cover
Contact Name
Nitema Gulo
Contact Email
nitema@raharja.info
Phone
+6282113143315
Journal Mail Official
nitema@raharja.info
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No. 40 Modern Cikokol Tangerang - Banten 15117 Indonesia jmari@raharja.info +62 21 5529692
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Published by UNIVERSITAS RAHARJA
ISSN : 27231984     EISSN : 27232018     DOI : https://doi.org/10.33050/jmari.v1i2.1148
Core Subject : Economy,
Didalam suatu perusahaan selalu yang diinginkan adalah mendapatkan laba semaksimal mungkin. Untuk mencapai tersebut di dalam suatu perusahaan terutama pada perusahaan yang bergerak dibidang penjualan dan kredit. Perputaran kas salah satu untuk mendapatkan laba dalam perusahaan yang signifikan dimana semakin tingkat perputaran kas maka laba yang diinginkan perusahaan semakin tinggi dan menunjukkan tingkat efisiensi untuk penggunaan kas yang ada dalam perusahaan untuk memaksimalkan laba yang diinginkan.dalam perputaran kas tidak terlepas dari pengelolaan piutang perusahaan. Pengelolaan piutang yang baik menunjukkan tingkat pengguna kas semakin tinggi sehingga perusahaan mendapatkan laba yang baik sehingga mengundang investor dalam perusahaan. Pengelolaan kas dan piutang sangat berpengaruh dalam profitabilitas perusahaan. Dimana profitabilitas merupakan tolak ukur dalam suatu perusahaan bagi kinerja yang telah dijalankan pada waktu tertentu. Profitabilitas perusahaan merupakan kemampuan untuk menghasilkan dan menilai suatu kegiatan dalam perusahaan dalam tingkat penjualan kredit. profitabilitas sebenarnya dapat diukur dengan suatu aktiva untuk menarik perhatian bagi pemberi modal baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Untuk penguraian tersebut diatas, maka masalah tersebut peneliti akan diteliti dan membahas dalam uraian, Untuk melihat dan mengetahui besar pengaruh pengelolaan piutang terhadap profitabilitas pada PT. Malindo Mandiri Makmur, Untuk melihat dan mengetahui besar pengaruh perputaran kas terhadap profitabilitas pada PT. Malindo Mandiri Makmur dan Untuk melihat dan mengetahui pengaruh pengelolaan piutang dan perputaran kas secara simultan terhadap profitabilitas pada PT. Malindo Mandiri Makmur
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)" : 8 Documents clear
Pengaruh Brand Love, Peran Self-Esteem, Dan Social Influences Terhadap Brand Loyalty Produk Fashion Lokal Di Indonesia Odyta Agnes Margareth Uli Sihombing; Yokie Radnan
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI) Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (600.04 KB) | DOI: 10.33050/jmari.v4i1.2688

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah brand love memiliki pengaruh terhadap brand loyalty, dan apakah self-esteem serta social influences (susceptibility to normative influence) memiliki peran pada pengaruh brand love terhadap brand loyalty. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data dengan Google Form yang dilakukan pada 150 responden yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Olah data kemudian dilakukan menggunakan Smart PLS 3.3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand love memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand loyalty. Kemudian brand love juga memiliki pengaruh terhadap self-esteem dan susceptibility to normative influence. Dan, self-esteem serta susceptibility to normative influence terbukti berpengaruh terhadap brand loyalty
Policy Analysis PT. BPRS Berkah Ramadhan In Providing Multi-Purpose Financing To MSME Customers In The Covid-19 Pandemic Rasyid Tarmizi; Sunardi Sunardi; Nursyifa Aulia; Djoko Hananto
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI) Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.096 KB) | DOI: 10.33050/jmari.v4i1.2689

Abstract

This study aims to determine the policies implemented by BPRS Berkah Ramadhan in providing multipurpose financing to MSME customers during the COVID-19 pandemic. The research method used is a qualitative method with the type of case study research. The informants selected in this study were the head of the marketing department, expert informants and customers of micro, small and medium enterprises. The results showed that the BPRS Blessings of Ramadan Policy during the covid-19 pandemic in providing multipurpose financing to micro, small and medium business customers, namely (1) Customers who experience problematic financing, the bank will provide policies in the form of relief in paying installments, providing restructuring and relaxation financing by using rescheduling to MSME customers whose businesses have been affected by COVID-19 as evidenced by the customer's business income report. (2) the customer has good collectibility in applying for financing, the business must run for at least 1 year. The procedure carried out by BPRS Berkah Ramadhan in analyzing the provision of financing to micro, small and medium business customers is to conduct surveys to business locations and collect business financial statements. After that, if it has been approved by the leadership, the bank will issue an SP3 or a letter of approval for a financing application to the customer, if it is approved by both parties, a financing contract will be made and the financing can be disbursed
Pengaruh Dividen Dan ROE Terhadap Harga Saham Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Novita Novita; M. Yusufi; Nitema Gulo
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI) Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (707.416 KB) | DOI: 10.33050/jmari.v4i1.2692

