cover
Contact Name
Moh Salimi
Contact Email
salimi@staff.uns.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
snip@mail.uns.ac.id
Editorial Address
Jl. Kepodang No. 67 A Panjer Kebumen
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
ISSN : 23389400     EISSN : 28082621     DOI : https://doi.org/10.20961
Core Subject : Education,
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, evaluasi pendidikan, dan pendidikan guru.
Arjuna Subject : -
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 3 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan" : 30 Documents clear
THE EFFECT OF PARENTING STYLES AND LEARNING MOTIVATION ON MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES TO FOURTH GRADE STUDENTS OF PUBLIC ELEMENTARY SCHOOLS IN PURING SUB-DISTRICT IN ACADEMIC YEAR OF 2021/2022. Kusmiati Kusmiati; Ngatman Ngatman; Suhartono Suhartono
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 3 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jkc.v10i3.61016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya: (1) pengaruh signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar matematika; (2) pengaruh signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika; (3) pengaruh signifikan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika kelas IV SDN se-Kecamatan Puring tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode regresi ganda. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar matematika sebesar 10,23%; (2) terdapat pengaruh signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika sebesar 20,77%; (3) terdapat pengaruh signifikan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar secara simultan dengan hasil belajar matematika sebesar 31%. Berdasarkan analisis dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika kelas IV SDN se-Kecamatan Puring tahun ajaran 2021/2022.
Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education dengan Media Konkret Dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Bangun Ruang di Kelas V SD Negeri 1 Adikarso Tahun Ajaran 2021/2022 Uum Usma Hidayah; Muhamad Chamdani; Wahyudi Wahyudi
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 3 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jkc.v10i3.62398

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan RME dengan media konkret dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang bangun ruang, (2) meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun ruang melalui penerapan pendekatan RME dengan media konkret, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan pendekatan RME dengan media konkret dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang bangun ruang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Adikarso. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil belajar siswa tentang bangun ruang pada siklus I = 75,4, siklus II = 84,5, dan siklus III = 89. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education dengan media konkret pada siswa kelas V SD Negeri 1 Adikarso tahun ajaran 2021/2022.
Efektivitas e-LKPD Berbasis Problem Solving Berorientasi HOTS pada Pembelajaran IPA Tema 6 Siswa Kelas V SDN Tugukepatihan 2 Tahun Ajaran 2021/2022 Zanani Siti Masruroh; Kartika Chrysti Suryandari; Muhamad Chamdani
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 3 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jkc.v10i3.62011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan e-LKPD berbasis problem solving berorientasi HOTS pada pembelajaran IPA tema 6 di kelas V SDN Tugukepatihan 2 tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain eksperimen nonequivalent control group design dengan perlakuan berupa LKPD yang berbasis problem solving dan berorientasi HOTS. LKPD berbentuk elektronik yang diunggah ke web Liveworksheet. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa hasil belajar IPA (pre-test dan post-test). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji keefektifan e-LKPD (N-gain dan effect size) antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil kelompok eksperimen diperoleh nilai N-gain sebesar 0,723 (tinggi) dan nilai effect size sebesar 2,74 (sangat besar). Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai N-gain sebesar 0,324 (sedang) dan nilai effect size sebesar 0,54 (sedang), sehingga dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis problem solving berorientasi HOTS efektif digunakan dalam pembelajaran dan memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa.
Analisis Faktor-Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 SD Negeri Ambalkebrek Kecamatan Ambal Tahun Ajaran 2021/2022 Siti Fatimah; Tri Saptuti Susiani; Rokhmaniyah Rokhmaniyah
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 3 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jkc.v10i3.63055

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 2 SD Negeri Ambalkebrek; (2) menganalisis faktor-faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 2; (3) mendeskripsikan upaya mengatasi faktor-faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 2. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif pendekatan studi kasus dengan subjek kelas 2 yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengambilan data dengan purposive sampling Teknik Pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembelajaran membaca permulaan terintegrasi dalam pembelajaran tematik; (2) faktor-faktor penghambat pembelajaran berasal dari faktor internal dan eksternal, (3) upaya mengatasi faktor-faktor penghambat membaca permulaan dilakukan oleh siswa, guru, dan orang tua. Upaya tersebut yaitu: (a) Guru memprioritaskan siswa yang mengalami hambatan membaca; (b) siswa meningkatkan minat membaca (c) orang tua memberikan perhatian dan fasilitas belajar yang memadai untuk siswa. 
Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN se-Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2021/2022 Laely Rizki Amalia; Tri Saptuti Susiani; Moh Salimi
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 3 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jkc.v10i3.61856

