cover
Contact Name
Ebni Sholikhah
Contact Email
ebnisholikhah@uny.ac.id
Phone
+6282220388720
Journal Mail Official
kebijakan_pendidikan@uny.ac.id
Editorial Address
Prodi Kebijakan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Jln Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 2746007X     DOI : https://doi.org/10.21831/sakp.v10i2
Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the results of research in the field of education and education policy.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan" : 6 Documents clear
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI SERAYU KOTA YOGYAKARTA Wati, Erni
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v8i4.15870

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui implementasi kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SD Negeri Serayu Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu SD Negeri Serayu. Objek dalam penelitian ini yaitu implementasi kebijakan PPK. Narasumber penelitian adalah kepala sekolah, guru, orang tua dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yaitu dengan langkah kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. (1) Interpretasi kebijakan penguatan pendidikan karakter dilakukan dengan membuat tim dan peraturan penguatan pendidikan karakter (2) Pengorganisasian kebijakan penguatan pendidikan karakter terstruktur, adapun program dan kegiatan yang menjadi penunjang (3) Pengaplikasian kebijakan penguatan pendidikan karakter mendapat dukungan dari masyarakat, lingkungan, dan sarana prasarana. Pengaplikasaian penguatan pendidikan karakter dapat dilakukan dengan mengintegrasikan dalam proses pembelajaran atau KBM, ekstrakurikuler, sera pembiasaan atau budaya sekolah.Kata kunci: Interpretasi, Pengorganisasian, Aplikasi, dan PPKAbstractThis study aims to describe and know implementation of the policy of strengthening the character education (PPK) at SD Negeri Serayu. The research is a qualitative descriptive research. The subject of this research was SD Negeri Serayu. The object was the implementation of the PPK policy. The resource people of the study were the principals, teachers, students and parents. The data were obtained from some techniques namely observations, interviews and documentations. In analyzing the data, the researcher used Miles, Huberman and Saldana model such as data condensation steps, data display, and verifying conclusions. Triangulation engineering and triangulation source were employed to measure the validity of data. The research results showed that (1) The interpretation of strengthening character education policy could be done by making teams and rules. (2) The organizations of strengthening character education policy were structured, programs and activities played roles to support it. (3) When the policy of strengthening character education were applied, it got supports from the societies, environment, financing and infrastructures. The application of strengthening character education can be done by integrating the policy in the teaching and learning (KBM), extracurriculars, company habituation or schools’ culturesKeyword: Interpretation, Organizing, Application, and PPK
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 YOGYAKARTA Supriyono, Vian Dwitama
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v8i4.15876

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menggambarkan program-program, implementasi kebijakan serta faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kebijakan Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMPN 16 Yogyakarta mengacu pada konsep implementasi kebijakan George Edward III. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian: (1) SMPN 16 Yogyakarta melaksanakan program tambahan materi (les), program TPMBK, simulasi, Sosialisasi/pelatihan, Bimbingan klinis (tutor sebaya), dan program motivasi. (2) Implementasi kebijakan UNBK di SMPN 16 Yogyakarta dilakukan dengan a) Komunikasi dengan orang tua melalui rapat komite, komunikasi dengan siswa melalui sosialisasi dan motivasi, b) Sumber daya didukung dengan ketersediaan SDM, infrastruktur, sumber dana, serta alokasi waktu, c) Pelaksana kebijakan memiliki kecakapan dan komitmen dalam mengimplementasikan kebijakan UNBK, d) Struktur birokrasi termuat dalam SK Tim UNBK yang diterbitkan oleh kepala sekolah. (3) Faktor pendukung berupa adanya dukungan dan kontribusi dari dari orang tua, adanya Grup WhatsApp, adanya kecakapan dan komitmen dari agen pelaksana, sedangkan faktor penghambatnya yakni masih ada orang tua yang kurang berkontribusi dalam rapat pertemuan orang tua siswa, pelaksana kebijakan memiliki tanggung jawab lain, kekurangan teknisi professional, dan alokasi waktu yang mempforsir siswa.Kata kunci: Imlementasi, Kebijakan, Kelas Olahraga, SMP Negeri 3 PleretABSTRACTThis study aims to describe the programs, implementation of policies and supporting factors and the inhibiting factors for the implementation of the Computer-Based National Examination policy at 16th Public High School in Yogyakarta refers to the concept of policy implementation of George Edward III.This type of research is descriptive qualitative research. The results of the study were: (1) SMP 16 Yogyakarta implemented consists of additional material (tutoring), TPMBK programs, simulation, socialization / training program, clinical guidance (peer tutoring), and motivational programs. (2) Implementation of the UNBK policy at Yogyakarta State Junior High School 16 is done by a) Communication with parents through committee meetings, communication with students through socialization and motivation, b) Resources supported by the availability of human resources, infrastructure,, sources of funding, and available time allocation, c) The policy implementers have the skills and commitment in implementing the UNBK policy, d) The bureaucratic structure is contained in the UNBK Team Decree issued by the principal. (3) Supporting factors in the form of support and contributions from parents, the existence of the WhatsApp, the presence of skills and commitment from the implementing agency, while the inhibiting factor is there are still parents who contribute less at the parents meeting meeting , policy implementers have other responsibilities, lack of professional technicians, and allocation of time to make students progress.Keywords: Implementation, policy, sports class, SMP Negeri 3 Pleret
ASPIRASI MASYARAKAT TERHADAP PENDIDIKAN WAJIB BELAJAR 12 TAHUN DI KAWASAN MANDIRI PANGAN DESA MARGOSARI, LIMBANGAN, KENDAL Pangesti, Triska Fidya
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v8i4.15871

