cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen Teknologi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Manajemen Teknologi merupakan salah satu publikasi ilmiah yg diterbitkan oleh SBM ITB, dalam kerangka untuk mendorong pengembangan praktik dan teori manajemen di Indonesia melalui penyebarluasan temuan-temuan hasil riset di bidang sains dan kasus manajemen. Jurnal ini dikenal secara luas dikalangan praktisi dan akademisi di Indonesia sebagai 'The Indonesian Journal for the Science of Management' yang mencakup bidang-bidang antara lain: Knowledge and People Management, Operations and Performance Management, Business Risk, Finance and Accounting, Entrepreneurship, Strategic Business and Marketing and Decision Making and Strategic Negotiation. Jurnal Manajemen Teknologi ( ManTek ) sudah terakreditasi "B" berdasarkan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 81/DIKTI/Kep/2011. Masa Berlaku 5 (lima) tahun sejak tanggal ditetapkan. Dan terindeks oleh Indonesian Publication Index (IPI), Google Schoolar. Print ISSN: 1412-1700; Online ISSN: 2089-7928
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 3 (2017)" : 8 Documents clear
Implementasi Organisasi Pembelajar bagi Keberlanjutan UKM Klaster Kerajinan Batik di Cirebon Muslim, Muhammad Irfai; Sukmawati, Anggraini; Syafitri, Utami Dyah
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 16, No 3 (2017)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7839.072 KB) | DOI: 10.12695/jmt.2017.16.3.5

Abstract

Abstrak. Menjaga keberlanjutan UKM memiliki tantangan berat di era persaingan yang semakin ketat. Gaya kepemimpinan yang tepat, siklus hidup organisasi yang panjang, karyawan yang berkompeten, dan menjadi organisasi pembelajar merupakan isu utama dalam keberlanjutan UKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, siklus hidup organisasi, kompetensi, dan organisasi pembelajar terhadap keberlanjutan UKM klaster kerajinan batik di Cirebon. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SEM-PLS. Sampel yang diambil sebesar 88 responden. Penarikan sampel menggunakan teknik quota sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap siklus hidup organisasi, kompetensi, dan organisasi pembelajar. Kompetensi dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh siklus hidup organisasi dan organisasi pembelajar. Keberlanjutan UKM dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh kompetensi dan organisasi pembelajar, tetapi tidak oleh siklus hidup organisasi. Hal ini menunjukkan bahwa keberlanjutan UKM klaster kerajinan batik di Cirebon dipengaruhi oleh kompetensi karyawan dan juga penerapan organisasi pembelajar.Kata Kunci: Gaya kepemimpinan, siklus hidup organisasi, kompetensi, organisasi pembelajar, keberlanjutan ukm, ukm batik cirebonAbstract. Maintaining the continuity of SMEs has a tough challenge in an era of fierce competition. The right leadership style, long life cycle organization, employees who are competent, and become a learning organization on the main issues in the sustainability of SMEs. This study aimed to analyze the effect of leadership style, the life cycle of the organization, competence, and learning organization to SMEs sustainability clusters in Cirebon batik. The data were analyzed using SEM-PLS. Quota sampling were used for sampling and there were 88 respondents. The results showed that the style of leadership and a significant positive effect on the life cycle of the organization, competence and learning organization. Competence positively and significantly influenced by the life cycle of the organization and learning organization. Sustainability of SMEs positively and significantly influenced by the competence and learning organizations, but not by the life cycle of an organization. This suggests that the sustainability of SMEs cluster in Cirebon batik is influenced by the competence of employees and also the implementation of a learning organization.Keywords: Leadership style, organization life cycle, competence, learning organization, sustainability of SMEs, Cirebon batik SMEs
Analisis Dampak Kepercayaan pada Penggunaan Media Pemasaran Online (E-Commerce) yang Diadopsi oleh UMKM: Perspektif Model DeLone & McLean Hamid, Rahmad Solling; Ikbal, Muhammad
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 16, No 3 (2017)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14481.715 KB) | DOI: 10.12695/jmt.2017.16.3.6

