cover
Contact Name
Syarifuddin
Contact Email
bimaberilmu@gmail.com
Phone
+6285290880751
Journal Mail Official
jurnalbimaabdi@gmail.com
Editorial Address
Jalan Lintas Sumbawa, desa Leu, RT. 009, RW. 004, Bolo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : 27979407     EISSN : 27979423     DOI : https://doi.org/10.53299/bajpm.v1i1
Core Subject : Education,
Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat terdaftar dengan e-ISSN: 2797-9423 dan p-ISSN: 2797-9407 menerbitkan artikel dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat maupun metode pengabdian yang berkaitan dengan bidang pendidikan dan dapat diterapkan dalam mengembangkan dan membantu dosen, guru, perguruan tinggi, sekolah, dan masyarakat meningkatkan keilmuan, inovasi, maupun kesejahteraan. Bima Abdi menerima artikel yang sesuai dengan ketentuan dan panduan yang ada dalam template yang sudah disediakan oleh pengelola dalam website ini. Bima Abdi dibawah naungan Publisher Yayassan Pendidikan Bima Berilmu.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022): Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Edisi Januari - Juni 2022" : 17 Documents clear
Pelatihan Pembelajaran Al-Qur’an Mahasiswa Penjaskesrek Dengan 7 Lagu Tilawah Pada Program Iklim Zikir Hari Jum’at STKIP Taman Siswa Bima Salahudin Salahudin; Muhammad Muhammad; Shutan Arie Shandi
Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Edisi Januari - Juni 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/bajpm.v2i1.109

Abstract

Pelatihan ini berangkat dari gemarnya program iklim zikir yang dilakukan oleh kampus STKIP Taman siswa bima, Lagu yang di gunakan adalah lagu dalam Tilawah. Selain itu mahasiswa penjaskesrek tersebut mempunyai prestasi dalam bidang Tilawatil Qur’an dan mewujudkan kampus yang beradab serta memiliki skil. Pelatihan pembelajaran membaca al-Qur’an dengan lagu tilawah adalah proses belajar dan mengajar antara guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan berupa membaca al-Qur’an dengan lagu-lagu tilawah Qur’an yang terdiri dari lagu Bayyati, lagu Shoba, lagu Hijas, lagu Nahawan, lagu Sika, lagu Rasta Alan Nawa, lagu Jiharka, lagu Banjaka, dan lagu Bayyati  yang diadakan di luar jam perkuliahan. Jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif. mengambil lokasi penelitian di STKIP Taman siswa bima. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggali sumber dari ketua prodi penjaskesrek, dan guru pembelajaran Tilawah Qur’an. Analisis yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran membaca al-Qur’an dengan lagu tilawah pada mahasiswa penjaskesrek materi yang digunakan adalah makro tilawah Q.S al-Baqarah: 1-7 dengan sistem yang diterapkan adalah klasikal dan individual, metode demonstrasi, metode drill, metode sorogan, metode ceramah, dan metode pemberian tugas. Lagu yang dipelajari adalah lagu Tilawah bayyati, hijaz, nahawan, dan rost. Evaluasi dilaksanakan setiap jum’at dalam bentuk pre test dan evaluasi harian.
Sosialisasi Belajar Calistung Pada Anak Usia Dini Bersama Orang Tua Hebat Denok Julianingsih; Indri Dwi Isnaini
Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Edisi Januari - Juni 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/bajpm.v2i1.110

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada wali murid dari TK Dharmawanita Ngembeh tentang bagaimana mengajarkan calistung pada anak usia dini di rumah selama masa pandemi. Pengabdian ini dilaksanakan dengan melakukan kegiatan parenting berupa sosialisasi kepada wali murid dengan memberikan materi tentang mengajarkan CALISTUNG pada anak usia dini melalui permainan. Langkah-langkah dalam pengabdian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Setelah dilakukannya kegiatan parenting ini, ada hasil yang positif seperti, puasnya mereka pada materi yang disampaikan oleh narasumber kemudian pemberian contoh konkrit terkait aplikasi dalam mengajarkan CALISTUNG di rumah melalui kegiatan bermain dan juga banyaknya antusias dari wali murid saat kegiatan berdiskusi.
Strategi Muhammadiyah Disaster Manajement Center (MDMC) dalam Penanggulangan Bencana Banjir Kabupaten Bima pada Bulan April Tahun 2021 Syarifuddin Syarifuddin; Umar Umar; Sukrin Sukrin; Ihlas Ihlas; Ruslan Ruslan
Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Edisi Januari - Juni 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/bajpm.v2i1.120