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspirasi masyarakat terhadap pendidikan wajib belajar 12 tahun, faktor yang mempengaruhi serta dampak program Desa Mandiri Pangan (DEMAPAN) pada aspirasi orang tua terhadap pendidikan wajib belajar 12 tahun.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data model interaktif menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, verifikasi.Hasil penelitian (1) Orang tua memiliki aspirasi terhadap pendidikan anak agar menyelesaikan pendidikan pada jenjang SMA, harapannya yaitu, anak memperoleh pekerjaan yang lebih layak dari orang tua, sehingga masa depan bisa lebih baik (2) Aspirasi orang tua dipengaruhi oleh faktor pendukung dan faktor penghambat. Pada faktor mendukung diantaranya, keluarga yang memberikan dukungan semangat serta membiayai anak dengam membelikan kebutuhan sekolah, pengetahuan (Intelligencey) yang dimiliki oleh anak dengan memperoleh prestasi disekolah sehingga orang tua yakin anak dapat mewujudkan cita-cita dan harapannya, kemudian minat, yaitu keinginan yang sebelumnya telah dimiliki anak untuk menyelesaikan SMA. Sedangkan faktor penghambat yaitu, teman sebaya, sarana prasarana, ekonomi yang dimiliki orang tua (3) program DEMAPAN memberikan pengaruh bagi orang tua yang berpartisipasi dengan cara berwirausaha, yaitu aspirasi atau keinginan orang tua untuk menyekolahkan anaknya lebih yakin dan percaya diri, karena orang tua memiliki penghasilan tambahan dari program tersebut, namun bagi orang tua yang tidak berpartisipasi pada kegiatan tersebut tidak berpengaruh pada aspirasi atau keinginannya.Kata kunci: Implementasi kebijakan, kelas tahfidz, tahfidz al-Qur’an, SDIT Luqman al-Hakim SurakartaAbstractThe aims of this research are to describe the aspiration of community towards 12-year compulsory education, the factors that influence it and the impact of food independent village program on the aspiration of parents towards 12-year compulsory education.Data collection methods were by means of observation, documentation, and interview. The interactive data analysis techniques were done by data collection, data condensation, data presentation, and verification.The results of this research showed: (1) Parents had aspirations for children's education in order to complete their education until high school level, it was expected that, the children got a more decent job than their parents, so that their future could be better (2) The parents’ aspirations were influenced by supporting factor and inhibiting factor. On the supporting factors, namely family who provided support by giving spirit for the children and by buying school needs; knowledge (Intelligency) owned by the children by achieving school achievements so that parents believed that their children could realize their ideals and hopes; interest, namely the previous desire of children who wanted to finish their education until high school. While, the inhibiting factors, namely peers, infrastructure, and economic owned by parents (3) food independent village program gave influence for parents who participated by means of entrepreneurship that was the aspirations or desires of parents which were more sure and confident to send their children to school, because parents had additional income from the program, but for parents who did not participate in those activity did not influence their aspirations or desires.Keywords: aspiration of community, 12-year compulsory education, food independent village
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KELAS TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) LUQMAN AL-HAKIM SURAKARTA Maarif, Ikhwan
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v8i4.15869