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika dan seberapa besar sumbangan efektif motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Populasi penelitian sebanyak 596 siswa dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 260 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling jenis cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan tes. Data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Dari analisis regresi diperoleh nilai thitung 4.834 ≥ ttabel 1.969 dan nilai sig. 0.000 ≤ 0.05. Analisis korelasi diperoleh rhitung = 0,288 > rtabel (df = 260) = 0,121. Sumbangan efektif variabel motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 8,3%. Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2021/2022.
Analisis Implementasi Budaya Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas V SD Negeri Kembaran Tahun Ajaran 2021/2022 Siti Rochmah Fitria; Muhamad Chamdani; Tri Saptuti Susiani
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 3 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jkc.v10i3.62645

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis implementasi budaya sekolah pada siswa kelas V; (2)  menganalisis karakter siswa kelas V dalam implementasi bduaya sekolah; (3) menganalisis kendala dan upaya implementasi budaya sekolah pada siswa kelas V SD Negeri Kembaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif pendekatan studi kasus dengan subjek penelitian siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) implementasi budaya sekolah sudah terlaksana dengan kategori baik; (2)  karakter yang mulai membudaya yaitu religius dan nasionalis dengan karakter yang berkembang yaitu mandiri, gotong royong dan integritas; (3) kendala implementasi budaya sekolah yaitu (a) rendahnya kesadaran siswa dalam mengikuti pembiasaan; (b) kurangnya motivasi dalam melaksanakn budaya sekolah; (c) siswa mudah lupa tentang karakter yang diajarkan guru. Upaya yang telah dilakukan guru dalam mengatasi kendala yaitu (a) menumbuhkan kesadaran siswa akan manfaat kegiatan pembiasaan, (b) memotivasi siswa untuk melaksanakan budaya sekolah, (c) bekerja sama dengan orang tua dalam membentuk karakter siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu (1) implementasi budaya sekolah terlaksana dengan baik, (2) karakter yang terbentuk yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas, (3) terdapat kendala dalam implementasi budaya sekolah dan terdapat upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala tersebut.
ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PATIKRAJA TAHUN AJARAN 2021/2022 Fitri Kartika Sari; Ngatman Ngatman; Wahyudi Wahyudi
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 3 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jkc.v10i3.61321

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis jenis-jenis kesalahan siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal cerita matematika tentang bangun datar; (2) menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika tentang bangun datar; (3) menguraikan alteratif solusi memperbaiki kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika tentang bangun datar pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Patikraja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif metode studi kasus dengan objek siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil penelitian menunjukkan jenis kesalahan dan persentase yang dilakukan siswa yaitu: kesalahan membaca (reading error) = 9,2%, kesalahan memahami (comprehension error) = 19,4%, kesalahan transformasi masalah (transformation error) = 23,3%, kesalahan keterampilan proses (process skill error) = 35,8%, kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error) = 35,5%; (2) faktor penyebab kesalahan siswa dibagi menjadi 2, yaitu faktor internal ( berasal dari dalam diri siswa) dan eksternal (berasal dari lingkungan luar siswa yaitu guru); (3) alternatif solusi untuk memperbaiki kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika secara garis besar yaitu: (a) siswa harus disiplin untuk menuliskan langkah-langkah soal cerita matematika; (b) guru harus menekankan pada siswa agar menuliskan langkah-langkah penyelesaian soal cerita secara lengkap; (c) guru harus menekankan konsep-konsep dasar dalam mengerjakan soal cerita; (d) guru sebaiknya melakukan pembelajaran yang lebih kreatif dan efektif. 
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD Elektronik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IVA SDN 1 Kutosari Misbahul Munir; Suhartono Suhartono; Kartika Chrysti Suryandari
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 3 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jkc.v10i3.62419

