cover
Contact Name
Lusyani Sunarya
Contact Email
lusyani@raharja.info
Phone
+6285929871955
Journal Mail Official
mavib.journal@raharja.info
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No. 40 Modern Cikokol Tangerang - Banten 15117 Indonesia mavib.journal@raharja.info
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting
Published by UNIVERSITAS RAHARJA
ISSN : 27231992     EISSN : 2723200X     DOI : https://doi.org/10.33050/mavib
MAVIB Journal, (Multimedia Audio Visual and Broadcasting Journal) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Raharja. MAVIB Journal menerbitkan makalah asli, makalah tinjauan, kerangka kerja konseptual, model analitik dan simulasi, studi kasus, dan penelitian empiris. MAVIB Journal bertujuan untuk mengembangkan dan mengkomunikasikan secara luas perkembangan Multimedia Audio Visual dan Broadcasting baik secara teoritis maupun pragmatis. MAVIB Journal menerbitkan makalah di bidang Desain Grafis, Komunikasi Visual, Budaya Visual, Audio Visual, Desain Web, Iklan, Fotografi, Videografi, Animasi, Multimedia, dan Desain Game. MAVIB Journal diterbitkan dalam versi cetak dan online. MAVIB Journal diterbitkan dua kali setahun, pada bulan Februari dan Agustus.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2023): MAVIB Journal - Februari 2023" : 10 Documents clear
Video Sebagai Media Promosi Taman Santap Rumah Kayu Serpong Kota Tangerang Dewi Immaniar Desrianti; Mardiana .; Suci Ayuningsih
Jurnal MAVIB Vol 4 No 1 (2023): MAVIB Journal - Februari 2023
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/mavib.v4i1.1790

Abstract

Video promosi sudah jadi kebutuhan serta konten berarti untuk restoran. Tujuannya ialah untuk mempromosikan jasa serta keunggulan restoran tersebut. Taman Santap Rumah Kayu bertempat di kawasan Serpong Kota Tangerang Selatan, yang saat ini hanya memakai media cetak semacam koran, brosur, banner serta spanduk dalam mempromosikan tempat tersebut. Oleh sebab itu, Taman Santap Rumah Kayu membutuhkan sebuah media promosi berbentuk video agar dapat membuat calon konsumen serta masyarakat mengunjungi dan bersantap di tempat tersebut. Tujuan dari pembuatan media promosi ini memberikan informasi terbaru mengenai Taman Santap Rumah Kayu. Manfaat dari pembuatan media promosi ini untuk mempermudah calon pengunjung serta publik atau orang banyak untuk mengetahui berita atau liputan perihal tempat tersebut, sehingga meningkatkan jumlah pengunjung tiap tahunnya melalui video promosi ini. Metode penelitian meliputi: Pengumpulan Data, Analisis SWOT dan Konsep Produksi Media (KPM). Hasil dari pembuatan media promosi yakni rancangan video promosi yang menampilkan fasilitas, jasa serta keunggulan Taman Santap Rumah Kayu. Video promosi ini untuk di share ke media sosial Instagram serta Youtube dan di layar LCD yang terletak di area resepsionis Taman Santap Rumah Kayu. Dengan diimplementasikannya video promosi ini diharapkan Taman Santap Rumah Kayu lebih dikenal oleh publik sehingga banyak orang tertarik untuk berkunjung ke sana.
Media Katalog Produk Digital Pada PT. Tunas Toyota Cipondoh Tangerang Lusyani Sunarya; Zeiniati Cholishoh; Syawal Fatah Khatami
Jurnal MAVIB Vol 4 No 1 (2023): MAVIB Journal - Februari 2023
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/mavib.v4i1.2213

Abstract

Media merupakan suatu wadah yang sering digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan atau informasi kepada penerima, salah satunya adalah media katalog. Media katalog sangat sering digunakan oleh perusahaan, jasa, serta layanan masyarakat untuk mengenalkan produk atau layanan yang ingin dipromosikan, salah satunya PT Tunas Ridean Tbk (Tunas Toyota) Cipondoh merupakan dealer resmi Toyota. Tunas Toyota Cipondoh ini memiliki produk atau layanan seperti sparepart, dan body repair untuk kendaraan. Perusahaan ini memerlukan media katalog produk digital yang dibuat berbeda baik dari segi isi dan metode penggunaannya dengan cabang Tunas Toyota lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menyampaikan informasi dan promosi mengenai produk atau jasa dari PT. Tunas Ridean Tbk (Tunas Toyota) Cipondoh. Metode penelitiannya yaitu pengumpulan data, perancangan media, konsep desain, analisis SWOT. Software yang digunakan: adobe photoshop CC 2019. Dari penelitian ini diharapkan media katalog produk digital ini dapat membantu perusahaan dalam menawarkan produk atau jasa kepada customer.
Video Sinematografis Taman Tematik Sebagai Media Informasi Dan Promosi Disbudpar Kota Tangerang Karunia Suci Lestari; Muhammad Arief Mujahid; Muhamad Hadid Al Farabi
Jurnal MAVIB Vol 4 No 1 (2023): MAVIB Journal - Februari 2023
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/mavib.v4i1.2285

