cover
Contact Name
Indrawan
Contact Email
abankbima@gmail.com
Phone
+6285253506723
Journal Mail Official
oryzabiologi2021@gmail.com
Editorial Address
Jln. Piere Tendean Kelurahan Sadia Kota Bima
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
ISSN : 20893205     EISSN : 25991337     DOI : https://doi.org/10.33627/oz.v10i1
Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan Biologi
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 2 (2020): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi" : 6 Documents clear
Quantum Teaching dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berargumen Mei Indra Jayanti; Muh. Nasir; Ardisyam Marseno
Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 9 No 2 (2020): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/oz.v9i2.372

Abstract

Quantum teaching merupakan merupakan model pembelajaran yang dapat ditempuh untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang aktif dan menyenangkan sehingga dapat mensukseskan proses pembelajaran untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal. Hasil belajar bidang kognitif yang merupakan bagian dari keteramplan abad 21 salah satunya adalah kemapuan berargumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara peserta didik yang diajarkan menggunakan model quantum teaching dengan peserta didik yang tidak diajarkan menggunakan model quantum teaching (non-quantum teaching). Jenis penelitian yang digunakan adalah ekperimen semu dengan desain control group pre-test-post-test. Populasi penelitian yakni seluruh peserta didik kelas XI IPA yang terdata di SMAN 1 Palibelo. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMAN 1 Palibelo. Data kemampuan berargumen dikumpulkan menggunakan instrumen tes pilihan ganda berpasangan yang mengadopsi pola Lawson Test of Scientifik Reasoning dengan bentuk soal pilihan ganda akibat sebab. Data kemampuan berargumen yang telah dikumpulkan lalu diolah menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 20 for windows. Hasil peneltian menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara peserta didik yang diajarkan menggunakan model quantum teaching dengan peserta didik yang tidak diajarkan menggunakan model quantum teaching (non-quantum teaching) dengan nilai perhitungan uji t yakni signifikansi 0,000 < 0,005.
Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Sikap Kooperatif Mahasiswa Nurfathurrahmah Nurfathurrahmah; Mei Indra Jayanti; Ariyansyah Ariyansyah
Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 9 No 2 (2020): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/oz.v9i2.380

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan sikap kooperatif mahasiswa. Metode penelitian Quasi eksperiment, Teknik pengumpulan data untuk kemampuan berpikir kreatif berupa penilaian pada saat post-test dan pre-test, sedangkan pada sikap kooperatif menggunakan lembar observasi penilaian pada saat mengerjakan proyek serta mempresantikan hasil proyek. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dari pretest ke posttest sebesar 82% (N-Gain=0,82) dikategorikan tinggi, begitupula sikap kooperatif mahasiswa dikategorikan tinggi. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan sikap kooperatif mahasiswa.
PENGGUNAAN MEDIA TANAM HIDROPONIK TERHADAP PRODUKTIVITAS PERTUMBUHAN TANAMAN TERONG (Solanum melongena) Hartati Hartati; Nikman Azmin; Muh Nasir; Bakhtiar Bakhtiar; Nehru Nehru
Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 9 No 2 (2020): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/oz.v9i2.381

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media tanam hidroponik terhadap pertumbuhan dan produktifitas tanaman Terong (Solanum melongena). Penelitian ini mengunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Parameter pengamatanya adalah tinggi tanaman, lebar daun, jumlah daun, banyaknya cabang dan banyaknya buah dari setiap perlakuan yang ada. Penelitian dianalisis anova. Hasil penelitin menunjukkan bahwa: 1) penggunaan media tanaman hidroponik yang berbeda akan berpengaruh terhadap tinggi tanaman terong, ini dibuktikan dengan hasil pengamatan yang menunjukkan fhitung lebih besar dari ftabel. Hal ini didukung dengan hasil penelitian pada umur dua minggu nilai FHitung > FTabel (8,13 > 4,07), empat minggu setelah tanam menunjukkan nilai Fhitung sebesar 7,99 dengan perbandingan karena FHitung (7,99) > FTabel (4,07) dan minggu keenam menunjukkan FHitung > FTabel (14,34 > 4,07); 2) penggunaan media tanam hidroponik yang berbeda akan berpengaruh terhadap jumlah daun tanaman terong, ini dibuktikan dengan hasil pengamatan terhadap jumlah daun tanaman terong pada umur dua minggu setelah tanam dengan nilai FHitung > FTabel (17,00 > 4,07), sementara pada usia tanaman empat minggu setelah tanam menunjukkan nilai Fhitung sebesar 7,99 dengan perbandingan karena FHitung (7,58) > FTabel (4,07) dan minggu keenam setelah tanam menunjukkan FHitung >FTabel (6,44> 4,07)
Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Blog untuk Siswa SMA muhammad irwansyah; Nehru Nehru; Diah Fitriyani
Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 9 No 2 (2020): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/oz.v9i2.382

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar biologi berbasis blog pada siswa SMA yang memenuhi kriteria valid dan efektiv. Penelitian ini mengikuti model pengembangan Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Adapun instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi, angket respon siswa, dan soal tes hasil belajar. Subjek ujicoba terbatas yaitu siswa kelas XI yang berjumlah 16 orang. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar biologi berbasis blog memenuhi kategori valid dengan nilai sebesar 3,55. Sedangkan hasil angket respon siswa terhadap bahan ajar hasil pengembangan ada dalam kategori positif dan sangat positif. Adapun nilai tes hasil belajar siswa memenuhi kategori ketuntasan klasikal minimal sebesar 81,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar biologi berbasis blog yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan dan keefektivan sehingga layak digunakan untuk siswa SMA.
Pengaruh Model Kooperatif Tipe Student Team Achievemet Division (STAD) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Hu,u fahruddin fahruddin; Susi Susanti; Olahairullah Olahairullah; muhammad iqbal; Ferawati Ferawati
Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 9 No 2 (2020): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/oz.v9i2.384

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Hu’u. Jenis penelitia quasi eksperimen. Populasi adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Hu,u tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 5 kelas berjumlah 149 siswa, pemilihan sampel penelitian menggunakan tehnik cluster random sampiling, kelas X IPA1 yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung (direct intruction) dengan jumlah 27 siswa dan kelas X IPA2 yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan jumlah siswa sebanyak 27. Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket motivasi belajar dan soal pilihan ganda 25 soal. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil analisis datan menggunakan rumus t test diperoleh nilai sebesar 27,0 > 1,674 dengan nilai signifikasi 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran STAD terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Hu,u tahun pelajaran 2019/2020
DESAIN PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA TANAMAN OBAT BERBASIS POTENSI LOKAL DI PULAU LOMBOK Maya Ekaningtias
Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 9 No 2 (2020): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/oz.v9i2.387

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain produk pengembangan ensiklopedia tanaman obat berdasarkan hasil penelitian tentang tumbuhan obat yang telah dilakukan di Pulau Lombok. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D dari Thiagarajan, Semmel dan Sammel yang meliputi 3 tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Hasil penelitian ini berupa draft ensiklopedia tanaman obat berbasis potensi lokal di Pulau Lombok.

Page 1 of 1 | Total Record : 6