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan kelas tahfidz, pelaksanaan pembelajaran di kelas tahfidz, serta faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan kelas tahfidz Al-Qur’an di SDIT Lukman al Hakim Surakarta. Penelitian kebijakan kelas tahfidz ini mengacu pada teori Edward III mengenai empat aspek pokok yaitu komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur organisasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian (1) implementsi kebijakan kelas tahfidz SDIT Luqman al-Hakim Surakarta: a) Komunikasi dilakukan melaui sarasehan dengan mengundang salah satu ustadz sebagai pembicara, yang melibatkan pengembang pesantren atau balitbang, kepala sekolah, tim kelas tahfidz, serta dewan asaatidz. b) Sumberdaya didukung dengan ketersediaan SDM yang berkompeten. Sumber pendanaan berasal dari orang tua siswa dan dana BOS. c) Disposisi pelaksana kebijakan kelas tahfidz berkomitmen melaksanakan kewajibanya semaksimal mungkin. d) Struktur birokrasi kelas tahfidz di bawah kontrol kepala sekolah dan kaur tahfidz sebagai penanggungjawab kelas tahfidz. (2) Faktor pendukung: input siswa karena ada seleksi awal, guru yang berkomitmen, kebijakan yang mudah dipahami, dan peran orang tua siswa untuk mengawal hafalan siswa di rumah. Sedangkan faktor penghambat yaitu siswa tidak serius ketika menghafal dan murojaah; siswa kurang murojaah hafalan; guru yang izin; alokasi waktu menghafal, setoran dan murojaah yang belum jelas; dan guru tahfidz yang diperoleh belum sesuai dengan standarisasi.Kata kunci: Implementasi kebijakan, kelas tahfidz, tahfidz al-Qur’an, SDIT Luqman al-Hakim SurakartaAbstractThe study aimed to analyze the implementation policy, learning process, supporting and inhibiting factors of the Tahfidz class policy at SDIT Luqman al-Hakim Surakarta. The study was based on the theory of policy implementation by Edward III consisting of four main aspects i.e. communication, resources, dispositions, and bureaucratic structure. Data collection techniques used in this study were interviews, observation, and document study. Data analysis was done by using Miles and Huberman model consisting of three procedures i.e. data reduction, data display, and conclusion drawing or verification. The research result: 1) the implementation of the Tahfidz class policy at SDIT Luqman al-Hakim Surakarta: a) Communication is done through a gathering by inviting one of the clerics as speakers, which involves the committee of pesantren or balitbang, the school principal, the Tahfidz classroom management team and the board of asaatidz. b) resources, competent human resources. Sources of funding came from students' parents and BOS funds c) dispositions, the policy's executing agents committed to fulfilling their respective obligations effectively. d) bureaucratic structure of class tahfidz is under the control of the principal and kaur tahfidz has the responsibility to manage a tahfidz class. 2) the supporting factors: student input because there are initial selection, committed teachers, easy-to-understand policies, and parental role in helping the students learn to memorize Holy Qur’an at home. Meanwhile, the inhibiting factors include students who are not serious about deposits, murojaah and memorizing the Holy Qur'an; students who do not attempt to apply rote memorization strategy; teacher absenteeis; allocation of memorization time, deposits and murojaah are unclear, and tahfidz teachers obtained are not in accordance with standardizatio
PENGARUH PENDIDIKAN POLITIK TERHADAP PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEMULA PADA PEMILU 2019 DI SMA KECAMATAN BANTUL Sari, Novia Santiya
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v8i4.15875

