cover
Contact Name
Lusyani Sunarya
Contact Email
lusyani@raharja.info
Phone
+6285929871955
Journal Mail Official
mavib.journal@raharja.info
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No. 40 Modern Cikokol Tangerang - Banten 15117 Indonesia mavib.journal@raharja.info
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting
Published by UNIVERSITAS RAHARJA
ISSN : 27231992     EISSN : 2723200X     DOI : https://doi.org/10.33050/mavib
MAVIB Journal, (Multimedia Audio Visual and Broadcasting Journal) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Raharja. MAVIB Journal menerbitkan makalah asli, makalah tinjauan, kerangka kerja konseptual, model analitik dan simulasi, studi kasus, dan penelitian empiris. MAVIB Journal bertujuan untuk mengembangkan dan mengkomunikasikan secara luas perkembangan Multimedia Audio Visual dan Broadcasting baik secara teoritis maupun pragmatis. MAVIB Journal menerbitkan makalah di bidang Desain Grafis, Komunikasi Visual, Budaya Visual, Audio Visual, Desain Web, Iklan, Fotografi, Videografi, Animasi, Multimedia, dan Desain Game. MAVIB Journal diterbitkan dalam versi cetak dan online. MAVIB Journal diterbitkan dua kali setahun, pada bulan Februari dan Agustus.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2022): MAVIB Journal - Agustus 2022" : 10 Documents clear
Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Informasi Pada Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang Wahyu Hidayat; Siti Mila Rosita
Jurnal MAVIB Vol 3 No 2 (2022): MAVIB Journal - Agustus 2022
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (683.158 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v3i2.1512

Abstract

Penggunaan media desain grafis semakin meningkat setiap tahunnya dan salah satu bidang yang sangat berpengaruh yaitu untuk kebutuhan sarana informasi. Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang merupakan Kantor Kecamatan yang masih dalam tahap pengembangan dan memiliki kendala di bagian sarana informasi, sehingga kurang efektif dalam menyampaikan sebuah informasi pada masyarakat sekitar. Untuk menyelesaikan permasalahan ini dibutuhkan media informasi yang lebih menarik lagi ke dalam bentuk media cetak yaitu berupa spanduk, banner, baliho dan lainnya. Sehingga dapat menaikkan citra Kantor Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk membantu dalam memberikan informasi melalui sebuah desain yang ditujukan kepada masyarakat umum khususnya masyarakat sekitar yang berada di Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang. Metode penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, studi pustaka, analisa perancangan media menggunakan Software CorelDraw X7 dan Adobe Photoshop CC 2019 dan konsep desain yang meliputi layout kasar, komprehensif dan final artwork. Dengan adanya media informasi yang telah diimplementasikan kedalam bentuk cetak seperti spanduk dan banner yang dirancang oleh peneliti diharapkan dapat membantu Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang dalam memberikan sebuah informasi kepada masyarakatnya.
Media Video Sebagai Sarana Promosi Pada Nite & Day Residence Alam Sutera Dewi Immaniar Desrianti; Mardiana .; Risma Isnaeni
Jurnal MAVIB Vol 3 No 2 (2022): MAVIB Journal - Agustus 2022
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (749.137 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v3i2.1752

Abstract

Media promosi video pada masa ini sudah menjadi kebutuhan bagi setiap perusahaan terutama yang bergerak dibidang jasa penginapan, melalui media video dapat memberikan suatu informasi yang informatif, kreatif serta komunikatif untuk dapat menarik minat pengunjung. Nite & Day Residence Alam Sutera merupakan tempat penginapan dengan klasifikasi hotel dengan bintang 2 yang berlokasi di Jl. Alam Utama, Alam Sutera Town Center Kav. 10 No.1, Pakulonan, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten, yang saat ini memerlukan pengembangan video promosi karena video yang sudah pernah dibuat sebelumnya pada tahun 2017 masih sangat kurang sekali informasinya dan update, sehingga harus dilakukan pembaharuan. Tujuan dari pembuatan media promosi ini adalah memberikan informasi terbaru selama 4 tahun terakhir yang ada di Nite & Day Residence Alam Sutera. Metode yang digunakan : metode mengumpulkan data-data, analisa SWOT dan konsep produksi media (KPM). Software yang digunakan : Adobe After Effect CC 2019 dan Adobe Premiere Pro CC 2019. Hasil dari pengembangan akan menjadi media video promosi Nite & Day Residence Alam Sutera yang menjelaskan profil, fasilitas serta keunggulan guna menarik minat calon pengunjung dan masyarakat luas dapat mengenal Nite & Day Residence Alam Sutera.
Perancangan Video Sosialisasi Aplikasi Sidonate Berbasis Motion Graphic Pada PMI Kabupaten Tangerang Ferinda Kusuma Ratih; Rina Eva Marolina Simamora; Aden Aldi Putra Utama
Jurnal MAVIB Vol 3 No 2 (2022): MAVIB Journal - Agustus 2022
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (748.066 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v3i2.2074

