cover
Contact Name
Fitri Damayanti
Contact Email
fitridamayantineng@gmail.com
Phone
+6281536669280
Journal Mail Official
edu.biologia@unindra.ac.id
Editorial Address
Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
EduBiologia: Biological Science and Education Journal
ISSN : -     EISSN : 27746267     DOI : http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v1i2
The focus and scope of the journal EduBiologia Biological Science and Education Journal includes pure biology and biology education. In detail, this coverage includes: Pure biology which includes biotechnology, ecology, microbiology, genetics, botany, zoology, cell biology, applied biology, biochemistry, and other biological studies that are relevant to biology in a broad sense. Biology education, including curriculum, instruction, and assessment of Biology, research method in education and biology, conceptual construction, thiking skills, and scientific literacy on Biology, learning media, tools, and modules development, pedagogical content knowledge for Biology.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2022): EduBiologia: Biological Science and Education Journal" : 7 Documents clear
Analisis Minat Belajar Biologi Siswa SMA Kasih Depok di Tengah Pandemi Covid-19 Yohana Yohana; Efri Gresinta; Zakiah Zakiah Fithah A’ini
EduBiologia: Biological Science and Education Journal Vol 2, No 2 (2022): EduBiologia: Biological Science and Education Journal
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/edubiologia.v2i2.13527

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pemantauan minat siswa dalam pembelajaran biologi di masa Covid-19. Metode yang digunakan berupa deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa triangulasi. Sedangkan subyek penelitian adalah siswa kelas X SMA Kasih Depok, dengan penentuan teknik random sampling. Berdasarkan hasil perhitungan untuk penetapan kategori minat belajar siswa terhadap biologi indikator keterlibatan, sebesar 92%, indikator perasaan senang sebesar 90%, indikator ketertarikan sebesar 80,8%, dan indikator  perhatian dalam belajar sebesar 80%. Simpulan yang didapatkan adalah minat belajar biologi di kalangan siswa SMA Kasih Depok di tengah pandemi Covid-19 tinggi. Sehingga, selama pandemi Covid-19 tidak mempengaruhi minat siswa untuk belajar biologi.
Kualitas Lingkungan Perairan Situ Cisanti Berdasarkan Kelimpahan dan Keanekaragaman Zooplankton Muhammad Faizal Fathurrohim
EduBiologia: Biological Science and Education Journal Vol 2, No 2 (2022): EduBiologia: Biological Science and Education Journal
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/edubiologia.v2i2.11910

Abstract

Peningkatan aktivitas masyarakat seperti berkebun dan wisata di daerah Desa Tarumajaya telah mengakibatkan penurunan kualitas perairan di Situ Cisanti. Untuk melakukan perbaikan, diperlukan data dan informasi mengenai kelimpahan dan keanekaragaman zooplankton dalam menentukan suatu rantai makanan dan indikator pencemaran suatu perairan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi secara kuantitatif mengenai nilai kelimpahan dan keanekaragaman zooplankton di Situ Cisanti, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Belt Transek. Stasiun penelitian dibagi atas tiga stasiun yaitu hulu (inlet), tengah, dan hilir (outlet) dengan titik pengambilan sampel sebanyak tiga kali pada setiap stasiun. Pengambilan sampel penelitian dilakukan pada pagi sampai siang hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelimpahan zooplankton berkisar antara  1.000-28.000 ind/m3. Komposisi taksa zooplankton yang tercuplik  adalah kelas Crustacea yang terdiri dari lima genus, Cilliata yang terdiri dari satu genus dan Monogononta yang terdiri dua genus. Indeks keanekaragaman (H’) zooplankton berkisar antara 1,244-1,537, kisaran nilai indeks keanekaragaman (H’) zooplankton menunjukkan bahwa perairan Situ Cisanti memiliki keanekaragaman jenis sedang dan memiliki komunitas yang cukup stabil. Perlu dilakukan penelitian lanjutan mengenai kelimpahan dan keanekaragaman plankton di Situ Cisanti agar dapat ditemukan genus-genus zooplankton lainnya dan mendeskripsikan genus zooplankton yang belum terdeskripsi.
Bioaktivitas Antibakteri Tanaman Salam Koja (Murraya Koenigii) Emilda Emilda
EduBiologia: Biological Science and Education Journal Vol 2, No 2 (2022): EduBiologia: Biological Science and Education Journal
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/edubiologia.v2i2.13787

Abstract

Salam Koja (Murraya koenigii) adalah salah satu spesies tanaman obat yang biasanya dimanfaatkan sebagai rempah. Tanaman ini mengandung banyak senyawa metabolit sekunder yang potensial dikembangkan menjadi bahan baku obat khususnya antibiotika. Artikel ini disusun untuk membahas tentang aktifitas antibakteri pada senyawa bioaktif yang ditemukan pada tanaman Salam Koja. Salam Koja/daun Kari memiliki aktifitas antibakteri yang cukup baik, selain sebagai antioksidan, antikanker, antiinflamasi dan sebagainya. Dari sejumlah penelitian diketahui ekstrak daun Kari, kaya dengan alkaloid karbazol, serta minyak atsiri yang banyak mengandung ?-kariofilena, ?- humulene, ?-selinena dari golongan sesquiterpen dan pinena dari golongan monoterpen. Aktifitas antibakteri senyawa metabolit tersebut lebih efektif pada bakteri Gram positif daripada bakteri Gram negatif. Untuk pengaplikasian senyawa ini sebagai alternatif antibiotika alami, dapat dilakukan dengan cara mensinergikan dengan antibiotik sintetik karena terbukti memberikan pengaruh yang lebih baik.
Analisis Efikasi Diri dalam Pembelajaran Biologi di SMK Bunda Auni Aprilliany Eka Putri; Sri Murni Soenarno; Andri Suryana
EduBiologia: Biological Science and Education Journal Vol 2, No 2 (2022): EduBiologia: Biological Science and Education Journal
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/edubiologia.v2i2.12924

