cover
Contact Name
Moh Salimi
Contact Email
salimi@staff.uns.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
snip@mail.uns.ac.id
Editorial Address
Jl. Kepodang No. 67 A Panjer Kebumen
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
ISSN : 23389400     EISSN : 28082621     DOI : https://doi.org/10.20961
Core Subject : Education,
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, evaluasi pendidikan, dan pendidikan guru.
Arjuna Subject : -
Articles 75 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2021): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan" : 75 Documents clear
Improvement of Beginning Writing Skills Using Image Media Resti Ita Indriani
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 1 (2021): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.491 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v9i1.53834

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan menggunakan media gambar. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak tiga siklus. Tahapan   penelitian  ini terdiri dari 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) tindakan; dan 4) refleksi. Subyek dari penelitian ini berjumlah 17 siswa. Pada pra tindakan ada 6 peserta didik atau 35,29% yang memenuhi KKM. Pada siklus I sudah ada 11 peserta didik atau 64,70% peserta didik yang memenuhi KKM. Pada siklus II sudah ada 12 peserta didik atau 70,58% peserta didik yang memenuhi KKM. Pada siklus III sudah ada 88,23%. Hasil ini menunjukan bahwa media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis permulaan peserta didik.
Penerapan Model Pembelajaran CIRC untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Undangan di Sekolah Dasar Susilailiy Rahmawati
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 1 (2021): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.805 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v9i1.53864

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses dan hasil belajar muatan pelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V yang masih rendah di SD Negeri 1 Lundong. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis surat undangan pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Lundong melalui model pembelajaran CIRC. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest tentang keterampilan menulis surat undangan adalah 67,70 dengan persentase ketuntasan peserta didik kelas sebesar 55%.  Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 71,10 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 60%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 77,28 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 82,50%. Pada siklus III, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 84,60 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 90%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan keterampilan menulis surat undangan pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Lundong.
Implementation of Guided Inquiries to Increase Science Learning Outcomes about Changes in Objectives Arbangatun Fitriana
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 1 (2021): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.192 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v9i1.53781

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang perubahan wujud melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pada siklus I ketuntasan peserta didik mencapai 68,42%. Sedangkan pada siklus II mencapi 89,47%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang perubahan wujud pada peserta didik kelas V SDN 1 Karangsari Tahun Pelajaran 2020/2021.
Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) untuk Meningkatkan Pembelajaran IPS Farida Zuniar
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 1 (2021): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.271 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v9i1.53799

Abstract

Dalam proses pembelajaran, penerapan model pembelajaran dapat mempengaruhi hasil pembelajaran. Oleh karena itu, rendahnya hasil belajar peserta didik dapat disebabkan karena tidak digunakannya model pembelajaran yang inovatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pembelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran SFAE. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IVB di SDN 2 Kebulusan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SFAE dapat meningkatkan pembelajaran peserta didik. Pada model pembelajaran ini, peserta didik terlibat langsung dalam kegiaan pembelajaran. Keterlibatan peserta didik dalam suatu model pembelajaran yang diterapkan guru mempermudah peserta didik untuk lebih memahami materi yang sedang dipelajari. Oleh karena itu, penelitian ini sangat penting untuk direkomendasikan kepada guru kelas sebagai upaya meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran tindak lanjut yang dapat dilakukan. 
Application of Scientific Approach with Google Meet Assisted Multimedia to Improve Social Studies Learning in Class V Mutiara Anggun Puspitasari
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 1 (2021): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.406 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v9i1.53818

Abstract

Kegiatan pembelajaran daring secara asinkronus membuat kegiatan belajar kurang maksimal. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu guru perlu melaksanakan pembelajaran daring secara sinkronus dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan multimedia berbantuan google meet. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan pembelajaran IPS tema Peristiwa dalam Kehidupan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I peserta didik yang tuntas setelah melaksanakan post test sebanyak 76,25%. Pada siklus II peserta didik yang tuntas meningkat menjadi 85,00%. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan saintifik dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPS di kelas V SD N Salebu 05.
Peningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Kapital Melalui Media Game Edukasi Kahoot pada Bahasa Indonesia Kelas 2 di SDN Kedungrejo 02 Kecamatan Pilangkenceng Purno Widodo
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 1 (2021): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.994 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v9i1.53829

