cover
Contact Name
Dyah Panuntun Utami
Contact Email
dyahpanuntunutami@gmail.com
Phone
+628112647952
Journal Mail Official
suryaagritama@umpwr.ac.id
Editorial Address
Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Purworejo Alamat: Jl. KH.A. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah 54111
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Surya Agritama: Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan
ISSN : 2252990X     EISSN : 25986082     DOI : https://doi.org/10.37729/sa
Core Subject : Agriculture,
Surya Agritama: Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan is a scientific journal of agriculture and animal husbandry that is published as a media of information that is published and publishes the research results of lecturers, researchers, and students. JRAP contains original manuscripts that have never been published. This journal was published 2 times per year in June and December by Universitas Muhammadiyah Purworejo. The Scopes of this journal, but not limited to, are: Agricultural Revolution Ancient civilizations Animal Feed Animal Food Supplementation Animal health Animal Husbandry Animal nutrition Animal welfare Aquaculture Arboriculture Avian feeding Basal Diet Breeding Heterosis High Fat Diet Insect Farming Insects Intensive animal farming Landscape restoration Livestock production systems Meat Medieval husbandry Nutrients Nutritional value Pig farming Plant breeding Cattle Feeding Columbian Exchange Crude Protein Dairy Domestication Entomophagy Environmental impact Feed Additive Feed conversion Feeding Feeding Patterns Fish Nutrition Food chains Plant conservation Plant hybridization Plant nutrition Poultry farming Poultry Nutrition Production systems Range of species Ruminant Animal Nutrition Selective breeding Sericulture Sheep farming Swine nutrition Trace Element Vertical farming Vitamins Wild Life Farming
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 1 (2021)" : 12 Documents clear
Motivasi Petani Berusahatani Jeruk Siam Desa Pucang Agung Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo Abiyanto Prabowo; Arta Kusumaningrum; Uswatun Hasanah
Surya Agritama: Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan Vol. 10 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang 1.) Karakteristik petani jeruk siam Desa Pucang Agung. 2.) Tingkat motivasi petani jeruk siam Desa Pucang Agung. 3.) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi petani dalam berusahatani jeruk siam Desa Pucang Agung. Metode penelitian menggunakan deskriptif analisis. Pemilihan lokasi penelitian secara purposive. Penentuan jumlah responden penelitian menggunakan metode sampling jenuh. Jumlah responden yang dija dikan sampel penelitian sebanyak 47 petani. Penelitian menggunakan analisis deskriptif, skala likert, kelas interval dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, karakteristik petani Desa Pucang Agung yang sampai dengan saat ini (tahun 2020) masih menjalankan kegiatan usahatani jeruk siam sebagian besar berusia produktif antara 33-64 tahun (91,49%), tingkat pendidikan formal SD-SMP, pengalaman berusahatani jeruk siam sedang diantara 11-20 tahun, luas lahan antara 501-1.000 m², tingkat motivasi kuat dengan skor interval (28.01-36.00), faktor pendidikan formal, faktor pendidikan non formal, faktor pengalaman usahatani, faktor luas lahan, dan faktor harga jual jeruk berpengaruh terhadap motivasi petani Desa Pucang Agung dalam menjalankan usahatani jeruk siam. Kata Kunci : motivasi petani, usahatani jeruk siam
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Bengkuang di Desa Pejagatan Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen Desi Damayanti; Isna Windani; Uswatun Hasanah