Abstract

Kegiatan penanggulangan bencana yang dilakukan oleh MDMC Kabupaten Bima merupakan salah satu kegiatan wajib dilakukan setiap terjadi bencana alam maupun bencana sosial yang ada di sekitarnya. Bencana yang terjadi saat ini yaitu bencana banjir bandang yang melanda kabupaten Bima yang terdiri dari 4 Kecamatan dan puluhan desa dan ribuan warga yang terdampak. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanggulangan bencana banjir yang telah dilakukan oleh Muhammadiyah Disaster Management Center (MDCM) kabupaten Bima pada bulan April tahun 2021. Ada beberapa tahapan yang telah dilakukan yaitu; a) Melakukan mitigasi bencana bersama dengan BPBD kabupaten Bima dan juga dengan relawan PMI kabupaten Bima, untuk meminimalisir korban atau dampak bencana; b) Melakukan Kesiapsiagaan bersama dengan BPBD kabupaten Bima, PMI kabupaten Bima dan juga dengan organisasi lainnya, dengan melakukan Rapat koordinasi Kesiapsiagaan; c) Operasi Tanggap Darurat, MDMC mengambil bagian menurunkan ratusan relawan dengan membuka POSKOR dan Dapur Umum lapangan (DUL); d) Melakukan Rehabilitasi dengan menurunkan puluhan relawan dibeberapa Desa yang terdampak bencana banjir bekerjasama dengan relawan RS PKU Muhammadiyah memberikan pelayanan dan pengobatan gratis, dan juga psikososial atau trauma healing yang lebih fokus kepada Anak uasi sekolah SD dan SMP. Ada beberapa kendala dan hambatan yang dihadapi oleh Relawan MDMC diantaranya yaitu kurangnya sumber daya Manusia atau reawan yang siap siaga, Sarana dan prasana yang digunakan di lapangan, dan Dana yang tidak mencukupi, kendala berikutnya adalah kurangnya kesadaran masyarakat  untuk saling membantu.
Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran di SMP Setia Negara Syarifuddin Syarifuddin
Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Edisi Januari - Juni 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/bajpm.v2i1.121

Abstract

Salah satu tri darma perguruan tinggi yang harus rutin dilaksanakan oleh semua tenaga pendidik (dosen) adalah melaksanakan pengabdian masyarakat secara rutin dan terjadwal dalam setiap tahunnya. Salah satu program pelaksanaan tri darma tersebut adalah melaksanakan pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran yang melibatkan sekolah SMP Setia Negara di Pancoran Mas Kota Depok Jawa Barat sebagai bentuk kemitraan strategis perguruan tinggi dan satuan pendidikan lain dalam meningkatkan mutu pendidikan. Pelaksanaan pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran merupakan salah satu langkah desain pembelajaran yang efektif dan efisien dengan capaian yang akan diraih belajar sukses. Hasil dari kegiatan ini yaitu menghasilkan perangkat pembelajaran dan mendorong guru untuk dapat mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pengembangan perangkat pembelajaran dalam berbagai pendekatan sesuai kebutuhan serta gaya belajar anak.
Meningkatkan Kesadaran Kaum Muda dengan Memahami Penghasilan Tidak Kena Pajak bagi Siswa SMA Swasta Indonesia Membangun Medan Metyria Imelda Hutabarat; Edy Firmansyah; Saleh Sitompul; Petrus Loo; Nirwana Dewi Harahap; Febri Yanto Zai
Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Edisi Januari - Juni 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/bajpm.v2i1.126

