cover
Contact Name
Khairun Nisa
Contact Email
nisakhairun2206@gmail.com
Phone
+6282165106772
Journal Mail Official
jurnalkomunitasb@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jln. Jend. Ahmad Yani, Kisaran
Location
Kab. asahan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Komunitas Bahasa
Published by Universitas Asahan
ISSN : 22523480     EISSN : 27753476     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Komunitas Bahasa menerbitkan manuskrip tentang penelitian pengajaran bahasa, sastra, dan linguistik. Jurnal Komunitas Bahasa menampilkan kebaruan penelitian dan signifikansi untuk kemajuan ilmu pengetahuan di salah satu bidang manuskrip yang diterbitkan. Jurnal ini menerima kiriman dari seluruh dunia dan juga dari Indonesia. Naskah yang diterbitkan termasuk. Ilmu bahasa; fonologi, morfologi, sintaksis, analisis wacana, psikolinguistik, sosiolinguistik, dan analisis wacana kritis Sastra: studi sastra lokal, sastra Indonesia, sastra anak, studi sastra untuk pendidikan karakter, dan studi sastra lainnya. Linguistik dan Sastra Indonesia: pengembangan kurikulum, metode pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, penilaian, pembelajaran bahasa Indonesia lintas kurikulum, teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia, keterampilan berbahasa, dan analisis pembelajaran bahasa Indonesia lainnya. Dewan redaksi ingin menerima naskah yang dikirimkan melalui sistem pengiriman online. Penulis berharap untuk mempublikasikan penelitian di jurnal ini harus memastikan bahwa manuskrip memenuhi ruang lingkup dan pedoman pengajuan jurnal. Untuk informasi lebih detail, silakan merujuk ke syarat dan ketentuan Jurnal Komunitas Bahasa.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2020): April 2020" : 6 Documents clear
PERKEMBANGAN PENELITIAN WACANA SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA BAGI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Rina Hayati Maulidiah
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 8, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan penelitian wacana sastra dalam sepuluh tahun terakhir serta implementasinya dalam dunia pendidikan.Wacana sastra apa saja yang paling banyak diteliti, dan yang masih sedikit diteliti, atau belum pernah diteliti sama sekali. siapa saja yang terlibat dalam penelitian tersebut serta implementasinnya bagi prodi pendidikan bahasa dan sastra indonesia. Artikel ini tergolong pada penelitian kepustakaan, berkenaan dengan hal itu, maka metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka, yaitu mengumpulkan data primer dan sekunder, dengan menggunakan model analisis van djik yang terkait denganperkembangan penelitian wacana sastra selama sepuluh tahun terakhir. hasil penelitian menemukan banyaknya pendekatan yang dapat dilakukan dalam penelitian wacana sastra seperti (1) Sosiologi Sastra, (2) Strukturalisme  Genetik, (3) Hermeneutika, (4) Feminisme, (5) Mimetik, (6) Stilistika, (7) Kesantunan Berbahasa. Penelitian ini didominasi oleh mahasiswa sastra yang banyak mengkaji tentang feminisme dan beberapa orang dosen.Kesantunan berbahasa termasuk kajian yang masih baru sehingga masih sedikit yang meneliti.Implementasi yang diharapan kedepanya adalah mahasiswa mampu mengembangkan penelitian wacana sastra yang masih sedikit diteliti dan mampu menemukan pendekatan baru dalam meneliti kajian wacana sastra.
ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “TERBANG” KARYA SILVARANI Vahrunnida Vahrunnida
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 8, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Terbang karya Silvarani menurut pendekatan sosiologi sastra. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang merupakan penelitian dengan menyajikan temuannya dalam bentuk deskripsi kalimat yang rinci, lengkap dan mendalam mengenai proses mengapa dan bagaimana sesuatu terjadi. Data penelitian ini yaitu data primer yang berwujud kutipan isi novel yang mengandung nilai pendidikan karakter, serta data sekunder yang berupa kajian/teori yang menjelaskan penggambaran karakter tokoh. Sumber data berupa novel Terbang karya Silvarani. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan, ditemukan  33 nilai pendidikan karakter dalam novel Terbang karya Silvarani yang terdiri atas delapan belas nilai pendidikan karakter, antara lain adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Nilai pendidikan karakter yang ditemukan tersebut tersirat maupun tersurat dalam penggambaran karakter tokoh Onggy Hianata Chunnardi, A Lie Ongko Wijaya, Ong Tjui Moi, Solihin, dan Kepala Sekolah SD Negeri Utama 1 Tarakan, baik melalui teknik ekspositori/langsung maupun teknik dramatik. Dari delapan belas nilai pendidikan karakter yang dikemukakan oleh Kemendiknas, Puskur-Balitbang, telah berhasil ditemukan delapan belas nilai pendidikan karakter dalam novel Terbang karya Silavarani. Terdapat empat nilai pendidikan karakter dominan yaitu nilai pendidikan karakter kerja keras yang terdiri dari tiga kutipan, nilai pendidikan karakter mandiri yang terdiri dari empat kutipan, nilai pendidikan karakter bersahabat/komunikatif yang terdiri dari tiga kutipan dan nilai pendidikan karakter peduli sosial yang terdiri dari tiga kutipan.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI Ilham Fadly
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 8, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran simulasi terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Bustaanul Uluum Teluk Dalam Teluk Dalam 2018/2019. Metode yang dipakai adalah penelitian eksperimen. Hasil penelitian kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Bustaanul Uluum Teluk Dalam tahun ajaran 2018/2019 pada kelas eksperimen atau dengan menggunakan model pembelajaran simulasi nilai tertinggi ialah 100 dan nilai terendah ialah 40, means 79, Standar deviasi 12,40, standar eror 1,98. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 1% adalah penolakan H0. Artinya, tidak ada pengaruh penggunaan model pembelajaran simulasi terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X Madrsah Aliyah Bustaanul Uluum Teluk Dalam tahun ajaran 2018/2019.Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% adalah menerima Ha. Artinya, adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran simulasi terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Bustaanul Uluum Teluk Dalam tahun ajaran 2018/2019.
ANALISIS NOVEL “AROMA KARSA” KARYA DEE LESTARI MELALUI PENDEKATAN MIMETIK Wita Paramitha; Tuti Herawati
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 8, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan fenomena realitas sosil, pendidikan dan religi dalam novel Aroma Karsa karya Dee Lestari serta hubungan anatara karya sastra dengan kehidupan nyata melalui pendekatan Mimetik. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik simak, wawancara, catat. Untuk mengetahui gambaran kehidupan nilai sosial, pendidikan, dan religi dalam novel dengan nilai-nilai sosial, pendidikan, dan religi yang pernah  dalam kehidupan nyata, gambaran realitas sosial mengenai sikap saling tolong menolong, saling menghargai, saling menghormati, sikap kekerabatan atanar sesama dan keluarga, fenomena pacaran, fenomena kriminal, dan rasa kasih sayang dalam novel dengan nilai sosial di kehidupan nyata, gambaran realitas pendidikan seperti kegigihan dalam belajar, keuletan dalam bekerja, dan pendidikan dalam keluarga dalam novel dengan nilai pendidikan di dunia nyata, gambaran realitas religi seperti pengajian tujuh hari dan 100 hari dalam novel dengan nilai religi di kehidupan nyata. Hasil penelitian ini adalah gambaran nilai sosial, nilai pendidikan, nilai religi dalam cerita novel Aroma Karsa ini merupakan cerminan dari kehidupan nyata di masyarakat yang pernah terjadi serta hubungan anatara karya sastra dengan kehidupan nyata.
ANALISIS NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM NARASI FILM 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA Nur’aini Luciana Hasibuan; Tuti Herawati; Hanina Hanina
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 8, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai religius dalam Film 99 Cahaya di LangitEropa oleh Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra tentang hubungan manusia oleh Allah,manusia oleh manusia, manusia oleh ruang dunia. Karena keberadaan Islam di belahan dunia lain, terutama di negara-negara sekuler seperti di benua Eropa, seringkali diwarnai dengan prasangka dan kesalahpahaman. Didalam kehidupan sehari-hari,seorang indvidu tidak lepas dari masyarakat serta norma. Karena manusia sendiri tidak dapat hidup sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain. Dengan bermasyarakat berbagai persoalan sosial serta religi akan muncul. Dengan segala kompleksitas global yang dihadapi umat muslim saat ini–mulai dari isu terorisme, konflik politik antarnegara, serta konflik antara nilai-nilai yang berlaku di masyarakat, tantangan yang dihadapi umat Muslim saat ini cukup besar dan yang pasti sangat berbeda dengan masa-masa sebelumnya.Melalui potret kehidupan masyarakat muslim di Eropa yang menjadi minoritas, film ini juga memberikan gambaran bagi kaum muslim di Indonesia bahwa hidup sebagai kelompok minoritas tidaklah mudah. Muslim di Indonesia sangat dimanjakan dengan fasilitas ibadah yang sangat memadai, lingkungan yang mendukung kebebasan beragama serta beragam hak istimewa.