Surya Agritama: Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan Vol. 10 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Biaya produksi, penerimaan, pendapatan dan keuntungan pada usahatani bengkuang, 2) Kelayakan usahatani bengkuang, dan 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi bengkuang. Sampel penelitian berjumlah 73 petani yang ditentukan dengan mengaplikasikan rumus Yamane, pengambilan sampel di Desa Pejagatan dilakukan dengan sengaja (purposive) dengan mempertimbangkan alasan sesuai dengan tujuan penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan fungsi produksi Cobb Douglas, biaya produksi, keuntungan dan kelayakan usahatani. Hasil analisis menunjukkan bahwa usahatani bengkuang di Desa Pejagatan memerlukan rata-rata total biaya sebesar Rp. 2.523.787/MT, rata-rata penerimaan sebesar Rp.10.459.041/MT, rata-rata pendapatan sebesar Rp.9.444.197/MT, dan rata-rata keuntungan sebesar Rp. 7.935.253/MT. Hasil analisis R/C Ratio, produktivitas modal dan produktivitas tenaga kerja menunjukan bahwa usahatani bengkuang di Desa Pejagatan layak untuk diusahakan. Faktor produksi yang secara individual (parsial) berpengaruh secara signifikan terhadap produksi bengkuang yaitu luas lahan, benih, pupuk urea dan tenaga kerja sedangkan untuk pengalaman berusahatani dan dummy variabel pupuk kandang tidak berpengaruh secara signifikan atau nyata. Kata Kunci: produksi, bengkuang, kelayakan, Cobb Douglas
Sikap Produsen terhadap Penggunaan Kedelai pada Industri Rumah Tangga Tempe di Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo Fatih Hidayat Shafarudin; Isna Windani; Dyah Panuntun Utami
Surya Agritama: Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan Vol. 10 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakterisitik industri rumah tangga tempe di kecamatan Purworejo kabupaten Purworejo, mengetahui sikap produsen terhadap penggunaan kedelai pada industri rumah tangga tempe di kecamatan Purworejo kabupaten Purworejo, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produksi tempe pada industri rumah tangga tempe di kecamatan Purworejo kabupaten Purworejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Pemilihan lokasi penelitian menggunakan metodologi penelitian secara sengaja (purposive sampling). Teknik yang digunakan untuk pengambilan responden ini dengan metode sampling jenuh. Jumlah sampel yang diambil yaitu sebanyak 32 responden. Dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis multi atribut Fishbein dan analisis Cobb Douglas. Hasil penelitian ini adalah karakteristik industri rumah tangga tempe di 3 desa (desa Cangkrep Kidul, Cangkrep Lor dan Sidorejo) di kecamatan Purworejo dijalankan secara turun-temurun dengan mayoritas pelaku industri rumah tangga tempe adalah perempuan, bahan baku diperoleh dengan mudah dan jumlah (Kg) bahan baku yang digunakan pelaku industri rumah tangga tempe per bulan rata-rata 306,625 Kg dan menghasilkan 2191,9 potong tempe, sebagian besar industri rumah tangga tempe melakukan usaha diatas 10 tahun, tingkat pendidikan responden pelaku industri tempe terbilang sedang karena mayoritas responden pelaku industri tempe berpendidikan SMP, rata-rata pemasaran dijual ke pasar tradisional dengan jangkauan wilayah satu kecamatan Purworejo, sikap (Ao) produsen terhadap penggunaan kedelai pada industri rumah tangga tempe adalah baik dengan nilai sikap (Ao) sebesar 16,53, faktor-faktor yang mempengaruhi produksi tempe pada industri rumah tangga tempe adalah (kedelai, ragi, tenaga kerja, lama usaha). Kata Kunci : kedelai, tempe, sikap industri rumah tangga
Analisis Keuntungan dan Kelayakan Usaha Produksi Tahu di Desa Tamanan Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso Fefi Nurdiana Widjayanti
Surya Agritama: Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan Vol. 10 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sektor industri pengolahan merupakan salah satu penyumbang dalam memantapkan perekonomian di Indonesia (Holle & Dewi, 2014). Kedelai merupakan bahan baku utama pembuatan tahu yang sangat dibutuhkan bagi berlangsungnya suatu proses produksi. Usaha pembuatan tahu dirasa memberikan kontribusi pendapatan yang baik bagi produsen karena permintaan tahu tidak pernah turun, sehingga meningkatkan taraf hidup pengusaha serta banyak dari produsen ingin mengembangkan usaha untuk kedepannya melalui pemasaran yang optimal (Mubaranto et al., 2019). Penelitian ini berjudul Analisis