cover
Contact Name
I Nyoman Laba Jayanta
Contact Email
laba.jayanta@undiksha.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
lessonandlearningstudies@gmail.com
Editorial Address
Universitas Pendidikan Ganesha Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116 Telp. +62362-22928
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Journal for Lesson and Learning Studies
ISSN : 26156148     EISSN : 26157330     DOI : https://doi.org/10.23887/jlls
Core Subject : Education,
As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory experiments to field studies. The major criteria in the review and the selection process concerns the significance of the contribution to the area of learning and instruction. Instruction, learning and teaching, learning environment, teacher education, educational technology, educational development.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2020): July" : 10 Documents clear
Pengaruh Active Debate Bermuatan Masalah Dilematis Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Witari, Luh Putu Indah; Putra, Made
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 3, No 2 (2020): July
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i2.27290

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa yang disebabkan karena siswa masih bergantung pada penjelasan yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Active Debate bermuatan masalah dilematis terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas V SD. Jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain Non Equivalen Control Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 265 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes objektif pilihan ganda biasa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, dengan uji-t. Pada analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelompok eksperimen X̅ = 15,22 > X̅= 14,54 rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelompok kontrol. Pada analisis statistik inferensial dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians.  Hasil analisis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 3,133, pada taraf signifikansi 5% dan dk = 67 diperoleh ttabel = 1,996. Berdasarkan hasil analisis maka, H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan PPKn antara siswa yang di belajarkan dengan active debate bermuatan masalah dilematis dan siswa yang dibelajarkan secara konvensional. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Active Debate bermuatan masalah dilematis terhadap kompetensi pengetahuan PPKn Kelas V SD Gugus Yos Sudarso Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Disarankan kepada peneliti lain untuk menjadikan penelitian ini sebagai rujukan.
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Dewi, Luh Arya Kurnia; Putra, Made; Abadi, I.B. Gede Surya
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 3, No 2 (2020): July
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i2.27272

Abstract

Rendahnya kompetensi pengetahuan IPS siswa yang disebabkan oleh kurangnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran, penggunaan media sebagai pendukung pembelajaran masih kurang diterapkan, kurangnya partisipasi siswa untuk berdiskusi dalam kelompok sehingga menyebabkan timbulnya rasa bosan dalam menerima pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inkuiri berbantuan Mind Mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain “none equivalent post test only control group design”. Populasi pada penelitian ini adalah kelas IV SD sebanyak 104 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPS dilakukan dengan menggunakan instrument tes objektif atau tes pilihan ganda biasa. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistic uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t yang diperoleh, T-hitung = 1.053 > T-tabel 0.679. selain itu, nilai rata-rata kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping  = 82,77 >  = 72,89 kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPS kelas IV SD yang disebabkan karena pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping memiliki timbal balik yang positif terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa melalui berbagai tahapan dalam proses pembelajaran untuk melatih peserta didik untuk mempermudah pemahaman peserta didik. 
Model Reciprocal Teaching Berbasis Reinforcement Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Sandra Dewi, Putu Krisna; Ardana, I Ketut
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 3, No 2 (2020): July
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i2.26439

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching berbasis reinforcement terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN. Jenis penelitian yaitu quasi experiment dengan bentuk Non-Equivalent Control Grup Design. Populasinya ialah seluruh kelas V SDN sebanyak 9 kelas, 253 siswa.  Penentuan sampel dengan teknik random sampling sehingga terpilih 68 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok. Data dikumpulkan menggunakan metode tes berupa tes pilihan ganda biasa sebanyak 36 soal. Selanjutnya dianalisis dengan uji-t polled varian. Berdasarkan hasil analisis diperoleh harga thitung  = 2,086 , dk = 66 dan taraf signifikansi 5% diperoleh  ttabel = 1,997. Dengan demikian, harga thitung = 2,086 > ttabel = 1,997, maka H0 ditolak sehinga adanya perbedaan signifikan kompetensi pengetahuan IPA terhadap kedua kelompok sampel. Sehingga disimpulkan, model  Reciprocal Teaching berbasis reinforcement berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN.
Model Experiential Learning Berbantuan Video Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Suryantini, Ni Luh Intan; Ardana, I Ketut
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 3, No 2 (2020): July
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i2.27314

