cover
Contact Name
Nazamuddin
Contact Email
nazambs@yahoo.com
Phone
+6281360049074
Journal Mail Official
asmawati_husaini@yahoo.co.id
Editorial Address
Gedung Majelis Pendidikan Aceh Jl. T. Nyak Arief No. 221 Kota Banda Aceh, Aceh 24415
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
PENCERAHAN
ISSN : 1693777     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Fokus dan Cakupan Pencerahan adalah jurnal double-blind peer review yang mempublikasikan artikel ilmiah yang terkait dengan semua aspek tentang pendidikan di Indonesia dan negara-negara berkembang. Pencerahan menganjurkan para dosen, guru, dan praktisi pendidikan lainnya untuk mempublikasikan hasil penelitian, ulasan, pengalaman, dan gagasan di bidang pendidikan. Topik-topik yang terkait dengan jurnal ini termasuk tetapi tidak terbatas pada: Kebijakan Pendidikan Manajemen & Kepemimpinan Pendidikan Pengawasan Pendidikan Sumber Daya Pendidikan Implementasi, Evaluasi & Pengembangan Kurikulum Metode Pengajaran dan Pembelajaran Aplikasi Teknologi Informasi dalam Pendidikan
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 1 (2018): PENCERAHAN" : 6 Documents clear
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA KARTU HURUF: Classroom Action Research Anak Tunagrahita Ringan Kelas I SDLB Negeri Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya Suarni
PENCERAHAN Vol. 12 No. 1 (2018): PENCERAHAN
Publisher : Majelis Pendidikan Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan mengenal huruf merupakan kemampuan berbahasa yang memegang peranan penting agar seorang individu dapat mempelajari berbagai informasi dan pengetahuan tertulis, karena mengenal huruf adalah komponen hakiki dari perkembangan baca tulis.. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui media kartu huruf pada siswa tunagrahita ringan kelas I SDLB Negeri Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Subjek penelitian meliputi siswa tunagrahita kelas I SDLB Negeri Susoh, pada semester I tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 4 orang siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui media kartu huruf. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi, deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil penilaian menulis teks deskriptif. Hasil dari penelitian ini mendapati bahwa kemampuan mengenal huruf dapat meningkat melalui media kartu huruf. Peningkatan kemampuan mengenal huruf dapat dilihat dari nilai siswa pada siklus I, dan siklus II yang meningkat. Hasil peningkatan kemampuan mengenal huruf siswa sebesar 17,6 (kondisi awal 40,74 meningkat menjadi 58,34) pada siklus I dan meningkat sebesar 12,96 (kondisi awal 58,34 meningkat menjadi 71,30) pada siklus II. Presentase ketuntasan siswa dalam mengenal huruf meningkat sebesar 25% (kondisi awal 0% meningkat menjadi 25% ) setelah tindakan siklus I dan 50% (kondisi awal 25% meningkat menjadi 75%) setelah diadakan siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa anak-anak tunagrahita ringan kelas I SDLB Negeri Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya telah mencapai kemampuan mengenal huruf pada kriteria baik seperti yang diharapkan. Pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui kartu huruf dinyatakan berhasil.
PENDIDIKAN PRA NIKAH BAGI CALON PENGANTIN DI KUA KECAMATAN SYAMTALIRA BAYU Cut Sukma Keumala; T. Amiruddin
PENCERAHAN Vol. 12 No. 1 (2018): PENCERAHAN
Publisher : Majelis Pendidikan Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Religious Affairs Office provides premarital guidance to prospective married couples wishing to marry. KUA has been trying to optimally provide premarital counseling. Recently, however, this ahir premarital guidance given KUA against the couple almost ignored. This is evident from past guidance in KUA that only lasts 1-2 hours, and is still very minimal. This is the reason that can be expressed by the authors as background research, entitled "Education Pre marriage for bride at KUA District of Syamtalira Bayu." In preparation of this paper used the method of field research (field research), the research conducted directly into the field to obtain data and information. This type of research is qualitative descriptive approach, where the data obtained will be presented so that a description interrelated. Data were collected through observation, interviews, and documentation. The results of the study authors, among others, the implementation of pre-marital counseling is done in KUA Syamtalira Bayu generally not maximized. The period of pre-marital counseling at KUA Syamtalira ± Bayu lasted only 2 hours and is still very minimal, and not in accordance with the regulations set DG Bima Islam. Premarital guidance is an important effort undertaken KUA Syamtalira Bayu for the bride and groom as well as add to their stock of knowledge about the wedding. KUA Syamtalira Bayu has sought the implementation of premarital education, but still have weaknesses in the application.