Abstract

Kaum muda merupakan generasi bangsa yang memerlukan wawasan pajak. Kegiatan pengabdian masyarakat berupa workshop mengenai penghasilan tidak kena pajak. Banyaknya masyarakat di berbagai bidang yang belum mengetahui akan pemahaman penghasilan tidak kena pajak disebabkan belum disosialisasikan dengan masif kepada masyarakat, sehingga masih ada yang belum memahaminya. Sosialisasi yang dilakukan hanya berkisar kepada lembaga usaha dan orang pribadi yang bisa dijadikan objek pajak menurut Undang-Undang. Sosialisasi belum menyebar bagi kaum muda pada lembaga pendidikan seperti SMA, SMK maupun ke pihak Universitas agar mereka paham dan mengerti mengenai penghasilan tidak kena pajak dan perhitungannya. Pemahaman ini akan tertanam di benak siswa atau mahasiswa ketika mereka kelak sudah menjadi wajib pajak. Kegiatan workshop penghasilan tidak kena pajak telah dilaksanakan dengan baik, para peserta workshop yakni para siswa SMA Swasta Indonesia Membangun Medan antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan workshop para peserta memiliki pengetahuan, pemahaman dan mampu membuat tingkatan penghasilan tidak kena pajak, serta penghitungan  tentang kasus penghasilan tidak kena pajak, sehingga dapat dipraktekkan dan diaplikasikan di lingkungan sekitar.
Pembinaan Debat Bahasa Inggris bagi Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Moyo Utara Kabupaten Sumbawa Umar Umar; Supriadin Supriadin; Suparman Suparman
Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Edisi Januari - Juni 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/bajpm.v2i1.127

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pembinaan dan pelatihan teknik debat Bahasa Inggris bagi siswa SMAN I Moyo Utara Kabupaten Sumbawa. Tahapan-tahapan dalam kegiatan ini adalah (1) Planning, (2) Sosialisasi peraturan dan teknik National School Debating Championship (NSDC), (3) Pemberian materi debat bahasa Inggris yang dilakukan dengan mengenalkan tema atau topik gagasan debat yang akan diperlombakan di tingkat Propinsi Nusa Tenggara Barat dengan standar internasional, (4) Pendampingan dan pelatihan debat bahasa Inggris dengan memberikan materi terkait motion yang dilombakan, (5) Peserta pendampingan melakukan latihan pemahaman materi yang diberikan oleh pendamping, (6) Evaluasi kegiatan dilakukan dengan membuat kelompok debat, kemudian melakukan debat intra kelompok, dan (7) Pelaporan kegiatan. Berdasarkan hasil evaluasi selama kegiatan (1) Peserta didik sangat termotivasi dan percaya diri menggunakan Bahasa Inggris selama pendampingan dan pelatihan debat, dan (2) Selama berinteraksi atau komunikasi dengan Bahasa Inggris, peserta didik masih menemui hambatan terkait kekurangan vocabulary, pronunciation dan grammar used. Kegiatan ini dilakukan untuk membina dan melatih teknik debat Bahasa Inggris bagi siswa SMAN I Moyo Utara Kabupaten Sumbawa, sehingga mereka memiliki keterampilan debat dengan menggunakan Bahasa Inggris. Luaran yang akan dihasilkan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah siswa mampu melakukan debat Bahasa Inggris sesuai standar internasional.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Work Shop di TK Srawong Bocah Yogyakarta Titik Mulat Widyastuti; Syahria Anggita Sakti
Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Edisi Januari - Juni 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/bajpm.v2i1.128

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan, terdapat kesulitan yang dihadapi guru-guru TK Inklusi Srawong Bocah dalam menyusun perangkat pembelajaran yakni rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Kendala tersebut menjadi satu masalah yang sering dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran para guru. Hampir 75% guru-guru di KB TK Inklusi Srawung Bocah belum mempunyai kompetensi sebagai pendidik PAUD. Mereka berasal dari lulusan yang bukan dari latar belakang kependidikan. Kegiatan work shop guru PAUD ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru PAUD dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) agar dapat menstimulasi seluruh aspek perkembangan anak (aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan seni) untuk diterapkan pada pendidikan anak di lembaga PAUD. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu metode tindakan kepengawasan yang dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan evaluasi (refleksi). Hasil workshop menunjukkan bahwa kopetensi guru-guru PAUD di KB TK Srawong Bocah dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran meningkat setelah mengikuti kegiatan workshop penyusunan RPP.
Pendampingan Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan Kreativitas Mengadaptasi Penggunaan Teknologi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Dimasa Pandemi Covid 19 Khavisa Pranata; Arum Fatayan
Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Edisi Januari - Juni 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/bajpm.v2i1.133