Abstract

Masalah yang menjadi dasar dilaksanakannya penelitian ini adalah sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam mengkonstruksi pengetahuan awal, siswa juga mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran yang bersifat abstrak dan kompleks sehingga berdampak pada kompetensi pengetahuan IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model experiential learning berbantuan video dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu menggunakan posttest-only no-treatment control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 203 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling. Sampel yang diperoleh yaitu kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 32 siswa. Data hasil post test kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan menggunakan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda biasa sebanyak 32 butir tes yang telah divalidasi. Analisis data kompetensi pengetahuan IPA menggunakan statistika inferensial. Rata-rata nilai post test kelompok eksperimen 80,067, dikategorikan baik pada PAP skala lima dan kelompok kontrol 72,375, dikategorikan cukup pada PAP skala lima. Rata-rata kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol. Hasil analisis data menyatakan thitung = 9,675 > ttabel = 2,000 pada taraf signifikan 5% dengan dk=60 maka Ho ditolak, yang berarti bahwa terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model experiential learning berbantuan video dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V. Implikasi penelitian ini secara umum yaitu model experiential learning berbantuan video ini dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA siswa.
Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Buku Cergam Terhadap Keterampilan Berbicara Sukmadewi, Putu Utari; Ganing, Ni Nyoman
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 3, No 2 (2020): July
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i2.27281

Abstract

Rendahnya keterampilan berbicara siswa disebabkan oleh kurang optimalnya penggunaan model pembelajaran sehingga menyebabkan kurang terampilnya siswa dalam berbicara. Maka dari itu, dilakukan penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Talking Stick berbantuan media buku cergam terhadap keterampilan siswa kelas III SD. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan Non-Equivalent Control Group Design. Populasinya seluruh kelas III SD sebanyak 319 siswa. Penentuan sampel dengan teknik random sampling sehingga terpilih sebanyak 93 orang. Pengumpulan data dengan non-test yaitu observasi kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t polled varians). Nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 81,154 dan kelompok kontrol adalah 64,794. Berdasarkan hasil analisis uji data pada alpha 5% (dk = 71, thitung = 5,986, dan ttabel = 1,993) dapat diinterpretasikan terdapat perbedaan keterampilan berbicara siswa antara kedua kelompok sampel. Sehingga disimpulkan bahwa model Talking Stick berbantuan media buku cergam berpengaruh terhadap keterampilan berbicara kelas III SD.
Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Media yang Diproyeksikan Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V Ratmawan, I Putu Jevi; Surya Abadi, Ida Bagus Gede
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 3, No 2 (2020): July
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i2.27239

Abstract

Sulitnya siswa memahami materi pembelajaran hal ini disebabkan karena dalam belajar siswa dituntut untuk mengingat dan menghafal konsep sehingga pembelajaran jadi kurang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E berbantuan media yang diproyeksikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain eksperimen semu menggunakan rancangan kelompok Non-Ekuivalen. Populasi dari penelitian ini berjumlah 254 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 sebagai kelompok eksperimen dan berjumlah 37 sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan melalui metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan statistik inferensial dalam bentuk gain skor dari kompetensi pengetahuan IPA. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh rata-rata gain skor kelompok eksperimen 𝑋̅=0,226> 𝑋̅=0,134 kelompok kontrol. Melalui uji hipotesis dengan uji t pada taraf signifikansi 5% dan dk 69 diperoleh thitung =4,842 > ttabel=2,000. Model pembekajaran learning cycle 5E berbantuan media yang diproyeksikan berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas kelas V SD. Model pembekajaran learning cycle 5E berbantuan media yang diproyeksikan dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA
Pembelajaran IPA Dengan Model Stad Berbantuan Media Mind Mapping Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa Sanjaya, Wayan Pedro; Putra, DB. Kt Ngurah Semara; Ardana, I Ketut
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 3, No 2 (2020): July
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i2.26807