PEMANFAATAN APLIKASI KBBI V PADA MATERI MENENTUKAN UNSUR KEBAHASAAN Khairun Nisa
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 8, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi KBBI V pada materi menentukan unsur kebahasaan artikel opini. Pembahasan materi menentukan unsur kebahasaan artikel opini dan buku ilmiah di golongkan dalam tiga kategori yaitu menentukan unsur adverbia, konjungsi dan kosakata. Dalam hal ini siswa kesulitan untuk menentukan kata yang termasuk dalam kategori adverbia, konjungsi, maupun mencari definisi dari setiap kata (kosakata) dalam teks. Ketiga hal itu dapat ditemukan dengan mudah dengan menggunakan aplikasi KBBI V. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang akan menjabarkan secara rinci permasalahan yang diteliti. Data dikumpulkan dengan cara menganalisis, mengklasifikasi, dan mengevaluasi adverbia, konjungsi, dan kosakata yang terdapat dalam aplikasi KBBI V. Adapun temuan dalam penelitian ini adalah siswa antusias mengerjakan tugas dengan waktu yang relatif cepat. Penggunaan aplikasi KBBI V memberikan sikap postif kepada siswa bahwa ponsel pintar yang dimiliki bermanfaat saat kegiatan belajar mengajar. Siswa tidak perlu sembunyi-sembunyi menggunakan ponsel pintarnya untuk mencari kata-kata yang tidak diketahui.Apriliani, R., Suwandi, S., & Setiawan, B. (2015). Hubungan Antara Pemahaman Unsur Kebahasaan Dan Sikap Terhadap Bahasa Indonesia Dengan Kompetensi. Kajian Linguistik Dan Sastra, 1(1), 73–80.databoks.katadata.co.id. (2018). Usia Produktif Mendominasi Pengguna Internet. Retrieved November 27, 2018, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/23/usia-produktif-mendominasi-pengguna-internet#Hartuti, S., Thahar, H. E., & Zulfikarni. (2017). Penggunaan Bahasa dalam Teks Deskripsi Karya Siswa Kelas VII.6 SMP Negeri 25 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 345–352.Indah Rahmayani. (2015). Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia. Retrieved November 17, 2018, from https://kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_mediaMillward, S. (2014). Indonesia Diproyeksi Lampaui 100 Juta Pengguna Smartphone di 2018, Keempat di Dunia. Retrieved November 17, 2018, from https://id.techinasia.com/jumlah-pengguna-smartphone-di-indonesia-2018Ningrum, D. W. (2015). 20% Pengguna Smartphone di Indonesia Rakus Konsumsi Data. Www.Liputan6.Com. Retrieved from https://www.liputan6.com/tekno/read/2381876/20-pengguna-smartphone-di-indonesia-rakus-konsumsi-dataNisa, K., Irma, C. N., & Maulidiah, R. H. (2019). Instagram and KBBI V Application for Instructional Sources. In The 2nd Annual International Conference on Language and Literature (AICLL 2019) (pp. 388–398). Medan: KnE Social Sciences.Putra, Y. M. P. (2018). Badan Bahasa: 25 Juta Orang Akses KBBI Daring. Retrieved November 27, 2018, from https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/09/20/pfd28r284-badan-bahasa-25-juta-orang-akses-kbbi-daringSetiawati, S. (2016). Penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI) dalam Pembelajaran Kosakata Baku danTidak Baku Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Gramatika, 2(2), 8 (44-51). https://doi.org/10.22202/JG.2016.v2i1.1408Siregar, Yanti, N., Ini, & Rosma. (2018). KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR DAN UNSUR KEBAHASAAN OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Jurnal Basastra, 7(2).Suryaman, M., Suherli, & Istiqomah. (2018). Bahasa Indonesia. (D. Purnanto & M. Rapi, Eds.) (Kedua). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Page 1 of 1 | Total Record : 6