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dampak kepercayaan (trust) pada penggunaan media pemasaran online (e-commerce) yang diadopsi oleh UMKM melalui penilaian model kesuksesan sistem informasi Delone & McLean (2003). Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang model kesuksesan sistem informasi Delone & McLean (2003) dalam kaitannya pada penggunaan media pemasaran online (e-commerce). Populasinya adalah seluruh pimpinan atau pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Palopo. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan metode non probability yaitu dengan tekhnik pendekatan purposive sampling dengan pertimbangan bahwa sampel dipilih berdasarkan tujuan penelitian yaitu sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menggunakan sistem pemasaran berbasis online (e-commerce). Ukuran sampel diambil sebanyak 200 sampel, dengan pertimbangan sampel minimal untuk Struktural Equation Model (SEM) yaitu 100 sampel dan tingkat kesalahan sebesar 5%. Untuk menguji hipotesis, penelitian ini menggunakan teknik struktural equation model (SEM) melalui pendekatan Partial Least Squares (PLS-SEM) dengan bantuan software SmartPLS 3.Hasil penelitian menujukkan bahwa konstruk trust ternyata mampu berperan baik secara langsung maupun sebagai variabel mediasi pada penggunaan media pemasaran online (e-commerce) yang diadopsi oleh UMKM melalui penilaian model kesuksesan sistem informasi Delone & McLean (2003). Pengaruh information quality, system quality, dan service quality, terhadap user satisfaction yang dimediasi oleh trust ketiganya memiliki pengaruh tidak langsung (indirect effect) positif dan signifikan. Sedangkan trust berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap user satisfaction dan trust berpengaruh positif signifikan secara tidak langsung terhadap benefit yang dimediasi oleh user satisfaction. Hasil penelitian berikutnya mampu memberikan dukungan empiris terhadap model kesuksesan sistem informasi DeLone and McLean dengan mengkombinasikan konstruk trust ternyata mampu menggambarkan fenomena penggunaan sistem pemasaran online (e-commerce) bagi UMKM di Kota Palopo. Dimana dari enam belashipotesis yang diajukan hanya enam yang ditolak dan sepuluh hipotesis lainnya diterima.Kata Kunci: Model DeLone and McLean, Trust, Benefit, e-commerce, UMKMAbstrak. The purpose of this research that to test on the effect of trust to used media of electronic commercewho adoption by SMEs through assessment of the success model of information system by Delone & Mclean (2003). In addition, this research purpose too that hand over the empiric fact of the success value model information system by Delone & Mclean (2003) in connection to used media of electronic commerce (e-commerce). The populations are whole leadership or stakeholder Micro, Small, Medium Enterprises (SMEs) in Palopo City. The sample of this research take by using non probability method that approach purposive sampling with consideration that sample choose by based purpose of research that sector Micro, Small, Medium Enterprises (SMEs) by using media of electronic commerce (e-commerce). Measurement of sample take over about 200 samples, by consideration minima sample for Structure Equation Model (SEM) that 100 samples and error rate about 5 %. For test of hypothesis, this research used structural equation model (SEM) through approach Partial Least Squares (PLS-SEM) by help software Smart PLS 3. Result of research indicate that construct trust in fact capable to act kind by direct or indirect as mediation variable to used media of electronic commerce (e-commerce) who adoption by UMKM through the value success model information system of Delone & Mclean (2003). The influence of information quality, system quality, and service quality toward user satisfaction who mediated by trust those three are had indirect effect positive and significant. While trust influence positive and significant by direct toward user satisfaction. Result of next research that capable hand over empiric support toward the success model of information system by Delone and Mclean with combine construct trust in fact capable describes phenomena by using system electronic commerce (e-commerce) for SMEs in Palopo City. Where from sixteen of hypothesis who offered only six are refused and ten of hypothesis others are accepted.Keywords: Model DeLone and McLean, Trust, Benefit, e-commerce, SMEs
Front-Matter JMT Vol 16 No 3 2017 Haryanto, Supri
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 16, No 3 (2017)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (8588.188 KB)

Abstract

Front-Matter JMT Vol 16 No 3 2017
Supply Chain and Quality Management Practice: Its Impact on Competitive Advantage and Firm Performance (Study on Small and Medium Enterprises at West Java) Subhan, Ali; Putro, Bramantiyo Eko
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 16, No 3 (2017)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (9358.547 KB) | DOI: 10.12695/jmt.2017.16.3.1

