata kunci : kebijakan pendidikan, pendidikan tinggi, angka partisipasi pendidikan.
Implementasi Program Sistem Kredit Semester di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bantul Fauzie Adhi Pratama
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v11i4.18057

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang, proses pembelajaran, implementasi, serta faktor yang mempengaruhi implementasi program sistem kredit semester (SKS) di SMA Negeri 1 Bantul. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas siswa, guru, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis interaktif yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data  diuji dengan triangulasi sumber dan teknik. Latar belakang pelaksanaan program SKS berdasarkan prinsip bahwa setiap individu mempunyai kemampuan berbeda, upaya meminimalisir dampak negatif zonasi, dan wujud komitmen sekolah untuk berinovasi. Proses pembelajaran disesuaikan dengan prinsip pembelajaran yang diatur pemerintah. Implementasi program SKS di SMA Negeri 1 Bantul didukung oleh komunikasi dilakukan oleh sekolah kepada guru dan orangtua terkait pemahaman mengenai sistem kredit semester, sumberdaya didukung peningkatan SDM melalui bimtek dan adanya pendanaan oleh komite sekolah, guru mempunyai komitmen yang memadai, struktur birokrasi telah dibentuk tim pengelola.

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 3 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 1 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 4 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 3 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 2 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 1 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 2 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 3 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 2 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 1 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 5 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 4 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 8 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 3 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 2 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 7 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 2 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 1 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 2 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan More Issue