Abstract

Rendahnya kompetensi pengetahuan IPA siswa yang disebabkan oleh kurang optimalnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif serta kurangnya penggunanan media pembelajaran. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran student team achievement division berbantuan media mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi-eksperimental design atau eksperimen semu dengan rancangan penelitian non-equivalent pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD sebanyak 259 siswa. Menggunakan teknik cluster random sampling dalam menentukan sampel, sampel yang terpilih terdiri dari kelompok eksperimen yaitu kelas VC SD Negeri 5 yang diterapkan dengan model pembelajaran student team achievment division berbantuan media mind mapping dan kelompok kontrol kelas V SD Negeri 10 dibelajarkan secara konvensional. Data dikumpulkan dengan tes pilihan ganda biasa kemudian dianalisis dengan uji t polled varians. Berdasarkan analisis uji t diperoleh thitung = 4,377 dan pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 34+36-2 = 68 diperoleh ttabel = 1,995. Berdasarkan kriteria pengujian thitung = 4,377 > ttabel = 1,995. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran student team achievment division berbantuan media mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD.
Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Sekitar Terhadap Hasil Belajar IPA Miasari, Ni Putu; Sumantri, Made; Renda, Ndara Tanggu
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 3, No 2 (2020): July
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i2.27452

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan lingkungan sekitar terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimental dengan menggunakan rancangan penelitian non equivalen post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD (5 kelas) yang berjumlah 107 orang siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 46 diambil secara acak menggunakan teknik random sampling. Data pada penelitian ini adalah skor hasil belajar IPA siswa yang dikumpulkan menggunakan metode tes, bentuk pilihan ganda dengan jumlah soal 20 butir. Data hasil belajar IPA siswa dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning berbantuan lingkungan sekitar dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan bukan model pembelajaran discovery learning (thitung = 3,63 > ttabel = 1,679). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan lingkungan sekitar terhadap hasil belajar IPA kelas V SD. Implikasi penelitian ini adalah model discovery learning berbantuan lingkungan sekitar baik digunakan karena dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Bahasa Indonesia sari, Devi Karuna; Ganing, Ni Nyoman
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 3, No 2 (2020): July
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i2.27275

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model think talk write berbantuan media gambar dapat memberikan pengaruh terhadap kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan percobaan yang terencana menggunakan design eksperimen semu atau non-equivalent control group design. Pada penelitian ini mengambil populasi semua siswa kelas IV SD sejumlah 368 siswa. Sampel ditentukan dengan mengacak kelas atau teknik random sampling. Sampel yang diperoleh pada penelitian ini yaitu sebanyak 78 siswa. Cara mengumpulkan data kompetensi pengetahuan siswa dilakukan dengan lembar teknik test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai pretest dan posttest menggunakan uji-t. Diperoleh nilai thitung = 2,883 > ttabel=1,992 dengan dk = 76 dan taraf signfikansi 5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan model think talk write berbantuan media gambar terhadap kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD.
Aplikasi Cabri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Novenda, Kadek Mony; Agustika, Gusti Ngurah Sastra
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 3, No 2 (2020): July
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i2.27250

Abstract

Penurunan minat belajar siswa sangat mempengaruhi fokus siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas, hal ini disebabkan karena suasana belajar yang monoton, tidak menyenangkan dan media yang digunakan tidak bervariasi. Maka dari itu, penelitian ini dirancang untuk menarik perhatian siswa, yaitu menggunakan Aplikasi Cabri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Aplikasi Cabri terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas V. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling untuk menentukan kelompok eksperimen dan juga kelompok kontrol. Pengumpulan data untuk kompetensi pengetahuan Matematika menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 30 soal yang sudah diujikan instrumen dengan validitas, uji daya beda, indeks kesukaran, dan juga reliabilitas. Hasil perolehan data kemudian dianalisis dengan uji-t polled varians. Perolehan dari analisis data yaitu thitung = 6,914 > ttabel = 1,988 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 85, jadi, H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan alat peraga Aplikasi Cabri dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan alat peraga Aplikasi Cabri. Jika dilihat dari nilai rata-rata (means) kompetensi pengetahuan Matematika kelompok eksperimen  = 68,49 lebih besar dari kelompok kontrol = 55,89. Simpulan dari hal tersebut adalah aplikasi Cabri berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas V sekolah dasar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10