Keuntungan dan Kelayakan Usaha Produksi Tahu di Desa Tamanan Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui keuntungan produksi tahu, (2) untuk menghitung nilai titik impas produksi tahu dan (3) untuk mengetahui kelayakan usaha produksi tahu di Desa Tamanan, Kecamatan Tamanan, Kabupaten Bondowoso. Penentuan daerah penelitian tersebut dilakukan secara sengaja (purposive) berdasarkan pertimbangan bahwa Desa Tamanan, Kecamatan Tamanan, Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu sentra industri pembuatan tahu di Kabupaten Bondowoso. Metode analisis yang digunakan adalah (1) untuk menghitung keuntungan menggunakan pendekatan teori keuntungan (2) untuk menghitung nilai titik impas menggunakan analisis titik impas (3) untuk mengetahui kelayakan usaha produksi tahu menggunakan analisis kelayakan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) rata-rata keuntungan produksi tahu di Desa Tamanan sebesar Rp 1.817.472 per produksi (2) rata-rata BEP (unit) sebesar 27 unit setiap produksinya di Desa Tamanan Kabupaten Bondowoso, artinya industri tahu di Desa Tamanan Kabupaten Bondowoso perlu menjual 27 unit / potong tahu agar terjadi Break Even Point. Pada pejualan unit ke 48, baru mulai memperoleh keuntungan. Sedangkan rata-rata BEP (Rupiah) sebesar Rp 5.429, artinya industri tahu di Desa Tamanan Kabupaten Bondowoso perlu mendapatkan Rp 5.429 setiap produksi agar terjadi Break Even Point (3) usaha tahu di Desa Tamanan, Kecamatan Tamanan, Kabupaten Bondowoso layak diusahakan atau dengan kata lain menguntungkan dan layak di kembangkan dengan rata-rata R/C ratio nya adalah 2,00. Kata kunci : keuntungan, BEP, produksi tahu, tahu.
Distribusi Benih Jagung Manis “VIRGINIA” Pada Masa Pandemi Covid-19 di PT Tunas Agro Persada Kabupaten Boyolali Esti Rahmaningsih; Dyah Panuntun Utami; Didik Widiyantono
Surya Agritama: Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan Vol. 10 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui penjualan benih jagung manis Virginia sebelum dan saat pandemic covid-19; 2) mengetahui saluran distribusi benih jagung manis Virginia pada masa pandemi covid-19; dan 3) mengetahui kendala dan solusi distribusi benih jagung manis Virginia di masa pandemi covid-19. Metode penelitian adalah studi kasus di PT Tunas Agro Persada Kabupaten Boyolali. Pemilihan sampel lokasi secara purposive sampling. Responden yang dijadikan sampel adalah Kepala Cabang, Manajer Pemasaran, Manajer Produksi, Staf Pemasaran, dan Bagian Personalia. Analisis data secara deskriptif analitis. Data yang diambil adalah data penjualan tahun 2019 (sebelum pandemic covid-19) dan data penjualan tahun 2020 (masa pandemi covid-19). Hasil analisis menunjukkan bahwa penjualan benih jagung manis Virginia sebelum pandemi dan masa pandemi mengalami kenaikan dengan daerah penjualan tertinggi Jawa Timur. Saluran distribusi yang digunakan PT Tunas Agro Persada adalah saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung. Kendala yang dihadapi PT Tunas Agro Persada adalah keterlambatan pengiriman, kemacetan lalu lintas, dan infrastruktur yang kurang baik. Solusi untuk mengatasi kendala dengan menggunakan penyedia kurir distribusi yang tersedia di daerah penjualan, sosial media, dan melalui jalan tol yang bebas hambatan agar barang lebih cepat sampai ke konsumen. Kata Kunci: benih jagung manis Virginia, masa pandemi, distribusi
Analisis Quality Control dalam Meningkatkan Kualitas Wortel Organik di PO. Sayur Organik Merbabu Kabupaten Semarang Isna Windani; Uswatun Hasanah; Siti Rochimah