Abstract

Efikasi diri siswa dapat memengaruhi pencapaian prestasi akademiknya. Efikasi diri siswa di SMK Bunda Auni, berdasarkan hasil observasi awal, digolongkan kurang baik. Adapun  penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efikasi diri peserta didik dalam proses belajar mengajar biologi di sekolah menengah kejuruan. Penelitian ini dilakukan di SMK Bunda Auni pada bulan Februari hingga Juni 2021. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas XI yang menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri siswa dalam pembelajaran biologi berbeda-beda. Adapun efikasi diri siswa yang baik terdapat pada indikator ketiga yaitu mengatasi tugas yang sulit, dan indikator kelima yaitu cepat bangkit setelah mengalami kegagalan. Sedangkan efikasi diri yang lemah terdapat pada indikator kedua dan keempat yaitu menerima tugas yang sulit dan keyakinan dalam menyelesaikan tugas dengan kemampuannya. Ada beberapa faktor yang memengaruhi lemahnya indikator kedua dan keempat diantaranya karena siswa tidak yakin terhadap kemampuannya sendiri, ruang lingkup pertemanan yang membuat rendahnya efikasi diri siswa, kurang faham terhadap pelajaran yang dihadapi, hal ini kerap kali membuat siswa merasa tidak percaya diri.
Fekunditas dan Pola Pemijahan Ikan Sepat Rawa Trichopodus trichopterus (Pallas, 1770) dari Bendungan Lempake Samarinda, Kalimantan Timur Jusmaldi Jusmaldi; Febriana Nincy Lediana Gurning; Nova Hariani
EduBiologia: Biological Science and Education Journal Vol 2, No 2 (2022): EduBiologia: Biological Science and Education Journal
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/edubiologia.v2i2.12505

Abstract

Penelitian tentang fekunditas dan pola pemijahan ikan sepat rawa (Trichopodus trichopterus Pallas,1770) dari bendungan Lempake, Samarinda Kalimantan Timur belum pernah diinformasikan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan fekunditas ikan sepat rawa terkait dengan panjang dan bobot tubuh serta menganalisis pola pemijahannya. Sebanyak 30 sampel gonad matang pada ikan betina sepat rawa dikoleksi dari bendungan Lempake, selama kurun waktu dari bulan Januari sampai Maret 2021. Untuk menentukan fekunditas dan pola pemijahan digunakan metoda gravimetri dan pengukuran. Dari hasil penelitian ini diperoleh fekunditas ikan sepat rawa berkisar 448-1257 butir telur per individu ikan, dengan panjang total tubuh berkisar 82,13-112,46 mm dan bobot tubuh berkisar 9,1-22,5 g. Model regresi hubungan antara fekunditas dan panjang total tubuh adalah F=0,0003L3,23 (r=0,877), sedangkan hubungan fekunditas dan bobot tubuh adalah F=58,6W1,0339 (r=0,883). Kisaran diameter telur yang diperoleh adalah 0,41-0,98 mm. Berdasarkan distribusi frekuensi diameter telur di dalam gonad menunjukkan pola pemijahan ikan sepat rawa adalah serentak.
Persepsi Guru Biologi terhadap Mobile Learning dalam Pembelajaran Biologi Dina Hizhwati; Susilo Susilo; Gufron Amirullah; Supardi Supardi
EduBiologia: Biological Science and Education Journal Vol 2, No 2 (2022): EduBiologia: Biological Science and Education Journal
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/edubiologia.v2i2.12973

Abstract

Teknologi mobile learning berperan dalam merubah cara berkomunikasi, berinteraksi, juga berperilaku siswa dan guru. Penelitian ini dilakukan untuk menguji reliabilitas instrumen penerapan mobile learning dalam pembelajaran biologi berdasrkan pandangan guru. Desain mix-method diadopsi dalam pelaksanannya. Data kualitas item dan responden, reliabilitas item dan responden, pengelompokan item dan responden, konsistensi, dan perbedaan persepsi responden berdasarkan data demografi dianalisis menggunakan Rasch Model melalui perangkat lunak Winstep 4.4.4. Sejumlah 62 guru biologi dari 46 sekolah menengah di provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Bengkulu, dan Sulawesi Selatan digunakan sebagai sampel yang diperoleh melalui purposive sampling. Instrumen persepsi berupa kuesioner atas 65 butir pernyataan dan dua butir pertanyaan mengenai pengetahuan, pemanfaatan, dan pengaruh mobile learning dalam pembelajaran biologi untuk mengumpulkan informasi. Temuan mengungkap bahwa instrumen persepsi guru terhadap mobile learning berada pada kategori baik sampai sangat baik. 32 item kuesioner memiliki nilai di bawah nilai rata-rata logit +0.00 yang berarti item relatif mudah disetujui responden dan 49 responden sangat konsisten dalam menjawab (logit + 1.35). Hambatan penerapan mobile learning yang sering terjadi adalah siswa menyalahgunakan smartphone dalam proses pembelajaran. Instrumen persepsi ini diharapkan mampu menjadi media evaluasi mobile learing yang efektif dan efisien, sehingga hambatan-hambatan dalam pembelajaran tersebut dapat teratasi dengan baik.
COVER, DEWAN REDAKSI, DAN DAFTAR ISI Fitri Damayanti
EduBiologia: Biological Science and Education Journal Vol 2, No 2 (2022): EduBiologia: Biological Science and Education Journal
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/edubiologia.v2i2.17441

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 7