cover
Contact Name
Fanzal
Contact Email
fanzal.05@gmail.com
Phone
+6285741447337
Journal Mail Official
jawda@walisongo.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus II UIN Walisongo Ngaliyan Semarang Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jawda: Journal of Islamic Education Management
ISSN : 27742733     EISSN : 27742725     DOI : https://doi.org/10.21580/jawda
Core Subject : Education,
Jawda: Journal of Islamic Education Management focuses on research-based articles on Islamic education management. Jawda provides scientific publications as well as discourses in the field of Islamic education management, which includes aspects of curriculum, teaching and learning, student affairs, human resources, facilities and infrastructure, financing, leadership, total quality management, public relations, organizations and policy analysis.
Articles 53 Documents
Manajemen Kurikulum Kelas Unggulan di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang Hardianti, Dini; Fatkuroji, Fatkuroji; Hasanah, Silviatul
Jawda: Journal of Islamic Education Management Volume 1 Number 1 October 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/jawda.v1i1.2020.6721

Abstract

Perpaduan kurikulum nasional dan kurikulum lokal yang diterapkan dalam kelas unggulan di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang dengan potensi peserta didik yang memiliki kemampuan lebih yang pastinya membutuhkan pembinaan yang berbeda dan tidak dapat diberikan perlakuan yang sama dengan peserta didik biasa. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan yaitu: (1) Perencanaan kurikulum kelas unggulan (2) Pengorganisasian kurikulum kelas unggulan (3) Pelaksanaan kurikulum kelas unggulan, dan (4) Evaluasi kurikulum kelas unggulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan dilakukan dengan menganalisis konteks, kebutuhan, dan mengidentifikasi standar nasional pendidikan, dilanjut dengan pemilihan atau penetapan tujuan dan penentuan strategi, kebijakan, program, prosedur, metode, sistem, anggaran, dan standar yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan pendidikan. (2) Pengorganisasian dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pembagian tugas dan wewenang oleh tim khusus kepada tim pengembang. Tahap pembagian tugas mengajar. Tahap penyusunan jadwal pelajaran dan beban jam mengajar. Tahap penyusunan jadwal kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. (3) Pelaksanaan kurikulum dengan melakukan pembelajaran sesuai prinsip dan model tuntutan kurikulum. (4) Evaluasi kurikulum menggunakan dua macam evaluasi yaitu evaluasi proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar melalui penilaian formatif dan sumatif
Implikasi Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Madrasah (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Banat, Kudus, Indonesia) Isnaini, Siti; Syukur, Fatah; Khunaifi, Agus
Jawda: Journal of Islamic Education Management Volume 1 Number 1 October 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/jawda.v1i1.2020.6680

Abstract

Kompetisi dunia kerja di era global ini tidak hanya terjadi di level nasional melainkan internasional. Realitas ini menuntut lembaga-lembaga pendidikan memiliki kualitas lulusan berstandar internasional. Penelitian ini bertujuan mengkaji implikasi penerapan  Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Madrasah Aliyah NU Banat Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan dari teori Deming, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan (plan); madrasah merumuskan sasaran mutu, isu-isu internal eksternal, resiko-peluang, serta kebutuhan dan harapan pihak berkepentingan. Tahap pelaksanaan (do); madrasah melakukan komunikasi, sosialisasi dan menggalang dukungan untuk menjamin proses Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di madrasah. Tahap pemeriksaan (check); madrasah melakukan audit internal, audit eksternal dan menyebarkan angket layanan. Tahap peningkatan berkelanjutan (act); madrasah menggunakan hasil angket layanan yang telah disebar dan juga meningkatkan grade dalam sasaran mutu. Implikasi penerapan sistem ini diantaranya terciptanya sinergitas kebutuhan akreditasi madrasah, peningkatan citra madrasah,  peningkatan kualitas program, dan peningkatan kedisiplinan
Pengelolaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Berdasarkan Sistem Zonasi di SMP Negeri 1 Mlonggo Jepara Rohmah, Sheila; Wahyudi, Wahyudi; Pamungkas, Fanzal
Jawda: Journal of Islamic Education Management Volume 1 Number 1 October 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/jawda.v1i1.2020.6704