Abstract

Abstract. Small and Medium Enterprises (SMEs) play an important role in encouraging economic growth of West Java. However, the contribution of SMEs is still small due to the lack of competitiveness of SME products. Competitiveness and weak SME performance can be enhanced by supply chain management and quality management practices. This study focuses on supply chain management and quality management practices that are mutually casual, competitive advantage and firm performance and the role of moderation of company age in SMEs in West Java. The purpose of this study is to determine the effect of supply chain management and quality management practices on competitive advantage either partially or simultaneously and its impact on firm performance, and how the role of moderating variable company's age in moderating the relationship between competitive advantage and firm performance. The unit of analysis in this study is the Small and Medium Enterprises business located in West Java region with a sample size of 200 business units. To test the model of the research empirically tested using structural equation modeling (SEM) with the help of LISREL 8.70. The results of this study indicate that the implementation of supply chain management and quality management are done simultaneously provide a great impact for increasing competitive advantage as well as firm performance. The role of corporate age moderation is very small in strengthening the relationship between competitive advantages with firm performance on SMEs in West Java.Keywords: Supply chain management practice, quality management practice, competitive advantage, firm performance, firm ageAbstrak. Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berperan penting dalam mendorong pertumbuhan perekonomian Jawa Barat. Akan tetapi kontribusi UKM masih kecil dikarenakan kurangnya lemahnya daya saing produk UKM. Daya saing dan performa UKM yang lemah dapat ditingkatkan oleh supply chain management dan quality management practices. Penelitian ini fokus pada supply chain management dan quality management practices yang saling kasual, keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan serta peran moderasi umur perusahaan pada UKM di Jawa Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh supply chain management dan quality management practices terhadap keunggulan bersaing baik secara parsial maupun simultan dan dampaknya terhadap kinerja perusahaan, serta bagaimana peranan variabel moderating umur perusahaan dalam memoderasi hubungan antara keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan. Unit analisis dalam penelitian ini adalah usaha Industri Kecil dan Menengah yang berada di wilayah Jawa Barat dengan ukuran sampel sebanyak 200 unit usaha. Untuk menguji model penelitian maka dilakukan pengujian secara empirik menggunakan structural equation modeling (SEM) dengan bantuan LISREL 8.70. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan manajemen rantai pasokan dan manajemen kualitas yang dilakukan secara bersamaan memberikan dampak yang besar bagi peningkatan keunggulan bersaing maupun kinerja perusahaan. Peran moderasi umur perusahaan sangat kecil dalam memperkuat hubungan antara keunggulan bersaing dengan kinerja perusahaan pada UKM di Jawa Barat.Kata kunci: Manajemen rantai pasokan, manajemen kualitas, keunggulan bersaing, kinerja perusahaan, umur perusahaan
Back-Matter JMT Vol 16 No 3 2017 Haryanto, Supri
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 16, No 3 (2017)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Back-Matter JMT Vol 16 No 3 2017
Kinerja Sektor Industri Manufaktur Provinsi Jawa Barat Berdasarkan Lokasi di Dalam dan di Luar Kawasan Industri Winardi, Winardi; Priyarsono, Dominicus Savio; Siregar, Hermanto; Kustanto, Heru
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 16, No 3 (2017)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12695/jmt.2017.16.3.2

Abstract

Abstrak. Sektor industri manufaktur merupakan motor penggerak perekonomian suatu wilayah. Peran sektor industri manufaktur di suatu wilayah akan lebih optimal apabila pada wilayah tersebut terdapat lokasi-lokasi industri yang ketersediaan infrastruktur dasar, infrastruktur penunjang dan sarana penunjang yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan kinerja sektor industri manufaktur di Provinsi Jawa Barat berdasarkan lokasi di dalam kawasan industri dan di luar kawasan industri. Model analisis menggunakan Model Social Accounting Matrix (SAM) yang dilakukan disagregasi ke dalam sektor industri manufaktur yang berlokasi di dalam dan di luar kawasan industri. Hasil analisis menunjukkan bahwa sektor industri manafaktur yang berlokasi di dalam kawasan industri mempunyai kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan sektor industri manufaktur yang berlokasi di luar kawasan industri. Kinerja dimaksud adalah dalam peningkatan nilai tambah faktor produksi baik faktor tenaga kerja maupun faktor modal dan kinerja dalam peningkatan pendapatan masyarakat.Kata kunci : Industri manufaktur, kawasan industri, SAM, nilai tambah, pendapatan rumah tangga Abstract. Manufacturing industry sector is the driving force of the economy of a region. The role of manufacturing industry sector in a region will be more optimal if in the region there are industrial locations that availability of basic infrastructure, supporting infrastructure and adequate supporting facilities. This study aims to analyze the performance comparison of manufacturing industry sectors of West Java Province Based on location inside and outside industrial estates. The analytical model uses the Social Accounting Matrix (SAM) Model which is disaggregated into the manufacturing industry sectors located within and outside the industrial estate. The results of the analysis show that industrial sector manafaktur located in industrial estate have better performance compared with manufacturing industry sector which is located outside industrial area. Performance is meant in the increase of value added factors of production both labor factors and capital and performance factors in increasing public revenues.Keyword: Manufacturing industry, industrial estate, social accounting matrix, value added, household income
Evaluasi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Knowledge Sharing Assegaff, Setiawan
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 16, No 3 (2017)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12695/jmt.2017.16.3.4