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Dividen dan ROE terhadap harga saham sebagai bahan pertimbangan bagi para calon investor dalam memilih perusahaan yang memiliki Fundamental yang baik Tujuan penelitian ini ialah menguji pengaruh Dividen dan ROE terhadap harga saham. Jumlah sample dalam penelitian ini adalah 12 Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang dilakukan dengan metode analisis data dan pengujian hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dividen dan ROE berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham perusahaan Farmasi.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Fisik Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Alfamart Wilayah Kabupaten Tangerang Sugina Sugina; Po Abas Sunarya; Hardjanto Nusantoro
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI) Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.696 KB) | DOI: 10.33050/jmari.v4i1.2693

Abstract

Keputusan pembelian selalu fenomenal bagi pelaku usaha dan terbalik dengan konsumen ataupun masyarakat , dimana keputusan pembelian kepada Minimarket Alfamart se wilayah Kabupaten Tangerang dapat di tingkatkan berdasarkan variabel kualitas layanan dan fasilitas fisik . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa besaran pengaruh kualitas layanan dan fasilitas fisik terhadap keputusan pembelian di minimarket Alfamart , metode penelitian kuantitatif , Sumber data yang diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada responden minimarket alfamart yang berada di wilayah kabupaten tangerang sebanyak 86 responden , tehnik analisis data menggunakan software SPSS 25 guna keakuratan pengujian dan pengukuran dalam regresi secara berganda termasuk uji F dan Uji T serta pengujian R2 . _ Hasil penelitian ini pertunjukan bahwa terdapa Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sebesar 53,14% secara signifikan dan positif dengan pengaruhnya jika dilakukan peningkatan atau kenaikan proporsi kualitas layanan dapat meningkatkan keputusan pembelian dari persepsi kualitas layanan sebesar 28,1%. terdapat pengaruh fasilitas fisik terhadap keputusan pembelian sebesar 67,89% secara signifikan dan positif . Dengan pengaruhnya jika dilakukan peningkatan atau kenaikan proporsi fasilitas fisik dapat meningkatkan keputusan pembelian dari persepsi fasilitas fisik sebesar 53,33%. dan banyak Pengaruh simultan kualitas pelayanan dan fasilitas fisik terhadap keputusan pembelian sebesar sebesar 71,40% secara signifikan nda positif , jika dilakukan peningkatan atau kenaikan proporsi kualitas layanan dan fasilitas fisik dapat meningkatkan keputusan pembelian dari persepsi layanan sebesar 28,1% dan fasilitas fisik sebesar 53,33%.
Pengaruh Inflasi Dan Tingkat Pengangguran Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi DKI Jakarta Periode 2017-2021 Tessalonika Tessalonika; Tries Handriman Jamai; Selamat Zebua
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI) Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1212.129 KB) | DOI: 10.33050/jmari.v4i1.2694

Abstract

Pertumbuhan ekonomi sering dikaitkan dengan perkembangan manusia. Pertumbuhan ekonomi erat kaitannya dengan peningkatan barang dan jasa yang dihasilkan untuk daerah, sehingga semakin banyak barang yang diproduksi, maka semakin besar kekayaan masyarakat dan semakin baik kualitas sumber daya manusianya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Inflasi, dan Tingkat pengangguran secara parsial maupun secara simultan sehingga dapat diketahui variabel yang memiliki pengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi DKI Jakarta periode 2017-2021. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah IBM SPSS Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji F diketahui bahwa tingkat signifikansi uji tersebut adalah 0,02 dimana kurang dari 0,05 dan nilai F hitung sebesar 603,531 lebih kecil dari F tabel sebesar 9,55. Artinya Inflasi dan Tingkat Pengangguran secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi DKI Jakarta periode 2017-2021. Inflasi memiliki nilai signifikansi sebesar 0,009. Artinya, nilai signifikansi yang dihasilkan kurang dari 0,05. Tingkat Pengangguran memiliki nilai signifikansi sebesar 0,009. Artinya, nilai signifikansi yang dihasilkan kurang dari 0,05
Strategi Bisnis UMKM Bakso Mitra Dalam Menghadapi Kompetitor di Desa Riau Kabupaten Bangka Liza Agustina; Mulyati Mulyati; Mochamad Heru Riza Chakim
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI) Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.315 KB) | DOI: 10.33050/jmari.v4i1.2695