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD Elektronik untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang energi, (2) meningkatkan hasil belajar IPA tentang energi melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD Elektronik, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD Elektronik untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang energi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas IVA SDN 1 Kutosari. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil belajar pada siklus I sebesar 86,36%, siklus II sebesar 90,91%, dan siklus III sebesar 93,18%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD Elektronik dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang Energi pada siswa kelas IVA SDN 1 Kutosari tahun ajaran 2021/2022.
Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA Materi Gaya dan Gerak pada Siswa Kelas IVA SDN 5 Panjer Tahun Ajaran 2021/2022 Lovia Sisilia Mellyani; Wahyudi Wahyudi; Suhartono Suhartono
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 3 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jkc.v10i3.62287

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah Problem Based Learning, meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar IPA siswa kelas IVA, serta mendeskripsikan kendala dan solusi yang ditemui dalam pembelajaran melalui penerapan model Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas IVA SDN 5 Panjer. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan proses dan hasil belajar IPA dengan model Problem Basd Learning. Persentase keterampilan proses IPA siswa pada siklus I = 80,83%, siklus II = 86,67%, dan siklus III = 91,67%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I = 78,26%, siklus II = 84,78%, dan siklus III = 91,30%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan proses hasil belajar IPA tentang gaya dan gerak pada siswa kelas IVA SDN 5 Panjer tahun ajaran 2021/2022.Kata kunci: Problem Based Learning, keterampilan proses, IPA  AbstractThe study aimed to describe the steps for implementing the Problem Based Learning, to improve process skills and natural science learning outcomes to students of grade IV A, and to describe the obstacles and solutions encountered in the application of Problem Based Learning. The study was carried out in three cycles. The subjects were teacher and students of grade IVA at SDN 5 Panjer. The data were qualitative and quantitative. Data collection techniques used observation, interviews, and tests. The data validity used triangulation of sources and triangulation of techniques. Data analysis included data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results indicated that Problem Based Learning improved process skills and natural science learning outcomes. The percentages of students' process skills in natural science were 80.83% in the first cycle, 86.67% in the second cycle, and 91.67% in the third cycle. The passing grade of students’ learning outcomes were 78.26% in the first cycle, 84.78% in the second cycle, and 91.30% in the third cycle. It concludes that the application of the Problem Based Learning improves the process skills of science learning outcomes about force and motion to students of grade IVA at SDN 5 Panjer in the academic year of 2021/2022.Keywords: Problem Based Learning, process skills, natural science
Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Volume Kubus dan Balok Kelas V SDN se-Kecamatan Gumelar Tahun Ajaran 2021/2022 Inke Oktafiani; Kartika Chrysti Suryandari; Rokhmaniyah Rokhmaniyah
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 3 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jkc.v10i3.61930

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis pengaruh positif dan signifikan dari kebiasaan belajar tinggi terhadap kemampuan berpikir kritis materi volume kubus dan balok, (2) menganalisis pengaruh positif dan signifikan dari kebiasaan belajar sedang terhadap kemampuan berpikir kritis materi volume kubus dan balok, (3) menganalisis pengaruh positif dan signifikan dari kebiasaan belajar rendah terhadap kemampuan berpikir kritis materi volume kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis expost facto dengan metode regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan kebiasaan belajar tinggi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis (Sig.0,002 ≤ 0,05), kebiasaan belajar sedang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis (Sig. 0,000 ≤ 0,05), dan kebiasaan belajar rendah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis materi volume kubus dan balok kelas V SDN se-Kecamatan Gumelar tahun ajaran 2021/2022 (Sig. 0,002 ≤ 0,05). Semakin tinggi kebiasaan belajar, maka kemampuan berpikir kritis siswa semakin meningkat, begitu pula sebaliknya. Upaya peningkatan kebiasaan belajar siswa dapat dilakukan dengan memperbaiki cara atau teknik belajar seperti membuat jadwal, membuat catatan dan membaca buku teks, mengulangi bahan pelajaran, berkonsentrasi saat belajar, mengerjakan tugas dengan disiplin, mengasah diri dengan mengerjakan soal latihan, memperhatikan pembelajaran dengan sungguh-sungguh, dan belajar jauh hari ketika akan melaksanakan ujian. Upaya tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Page 1 of 3 | Total Record : 30