cover
Contact Name
Darmianus Harefa
Contact Email
diusharefa@gmail.com
Phone
+6285340453647
Journal Mail Official
montessori@iakn-manado.ac.id
Editorial Address
Jl. Bougenville, Tateli I, Kec. Mandolang, Minahasa, Sulawesi Utara, Indonesia, 95661
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
ISSN : -     EISSN : 27986195     DOI : 10.51667
Montessori Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini adalah jurnal yang menjadi wadah setiap riset ilmiah tentang pengembangan studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini yang bersifat kritis, inovatif, dan kontekstual. Fokus dan Ruang Lingkup Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini 1. Kurikulum PAUD 2. Strategi Pembelajaran PAUD 3. Manajemen Lembagau PAUD Kristen 4. Perencanaan Pembelajaran PAUD 5. Pengelolaan Pembelajaran PAUD 6. Media Pembelajaran Anak Usia Dini 7. Evaluasi Pembelajaran PAUD 8. PAK untuk Anak Usia Dini 9. Pendidikan untuk Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus 10. Pendidikan Multikultural untuk Anak Usia Dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2022): Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini" : 5 Documents clear
Tinjauan Empiris Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Ceria Terpadu Wamena Tahun 2016 Marde Christian Stenly Mawikere; Sudiria Hura
Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2022): Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/mjpkaud.v3i1.837

Abstract

Artikel ini merupakan Studi Mengenai Implementasi Pendekatan Proses Pembelajaran dan Metode-metode Pembelajaran Pendidikan Kristen Anak Usia Dini. Di dalamnya, peneliti mengungkapkan mengenai pentingnya pelayanan Pendidikan Kristen kepada anak-anak usia dini sebagaimana kepada orang-orang dewasa. Oleh karena Alkitab menyatakan bahwa anak-anak adalah subyek pelayanan dan masa yang menentukan dalam pengenalan akan Tuhan dan pertumbuhan iman menuju masa dewasa. Dalam dunia pendidikan, kategori anak usia dini adalah masa usia emas (golden age) untuk menanamkan nilai-nilai rohani dan pembentukan karakter serta memperkenalkan mereka dengan pengetahuan dan keterampilan dengan sederhana. Studi ini diawali dengan paparan sekilas dalam bagian pendahuluan mengenai hasil kajian Alkitab (hermeneutika Alkitab) mengenai pendidikan anak usia dini, baik dari Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Kemudian dilanjutkan dengan paparan sekilas dalam pendahuluan juga mengenai hasil kajian teoritis yang menelaah dengan fokus masalah penelitian dari tesis ini yakni pendekatan proses pembelajaran dan metode-metode pembelajaran terhadap anak usia dini. Adapun penelitian empiris dalam penelitian ini dilakukan pada satuan pendidikan KBTRI dan TK Ceria Terpadu PESAT Wamena untuk memperoleh gambaran mengenai relevansi pendekatan proses pembelajaran dan metode-metode pembelajaran dengan mengumpulkan data-data yang diperoleh melalui pengamatan dan wawancara terhadap dinamika pembelajaran di kelas antara guru dan murid. Adapun penelitian dalam artikel ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dibangun dari penelitian literatur, dalam hal ini literatur mengenai kajian Alkitab dan kajian teoritis yang berkaitan dengan pendidikan Kristen anak usia dini serta penelitian empiris yaitu pengamatan lapangan yang dilakukan dengan metode pengamatan partisipan dan wawancara yang dilaksanakan tahun 2016 pada lokus penelitian. Hasil studi memperlihatkan bahwa pendekatan proses pembelajaran maupun metode-metode pembelajaran PAK yang relevan terhadap anak usia dini tidak sekedar mengikuti teori-teori pembelajaran sekuler yang cenderung menekankan pengetahuan dan ketrampilan seorang guru/pendidik, kurikulum dan bahan pelajaran atau sarana yang canggih serta fasilitas belajar yang memadai melainkan penting sekali adanya dasar-dasar Firman Tuhan (Alkitab) yang menjadi pedoman utama. Hasil studi ini juga memperlihatkan adanya dua pendekatan proses pembelajaran yakni dari golongan interaksionisme dan kategorial yang masing-masing berorientasi kepada anak sebagai subyek pendidikan serta bermacam-macam metode pembelajaran yang menekankan peran anak untuk memahami, menangkap dan mengetahui apa yang hendak diajarkan oleh guru terhadap mereka. Hal ini yang nampak dan efektif dalam penelitian empiris terhadap KBTRI dan TK Ceria Terpadu Wamena, Papua, setidaknya dalam kurun waktu tahun 2016.
Penerapan Teologi Cinta Kristus Dan Pedagogi Cinta Johann Heinrich Pestalozzi Dalam Pendidikan Agama Kristen Anak Desi Sianipar; Sozanolo Telaumbanua
Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2022): Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/mjpkaud.v3i1.877

