cover
Contact Name
Gabriela Laras Dewi Swastika
Contact Email
gabriela.swastika@ciputra.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalcalathufikom@ciputra.ac.id
Editorial Address
School of Communication Science and Media Business UC Tower Building 14th Floor, Universitas Ciputra Surabaya CitraLand CBD Boulevard, Made, Sambikerep, Surabaya City, East Java 67219
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 26562057     EISSN : 26568519     DOI : https://doi.org/10.37715/calathu.v3i1.1894
Core Subject : Education,
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi membuka peluang bagi para peneliti untuk menuliskan naskah hasil penelitian dalam lingkup ilmu komunikasi, topik tidak dibatasi dan beragam, mulai dari kajian media dan budaya, periklanan, penyiaran, jurnalisme, humas, komunikasi pemasaran terpadu, ekonomi politik komunikasi, etika dan filsafat komunikasi, literasi media, komunikasi politik, komunikasi pariwisata, komunikasi lintas budaya, komunikasi kebijakan publik, komunikasi visual, komunikasi interpersonal dan organisasi, maupun studi khalayak. Naskah diharapkan mengikuti perkembangan ilmu komunikasi dan mampu mendorong pertumbuhan pengetahuan dalam bidang keilmuan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2021): Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi" : 6 Documents clear
Efektivitas Instagram Sebagai Media Kampanye Nadia Fransiska dalam Meningkatakan Ketertarikan Masyarakat Nurikhsan, Farhan; Putri, Kinkin YS
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3 No 2 (2021): Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : School of Communication Science and Media Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/calathu.v3i2.1970

Abstract

Perkembangan internet dan hadirnya media sosial telah membuat para politisi menggunakan media sosial sebagai salah satu alat berkampanye para politisi untuk menarik perhatian masyarakat. Salah satu politisi yang menggunakan media sosial Instagram sebagai alat kampanye adalah Nadia Fransiska. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan media Instagram sebagai alat kampanye Nadia Fransiska dalam meningkatkan ketertarikan masyarakat. Penelitian ini menggunakan variabel efektivitas Instagram dalam meningkatkan ketertarikan masyarakat yang memiliki dua dimensi, yaitu Instagram sebagai media kampanye, dan peningkatan ketertarikan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Peneliti menggunakan teori AIDA dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melaksanakan kampanye untuk menarik perhatian masyarakat belum maksimal. Hal ini terlihat pada mean terendah, yaitu gelar yang dicantumkan dan partai yang ditampilkan. Kata kunci: komunikasi politik, media sosial, kampanye
Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Perspektif Kebijakan Strategi Pembangunan Perhutani (RPH) Sukorejo Ulfa, Febi Alfia
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3 No 2 (2021): Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : School of Communication Science and Media Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/calathu.v3i2.2039

Abstract

Kemunculan corporate social responsibility (CSR) merupakan alternatif yang patut dikembangkan untuk membagi arah tanggung jawab perusahaan terhadap berbagai persoalan sosial dan lingkungan masyarakat. CSR dapat dijadikan sebuah strategi keberpihakan perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan, serta wujud kepedulian perusahaan untuk menjaga dan melakukan upaya-upaya terhadap kemungkinan munculnya sikap negatif industrialisasi. Perum Perhutani merupakan salah satu BUMN yang telah melaksanakan CSR di berbagai daerah. Salah satunya terdapat pada Dusun Pondok Jeruk tepatnya di areal Perhutani RPH Sukorejo BKPH Sukosari Kecamatan Sumberwringin. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana menjawab masalah dengan memanfaatkan CSR dan upaya-upaya yang dilakukan Perum Perhutani untuk meningkatkan ekonomi dan kualitas masyarakat dengan melakukan pembangunan yang diampu oleh Perum Perhutani RPH Sukorejo. Tujuan yang akan dicapai oleh penulis dalam penelitian kali ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana Corporate Social Responsibility yang dilakukan oleh Perum Perhutani RPH Sukorejo dapat meningkatkan ekonomi dan kualitas masyarakat khususnya bagi masyarakat Dusun Pondok Jeruk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data wawancara serta penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian kali ini menunjukkan bahwa terlaksananya CSR Perum Perhutani RPH Sukorejo pada Dusun Pondok Jeruk dengan melakukan pembangunan TK Tunas Rimba dan juga UMKM Kafe Rimba, sehingga membuat Dusun Pondok Jeruk mengalami kesejahteraan masyarakat yang dibuktikan dengan meningkatnya pendapatan ekonomi dan kualitas masyarakat pada anak-anak usia dini. Kata kunci: CSR, strategi komunikasi pembangunan, Resort Pengelolaan Hutan (RPH)
Sentralitas Aktor dan Distribusi Jaringan Komunikasi Kelompok Prostitusi di Media Sosial Twitter Tayibnapis, Radita Gora; Tarsani, Oni
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3 No 2 (2021): Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : School of Communication Science and Media Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/calathu.v3i2.2041