PELAKSANAAN BIMBINGAN KARIR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Mohd Fadhil Ismail; Irman Siswanto
PENCERAHAN Vol. 12 No. 1 (2018): PENCERAHAN
Publisher : Majelis Pendidikan Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bimbingan dan konseling merupakan bagian integral dari program pendidikan di sekolah. Salah satu bidang bimbingan dan konseling adalah bimbingan karier. Tujuan pelaksanaan bimbingan karir di sekolah adalah untuk membantu siswa memahami dan mengembangkan diri secara optimal sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dalam proses persiapan memasuki dunia kerja atau menapak ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Sekolah menengah kejuruan (SMK) dimaksudkan untuk mempersiapkan siswanya agar bekerja dan berwiraswasta setelah lulus sekolah, walaupun tetap memberi kesempatan melanjutkan ke perguruan tinggi. Guna membantu siswa untuk mempersiapkan diri yang berkenaan dengan kariernya, maka di SMK perlu diadakan pelaksanaan bimbingan karir. Melalui program pelaksanaan bimbingan karir di sekolah, diharapkan siswa tidak akan menemui kesulitan dalam hal melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi maupun memasuki dunia kerja. SMK adalah salah satu sub-sistem dari sistem pendidikan nasional di Indonesia. SMK memainkan peranan strategis bagi penyediaan tenaga kerja trampil secara nasional. Ini sejalan dengan tujuan SMK dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yaitu mempersiapkan peserta didiknya untuk dapat bekerja dalam bidang tertentu. Lebih spesifik dalam PP No. 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan di Pasal 1 Ayat 15, dijelaskan bahwa pendidikan kejuruan adalah salah satu bentuk pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan.
PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Ikhwanul Muslimin
PENCERAHAN Vol. 12 No. 1 (2018): PENCERAHAN
Publisher : Majelis Pendidikan Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The use of appropriate methods in the learning process will increase students' motivation and interest in learning. but the state of the field Based on the initial observation of the field at the school MIN 16 Aceh Besar on the thematic lesson IPS teachers still use the lecture method, so that student learning outcomes do not increase. It is known that the lecture method used is no longer appropriate with the current development for all IPS materials, because this method has weaknesses among them that is, can cause students to be bored to learn, so that student learning outcomes are not increasing and not effective.. The purpose of this learning is to know the teacher activity and student's response to the application of Mind Mapping learning method on IPS subjects to improve students' learning motivation in grade IV MIN 16 Aceh Besar. This research is a class action research (PTK) consisting of several stages of planning, implementation, action and reflection with the subject of research is fourth grade students MIN 16 Aceh Besar, amounting to 28 students. Data collection techniques used: observation sheets (teacher and student), post-test questions and student response questions, and then analyzed using the percentage formula. The results showed that teacher activity in cycle I was 3.11% and increased in cycle II to 4.16%. Student activity in the first cycle reached 3.25% and increased in cycle II to 4.00%. As for the students response to Mind Mapping method there are 7 questions that have 100% of respondents from 12 questions that have good response. Based on the results of the research, it can be concluded that the use of Mind Mapping method is very suitable to be used in improving motivation to learn fourth grade students MIN 16 Aceh Besar
KONSTRUKTIVISME, APLIKASINYA BAGI PERANCANGAN DAN PEMBELAJARAN Syarwan Ahmad
PENCERAHAN Vol. 12 No. 1 (2018): PENCERAHAN
Publisher : Majelis Pendidikan Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memperjelas makna Konstruktivisme dan implikasinya dalam perancangan dan pembelajaran. Aliran pembelajaran Konstruktivisme merupakan penguatan dan penyempurnaan aliran-aliran pembelajaran sebelumnya seperti Kognitivisme dan Behaviorisme. Yang paling penting menurut falsafah pembelajaran Konstruktivisme adalah proses pembelajaran dapat memfasilitasi konstruksi pengetahuan oleh pelajar sendiri. Dalam proses pembelajaran, antara lain, inquiry, cooperative, collaborative, pengaitan pembelajaran dengan alam nyata (real world) dan pertimbangan pengetahuan awal (prior knowledge) siswa sangat penting diperhatikan guru. Konstruktivisme menuai kritikan terutama dari kalangan praktisi pendidikan. Bagaimanapun, Konstruktivisme merupakan aliran pembelajaran terkini yang direkomendasikan psikolog pendidikan.
MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MENGGUNAKAN METODE HYPNOTEACHING Tabrani. Z.A.
PENCERAHAN Vol. 12 No. 1 (2018): PENCERAHAN
Publisher : Majelis Pendidikan Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di SMAN 9 BANDA ACEH, khususnya kelas XI diperoleh permasalahan bahwa kebanyakan peserta didik kurang memahami konsep dan teori fisika, peserta didik juga kurang memahami konsep matematika untuk menyelesaikan konsep dan analisis fisika, penggunaan model pembelajaran tidaklah variatif, sehingga peserta didik lebih banyak mendengarkan penjelasan dari guru, tanpa melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran. Kondisi tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar, respon dan semangat belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran team assisted individualization (TAI) dengan menggunakan metode hypnoteaching dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran fisika melalui model pembelajaran team assisted individualization (TAI) dengan menggunakan metode hypnoteaching terhadap hasil belajar peserta didik pada materi gejala pemanasan global kelas XI SMAN 9 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode eksperimen dan desain yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui soal tes pilihan ganda (pretest dan posttest) dan angket respon peserta didik. Hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 9 Banda Aceh lebih tinggi dengan menggunakan model pembelajaran team assisted individualization (TAI) dengan menggunakan metode Hypnoteaching terhadap hasil belajar peserta didik pada materi gejala pemanasan global, diperoleh nilai rata-rata post-test peserta didik yaitu 60,98 di kelas kontrol dan 76,98 di kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajran team assisted individualization (TAI) dengan menggunakan metode hypnoteaching pada materi gejala pemanasan global dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMAN 9 Banda Aceh.

Page 1 of 1 | Total Record : 6