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan politik terhadap partisipasi politik pemilih pemula pada Pemilu 2019 di SMA Kecamatan Bantul. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode survei. Tempat penelitian meliputi: SMA Negeri 1 Bantul, SMA Negeri 2 Bantul, SMA Negeri 3 Bantul, SMA Patria Bantul, SMA 17 Bantul, dan SMA Muhammadiyah Bantul. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII di SMA Kecamatan Bantul dengan jumlah 903 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling berjumlah 211 siswa yang ditentukan dengan berdasarkan tabel Issac dan Michael dengan taraf kesalahan 10% . Instrumen penelitian berupa angket yang diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan politik dengan partisipasi politik pemilih pemula di SMA Kecamatan Bantul sebesar 60,3%.Kata Kunci: Partisipasi Politik, Pendidikan Politik, Pemilu 2019AbstractResearch the effect of political education on the political participation of beginner voters in the 2019 election in Bantul district Senior High School aims to determine the effect of political education on the political participation of beginner voters in the 2019 election in Bantul district Senior High School. This research is quantitative research using survey method. The place of research was conducted in Bantul Senior High School which included: 1 Bantul Senior High School, 2 Bantul Senior High School, 3 Bantul Senior High School, Patria Bantul Senior High School, 17 Bantul Senior High School, and Muhammadiyah Bantul Senior High School. The population of this study was all students of class 12th who were beginner voters in Bantul district senior high school with a total of 903 students. The sample of this study was the beginner voters who came from the 12th grade in the Bantul district senior high school amount 211 students which is determined based on the Issac and Michael tables with an error rate of 10%. The research instrument was in the form of a poll on the influence of political education on the political participation of beginner voters in the 2019 election in Bantul district senior high school which has been tested for validity and reliability. The data analysis technique is done by normality test and linearity test. The results showed that there was a significant influence between political education and the political participation of beginner voters in the Bantul district senior high school. The magnitude of the influence of political education on the political participation of beginner voters in the 2019 election in Bantul High School is strong was in the amount of 60.3%.Keywords: Political Participation, Political Education, 2019 Election
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SPEKTRUM KEAHLIAN DI SMKN 2 DEPOK SLEMAN Darmawan, Muhammad Rizky
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v8i4.15867

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi kebijakan spektrum keahlian, serta faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan spektrum keahlian di SMKN 2 Depok Sleman. Penelitian implementasi kebijakan ini mengacu pada teori implementasi kebijakan Edward III yang menekankan pada empat aspek pokok implementasi yakni, komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yakni, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian (1) Implementasi kebijakan spektrum keahlian di SMKN 2 Depok Sleman didukung oleh: a) Komunikasi dengan mengadakan workshop spektrum keahlian dengan mengundang dari pihak Balai Dikmen dan Dinas Pendidikan Provinsi DIY dan sosialisasi kepada orang tua siswa. b) Sumber daya didukung oleh sumber daya manusia melalui staf manajemen sekolah, sumber dana dari pemerintah, orang tua, komite sekolah, perguruan tinggi dan pihak dunia usaha dan dunia industri (DUDI). c) Disposisi didukung dengan komitmen penuh dalam menjalankan kebijakan. d) Struktur birokrasi didukung oleh tim staf manajemen sekolah yang termuat didalam SK dari sekolah. (2) Faktor pendukung berupa adanya dukungan dari staf manajemen sekolah dan para implementator kebijakan lainnya. Sedangkan faktor penghambatnya berupa penyelenggaraan bidang keahlian tidak bisa dilakukan secara serentak, masih kurangnya anggaran untuk kelengkapan alat dan instrumen.Kata kunci: Implementasi kebijakan, Spektrum keahlian, SMKN 2 Depok SlemanAbstractThis study aims to describe the spectrum expertise policy implementation, as well as supporting and inhibiting factors in the spectrum of policy implementation in SMK 2 Depok Sleman. This research on policy implementation refers to the theory policy implementation of Edward III which emphasizes four main aspects of implementation, namely, communication, resources, disposition and bureaucratic structure. Data collection techniques used by researchers were observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques use the theory of Miles and Huberman, namely, data collection, data condensation, data presentation, and conclusion drawing. The results of the study are as follows: (1) Implementation of the spectrum of expertise policies at Depok Sleman 2 Vocational Schools supported by: a) Communication by organizing a spectrum of expertise workshops invited from the DIY Dikmen and DIY Provincial Education Offices and dissemination to parents students. b) Resources are supported by human resources through school management staff, funding sources from the government, parents, school committees, universities, and DUDI (business and industrial world). c) Disposition is supported by full commitment in carrying out policies. d) The bureaucratic structure is supported by a team of school management staff contained in the decree from the school. (2) Supporting factors in the form of support from school management staff and other policy implementers. while inhibiting factors in the form of organizing the field of expertise cannot be carried out simultaneously, there is still a lack of budget for completing tools and instruments.Keyword: Policy implementation, spectrum of expertise, SMKN 2 Depok Sleman

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 3 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 1 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 4 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 3 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 2 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 1 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 2 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 3 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 2 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 1 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 5 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 4 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 8 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 3 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 2 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 7 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 2 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 1 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 2 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan More Issue