Abstract

Fenomena prostitusi di Indonesia kian menggeliat, di masa COVID 19 para pelaku prostitusi semakin menyebar dengan membentuk jaringan-jaringan baru perdagangan wanita di media sosial. Pembentukan jaringan di media sosial semakin memudahkan para pelaku prostitusi membentuk kelompok dan subkelompok baru sehingga akses untuk melakukan komunikasi antarpelaku prostitusi semakin mudah di media sosial. Upaya untuk menganalisis, peneliti menggunakan Teori Jaringan Sosial untuk menganalisis jaringan komunikasi antarpelaku prostitusi dan Computer Mediated Communication (CMC) untuk mendalami permasalahan perluasan jaringan dan pembentukan jaringan melalui metode campuran sekuensial eksplanatori. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa para pelaku prostitusi dapat melakukan perluasan jaringan secara masif melalui jaringan media sosial yang sudah meluas transaksi jaringannya. Selain itu, para pelaku prostitusi online di Twitter tersebar di seluruh kota di Jawa bahkan jaringan tersebut juga dapat meluas hingga luar Pulau Jawa. Motif dari perdagangan jasa seksual online ini tidak terlepas dari kebutuhan ekonomi. Kata kunci: prostitusi, sentralitas aktor, subkelompok, metode campuran, jaringan komunikasi
Analisis Penyebaran Kampanye Hitam (Black Campaign) Pilkada Jember Melalui Media Sosial Facebook Suyono, Suyono
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3 No 2 (2021): Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : School of Communication Science and Media Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/calathu.v3i2.2181

Abstract

Setelah mengalami penundaan karena pandemi Covid-19, Pilkada serentak dilaksanakan Rabu, 9 Desember 2020 yang melibatkan 270 daerah di seluruh Indonesia. Di Jawa Timur sebanyak 19 kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada, termasuk Kabupaten Jember. Persoalannya, Pilkada kali ini berbeda dengan sebelumnya, terutama terkait dengan pengaturan masa kampanye. KPU dengan regulasi yang baru melarang kampanye dengan cara menciptakan kerumunan massa, seperti rapat umum dan konser musik. Para kandidat dan tim pendukungnya, memanfaatkan media, khususnya media online dan media sosial untuk bersosialisasi menjalankan kampanye. Di antara platform media sosial yang ada, Facebook yang paling banyak dipakai untuk berkampanye. Metode penelitian yang digunakan pada studi ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang orang atau perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian menunjukkan banyak berita hoaks dan kampanye hitam yang disebarkan melalui Facebook. Kampanye hitam dengan mendeskreditkan pasangan calon, diarahkan untuk menjatuhkan lawan politiknya. Harapan dari penyebaran kampanye hitam ini, untuk memengaruhi sikap masyarakat untuk tidak memilih calon tertentu. Kata kunci: kampanye hitam, media sosial, Facebook, Pilkada Jember
Komunikasi Antarbudaya pada Mahasiswa Perguruan Tinggi X (Studi pada Mahasiswa Angkatan 2017) Wono, Hilda; Bio Amos Mbaroputera, Ronald Samuel; Herdono, Ismojo; Safitri, Bela Ayu
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3 No 2 (2021): Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : School of Communication Science and Media Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/calathu.v3i2.2195