Abstract

Kota Tangerang secara geografis tidak memiliki wisata alam secara alami, akan tetapi dalam upaya meningkatkan pengelolaan pariwisata daerah maka Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang yang merupakan salah satu tujuan terbentuknya organisasi ini. Disbudpar telah membangun taman tematik yang tersebar di 13 Kecamatan wilayahnya. Namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui taman tematik yang telah dibangun instansi pemerintah ini. Sehingga diperlukan perancangan media video agar informasi dan promosi dapat menyebar dengan cepat kepada masyarakat dan wisatawan domestik. Perancangan video ini akan menampilkan informasi mengenai Taman Potret, Taman Gajah, Taman Herbal, Taman Eco Farm, Taman Eco Park, Taman Pisang, dan Taman Ekspresi dalam bentuk sinematografis agar informasi yang disampaikan dapat menarik masyarakat untuk melakukan kunjungan ke taman-taman tematik tersebut. Metode dalam pengumpulan data yang dilakukan yaitu: observasi, wawancara dengan pihak instansi serta studi kepustakaan penelitian sebelumnya yang terkait dengan penelitian ini. Perencanaan rancangan video sinematografis ini menggunakan metode Konsep Produksi Media dan dalam proses perancangan video ini menggunakan tools seperti: Adobe Premiere Pro CC 2017, Adobe After Effect CC 2017dan Adobe Illustrator. Dengan adanya rancangan informasi yang dikemas dalam media video sinematografis ini masyarakat dan para wisatawan dapat tertarik untuk mengunjungi taman tematik tersebut serta dapat meningkatkan ekonomi pendapatan Kota Tangerang.
Video Company Profile Untuk Sarana Promosi Di CV. Liarie Radha Kayana Cikarang Bekasi Ruli Supriati; Patric Bagas Agastya Adhi Putra; Mistano .
Jurnal MAVIB Vol 4 No 1 (2023): MAVIB Journal - Februari 2023
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/mavib.v4i1.2293

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi membuat setiap orang berinovasi, berinovasi dan membuat terobosan baru yang bermanfaat. Selain itu, perusahaan harus tanggap dalam menyikapi perkembangan tersebut. Perusahaan CV. Liarie Radha Kayana ini bergerak di bidang konveksi. yang memproduksi kaos, polo shirt, baju kemeja, seragam karyawan, jaket, topi, tas, sweater, wearpack, kain rayon, kain katun, bahan batik, aneka tenda dan velbed dengan garansi kualitas terbaik Adanya perusahaan ini bertujuan untuk melayani kebutuhan kain secara grosir dan melayani kebutuhan konveksi untuk kalangan pelaku industri, sekolah, instansi pemerintah, Perguruan Tinggi, restoran dan komunitas bisnis lainnya. Kendala perusahan saat ini adalah belumnya memiliki media video company profile untuk penunjang promosi perusahaan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat bekerja sama dengan klien dan perusahaan lain. Oleh karena itu media video promosi ini dapat penyampaian informasi berupa profil, fasilitas, visi dan misi, proses pembuatan produk, produk yang dihasilkan dan keunggulan produk. Metode yang digunakan adalah Concept Media Production (KPM) yaitu pra produksi, produksi dan pasca produksi. Melalui media video ini dinilai lebih menarik karena terdapat audio dan visual yang didukung dengan informasi update dan lengkap agar membantu perusahaan lebih dikenal oleh masyarat luas.
Media Video Sebagai Sarana Informasi Dan Promosi Pada Universitas Raharja M.Puad Abdul Baqi; Rangga Sedayu; Akhmad Rahman Haryanto
Jurnal MAVIB Vol 4 No 1 (2023): MAVIB Journal - Februari 2023
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/mavib.v4i1.2478