Abstract

Dalam menyusul perkembangan zaman di era digital dan industri saat ini, PMI Kabupaten Tangerang terus berbenah dalam upaya meningkatkan mutu dengan meluncurkan aplikasi mobile yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Sidonate merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh PMI Kabupaten Tangerang yang nantinya dipergunakan untuk menerima donasi secara digital. Dalam upaya memperkenalkan aplikasi ini, PMI Kabupaten Tangerang tidak memiliki media yang digunakan untuk menginformasikan aplikasi Sidonate kepada masyarakat, sehingga belum banyak yang mengetahuinya. Setelah meneliti dan menganalisa permasalahan yang ada, perlu adanya sebuah media yang dapat menunjang informasi tentang aplikasi ini dalam bentuk video motion graphic. Tujuannya adalah untuk membantu pihak PMI Kabupaten Tangerang dalam menciptakan media informasi yang kreatif dan menarik dalam memperkenalkan aplikasi Sidonate ini, sehingga informasi yang disampaikan kepada masyarakat dapat diterima dengan baik dan banyak orang yang tertarik untuk menggunakannya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi Pustaka, dilanjutkan dengan metode perancangan media menggunakan software Adobe Photoshop CS6, Adobe Illustrator CS6, Adobe After Effect CS6, Adobe Premiere Pro CS6, Adobe Audition 2020 dan terakhir metode Konsep Produksi Media (KPM). Penelitian ini menghasilkan media informasi berbentuk video motion graphic dalam menginformasikan aplikasi Sidonate kepada masyarakat dalam mewujudkan program donasi digital untuk kegiatan kemanusiaan PMI Kabupaten Tangerang.
Media Video Promosi Desa Markisa Sebagai Pendukung Informasi Pada Disbudpar Kota Tangerang Junaidi .; Andri Rikardo; Nivia Deska Arista
Jurnal MAVIB Vol 3 No 2 (2022): MAVIB Journal - Agustus 2022
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (934.074 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v3i2.2101

Abstract

Teknologi audio-visual merupakan suatu pendukung untuk menyampaikan informasi, pula pilihan yang bagus untuk promosi. Desa Markisa merupakan tempat wisata yang ada di Daerah Kota Tangerang. Kendalanya adalah teknologi informasi di Desa Markisa ini masih manual sebagai contoh masih menggunakan brosur untuk promosi. Jelas sangat terlihat kalau media informasinya belum efektif. Maka dari itu harus ada dibuatnya sesuatu untuk mempromosikan Desa Markisa sebagai contoh video promosi. Berikut isi dari video promosi yaitu: Profile Desa Markisa, Kolam Ikan, berbagai Tanaman yang ada di Desa Markisa, Balai Markisa. Hal ini dilakukan untuk menarik wisatawan agar berkunjung. Metode yang digunakan sebagai berikut: Mengumpulkan Informasi/Data, Analisa SWOT, Analisa Perancangan Media yang memakai beberapa aplikasi sebagai berikut yaitu, Audition Creative Cloud 2017, After Effect Creative Cloud 2015 dan Premiere Pro Creative Cloud 2017& konsep produksi media mencangkup : pre production, production, & post production.. Dengan ini sangat diharapkan video promosi ini dapat membantu Desa Markisa dikenal masyarakat sebagai tempat liburan yang berada di wilayah Tangerang Kota yang wajib untuk dikunjungi, karena tempatnya yang asri.
Media Video Sebagai Sarana Promosi Pada Kasaya Equestrian Kabupaten Tangerang Po Abas Sunarya; Ruli Supriati; Ricka Anggie Fadyla
Jurnal MAVIB Vol 3 No 2 (2022): MAVIB Journal - Agustus 2022
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1320.596 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v3i2.2102

