cover
Contact Name
Ebni Sholikhah
Contact Email
ebnisholikhah@uny.ac.id
Phone
+6282220388720
Journal Mail Official
kebijakan_pendidikan@uny.ac.id
Editorial Address
Prodi Kebijakan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Jln Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 2746007X     DOI : https://doi.org/10.21831/sakp.v10i2
Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the results of research in the field of education and education policy.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan" : 6 Documents clear
Implementasi Kebijakan Distribusi Kartu Indonesia Pintar Kepada Siswa SMP Di Kabupaten Bantul Kurnia Indriani
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v12i1.18118

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi serta faktor pendukung dan penghambat kebijakan distribusi Kartu Indonesia Pintar kepada siswa SMP di Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian pengelola PIP di dinas dan sekolah, orang tua siswa, siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian: implementasi kebijakan distribusi KIP kepada siswa SMP di Kabupen Bantul secara keseluruhan belum terlaksana secara optimal. Sumber daya manusia meliputi pengelola PIP di dinas dan sekolah, anggaran dikelola pemerintah pusat terbatas, peralatan memadai, aspek disposisi dinilai kurang optimal di sekolah, dan struktur birokrasi sudah optimal sesuai perannya. Faktor pendukungnya disposisi dinas optimal, informasi lengkap, pengaduan masyarakat, sumber daya peralatan memadai. Faktor penghambat adalah komunikasi kurang, sumber daya manusia kurang personil di dinas, anggaran terbatas, dan disposisi kurang optimal di sekolah
PERAN ORANG TUA DALAM PRAKTIK PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TK LAZUARDI AL-FALAH KLATEN Hani Maria Fahma
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v12i1.18474

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam pembelajaran selama pandemi Covid-19 berlangsung di TK Lazuardi Al-Falah Klaten dengan menggunakan sudut pandang teori Tripusat pendidikan Ki Hajar Dewantara serta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah sembilan orang dipilih berdasarkan purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan kemudian uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Pembelajaran di TK Lazuardi Al-Falah Klaten selama pandemi Covid-19 sedikit mengalami perubahan dalam pelaksanaannya (2) Peran orang tua dalam pendidikan dan pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 sudah sesuai yaitu berperan dalam mendampingi belajar, dalam menyediakan fasilitas, memberikan motivasi, menjaga kesehatan, dan mendampingi belajar di luar KBM. Hanya saja ada beberapa wali yang merasa kurang maksimal dalam melakukan pendampingan dikarenakan kesibukan orang tua dalam bekerja. (3) Faktor pendukung dari peran orang tua dalam pembelajaran selama masa pandemi dipengaruhi oleh kesibukan orang tua, jaringan internet yang memadai dan adanya pelatihan pengoperasian aplikasi dari pihak sekolah.
IMPLEMENTASI PROGRAM BEASISWA SATU RUMAH SATU SARJANA DALAM UPAYA PERLINDUNGAN SOSIAL DI DESA PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL Akhmad Makhasin
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v12i1.18119

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi serta faktor pendukung dan penghambat program beasiswa satu rumah satu sarjana di Desa Panggungharjo Sewon Bantul dengan menggunakan model implementasi Van Horn dan Van meter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif kemudian diuji dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa program beasiswa satu rumah satu sarjana dikatakan berhasil karena telah sesuai dengan beberapa ketentuan peraturan program. Program ini bertujuan untuk memberikan akses pendidikan bagi siswa dari keluarga kurang mampu di Desa Panggungharjo. Sumber daya program meliputi Bapel JPS, dana desa, dan sarana prasarana. Hubungan antar organisasi melalui komunikasi dan koordinasi. Karakteristik organisasi pelaksana memiliki struktur organisasi dan pembagian tugas. Kondisi lingkungan didukung setiap organisasi yang terlibat. Disposisi tercermin dari komitmen kemampuan agen pelaksana. Faktor pendukung program meliputi sokongan dana, personalia Bapel JPS, dan dukungan dari lingkungan. Faktor penghambatnya financial literacy masyarakat rendah, SDM terbatas, dan fasilitas komputer sedang rusak.Kata Kunci: Kata kunci: Implementasi kebijakan, beasiswa satu rumah satu sarjana, beasiswa pedesaan
Implementasi Kebijakan Pendidikan Berbasis Budaya di SMA Negeri 1 Jetis Sania Kusuma
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v12i1.18132

