cover
Contact Name
Muh Barid nizarudin Wajdi
Contact Email
baridnizar1@gmail.com
Phone
+6282232057858
Journal Mail Official
baridnizar1@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAI An Najah Indonesia Mandiri
Location
Kab. sidoarjo,
Jawa timur
INDONESIA
Edusiana : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam
ISSN : 23552743     EISSN : 25493612     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal ini terbit 2 kali setahun menyajikan 5 artikel baik hasil penelitian maupun pemikiran yang terkait dengan bidang manajemen dan pendidikan Islam. Para penulis akan menempuh tahapan seleksi dari redaktur dan mitrabestari.
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 2 (2021): EDUSIANA : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM" : 2 Documents clear
IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MAHASISWA STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO DI MASA PANDEMI Ahmad Hariyadi
EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam Vol. 8 No. 2 (2021): EDUSIANA : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Publisher : EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47077/edusiana.v8i2.191

Abstract

Teknologi Informasi dan Komunikasi telah memberikan keuntangan dan manfaat yang luar biasa.dari besar terhadap kemajuan dunia Pendidikan. Sumber- sumber belajar secara digital telah mengeksplorasi sumber belajar berkualitas seperti literatur, jurnal, dan buku, membangun forum-forum diskusi ilmiah, sampai konsultasi/diskusi dengan para pakar/ahli di dunia. Semua bisa dengan mudah dilakukan tanpa adanya batas karena setiap individu dapat melakukannya sendiri. Dampak yang sedemikian luas tersebut telah memberikan warna atau wajah baru dalam sistem pendidikan di dunia ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengembangan model-model pembelajaran yang mengacu pada pembelajaran berbasis teknologi informasi. Adanya covid-19 dua tahun yang lalu telah memunculkan berbagai strategi pembelajaran yang cukup efektif dan sangan diminati baik pendidik maupun peserta didik. STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo (STAINIM) adalah salah satu kampus yang memiliki mahasiswa tidak hanya dari dalam kota, namun juga dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia, adanya larangan pembelajaran tatap muka selama masa pandemi, telah meningkatkan berbagai strategi pembelajaran bagi mahasiswa oleh dosen. Penerapan Blended Learning adalah satu keharusan yang perlu dipahami oleh dosen atau mahasiswa di lingkungan STAINIM. Penelitian ini memberikan informasi terkait efisiensi dan dampak dari penerapan Blended Learning , bagaimana mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan gaya dan preferensi sesuai kebutuhan belajar mahasiswa, serta mendorong mahasiswa memiliki pengetahuan tentang bagaimana memberikan peluang yang praktis dan realistis. Kata Kunci : Blended Learning , Pembelajaran Online, Pembelajaran Konvensional DAFTAR PUSTAKA (http://www.ltimagazine.com/ltimagazin e/article/articleDetail.jsp?id= 167425), and meetings. Association Management, 55(5), 26-32. Armin dan Ali Abrar, “Blended Learning , Implementasi E-Learning Di Politeknik Negeri Balikpapan,” Sains Terapan 1, no. Juni (2015): 48–53 Ayala, Gerardo, dkk., (2008), Towards Computatonal models for Mobile Learning Objects, Journal IEEE. Chaeruman,Uwes A. 5 Kunci Meramu Blended Learning secara Efektif. http://www.teknologipendidikan.net/?p=499 diakses tanggal 24/02/2014 pukul 13:10 WIB Chairul Anwar, Hakikat Manusia Dalam Pendidikan: Sebuah Tinjauan Filosofis (Yogyakarta: SUKA-Press, 2014): 1. diakses tanggal 20 Januari 2011. Dziuban, Charles D., dkk., (2004), Blended Learning, (http://net.e ducause.edu/ir/library/pdf/E RB0407.pdf) diakses 20 Februari 2015. Hoic-bozic, Natasa, dkk, (2009), A Blended Learning Approach to Course and Implementation, IEEE Transactions on Education, Vol. 52, Hoic-bozic, Natasa, dkk, (2009), A Blended Learning Approach to Course and Implementation, IEEE Transactions on Education, Vol. 52, Hunaiyan, Ahmed, dkk, (2009), The Design Of Multimedia Blended e-Learning System : Cultural Consideraion, Journal IEEE. Justin Ferriman, (2014), Learning with Blended Approach, (http://www.learndash.com/learning-with-a-blended-approach/), diakses tanggal 24 Februari 2015 Justin Ferriman, (2014), The Benefits of Personalized Learning, (http://www.learndash.com/learning-with-a-blended-approach/), diakses tanggal 24 Februari 2015 McGinnis, M. (2005). Building A Successful Blended Learning Strategy, Noer, Muhammad. Blended Learning Mengubah Cara Kita Belajar Di MasaDepan. http://www.muhammadnoer.com/2010/07/blended-learning-mengubah-cara-kita- belajar-di-masa-depan/ diakses tanggal 24/02/2014 pukul 14:22 WIB Oliver, Martin & Trigwell, Keith, (2005), e - Learning Journal, Volume 2, Number 1 Rooney, J. E. 2003, Blended Learning opportunities to enhance educational programming Soekartawi, A. Haryono dan F. Librero, (2002), Greater Learning Opportunities Sugiono. (1993). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Penerbit Alfabeta. Tang, Xian, dkk, (2008), Study on The Application of Blended Learning In The College English Course, Journal IEEE. Through Distance Education: Experiences in Indonesia and the Philippines. Southeast Journal of Education. Wang, 2009, Handbook of Research on E-Learning Applications for Career and Technical Education:Technologies for Vocational Training Whitelock, D. & Jelfs, A. (2003), Editorial: Journal of Educational Media Special Issue on Blended Learning , Journal of Educational Media, 28(2-3), pp. 99-100.
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN MUTU PESERTA DIDIK DI SDLB MAHARANI LAMONGAN Muh. Hasyim Rosyidi; Akmalatun Nisa
EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam Vol. 8 No. 2 (2021): EDUSIANA : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Publisher : EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47077/edusiana.v8i2.194