Surya Agritama: Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan Vol. 10 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui penanganan pengendalian kualitas (quality control) wortel organik di PO.SOM ; 2) hambatan dalam pelaksanaan pengendalian kualitas (quality control) wortel organik di PO.SOM ; dan 3) mengetahui quality control dalam meningkatkan kualitas produk wortel organik di PO.SOM. Metode penelitian adalah studi kasus di PO. Sayur Organik Merbabu Kabupaten Semarang. Pemilihan sampel lokasi secara purposive sampling. Responden yang dijadikan sampel adalah Owner PO.SOM dan Kepala Bagian Quality Control PO.SOM. Analisis data secara deskriptif analitis. Data yang diambil adalah data penjualan bulan Januari tahun 2021, data ketersediaan benih dan data selisih kerusakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa penanganan quality control wortel organik di PO. SOM Semarang ada 9 tahap yaitu, 1) Penerimaan dari petani mitra, 2) Pencatatan, 3) Sortasi, 4) Perlakuan ozon, 5) Grading, 6) Penimbangan, 7) Pengemasan, 8) Labeling, 9) Distribusi. Dalam proses produksi terdapat beberapa kendala baik internal maupun eksternal. Pelaksanaan pengendalian kualitas (quality control) dalam meningkatkan kualitas produk wortel organik PO. Sayur Organik Merbabu telah dilakukan sesuai dengan Standar Operasional Perusahaan untuk menghasilkan produk sesuai dengan spesifikasi, dimulai dari kedatangan bahan baku, proses pensortiran sampai pengemasan. Kata Kunci: quality control, SOM, wortel organik
Strategi Pemasaran Teh di PT. Perkebunan Tambi Wonosobo Monica Nanda Tuzzahra; Istiko Agus Wicaksono
Surya Agritama: Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan Vol. 10 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Strategi pemasaran mempunyai tujuan yang dapat dicapai melalui usaha mempertahankan dan meningkatkan tingkat keuntungan atau laba perusahaan dengan cara mempertahankan dan meningkatkan penjualannnya. Tujuan ini dapat dicapai apabila bagian pemasaran perusahaan melakukan strategi yang baik untuk dapat menggunakan kesempatan atau peluang yang ada dalam pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi produk, strategi harga, strategi distribusi, strategi promosi, hambatan dalam proses penerapan strategi pemasaran.. Penelitian ini dilakukan di PT. Perkebunan Tambi Wonosobo pada bulan Februari 2021. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari pengamatan langsung dan wawancara kepada bidang pemasaran, pembimbing lapang serta karyawan di PT. Perkebunan Tambi Wonosobo sedangkan data sekunder diperoleh dengan cara mengutip dari buku, arsip, jurnal yang berkaitan dengan penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Strategi produk adalah produk teh yang mempunyai manfaat kesehatan. Strategi harga yang dilakukan dengan cara bersaing dengan para kompetitor. Strategi distibusi melalui pemasaran lokal meliputi wilayah sekitar wonosobo, Yogyakarta, Jakarta sedangkan pemasaran ekspor meliputi Negara USA, Russia, Holland, UEA, India, Jepang. Strategi promosi dilakukan dengan pengiklanan lewat media elektronik dan mengikuti Expo/pameran dan menjalin kerjasama dengan Hotel Horeka, restoran dan cafe-cafe yang ada di wonosobo. Hambatan dalam proses strategi pemasaran yaitu keterbatasan personil (SDM), pengurusan dokumen (pengiriman barang/salah code di dermaga yang mengakibatkan tertahannya barang yang akan dikirim). Hambatan pada produk teh merah belum banyak dibibit di kebun hanya ada di Unit Tambi yang menanam dan mengolah jenis teh merah sehingga menyebabkan teh merah belum selalu diproduksi. Kata Kunci : strategi pemasaran, pemasaran teh
Strategi Promosi Benih Melon pada Masa Pandemi Covid-19 di PT Tunas Agro Persada Kabupaten Boyolali Murni Setiya Utami; Dyah Panuntun Utami; Didik Widiyantono
Surya Agritama: Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan Vol. 10 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui penjualan benih melon sebelum dan saat pandemic covid-19; 2) strategi promosi benih melon sebelum masa pandemic covid-19; dan 3) strategi promosi benih melon di masa pandemi covid-19. Metode penelitian adalah studi kasus di PT Tunas Agro Persada Kabupaten Boyolali. Pemilihan sampel lokasi secara purposive sampling. Responden yang dijadikan sampel adalah Kepala Cabang, Manajer Pemasaran, Manajer Produksi, Staf Promosi, dan Bagian Personalia. Analisis data secara deskriptif analitis. Data yang diambil adalah data penjualan tahun 2019 (sebelum pandemic covid-19) dan data penjualan tahun 2020 (masa pandemi covid-19). Hasil analisis menunjukkan bahwa penjualan benih melon sebelum