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis UMKM bakso Mitra dalam menghadapi para kompetitor di desa Riau. Penelitian ini merupakan survei langsung dari lapangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dengan cara wawancara, pengisian kuesioner, dan observasi. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT yang melihat dari sudut pandang kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) yang merupakan faktor lingkungan internal, peluang (opportunities) dan ancaman (threats) yang merupakan faktor lingkungan eksternal dan mengidentifikasi konsep bauran pemasaran (marketing mix). Hasil dari analisis ini dilihat dari sudut pandang kekuatan (strength) dan peluang (opportunities) mengimplementasi bahwa posisi UMKM bakso Mitra berada di posisi tinggi, sedangkan dilihat dari sudut pandang kelemahan (weakness) dan ancaman (threats) mengimplementasi di posisi stabil. Dilihat dari sudut pandang ini posisi UMKM bakso Mitra berada pada puncak yang dimana mereka dapat dikatakan mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Untuk tetap dapat bertahan di era persaingan yang ketat sekarang UMKM bakso Mitra dapat menggunakan strategi SWOT yaitu menerapkan strategi SO (Strength Opportunity), dimana UMKM bakso Mitra memiliki kekuatan yang dapat dipakai untuk memaksimalkan peluang dan menerapkan konsep bauran pemasaran (marketing mix)
Pembelajaran Dalam Metode Berbisnis di Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Arsi Yulianjani; Diaz Mauludin Sriyono; Ari Fajar Maulana
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI) Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.372 KB) | DOI: 10.33050/jmari.v4i1.2702

Abstract

Tujuan dari esai ini adalah untuk membahas bagaimana magang dan pembelajaran online dapat membantu siswa bersiap untuk dunia kerja. Ketidaklayakan beberapa lulusan untuk bekerja adalah salah satu masalah pendidikan. Selain menggunakan metode pelatihan tidak tatap muka seperti sistem pembelajaran jarak jauh, seperti audio/video, komputer/internet, radio, dan televisi, juga menggunakan media cetak (seperti modul) dan non cetak. Baik secara mandiri maupun berkelompok, siswa diharapkan mampu belajar. Pendidikan kewirausahaan merupakan fondasi pendidikan bisnis, sehingga model dan sistem pendidikan bisnis harus mendukungnya. Tujuan pengajaran pendidikan bisnis harus mempersiapkan siswa untuk kehidupan masa depan mereka di masyarakat dan negara dengan memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan mereka. Bekerja sambil belajar menjadi sangat penting. Akibatnya, proses pendidikan harus mencapai keseimbangan antara karakteristik kontekstual dan intrinsik (minat, motivasi, dan bakat) (masyarakat dan pendidikan). Pencapaian tujuan pendidikan dapat diwujudkan dengan adanya keselarasan antara potensi diri dan pemanfaatan lingkungan. Hanya media cetak dan noncetak yang digunakan dalam sistem pembelajaran jarak jauh, sehingga diperlukan kerjasama perusahaan komersial. Melalui on-the-job training, kerjasama yang dimandatkan berupaya untuk memfasilitasi interaksi antara mahasiswa dan sektor bisnis. Jumlah kredit semester yang disepakati setara dengan masa pelatihan di tempat kerja. Siswa dapat dikukuhkan sebagai lulusan dan siap untuk bekerja setelah mereka menyelesaikan seluruh sistem kredit semester
Strategi Upaya Meningkatkan Pangsa Pasar Otomotif Daihatsu Sirion Melalui Promosi Astra Daihatsu Karawaci Di Kota Tangerang Harian Syaputra; Ikraman Ikraman; Anur Rahmah Tiawulandari
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI) Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (820.632 KB) | DOI: 10.33050/jmari.v4i1.2711

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Upaya Meningkatkan Pangsa pasar Daihatsu Sirion melalui strategi promosi Astra Daihatsu Karawaci dikota Tangerang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50 orang konsumen dealer resmi PT Astra Daihatsu. Dalam tulisan ini, penulis menggunakan model sampling atau teknik non problity dan diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 20. Hasil dari penelitian ini Advertaising berpengaruh sebesar 69,5% terhadap volume penjualan dan sisanya variable lain, artinya bahwa advertaising berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume pejualan. Sales promotion berpengaruh sebesar 87,7% terhadap volume penjualan dan sisanya variable lain, artinya sales promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume pejualan. Personal selling berpengaruh sebesar 85,4% terhadap volume penjualan dan sisanya variabel lain. Direct marketing berpengaruh sebesar 80,7% terhadap volume penjualan dan sisanya variabel lain. Semua variabel berpengaruh signifikan secara simultan atau secara Bersama, dari variabel advertaising, sales promotion, personal selling dan direct marketing terhadap volume penjulan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat advertaising, sales promotion, personal selling dan direct marketing maka akan semakin tinggi tingkat volume penjualan

Page 1 of 1 | Total Record : 8