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk megevaluasi pemanfaatan aplikasi media sosial yang digunakan sebagai sarana berbagi pengetahuan oleh dosen di Indonesia dalam sebuah grup virtual di facebook. Model Kesuksesaan Sistem Informasi oleh Delone dan McLean digunakan sebagai teori dasar dengan mempertimbangkan faktor karaterisktik individu. Sebuah model penelitian dan dua belas buah hipoteses dikembangkan dalam penelitian ini. Model dan hipoteses kemudian diuji dan divalidasi menggunakan data yang diperoleh dari sebuah survey yang dilaksanakan secara online. Survey secara online dilakukan pada sebuah grup dosen di Indonesia. Sebanyak 160 kuesioner diisi oleh anggota komunitas online tersebut dan dinyatakan valid dan digunakan untuk analisis lebih lanjut. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS) memanfaatkan perangkat lunak Smart PLS V2. Pengujian meliputi “measurement model” dan “structural model”. Hasil dari pengolahan data mengindikasikan bahwa pemanfaatan media sosial (facebook) telah berhasil menjadi sarana bagi para akademisi di Indonesia dalam berbagi informasi dan pengetahuan. Penelitian ini menemukan bahwa faktor “system use” dan “user satisfaction” adalah faktor utama yang mempengaruhi “individual impact”, sementara itu faktor lain seperti karateristik individu mempengaruhi system quality dan information quality. Sedangkan Information quality mempengaruhi system use, dan system use mempengaruhi user satisfaction.Kata kunci: Media Sosial, akademisi, model sukses sistem informasi, karaterisktik individu, berbagi pengetahuanAbstract. The aim of this research is to evaluate the succsess of social media for knowledge sharing among academician in Indonesia in virtual group at Facebook. IS Success Model by Delone and McLean was apply as a basis theory along with individual characteristic factor. This study develops a research model with twelve hypotheses. Model and hypotheses then validated using data from online survey. Online Survey was conducted in a group of Indonesian academician. 160 questionnaires were collected from the survey and use for next analysis. Data was analysis by Partial Least Square (PLS) using Smart PLS V2. There are two type of examination conducted in this research evaluation of measurement model and structural model. This research indicates that social media have been success uses by Indonesian academia for knowledge sharing. This study found that “system use” and “user satisfaction” as main variable influences “individual Impact”. While, “Individual characteristic” influences “system and information quality” furthermore “information quality” influences “system use” and “system use” influences “user satisfaction”.Keyword: Social Media, academician, information system success model, individual characteristic, knowledge sharing
IN-GAME ADVERTISING: ANALYZING THE EFFECTS OF BRAND CONGRUITY, INTEGRATION, AND PROMINENCE TOWARDS IGA ATTITUDE AND PURCHASE INTENTION Soebandhi, Santirianingrum; Andriansyah, Yuan
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 16, No 3 (2017)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12695/jmt.2017.16.3.3

Abstract

Abstract. Currently mobile in-game advertising (IGA) has become a promotional medium that is widely used in introducing and offering products to consumers. Using an existing online racing game, this study analyzed the effect of brand congruity, integration, and prominence on attitudes toward IGA and purchase intention on brands that advertised in this game. A total of 100 respondents ranging from 16 to 35 years old were involved. Partial Least Squares analysis was used as the data technique analysis. The results show that brand congruity, integration, and prominence have a significant effect on consumer attitudes toward IGA. However, those do not have effect on purchase intention.Keywords: Brand congruity, brand integration, brand prominence, attitude towards in-game advertising, purchase intentionAbstrak. Saat ini mobile in-game advertising (IGA) telah menjadi media promosi yang secara luas digunakan dalam mengenalkan dan menawarkan produk kepada konsumen. Dengan menggunakan game balap online yang ada, penelitian ini menganalisis pengaruh kesesuian, integrasi, dan prominen merek pada sikap terhadap IGA dan niat beli pada merek yang diiklankan dalam game ini. Sebanyak 100 responden dengan rentang usia 16 sampai 35 tahun dilibatkan dalam penelitian ini. Analisis Partial Least Squares digunakan sebagai teknik analisis data. Hasil menunjukkan bahwa kesesuian, integrasi, dan prominen merek berpengaruh signifikan terhadap sikap konsumen terhadap IGA. Namun, hal tersebut tidak berpengaruh pada niat beli.Kata kunci: Kesesuaian merek, integrasi merek, prominen merek, sikap terhadap in-game advertising, minat beli

Page 1 of 1 | Total Record : 8