pandemi dan masa pandemi mengalami peningkatan. Penjualan benih melon tertinggi sebelum pandemi adalah benih melon Kirani, sedangkan pada masa pandemi adalah benih melon New Kinanti. Daerah penjualan tertinggi adalah Jawa Timur. Strategi promosi yang dilakukan sebelum pandemi yaitu Farmer Meeting (FM), One Day Promo (ODP), Farmer Field Day (FFD), Pameran (Expo), Big Promo, dan Personal Selling. Strategi promosi pada masa pandemic adalah menggunakan sosial media (facebook, instagram, whats app), tuko online di akun Shopee dan Tokopedia, serta memberikan pelayanan delivery order ojek online. Kata Kunci: benih melon, masa pandemi, strategi promosi
Modal Sosial Kelompok Wanita Tani dalam Pengembangan Agens Hayati Jamur Trichoderma Sp. di Kelurahan Sucen Juru Tengah Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo Dyah Ayu Ratna Juwita; Istiko Agus Wicaksono; Arta Kusumaningrum
Surya Agritama: Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan Vol. 10 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) mengetahui profil Kelompok Wanita Tani (KWT) Ngudi Rejeki di kelurahan Sucen Juru Tengah kecamatan Bayan kabupaten Purworejo; 2)mengetahui pengaruh modal sosial (kepercayaan, norma, dan jaringan sosial) terhadap pembuatan dan pengembangan agens hayati Kelompok Wanita Tani (KWT) Ngudi Rejeki kelurahan Sucen Juru Tengah kecamatan Bayan kabupaten Purworejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Pengambilan sampel daerah dilakukan secara purposive sampling. Teknik yang digunakan untuk pengambilan responden ini adalah dengan metode sampling jenuh. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 40 responden. Analisis dalam penelitian ini menggunakan deskriptif, skala likert, dan regresi linear berganda. Profil KWT Ngudi Rejeki lemah dikehadiran kegiatan rutin setiap bulan yang telah disepakati dalam kelompok. Variabel bebas kepercayaan, norma dan jaringan sosial secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan agens hayati jamur Trichoderma Sp. diKecamatan Bayan Kabupaten Purworejo, dan secara individual variabel kepercayaan, norma dan jaringan sosial secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan agens hayati jamur Trichoderma Sp. diKecamatan Bayan Kabupaten Purworejo. Kata Kunci: modal sosial, pengembangan agens hayati
Penerapan Bauran Promosi dalam Meningkatkan Penjualan Bibit Tanaman di Cv Wahyu Tani Putra Riski Mulyono; Dyah Panuntun Utami; Istiko Agus Wicaksono
Surya Agritama: Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan Vol. 10 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1.) Mengidentifikasi bauran promosi yang diterapkan di CV Wahyu Tani Putra dalam penjualan bibit tanaman. 2.) Mengetahui perbedaan volume penjualan dan cara penjualan bibit tanaman secara online dan konvensional di CV Wahyu Tani Putra. 3.) Mengetahui efektivitas penggunaan media sosial dalam penjualan bibit tanaman di CV Wahyu Tani Putra. Metode pengambilan sampel dilakukan secara sengaja (purposive sampling) dan metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, uji t varian berbeda, dan analisis EPIC model. Lokasi penelitian adalah perusahaan bibit CV Wahyu Tani Putra desa Bedono Karangduwur kecamatan Kemiri kabupaten Purworejo. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 37 orang terdiri dari direktur perusahaan, admin perusahaan, karyawan, dan pembeli bibit secara online. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan bauran yang diterapkan di CV Wahyu Tani Putra terdiri dari periklanan, promosi penjualan, penjualan perseorangan, hubungan masyarakat, dan penjualan langsung. Hasil analisis uji t penjualan bibit tanaman tahun 2018 mendapat skor alpha sebesar 0.048, dan hasil analisis uji t penjualan bibit tanaman tahun 2019 mendapat skor alpha sebesar 0.044. Hasil analisis uji t terdapat perbedaan penjualan bibit tanaman secara konvensional dan secara online. Hasil analisis EPIC model dalam penjualan bibit tanaman efektif digunakan dengan skor 4,1. Kata Kunci : bibit, promosi penjualan, efektivitas media online

Page 1 of 2 | Total Record : 12