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan calon peserta didik baru untuk mendaftar sekolah di beberapa SMP Mlonggo Jepara. Salah satu sekolah yang sudah menerapkan PPDB online adalah SMP Negeri 1 Mlonggo Jepara. Keunggulan SMP Negeri 1 Mlonggo Jepara diantaranya adanya minat yang tinggi dari calon peserta didik, sarana dan prasarana lengkap dan memadai, tim IT yang proesional, letak sekolah strategis sehingga mudah dijangkau oleh transportasi umum. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengelolaan PPDB berdasarkan sistem zonasi yang meliputi: 1) perencanaan, 2) pengorganisasian, 3) pelaksanaan, 4) pengawasan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari kepala sekolah, ketua panitia PPDB, dan peserta didik baru. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) perencanaan kegiatan PPDB dilakukan sesuai juknis dari pemerintah, 2) pengorganisasian PPDB dilakukan pasca pembentukan panitia PPDB dan panitia PPDB dipilih berdasarkan pendidik dan tenaga pendidik yang mengusai ICT, 3) pelaksanaan PPDB dilakukan secara online mandiri dan offline, 4) pengawasan PPDB dilakukan kepala sekolah dan panitia PPDB. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengelolaan PPDB dilaksanakan sesuai dengan juknis dari pemerintah, pendaftaran dilakukan secara online dan offline serta memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.
New Public Management in The Changing Status of Higher Education Institution in Indonesia Muhammad, Muhammad
Jawda: Journal of Islamic Education Management 2021: Just Accepted Manuscript and Article In Press 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/jawda.v0i0.2021.8463

Abstract

Global competition among universities in the world has become more challenging over years. This makes it demanding not only for universities in Indonesia to create positive improvements but also for the government to adapt with its innovations and policy initiatives. Meanwhile, New Public Management approach which was initially introduced in 1990s has been proposing administrative reforms on the old inefficient bureaucracy. In response to this, universities along with the government have been incorporating some aspects of The New Public Management theory in order for them to strive in global competition. This study seeks to analyze the changing status of Indonesian universities. It further discusses how some aspects of New Public Management are incorporated in university’s administration. This Indonesian case study argues that NPM values has influenced the changing system of universities in Indonesia. NPS still exists partially if not fully, in Indonesian universities despite the problem of public acceptance responding to the government’s policy on university reforms.
Peran Bu Nyai dalam Meningkatkan Mutu Hafalan Al-Qur’an Santri Putri Pondok Pesantren Al-Hikmah Pedurungan Lor Semarang Nawafi, Luthfiyah Natun; Uhbiyati, Nur; Sholihah, Baqiyatush
Jawda: Journal of Islamic Education Management Volume 1 Number 1 October 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/jawda.v1i1.2020.6702

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran bu nyai sebagai pengasuh sekaligus pendiri pesantren dalam peningkatan mutu hafalan Al-Qur’an santri. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, selanjutnya data dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dalam peningkatan mutu hafalan Al-Qur’an, bu nyai memberikan keteladanan, pengawasan, dan pemberian motivasi, (2) hambatan yang dihadapi dalam meningkatkan mutu hafalan Al-Qur’an santri adalah kemalasan, banyaknya kegiatan santri sehingga waktu untuk menghafal dan muraja’ah berkurang, kelemahan santri dalam mengatur waktu, lemahnya ingatan, lingkungan yang kurang kondusif, kelemahan santri untuk menahan diri dari melakukan hal-hal yang kurang penting seperti terlalu banyak mengobrol dengan temannya, juga godaan terkait perasaan terhadap lawan jenis yang membuat konsentrasi untuk menghafal Al-Qur’an menjadi terganggu, (3) strategi yang digunakan bu nyai untuk meningkatkan mutu hafalan Al-Qur’an adalah dengan meminta santri untuk meningkatkan jumlah setoran hafalan, meminta santri untuk meningkatkan kualitas bacaan ayat yang disetorkan berdasarkan tajwid, makharijul-huruf, sifatul-huruf serta kelancaran dalam menghafal, mendorong santri untuk meningkatkan amaliyah penunjang mudahnya menghafal, meningkatkan kedisiplinan santri dalam menghafal melalui jadwal setoran dan muraja’ah, mendorong santri mengikuti sistem pengulangan atau takrir, mengevaluasi hafalan santri secara berkala
Manajemen Kurikulum Ekstrakurikuler Kewirausahaan dalam Membentuk Jiwa Entrepreneur Peserta Didik di SMA Mazra’atul Ulum Paciran Lamongan Su’adiyah, Rona Liul Qiyatis; Wahid, Abdul; Fahrurrozi, Fahrurrozi
Jawda: Journal of Islamic Education Management Volume 1 Number 1 October 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/jawda.v1i1.2020.6672