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan hasil peningkatan keterampilan menulis menggunakan media game kahoot pada peserta didik Kelas 2 SDN Kedungrejo 02 Kecamatan Pilangkenceng.  Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus. Siklus I dan II masing-masing dua pertemuan. Pada tiap pertemuan terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian adalah seluruh siswa II SDN Kedungrejo 02 Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 7 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu: observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keberhasilan penelitian sesuai dengan indikator keberhasilan di dapat pada siklus II, yaitu 86% peserta didik tuntas KKM, nilai rata-rata peserta didik di setiap siklus mengalami kenaikan.  Pada prasiklus nilai rata-rata peserta didik adalah 48,6 atau di bawah KKM. Pada siklus I nilai rata-rata peserta didik adalah 57,1. Pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 74,3 atau di atas KKM. Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media game edukasi kahoot berhasil meningkatkan keterampilan menulis huruf kapital dalam pembelajaran daring pada siswa kelas 2 SDN Kedungrejo 02 Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2020/2021.
Peningkatan Motivasi Belajar Daring pada Pembelajaran Tematik melalui Media Audio Visual Siswa Kelas III Sekolah Dasar Rosyida Yuliani
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 1 (2021): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.574 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v9i1.53859

Abstract

Siswa kelas tiga sekolah dasar berada pada tahap operasional konkret. Maka, saat pembelajaran tematik secara daring membutuhkan media konkret berupa media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan motivasi belajar daring pada pembelajaran tematik melalui media audio visual siswa kelas tiga SDN 2 Sambong. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian secara kuantitatif yaitu pada siklus I menunjukkan nilai motivasi 1,8 dan rata-rata nilai pre test 84,4. Pada siklus II menunjukkan nilai motivasi 2,5 dan rata-rata nilai post test 1 sebesar 86,9. Pada siklus III menunjukkan nilai motivasi 2,8 dan rata-rata nilai post test 2 sebesar 88,1. Hasil penelitian secara kualitatif yaitu dapat dijelaskan dari banyaknya siswa yang menyatakan senang terhadap penggunaan media audio visual. Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas tiga.
Penerapan Model Cooperative Integrated Reading Composition untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Tema Perkembangan Teknologi Devi Rachmawati
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 1 (2021): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.574 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v9i1.53792

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi hasil keterampilan membaca pemahaman peserta didik belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Tujuan penelitian yaitu meningkatkan keterampilan membaca pemahaman tema perkembangan teknologi dengan model Cooperative Integrated Reading Composition. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek peserta didik kelas III SDN Babalankidul tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik tema perkembangan teknologi meningkat dengan pencapaian indikator pada siklus I sebesar 71,4%, siklus II sebesar 85,7%. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman tema perkembangan teknologi juga terlihat dari hasil belajar muatan Bahasa Indonesia ranah pengetahuan yaitu 59,09% pada siklus I, 86,36% pada siklus II. Ranah keterampilan yaitu 63,63% pada siklus I, 90,90% pada siklus II. Kesimpulan penelitian adalah penerapan model Cooperative Integrated Reading Composition dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik. 
Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Materi Gaya pada Kelas IVA SD N Dukuhan Kerten Surakarta tahun ajaran 2020/2021 Isni Ramadhantri
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 1 (2021): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.027 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v9i1.53812

Abstract

Berdasarkan observasi di SD N Dukuhan Kerten Surakarta menunjukkan kondisi yakni : peserta didik pasif dalam pembelajaran, metode pembelajaran yang biasa digunakan dalam pembelajaran IPA selama pembelajaran daring adalah metode penugasan, model pembelajaran yang biasa digunakan dalam pembelajaran ipa selama pembelajaran daring belum melibatkan peserta didik melakukan penemuan secara mandiri/ kelompok, hasil belajar IPA siswa kelas IVA tergolong rendah berdasarkan tes pratindakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran materi gaya pada kelas IVA SD N  Dukuhan Kerten Surakarta tahun ajaran 2020/2021 melalui model discovery learning. Penelitian ini merupakan penetitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata observasi siswa pada siklus ! sebesar 82.63% dan siklus II sebesar 87.93%. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada siklus I  sebesar 81.23% dan siklus II sebesar 89.59%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan pembelajaran IPA materi gaya pada kelas IVA SD N Dukuhan Kerten Surakarta tahun ajaran 2020/2021.
Implementation of The Quantum Learning Model to Improve Critical Thinking Skills Students of Elementary School Riky Rivaldi Pratama
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 1 (2021): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.854 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v9i1.53851

Abstract

Keterampilan berpikir kritis adalah keterampilan penting untuk kehidupan abad ke-21. Keterampilan berpikir kritis berkaitan erat dengan kemampuan memahami dunia yang kompleks dengan berbagai permasalahannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan Quantum. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Masing-masing terdiri dari empat langkah yaitu siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik seperti observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes berpikir kritis. Model interaktif digunakan untuk menganalisis data. Hasil penilaian penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis kedua peserta didik terus meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model kuantum berbasis eksperimen meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik tentang kalor dan perpindahan pada peserta didik kelas V.