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi serta faktor pendukung dan penghambat kebijakan pendidikan berbasis budaya di SMA Negeri 1 Jetis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologi. Subjek penelitian kepala sekolah, tim budaya, dan siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian: Implementasi kebijakan pendidikan berbasis budaya tersebut memiliki Standar Perda DIY No.5 Tahun 2011 dan UU No.13 Tahun 2012 dengan tujuan melestarikan nilai-nilai budaya sesuai visi misi sekolah. Sumber daya meliputi kepala sekolah, guru, siswa, karyawan, masyarakat serta sarana prasarana memadai. Karakteristik pelaksana berkomitmen dan bertanggung jawab terhadap tugasnya. Hubungan antar organisasi terjalin dengan koordinasi dan kerjasama. Disposisi implementator tercermin dari karakteristik pelaksana. Kondisi lingkungan saling mendukung. Faktor pendukungnya SDM berkompeten, Sarana prasarana memadai, Banyaknya ekstrakulikuler. Faktor penghambat adalah kurangnya sumber dana, rendahnya kesadaran dan pembiasaan siswa, Covid-19.Kata kunci: Implementasi Kebijakan, Pendidikan Berbasis Budaya, SMA Negeri 1 Jetis
BUDAYA BELAJAR SISWA DI SMP PEMBANGUNAN PONJONG: STUDI KASUS DI KAWASAN INDUSTRI BATU Ribkah Putri Mulia
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v12i1.18313

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya belajar siswa di SMP Pembangunan Ponjong, serta dampak positif dan negatif industri batu terhadap budaya belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMP Pembangunan Ponjong memiliki tipe kultur sekolah berkesejahteraan, dimana budaya belajar yang dianalisis dari empat aspek sekolah menunjukkan kultur sosial, budaya mutu, serta artifak yang baik. Disamping itu budaya akademik menunjukkan hasil motivasi dan semangat berprestasi yang masih rendah. Dampak positif industri batu yakni meningkatnya ekonomi masyarakat yang mendorong kemampuan orang tua siswa dalam memenuhi kebutuhan siswa selama bersekolah di SMP pembangunan Ponjong. Dampak negatif berupa polusi suara atau kebisingan yang masuk ke sekolah, dan mendorong perlunya upaya adaptasi yang dilakukan sekolah untuk menjaga kenyamanan belajar di sekolah.Kata kunci: budaya belajar, kultur sekolah, kawasan industri batu
Peran Lembaga Ombudsman DIY dalam Penanganan Pungutan Pendidikan di Kabupaten Bantul Sri Rochmita Dwi Lestari
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v12i1.19267

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Lembaga Ombudsman DIY dalam menangani pungutan pendidikan di Kabupaten Bantul serta mendiskripsikan apa yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menangani kasus pungutan pendidikan di Kabupaten Bantul. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan di Lembaga Ombudsman DIY. Subjek penelitian ini adalah Kepala Lembaga Ombudsman DIY, Wakil Ketua (Komisioner), Asisten, Staf Pengaduan, dan orang tua atau masyarakat. Subjek dari penelitian ini dipilih berdasarkan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan menggunakan beberapa pertimbangan tertentu sesuai dengan kriteria yang diinginkan untuk dapat menentukan jumlah sampel yang akan diteliti. Data dianalisis dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data atau penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, peran Lembaga Ombudsman DIY dalam penanganan pungutan pendidikan di Kabupaten Bantul dilihat dari selama proses penanganan aduan kasus hingga tahap memberikan rekomendasi dan monitoring. Kata kunci: Ombudsman, Pungutan, Pendidikan

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 3 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 1 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 4 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 3 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 2 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 1 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 2 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 3 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 2 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 1 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 5 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 4 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 8 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 3 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 2 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 7 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 2 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 1 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 2 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan More Issue