Abstract

Abstrak Pendidikan yang berpusat pada cinta sangat dibutuhkan anak karena banyak anak yang mengalami krisis cinta akibat mengalami kekerasan dari orang-orang di sekitarnya. Kurangnya cinta dalam pendidikan anak telah mengakibatkan kurangnya rasa percaya diri, mudah putus asa, tidak memiliki daya juang, menjadi antisosial, dan sebagainya. Karena itu, pendidikan agama Kristen berperan besar dalam menanamkan pemahaman tentang cinta kristiani, membentuk karakter anak yang penuh cinta, serta mempraktikkan cinta dalam kehidupan. Karena itu, tujuan penelitian ini adalah menghasilkan pemikiran tentang penerapan teologi cinta Kristus dan pedagogi cinta Pestalozzi dalam pendidikan agama Kristen anak. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Hasil penelitian ini adalah pendidikan agama Kristen anak berpusat pada cinta yang diterapkan berdasarkan teologi cinta Kristus dan pedagogi cinta Pestalozzi. Pendidik merupakan pribadi yang penuh cinta, tujuan dan materi pembelajaran memuat capaian dan bahasan tentang cinta kepada Allah, sesama, dan diri sendiri, metode pembelajaran bertujuan untuk mempromosikan cinta; dan evaluasi pembelajaran berfokus pada perkembangan sikap empati pada anak. Kata kunci : Teologi Cinta, Pedagogi Cinta, Pendidikan Agama Kristen, Anak Abstract Love centered education is needed by children because many children experience crisis of love due to violence from the people around them. Lack of love in children education will result in lack of self-confidence, easily discouraged, not having power to fight, being antisocial, and so on. Therefore, Christian religious education plays major role in instilling understanding of Christian love, forming the character of children who are full of love, and practicing love in their life. Therefore, the purpose of this research is to give ideas about the application of the theology of Christ's love and the pedagogy of love from Pestalozzi in the Christian religious education of children. The research method uses qualitative methods with literature study approach. The result of this research is that Christian religious education for children is centered on love which is applied based on the theology of Christ's love and the pedagogy of love from Pestalozzi. The educator is a person who is full of love, the goals and learning materials contain the topics about love to God, others, and oneself, the learning method aims to promote love; and evaluation of learning focuses on the development of love character in children. Keywords: Theology of Love, Pedagogy of Love, Christian Religious Education, Child
PEMURIDAN SEORANG AYAH TERHADAP ANAK DALAM KELUARGA Asmat Purba; Donna Sampaleng; Martin L. Manao; Alon M. Nainggolan
Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2022): Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/mjpkaud.v3i1.894