Abstract

Pengabdian pendampingan tenaga pendidik dalam meningkatkan kreativitas mengadaptasi teknologi pendidikan jarak jauh (PJJ) dimasa pandemik covid 19 merupakan salah satu bentuk program kemitraan masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa secara interdisipliner, instutisional, dan kemitraan sebagai salah satu bentuk kegiatan catur dharma perguruan tinggi Muhammadiyah. Tujuan Pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kreatifitas Guru dan peserta didik yang belum bisa beradaptasi dalam penggunaan teknologi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Metode yang digunakan dalam kegiatan pendampingan tenaga pendidik dalam meningkatkan kreativitas mengadaptasi teknologi pendidikan jarak jauh (PJJ) dimasa pandemik covid 19 ialah dengan metode pendampingan dan praktik, serta kegiatan dilaksanakan selama satu bulan. Adapun hasil dari kegiatan pendampingan tenaga pendidik dalam meningkatkan kreativitas mengadaptasi teknologi pendidikan jarak jauh (PJJ) dimasa pandemik covid 19 adalah adanya pemahaman baru bagi para guru didalam menyesuaikan pengajaran dimasa pandemik ini melalui platfrom pembelajaran daring dan juga pemahaman bagi siswa dan orang tua siswa dalam mengadaptasi teknologi.
Manajemen Skala Prioritas dalam Aspek Keuangan Rumah Tangga pada Masa Pandemi Covid 19 Anggit Dyah Kusumastuti; Destina Paningrum
Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Edisi Januari - Juni 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/bajpm.v2i1.135

Abstract

Pandemi covid 19 yang terjadi di Indonesia menciptakan ketidakstabilan dan krisis di sektor ekonomi, khususnya sektor rumah tangga. Kurangnya pengetahuan ibu rumah tangga dalam menentukan skala prioritas kebutuhan sehari-hari merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kesulitan ekonomi dalam rumah tangga pada saat pandemi covid 19. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema manajemen skala prioritas dalam aspek keuangan rumah tangga pada masa pandemi covid 19 pada ibu-ibu rumah tangga di lingkungan RT 04 RW 12 Kelurahan Pajang, Laweyan, Surakarta bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dalam pengelolaan keuangan rumah tangga sehingga ibu-ibu rumah tangga dapat membuat suatu perencanaan dan penganggaran keuangan rumah tangga secara optimal. Pengelolaan keuangan rumah tangga merupakan salah satu solusi sehingga penggunaan sumber daya ekonomi terutama dalam hal keuangan dapat direncanakan, dipantau, dievaluasi, dan dikendalikan untuk menjamin stabilitas ekonomi keluarga. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah dengan melakukan sosialisasi dan diskusi yang berkaitan dengan materi manajeman skala prioritas dalam aspek keuangan rumah tangga pada masa pandemi covid 19. Hasil dari kegiatan ini adalah Ibu-ibu rumah tangga yang hadir dapat menambah pengetahuan dan pemahaman tentang pengelolaan keuangan berdasarkan manajemen keuangan dan prinsip akuntansi.
Upgrade Skill Siswa SMK Kadiri Kras dengan Aplikasi Accurate Rachma Agustina; Dwi Ari Pertiwi; Meta Ardiana
Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Edisi Januari - Juni 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/bajpm.v2i1.142

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ditujukan untuk peningkatan kemampuan siswa SMK dalam memanfaatkan aplikasi accurate untuk penyusunan laporan keuangan.  Semakin meningkatnya tuntutan dari dunia kerja, mau tidak mau harus diikuti dengan peningkatan kemampuan siswa selama menempuh proses pembelajaran. Hal ini agar siswa siap menghadapi persaingan dunia kerja dan juga menambah rasa percaya diri siswa dalam menghadapi masa depannya. Pelatihan diikuti oleh 25 siswa kelas XII SMK Kadiri Kras, dari jurusan Akuntansi. Metode pelaksanaan program dengan memberikan materi dan contoh kasus input transaksi pada akun-akun yang tersedia pada aplikasi Accurate, sedangkan siswa langsung mempraktekkan aplikasi tersebut pada komputer di laboratorium sekolah. Pelaksanaan berlangsung dengan lancar dan siswa yang merupakan peserta pelatihan tampak antusias selama proses pelaksanaan, hal ini bisa dilihat dari tanya jawab dan diskusi yang terus berjalan selama program pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan.

Page 1 of 2 | Total Record : 17