Abstract

Perkembangan saat ini dalam dunia informasi dan teknologi maupun dari segi media promosi berkembang dengan pesat diera modern ini, hal tersebut merupakan tuntutan dari strategi promosi yang dikembangkan oleh Universitas Raharja, campus Raharja saat ini memiliki berbagai macam keunggulan dan fasilitas, Raharja saat ini sudah tersertifikasi ISO 9001-2015 dan sudah terakreditasi. Saat ini calon mahasiswa/i dan masyarakat yang belum mengetahui keunggulan yang ada di Universitas Raharja, tujuan penelitian ini adalah untuk menarik calon mahasiswa/i untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi di Universitas Raharja dan analisis ini menggambarkan keunggulan media video sebagai teknologi agar masyarakat mengetahui informasi dari video promosi apa saja fasilitas dan keunggulan yang ada di Universitas Raharja sehingga menarik perhatian seluruh calon mahasiswa/i baru. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah : Pengumpulan data, Penyusunan media dan Konsep Produksi Media (KPM). Hasil penelitian ini merupakan perancangan media periklanan sebagai media informasi dan dan periklanan Universitas Raharja, yang terdapat informasi tentang keunggulan dan fasilitas yang dirancang menggunakan Software adobe Premiere pro 2019 dan Adobe Audition 2019.
Media Company Profile Sebagai Sarana Promosi Pada CV. Sigma Panongan Kabupaten Tangerang Mulyati .; Fachri Bayu Wardana; Luthfya Miranda
Jurnal MAVIB Vol 4 No 1 (2023): MAVIB Journal - Februari 2023
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/mavib.v4i1.2480

Abstract

Sebuah bisnis properti saat ini banyak diminati oleh masyarakat luas, salah satunya yaitu dibidang interior dan furniture. Perusahaan interior dan furniture pun semakin meningkat dengan banyaknya jumlah permintaan. Salah satu perusahaan interior dan furniture yang sedang berkembang adalah CV. Sigma Panongan. Saat ini perusahaan tersebut menghasilkan suatu produk yaitu berupa kitchen set, meja, kursi dan masih banyak lagi. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk memberikan informasi dan mempromosikan produknya sehingga bisa meningkatkan kepercayaan kepada calon klien, relasi perusahaan, instansi dan masyarakat pada produk yang dihasilkan oleh CV. Sigma Panongan. Permasalahan yang terjadi yaitu promosi dilakukan hanya melalui mulut ke mulut, dengan memanfaatkan adanya media cetak sederhana seperti brosur, kartu nama, dan melakukan presentasi dengan menunjukkan print out portofolio produk perusahaan secara langsung kepada calon klien dan relasi, sehingga perusahaan dinilai kurang dikenal dibandingkan dengan pesaing pesaingnya yang telah menggunakan media promosi yang menarik, sehingga perusahaan membutuhkan strategi pemasaran yaitu video profile sebagai penunjang promosinya. Metodologi penelitian menggunakan pengumpulan data dengan dibuat menggunakan software Adobe Premiere Pro CS6 dan Adobe After Effect CS6 dan Konsep Produksi Media (KPM). Penelitian ini akan menciptakan sebuah perancangan video company profile dengan menyampaikan keseluruhan ruang lingkup perusahaan.
Video Promosi Dan Informasi Berbentuk Company Profile Pada PT McCSEN Lite Novi Cholisoh; Sendy Zul Friandi; Ahmad Fahmy Fiqri Ilmi
Jurnal MAVIB Vol 4 No 1 (2023): MAVIB Journal - Februari 2023
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/mavib.v4i1.2483

Abstract

Company Profile adalah sebuah aset perusahaan, yang dipegang dan dipunyai oleh setiap perusahaan yang berperan sebagai ciri atau jati diri dari perusahaan. PT McCSEN yaitu perusahaan yang beroperasi di bidang Produksi aksesoris dan variasi motor yang beralamat di Jalan Pemda Tigaraksa, Budi Mulya, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten. Tujuan dibuatnya video company profile untuk media pendukung informasi dan promosi dengan beberapa inovasi produk terbaru dan kreatifitas agar lebih menarik. Permasalahan yang di hadapi PT McCSEN Lite ialah belum memiliki media informasi dan promosi, sebelumnya sudah membuat tapi tidak tersebar ke sosial media, dan sudah tidak up to date. Hal ini menjadikan PT McCSEN Lite tertarik untuk membuat video company profile yang memberikan informasi dan promosi kepada masyarakat luas dan competitor lain. Terdapat metode yang akan di gunakan pada video company profile diantaranya yaitu, pengumpulan data, analisis SWOT, perancangan media dan Konsep Produksi Media(KPM). Melalui video company profile ini dapat menunjang pihak perusahaan dalam mencari competitor untuk bekerja sama, dan dikenal bagi masyarakat luas.
Media Video Promosi D'Masiv Pada PT. Masif Satu Misi Aris Martono; Nur Fikri Harits; Indah Choirunnisa
Jurnal MAVIB Vol 4 No 1 (2023): MAVIB Journal - Februari 2023
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/mavib.v4i1.2487