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi ekstrakurikuler kewirausahaan serta faktor pendukung dan penghambat ekstrakurikuler kewirausahaan di SMA Mazra’atul Ulum Paciran Lamongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Perencanaan ekstrakurikuler kewirausahaan mencakup: Penetapan tujuan, penetapan pembina, penetapan peserta, penyusunan program kerja, penetapan jadwal dan tempat ekstrakurikuler kewirausahaan. (2) Implementasi ekstrakurikuler kewirausahaan merupakan pelaksanaan pembelajaran melalui beberapa kegiatan, di antaranya: pemilihan ide, proses produksi, pemasaran produk, pembuatan proposal, dan pelatihan public speaking. (3) Evaluasi ekstrakurikuler kewirausahaan dilakukan setiap akhir semester. Hal yang dievaluasi meliputi: kinerja pembina, pencapaian prestasi, kehadiran siswa, dan keaktifan siswa pada saat pembelajaran. (4) Faktor pendukung dalam pelaksanaan ekstrakurikuler kewirausahaan yaitu sarana dan prasarana yang memadai, pembina yang berkompeten, antusiasme siswa, sumber daya alam di daerah sekitar, dan daya dukung dari beberapa dinas. Faktor penghambatnya yaitu kedisplinan siswa, kekhawatiran orang tua pada anak saat perjalanan pulang, dan kurangnya pendanaan.
Pengelolaan Perpustakaan Sekolah di MTs Negeri 7 Kebumen Afriatin, Rohmy; Danusiri, Danusiri
Jawda: Journal of Islamic Education Management Volume 1 Number 1 October 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/jawda.v1i1.2020.6703

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengelolaan perpustakaan sekolah di MTs Negeri 7 Kebumen. Pengelolaan tersebut meliputi aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan atau penyelenggaraan, evaluasi, dan kendala di perpustakaan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan (field research) yang dilakukan langsung di medan terjadinya gejala-gejala yang diteliti yaitu MTs Negeri 7 Kebumen. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif di mana hasil penelitiannya berbentuk deskripsi kata-kata. Penelitian ini dilakukan secara intensif, yakni peneliti ikut berpatisipasi selama di lapangan. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara, setelah data terkumpul kemudian dianalisis dan dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau sebagaimana adanya tanpa mengubahnya menjadi angka atau simbol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan perpustakaan sekolah di MTs Negeri 7 Kebumen menunjukan sebagai berikut: (1) dalam hal perencanaan sudah cukup baik dan sudah direncanakan sesuai dengan tujuan maupun dengan visi dan misi walaupun ada beberapa kendala salah satunya adalah dalam hal ruangan, (2) pengorganisasian sudah baik dan berjalan secara terstruktur, (3) pelaksanaan maupun penyelenggaraan cukup baik, (4) evaluasinya berjalan dengan baik karena dilaksanakan setiap hari, (5) kendala yang dihadapi dalam pengelolaan perpustakaan adalah mengenai ruangan yang belum memenuhi standar, sarana dan prasarana kurang mencukupi, pengadaan bahan koleksi kurang maksimal dan tidak ada pelatihan khusus bagi staf perpustakaan.
Pemetaan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMP Negeri 1 Keling-Jepara-Jawa Tengah Annafi, Annafi Kusmaratu; Fatkuroji, Fakuroji; Sholihah, Baqiyatush
Jawda: Journal of Islamic Education Management 2021: Just Accepted Manuscript and Article In Press 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/jawda.v0i0.2021.9386