Abstract

: Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang meningkatkan dan menyeimbangkan soft skill dan hard skill yang meliputi aspek kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahun. Dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 mencakup perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Penerapan kurikulum 2013 di Sekolah Luar Biasa ini merupakan bukti tidak membeda-bedakan antara Sekolah Reguler dan Sekolah Luar Biasa, Penelitian ini akan membahas implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu peserta didik di SDLB Maharani Lamongan, Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa rumusan masalah : 1) Bagaimana implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu peserta didik di SDLB Maharani Lamongan. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum 2013 di SDLB Maharani Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data dan analisis dengan metode deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa : 1) Implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu peserta didik mencakup tiga kegiatan : perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Perancanaan pembelajaran dilakukan secara lengkap berisi struktur kurikulum, kalender pendidikan, mengkaji silabus, program semester, jadwal pelajaran dan menyusun RPP yang dilakukan oleh masing-masing guru sesuai dengan jenis ketunaan dan kebutuhan. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan tiga kegiatan : pendahuluan, inti dan penutup, dari tiga kegiatan tersebut sudah terlaksana sesuai dengan RPP yang dibuat guru, akan tetapi untuk pendekatan scientific belum terlaksana dengan baik. Penilaian pembelajaran menggunakan tiga penilaian yaitu sikap, pengetahuan, dan ketrampilan melalui penilaian kinerja dengan menggunakan tes praktik, proyek dan penilaian portofolio Kata Kunci: Impelementasi Kurikulum, Mutu Peserta Didik DAFTAR PUSTAKA Buku I Kurikulum SDLB Khusus Maharani (Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, 2019-2020. Mulyasa. Enco. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Ester Lince Napitupulu. 2013. Ujung Tombak Kurikulum Guru yang Selalu Kesepian dalam A. Ferry T. Indratno (eds), Menyambut Kurikulum 2013. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara. Etta Mamang Sangadji. 2000. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi. Kemendikbud, Permendikbud RI No 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta:Kemendikbud, 2013. Moeleng, Lexy. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Efendi, Mohammad. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara,. Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan,: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Page 1 of 1 | Total Record : 2