cover
Contact Name
Ridho Hilmawan
Contact Email
ridho.tif@gmail.com
Phone
+6282174477779
Journal Mail Official
ridho.tif@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No.7, Damon, Kec. Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau 28784
Location
Kab. bengkalis,
Riau
INDONESIA
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
ISSN : 26860295     EISSN : 27235653     DOI : -
Jurnal ini merupakan media terbitan online yang mendiseminasikan karya ilmiah para pendidik, kepala sekolah, dosen, dan masyarakat umum yang peduli dengan dunia pendidikan. Jurnal ini menerima dan hanya mempublikasikan karya ilmiah yang belum pernah dipublikasikan tentang penelitian literatur dan lapangan yang terkait dengan kurikulum, pengajaran, pembelajaran, penggunaan media teknologi, kepemimpinan dan program pengembangan profesi di berbagai tingkatan pendidikan baik formal maupun non-formal.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif" : 7 Documents clear
Meningkatkan hasil belajar biologi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada siswa kelas XI.IA.2 Farida Hayati
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan didasari oleh rendahnya kemampuan siswa dalam mata pelajaran Biologi pada siswa kelas XI.IA.2. SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui Penerapan Model Kooperatif tipe Numbered Heads Togetherpada siswa kelas XI.IA.2 di SMA Negeri 4 Bengkalis Tahun Pelajaran 2015/2016. Prosedur penelitian dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian dilakukan adalah siswa kelas XI.IA.2 SMA Negeri 4 Bengkalis. Data dikumpulkan melalui tes objektif dan pengamatan (observasi). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru mata pelajaran sejenis untuk menerapkaModelPembelajaran Kooperatif TipeNumbered Heads Togetheruntuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui model pembelajaran Discovery Learning di SMA Negeri 2 Bengkalis Yuniarti
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas XII IS A. Penerapan berbagai model pembelajaran belum bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Selama ini, metode yang digunakan belum bervariasi, Penjelasan guru belum tepat sasaran, pembelajarannya masih bersifat satu arah. Guru lebih banyak mendominasi proses pembelajaran. Siswa berada pada posisi yang pasif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas XII IS A Tahun Pelajaran 2017/2018. Prosedur penilaian dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA A SMA Negeri 2 Bengkalis. Data di kumpulkan melalui tes objektif dan pengamatan (observasi). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat menigkatkan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru mata pelajaran sejenis untuk menggunakan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar.
Penerapan strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada aspek berbicara siswa kelas IX SMPN 12 Mandau Nofrini Susanti
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk : 1). meningkatkan kemahiran berbicara siswa kelas IX/2 SMP Negeri 12 Mandau tahun pelajaran 2017/2018 khususnya kemahiran melaporkan berbagai peristiwa secara lisan, 2). mengidentifikasi peningkatan daya serap siswa kelas IX SMP Negeri 12 Mandau tahun pelajaran 2017/2018 pada aspek keterampilan berbicara khususnya melaporkan berbagai peristiwa secara lisan, dan 3). mengidentifikasi bagaimana langkah - langkah yang efektif dilakukan oleh peneliti/guru dalam menerapkan strategi PBAS dengan menggunakan media gambar agar hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IX/2 SMP Negeri 12 Mandau pada aspek berbicara khususnya melaporkan berbagai peristiwa secara lisan dapat ditingkatkan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada siswa kelas IX SMP Negeri 12 Mandau semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 orang sebagai subjek penelitian. Pengumpulan datanya menggunakan teknik tes unjuk kerja yang telah dilengkapi dengan rubrik penilaian untuk pengumpulan data utama, dan teknik observasi untuk pengumpulan data pelengkap. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis deskriptif komparatif untuk data utama yaitu dengan cara membandingkan nilai tes hasil belajar siswa dengan KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IX/A SMP Negeri 12 Mandau tahun pelajaran 2017/2018 yaitu angka 75 sebagai indikator kinerja, kemudian membandingkan nilai tes hasil belajar antarsiklus. Dari penganalisisan data diperoleh hasil bahwa penerapan strategi PBAS dengan penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemahiran siswa berbicara khususnya kemahiran melaporkan berbagai peristiwa secara lisan. Daya serap siswa meningkat sebesar 22,08 % setelah diberikan perlakuan/tindakan.
Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui model pembelajaran koperatif tipe Think Pair Share Rantau Alis
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI A SDN 1 Bengkalis dan didasari oleh rendahnya hasil belajar matematika di kelas tersebut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing 3 kali pertemuan. Tahapan penelitian mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian membuktikan bahwa pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat diamati dari meningkatnya skor rata-rata aktivitas pada siklus I pertemuan 1 dan 2 yaitu rata-rata nilai 2,26 (cukup) dan pada siklus II pertemuan 1 dan 2 yaitu rata-rata nilai 3,045 (baik). Model ini juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika dari siklus I ke siklus II sebesar 12 % yaitu pada siklus I persentase ketuntatasan adalah 60 %, sedangkan pada siklus II 86%. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan hasil belajar matematika.
Peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model kooperatif tipe STAD di kelas X MIA B SMA Negeri 2 Bengkalis Marlina
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas X. Selama ini, metode yang digunakan belum bervariasi, Penjelasan guru belum tepat sasaran, pembelajarannya masih bersifat satu arah. Guru lebih banyak mendominasi proses pembelajaran. Siswa berada pada posisi yang pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Kooperatif Tipe STAD pada siswa kelas X MIA B Tahun Pelajaran 2017/2018. Prosedur penilaian dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA B SMA Negeri 2 Bengkalis. Data di kumpulkan melalui tes objektif dan pengamatan (observasi). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru mata pelajaran sejenis untuk menggunakan model Kooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar. 
Penerapan metode pembelajaran problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha Surono
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research).Pelaksanaan terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari: perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VSDN 14 Bukit Batu Kecamatan Bukit Batu Tahun Pelajaran 2019/2020 yangberjumlah 27 siswa. Sumber data berasal dari informasi guru dan siswa, tempat,dan peristiwa berlangsungnya kegiatan pembelajaran, serta dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan mengenaiPenerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan motivasibelajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha di SDN 14 BukitBatu Kecamatan Bukit Batu tahun pelajaran 2019/2020. Dengan nilai rata-ratapresentase siklus pertama 72% dan presentase siklus kedua 85% siklus yangdilaksanakan telah mencapai presentase maksimal 100%.
Peningkatan keterampilan mendengarkan berita menggunakan media berbasis visual pada siswa kelas VII 2 SMP Negeri 3 Mandau Desfianti
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkanketerampilan mendengarkan berita menggunakan media berbasis audio visualpada siswa kelas VII 2 SMP Negeri 3 Mandau semester 1 tahun pelajaran2009/2010. Mengetahui minat belajar mendengarkan berita siswa denganmenggunakan media berbasis audio visual.Mengetahui tingkat keaktifan siswamendengarkan berita dengan menggunakan media berbasis audiovisual.Mengetahui suasana belajar dengan menggunakan media berbasis audiovisual.Mengetahui efektivitas media berbasis audio visual.Mengetahui tingkatkeberhasilan belajar mendengarkan berita melalui media berbasis audiovisual.Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa kelas VII 2 SMPNegeri 3 Mandau semester 1 tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 42orang.Teknik pembelajaran adalah dengan menggunakan media berbasis audiovisual. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data pretes, data hasilbelajar, dan data proses belajar mengajar. Analisis data yang penulis gunakanadalah ketuntasan belajar atau presentase ketuntasan.Hasil penelitianmenunjukkan adanya peningkatan rerata hasil belajar.Pada siklus I ketuntasanbelajar siswa, baik ketuntasan individu mengalami peningkatan cukup signifikan.Dari 42 siswa yang mengikuti evaluasi terdapat 23 (54,76%) siswa yang tuntasdan 19 (45,24%) siswa yang tidak tuntas. Selanjutnya setelah dilakukan perbaikanpada siklus II terdapat sebanyak 30 (71,43%) siswa yang tuntas dan 12 (28,57%)siswa yang tidak tuntas, mengalami peningkatan ketuntasan sebesar(16,67%).Selanjutnya setelah dilakukan lagi perbaikan pada siklus III terdapatsebanyak 39 (92,86%) siswa yang tuntas dan hanya 3 (7,14%) siswa yang tidaktuntas, mengalami peningkatan ketuntasan sebesar (21,43%). Ketuntasan klasikalpada siklus I hanya (68,69%), setelah dilakukan perbaikan pada siklus II,ketuntasan klasikal siswa meningkat lagi menjadi (74,52%), meningkat sebesar(5,83%). setelah dilakukanlagi perbaikan pada siklus III, ketuntasan klasikal siswameningkat lagi menjadi (81,04%), meningkat sebesar (6,52%).Dengan demikian menggunakan media berbasis audio visual dapatmeningkatkan keterampilan mendengarkan berita Pada Siswa Kelas VII 2 SMPNegeri 3 Mandau Semester 1 Tahun Pelajaran 2009/2010.

Page 1 of 1 | Total Record : 7