Abstract

Komunikasi antarbudaya memiliki peran penting dalam proses adaptasi mahasiswa sehingga menciptakan suatu hubungan yang harmonis antara mahasiswa satu sama lain. Contohnya perilaku mahasiswa luar Pulau Jawa yang memiliki semangat untuk berinteraksi dengan mahasiswa yang berasal dari Pulau Jawa hanya karena ingin membangun relasi serta berusaha mendapatkan informasi atau pemahaman yang sesuai dengan budaya maupun bahasa yang ada di Pulau Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan komunikasi verbal dan hambatan-hambatan yang ditemui dalam komunikasi antarbudaya di kalangan mahasiswa Perguruan Tinggi X angkatan 2017. Penelitian ini dilakukan di Surabaya dengan mahasiswa yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara. Adapun informan adalah mahasiswa angkatan 2017 dari luar Pulau Jawa karena mahasiswa angkatan 2017 memiliki ragam asal yang berbeda paling banyak dibandingkan dengan angkatan lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adaptasi dapat lebih cepat terjadi dikarenakan terdapat persamaan peran atau status dalam proses perkuliahan yaitu sama-sama sebagai seorang mahasiswa serta dorongan dari berbagai pihak. Kata kunci: komunikasi antarbudaya, adaptasi, deskriptif
Representasi Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak melalui Reality Show “The Return of Superman” Wijaya, Claudia Theresia; Ramadhani, Desya; Tas’an, Nadia Aprilia
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3 No 2 (2021): Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : School of Communication Science and Media Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/calathu.v3i2.2348

Abstract

Reality show biasanya digunakan untuk menunjukkan bagaimana kehidupan di dunia nyata beberapa orang melalui media. Berbeda dari film atau drama yang sudah tertata dan memiliki naskah, reality show dilakukan secara natural tanpa adanya pengaturan yang mencolok. Tujuan dari reality show sendiri ialah untuk merepresentasikan suatu kejadian, kehidupan, cara hidup tertentu melalui teks dan gambar yang disajikan. Seperti halnya reality show The Return of Superman mengambil konsep kehidupan keluarga yang berfokus pada peran seorang ayah dalam mengasuh anak secara mandiri di kala sang ibu diliburkan sementara. Dalam konsep ini, para ayah dituntut untuk bisa memahami dan menjaga anak selama 48 jam penuh. Dengan membuat reality show ini, diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada para ayah dalam hal pengasuhan anak dan menunjukkan kepada penonton bagaimana proses mengasuh dan diasuh antara seorang ayah dan anak dapat memberi pengaruh yang baik kepada sang anak. Bagaimana representasi peran ayah dalam mengasuh anak yang digambarkan dalam reality show The Return of Superman menjadi rumusan masalah yang akan diteliti. Secara khusus untuk memberikan gambaran yang lebih jelas bagaimana peran gender pada seorang ayah dalam mengasuh anak yang direpresentasikan oleh media melalui The Return of Superman sehingga dapat membantu industri televisi untuk dapat mengembangkan program-program yang tidak hanya dapat menghibur penonton, tapi juga dapat mengedukasi. Metode penelitian yang digunakan adalah representasi oleh Stuart Hall, tepatnya representasi peran gender dalam keluarga, menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi teks. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peran ayah dalam pembentukan pola pikir serta perkembangan anak sangat berpengaruh dan sama pentingnya dengan peran ibu terlepas dari konsep gender dan peran ayah yang sebenarnya. Kata kunci: representasi, gender, peran ayah, reality show, The Return of Superman

Page 1 of 1 | Total Record : 6