Abstract

Artikel ini membicarakan pentingnya pemuridan dilakukan seorang ayah terhadap anak-anak dalam keluarga. Bagaimana kedudukan dan peranan ayah sebagai imam yang melaksanakan pemuridan kepada anak-anak dalam keluarga. Dalam artikel ini akan dibicarakan kualitas keluarga yang disebabkan oleh seorang ayah yang melakukan perannya yakni memuridkan anak-anak dalam keluarga. Tujuan dari artikel ini ialah: pertama, untuk mengingatkan para ayah agar mereka peduli terhadap pendidikan rohani anak-anak mereka yang dapat dimulai dari anak yang baru lahir hingga dewasa. Kedua, agar pendidikan rohani anak-anak dalam keluarga dilakukan secara merata baik kepada anak-anak. Seorang ayah bertanggung jawab untuk menjaga kualitas pendidikan rohani anak selama mereka masih berada di rumah. Ketiadaan pemuridan seorang ayah terhadap anak-anaknya akan mengakibatkan lemahnya keimaman dalam keluarga dan mudahnya meninggalkan imannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Di akhir pembahasan dikemukakan model pemuridan seorang ayah dalam keluarga sebagai usulan.
Penanaman Nilai Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Tradisional Minahasa Febri Kurnia Manoppo; Hasia Mamonto; Friska Mamesah
Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2022): Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/mjpkaud.v3i1.929

Abstract

This study departs from the researchers' observations on the modernization of learning media for early childhood, which has an impact on the scarcity of traditional learning media in the Minahasa region. This study aims to analyze the Minahasa traditional learning media that can instill moral values in early childhood. The method in this research is a qualitative method with a case study approach. Data were collected through observation, interviews, and documentation studies. The results of this study indicate that there are several traditional Minahasa media that can be utilized by PAUD teachers in the context of inculcating moral values in early childhood, namely: Tetengkoren, bamboo music, Minahasa traditional clothes, Mahambak dance and Maengket dance. Penelitian ini berangkat dari pengamatan peneliti terhadap fenomena modernisasi media pembelajaran untuk anak usia dini yang berdampak pada kelangkaan pemanfaatan media pembelajaran tradisional daerah Minahasa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis tentang media pembelajaran tradisional Minahasa yang dapat menanamkan nilai moral pada anak usia dini. Metode dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa media tradisional Minahasa yang dapat dimanfaatkan oleh guru PAUD dalam rangka penanaman nilai moral pada anak usia dini, yaitu: Tetengkoren, musik bambu, baju adat Minahasa, tari Mahambak dan tari Maengket.
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI TK GMIM 236 LIANDOK: Pembelajaran Matematika Darmianus Harefa; Ribka Lavenia Kaat
Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2022): Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/mjpkaud.v3i1.952

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembelajaran matematika di TK GMIM 236 Liandok, Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara. Ada 3 hal utama yang diangkat dalam penelitian ini yaitu pembelajran matematika, pembelajaran matematika AUD, metode yang digunakan guru dalam pengajaran matematika. Penelitan ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi . Sumber-sumber data dari penelitian ini yaitu Kepala Sekolah serta guru bantu di TK GMIM 236 Liandok. Hasil penelitian menunjukka proses pembelajaran di sekolah tersebut terlebih khusus dalam pengenalan matematika sudah terealisasi karena pembelajarannya sudah memperhatikan konsep serta usia dari peserta didiknya. Adapun pengajarkan matematika selama dilaksankannya pembelajaran di sekolah tersebut dilakukan dengan cara anak sambil bermain dengan anak lainnya dan membuat permainan sederhana dari barang-barang bekas dilingkungan sekitar. Kata Kunci : Pembelajaran, matematika, Anak usia dini. Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika di TK GMIM 236 Liandok, Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara. Ada 3 hal pokok yang diangkat dalam penelitian ini yaitu pembelajaran matematika, pembelajaran matematika AUD, metode yang digunakan guru dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru pendamping di TK GMIM 236 Liandok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran di sekolah khususnya dalam pengenalan matematika telah terwujud karena pembelajaran telah memperhitungkan konsep dan usia siswa. Kata kunci : pembelajaran, matematika, anak usia dini.

Page 1 of 1 | Total Record : 5