Abstract

Media promosi sangat berpengaruh terhadap strategi pemasaran pada suatu bisnis. Media yang digunakan pada PT. Masif Satu Visi sebelumnya untuk menyampaikan informasi lalu mempublikasikan D’Masiv hanya melewati social media, siaran radio dan channel youtube belum memberikan informasi secara lengkap. Promosi sebelumnya yang dilakukan dimedia sosial juga, hanya berisi foto-foto kegiatan yang dinilai masih sangat sederhana, sehingga menimbulkan kurangnya minat dalam penyampaian informasi. PT. Masif saat ini berada pada Satu Visi sangat membutuhkan video promosi melalui media video, warna dan teks informasi yang lebih jelas dan menarik. Khususnya dalam bidang publikasi, yang nantinya akan di sebar luaskan kepada masyarakat. Adapun data-data yang digunakan video promosi ini, bahwa perancangan ini, terdapat metode penelitian yang digunakan : studi pustaka, perancangan media analisis SWOT, konsep produksi media (KPM) dan observasi wawancara (interview),. Lalu dibutuhkan adanya media video promosi, yang memiliki tujuan guna memperkenalkan keseluruhan yang ada dari D’Masiv, agar masyarakat yang melihat dapat tertarik untuk mengajak di acara event dan relasi lainnya, hasil dari perancangan media promosi ini diharapkan akan menciptakan peluang bagi PT. Masif Satu Visi.
Perancangan Desain Komunikasi Visual Perayaan HUT Kemerdekaan RI Pada Graha Gardenia Wiranti Sri Utami; Muhammad Faisal; Ahmad Doni Saputra
Jurnal MAVIB Vol 4 No 1 (2023): MAVIB Journal - Februari 2023
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/mavib.v4i1.2517

Abstract

Pemanfaatan desain grafis sebagai media komunikasi visual semakin meningkat di segala instansi, salah satu contoh pemanfaatan desain komunikasi visual adalah pada bidang sarana informasi. Desain komunikasi visual sebagai sarana informasi dimanfaatkan pada pemukiman penduduk Graha Gardenia Rajeg dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerndekaan Republik Indonesia (RI). Dalam menyusun penelitian ini penulis menggunakan metode dengan cara mengumpulkan data melalui studi pustaka, observasi, dan perancangan desain menggunakan software Corel Draw, adapun desain yang akan dibuat dalam penelitian ini dalam bentuk Spanduk, Banner, Poster, dan Tag name. Proses penelitian ini bertujuan untuk membantu memberikan informasi tentang kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerndekaan Republik Indonesia (RI) pada pemukiman penduduk kawasan Graha Gardenia Rajeg dan juga untuk menanampak rasa nasionalis terhadap para Pemuda-pemudi.
Video Animasi Guna Promosi Pada PT. Castra Adhi Cemerlang Dede Cahyadi; Wahyu Hidayat; Erfian Yuda Adji Purnomo
Jurnal MAVIB Vol 4 No 1 (2023): MAVIB Journal - Februari 2023
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/mavib.v4i1.2553

Abstract

Teknologi media informasi semakin berkembang. Dengan adanya Animasi. Selama ini pihak PT Castra Adhi Cemerlang menggunakan media lisan, brosur dan pameran sehingga akan semakin kreatif. Maka pihak PT Castra Adhi Cemerlang pasaat ini belum memiliki animasi. PT Castra Adhi Cemerlang yaitu tentang pelayanan konsultasi psikolog. Wawancara merupakan proses utama PT Castra Adhi Cemerlang. Hasil analisis memunculkan konsep video Animasi menggunakan aplikasi guna penunjang hasil karya animasi tersebut. Perancangan dilakukan dengan konsep produksi. Hasil media Animasi yang dirancang ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan minat masyarakat luas untuk melakukan tentang pelayanan konsultasi psikolog.

Page 1 of 1 | Total Record : 10