Abstract

Banyak bisnis dan instansi pemerintah menggunakan teknologi sebagai bentuk promosi yang dirancang untuk menarik minat pengunjung. Seperti salah satunya, Kasaya Equestrian yang dulu hanya menggunakan sign system dan media sosial sebagai bentuk promosi yang kurang efektif. Kasaya Equestrian merupakan tempat latihan berkuda yang menyediakan 12 kuda dari 2 jenis, kuda lokal dan kuda silang. Kasaya Equestrian yang berlokasi di Legok, Tangerang, dan Banten 15820 ini mengalami menurunan customer diakibatkan pandemi covid-19 yang membatasi jumlah pengunjung. Karenanya penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai profil dan layanan, kuda dan hewan, fasilitas, keunggulan dan event yang diadakan di Kasaya Equestrian dalam bentuk iklan untuk meningkatkan jumlah pelanggan Kasaya Equestrian. Sehubungan dengan permasalahan di atas, diperlukan video promosi untuk melengkapi data informasi. Metode penelitian ini adalah pengumpulan data, analisis SWOT, perancangan media, dan produksi media (KPM). Ini termasuk pre produksi, produksi, dan paska produksi memakai perangkat lunak pendukung Adobe Priemiere Pro CC 2017, Adobe Audition CC 2017, dan Adobe After Effects CC 2017. Video promosi ini nantinya diupload melalui YouTube dan media sosial. Bantu Kasaya Equestrian meningkatkan pengunjung melalui video promosi.
Media Informasi dan Promosi Berbentuk Video Profil Pada Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi’in Lusyani Sunarya; Chika Febiola; Nur Fikri Harits
Jurnal MAVIB Vol 3 No 2 (2022): MAVIB Journal - Agustus 2022
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.073 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v3i2.2107

Abstract

Sebuah Lembaga Pendidikan saat ini sangat membutuhkan peran dari media sosial dalam menunjang kegiatan promosinya khususnya pada Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubatdi’in yang beralamat di Jl. Aria Jaya Santika Pasir Nangka, Kabupaten Tangerang. Saat ini memiliki Jenjang Pendidikan mulai dari Taman kanak-kanak Qur’an (TKQ), Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT), Madrasah Tsanawiyah (MTS) dan Madrasah Aliyah (MA). Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mempromosikan Madrasah Tsanawiyah (MTS) dan Madrasah Aliyah (MA), agar dapat meningkatkan jumlah penerimaan setiap tahunnya. Kendala yang dihadapi yaitu, media yang digunakan sebelumnya hanya berupa spanduk, brosur, serta belum memiliki video profile, sehingga kurang efektif dan kurang menarik secara visualisasi. Selain itu sejak adanya pandemic covid-19 juga mengalami penurunan jumlah pendaftar, untuk itu dibutuhkan strategi pemasaran yaitu video profile, sebagai penunjang promosinya. Metode penelitiannya yaitu, pengumpulan data, video ini dibuat dengan software Adobe After Effect pro CC 2020, Adobe Premiere pro CC 2020 dan Adobe Photoshop pro CC 2020 dan Konsep Produksi Media (KPM). Penelitian ini menghasilkan sebuah rancangan video profil pesantren, untuk membantu dalam kegiatan pemasaran, dan identitas pesantren dikenal lebih luas.
Video Profile Sebagai Sarana Promosi Pada Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an Tangerang Karunia Suci Lestari; Putri Rahayu Ningsih; Mochammad Febrianto
Jurnal MAVIB Vol 3 No 2 (2022): MAVIB Journal - Agustus 2022
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1535.979 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v3i2.2180

Abstract

Meningkatkan peminat disuatu lembaga memanglah sangat membutuhkan penawaran media promosi agar lebih dikenal jauh oleh masyarakat yang melihat. Salah satunya Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an yang kini membutuhkan penawaran media promosi untuk meningkatkan performa pesantren melalui video profile untuk kalangan calon santri yang sedang mencari pesantren yang berkualitas. Pesantren ini menggunakan sistem berbasis kurikulum pendidikan Nasional dan kurikulum pesantren yang berada di Kampung Qur’an Ketapang, Cipondoh Kota Tangerang. Video Profile sangatlah berperan penting sebagai strategi pemasaran baru di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an, yang sebelumnya pesantren ini hanya menggunakan promosi media cetak. Terdapat beberapa metode yang dipakai, antara lain: Pengumpulan data, menggunakan software Adobe Premiere, Adobe Audition, Adobe After Effect, dan Konsep Produksi Media. Penelitian ini bertujuan untuk media video promosi Pesantren, dalam membantu marketing memberikan informasi, fasilitas, dan keunggulan seputar pesantren sehingga dapat menarik peminat bagi calon santri di seluruh Indonesia.
Perancangan Desain Interior Sebagai Media Visualisasi Outlet Kopi Dari Hati Muhammad Faisal; Wiranti Sri Utami
Jurnal MAVIB Vol 3 No 2 (2022): MAVIB Journal - Agustus 2022
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1166.007 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v3i2.2211