Abstract

Pemetaan mutu dilaksanakan untuk memberikan gambaran tentang capaian atau pemenuhan SNP. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) bagaimana pemetaan mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan instrumen pemetaan mutu di SMPN 1 Keling Jepara? 2) bagaimana cara meningkatkan mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan standar pendidik dan tenaga kependidikan di SMPN 1 Keling Jepara? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rapor mutu sebagai hasil pemetaan mutu menunjukkan ada peningkatan nilai dari tahun sebelumnya, hal ini dibuktikan dengan adanya penambahan guru serta kualifikasi guru yang hampir mencapai SNP (Standar Nasional Pendidikan). Kemajuan juga terjadi pada kepala sekolah yang sudah memenuhi kualifikasi sebagai kepala sekolah profesional, ada juga standar tenaga administrasi yang harus memiliki tenaga administrasi yang berkualifikasi sesuai namun masih banyak data yang tidak terbaca oleh aplikasi dapodik yang menjadikan nilai rapor standar pendidik dan tenaga kependidikan tidak memiliki nilai. Setelah menganalisis pencapaian mutu dilanjutkan dengan upaya kepala sekolah dalam membina tenaga pendidik dan tenaga kependidikan lewat program pendidikan dan pelatihan, MGMP dan IHT.Quality mapping is carried out to provide an overview of the achievement or fulfillment of the National Education Standards (SNP). This research focuses on the problems: 1) how is the quality mapping of educators and education staff based on the quality mapping instrument at SMPN 1 Keling Jepara? 2) how to improve the quality of educators and education staffs based on the standards of educators and education personnels or staffs at SMPN 1 Keling Jepara? This study uses a descriptive qualitative approach. The results showed that the quality report card as a result of quality mapping showed an increase in grades from the previous year, this was evidenced by the addition of teachers and teacher qualifications that almost reached the National Education Standards (SNP). Progress has also occurred in school principals who have met the qualifications as professional school principals, there are also administrative staff standards who must have appropriate qualified administrative personnel but there is still a lot of data that is not legible by the dapodik application which makes the standard report cards of educators and education personnels have no grade. After analyzing the quality achievement, it is continued with the principal's efforts in fostering educators and education staffs through education and training programs, MGMP and IHT.
Implikasi Kepemimpinan Situasional pada Efektivitas Prestasi Kerja TU di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Semarang Burhanuddin Chusnul Chuluq; Agus Khunaifi; Fanzal Pamungkas
Jawda: Journal of Islamic Education Management Volume 2 Number 1 April 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/jawda.v2i1.2021.8756

Abstract

The leader is the person who is authorized to lead the activities in a group, the leadership role of the headmaster means a lot to the school, the success of the school is very closely related to the style and approach of the headmaster's leadership, how the headmaster manages his subordinates in order to produce the order as expected. This research is a field research with qualitative approach. The subjects of the study were the principal and administrative staff. Data obtained by interviews, observations and documentation.The results of this study concluded that there are implications of situational leadership of the principal on the effectiveness of administrative performance seen from the type of situational leadership, namely the first instruction process of the principal to the administrative admin coordinator, the second consultation process between the administration and the principal, resulting in a harmonious relationship and also intertwined two-way communication, the third process of participation when the principal is involved in the work that coincides with the administrative staff and the fourth process of delegation of the principal on administrative performance does not provide training directly to support the performance of the administration.
Manajemen Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam pada Siswa Taman Kanak-Kanak Tunas Harapan di Sambiroto Gajah Demak Mustakimah Mustakimah; Fatah Syukur
Jawda: Journal of Islamic Education Management Volume 2 Number 2 October 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/jawda.v2i2.2021.10564

Abstract

This reseach aims to determine the process of inculcating Islamic religious values in Tunas Harapan Sambiroto Kindergarten students, the methods used in instilling Islamic religious values, and the results of using the method of inculcating religious values. The results showed that: in an effort to instill religious values in TK Tunas Harapan Sambiroto students, various planting methods were combined. As a supporting factor, educators have high motivation, have the ability to convey Islamic religious teachings, students can imitate worship movements even though they are not regular and have Islamic books. Meanwhile, factor for students not focusing and grouping participants what educators do when practicing worship is still unclear