Abstract

Sebuah tampilan visualisasi sangat berguna untuk menunjang tampilan proses perancangan karya seni. Seni kreatifitas berpotensi besar untuk proses perancangan desain interior pada outlet Kopi Dari Hati untuk mengubah tampilan desain sebelumnya ketampilan desain yang lebih baik sehingga para customer yang datang dapat merasa nyaman saat sedang menikmati kopi. Proses perancangan desain interior pada outlet Kopi Dari Hati menggunakan pendekatan Multimedia Development Life Cycle (MDLC), dengan menerapkan konsep perancangan ini akan muncul ide-ide mengenai perancangan karya seni mulai dari mebel hingga elemen-elemen interior yang akan digunakan. Proses pendekatan ini akan memudahkan penulis dalam merancang sebuah kreatifitas dan karya seni didalam outlet sehingga customer nyaman. Perancangan desain interior ini diharapkan akan mencapai hasil yang maksimal sehingga dapat memberikan nilai positif bagi owner dan customer.
Video Promosi Program Kelas Khusus Berbasis Motion Graphic Pada Universitas Raharja Mohamad Ifran Sanni; Sugeng Widada; Agung Ramadhan
Jurnal MAVIB Vol 3 No 2 (2022): MAVIB Journal - Agustus 2022
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.285 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v3i2.2291

Abstract

Kini kegiatan promosi lebih beragam, salah satunya video. Melalui media video, masyarakat dapat mengetahui informasi mengenai Program Kelas Khusus. Program Kelas Khusus merupakan program pembelajaran yang ada di Universitas Raharja yang diperuntukkan bagi karyawan. Saat ini Program Kelas Khusus lebih membutuhkan media penunjang yang menjelaskan tentang informasi yang lebih jelas dan mudah di pahami tentang program kelas khusus. Tujuan penelitian ini untuk menciptakan sebuah video promosi berbasis motion graphic yang dapat digunakan dalam mempromosikan tentang program kelas khusus dengan memberikan informasi yang lengkap dan menarik, akhirnya program kelas khusus ini banyak diminati oleh calon mahasiswa Universitas Raharja. Metode yang dikenakan berupa pengumpulan data dan konsep produksi media (KPM). Software yang dipakai dalam penelitian ini adalah Adobe After Effects dan Adobe Ilustrator. Hasil penelitian ini nantinya dapat digunakan dalam mempromosikan program kelas khusus, sehingga dapat menarik minat calon mahasiswa.
Video Animasi Sebagai Media Penunjang Informasi Tentang Metode Pembelajaran Pada Universitas Raharja Muhamad Puad Abdul Baqi; Abdul Hayat; Fajar Rizki Akbar
Jurnal MAVIB Vol 3 No 2 (2022): MAVIB Journal - Agustus 2022
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (885.499 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v3i2.2331

Abstract

Metode pembelajaran merupakan Teknik yang dipakai oleh para pengajar dalam proses penyajian suatu materi pembelajaran yang sudah dirangkai dan direncanakan sebelumnya secara kasat mata agar maksud dari perancangan itu bisa digapai dan memperoleh hasil yang efektif. Universitas memerlukan metode pembelajaran yang baik guna menggapai maksud dari pembelajaran yang efektif dan efisien, khususnya di Universitas Raharja, yang merupakan salah satu pendidikan tinggi unggulan di Tangerang, dengan metode pembelajaran reguler, ilearning dan ilearning plus. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk menyajikan informasi kepada calon mahasiswa tentang metode pembelajaran di universitas raharja. Metode penelitiannya yaitu: Pengumpulan Data, Perancangan Media dan Konsep Produksi Media (KPM). Hasil dari penelitian ini adalah Media informasi berupa animasi tentang metode pembelajaran di Universitas Raharja. Video ini diaplikasikan via sosial media offical youtube channel. Melalui media video animasi ini, diharapkan dapat menarik jumlah mahasiswa baru di Universitas Raharja dan dapat dikenal masyarakat luas. Metode pembelajaran merupakan Teknik yang dipakai oleh para pengajar dalam proses penyajian suatu materi pembelajaran yang sudah dirangkai dan direncanakan sebelumnya secara kasat mata agar maksud dari perancangan itu bisa digapai dan memperoleh hasil yang efektif. Universitas memerlukan metode pembelajaran yang baik guna menggapai maksud dari pembelajaran yang efektif dan efisien, khususnya di Universitas Raharja, yang merupakan salah satu pendidikan tinggi unggulan di Tangerang, dengan metode pembelajaran reguler, ilearning dan ilearning plus. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk menyajikan informasi kepada calon mahasiswa tentang metode pembelajaran di universitas raharja. Metode penelitiannya yaitu: Pengumpulan Data, Perancangan Media dan Konsep Produksi Media (KPM). Hasil dari penelitian ini adalah Media informasi berupa animasi tentang metode pembelajaran di Universitas Raharja. Video ini diaplikasikan via sosial media offical youtube channel. Melalui media video animasi ini, diharapkan dapat menarik jumlah mahasiswa baru di Universitas Raharja dan dapat dikenal masyarakat luas.

Page 1 of 1 | Total Record : 10