cover
Contact Name
Juhriyansyah Dalle
Contact Email
j.dalle@ulm.ac.id
Phone
+6281312979899
Journal Mail Official
j.dalle@ulm.ac.id
Editorial Address
Jl.Padat Karya Komp. Taman Pesona Permai No. 66 Sei. Andai Banjarmasin
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Published by Rumah Jurnal Press
ISSN : 2460349X     EISSN : 26157640     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The innovation of teachers and lecturers in the development of the education sector can contribute positively to schools and educational institutions. JPTP published by RUMAH JURNAL PRESS periodically published every three months (quarterly) in March, June, September and December each year. Sponsors by SMK Negeri 4 Banjarmasin and SMA Negeri 2 Barabai. The primary aim of this publishing company is to perform fast and reliable process for contributors. Once a paper is accepted, our staffs work hard to provide online version of the papers as quickly as possible. All papers are assigned valid DOI number once they appear online just to make sure that the other researchers cite them while no volume and numbers are still assigned to the papers.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2021)" : 9 Documents clear
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematik Materi Lingkaran melalui Model Pengajaran Tuntas pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Murung Pudak Tahun Pelajaran 2017/2018 Faurina
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 7 No 2 (2021)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode mengajar yang guru gunakan dalam setiap kali pertemuan kelas bukanlah asal pakai, tetapi setelah melalui seleksi yang berkesesuaian dengan perumusan tujuan intruksional khusus. Sebab dalam kegiaatan belajar mengajar, mengajar bukan semata persoalan menceritakan. Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari perenungan informasi ke dalam benak siswa. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar yang langgeng. Yang bisa membuahkan hasil belajar yang langgeng hanyalah kegiatan belajar aktif. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Apakah penerapan model pembelajaran tuntas dapat meningkatkan Prestasi Belajar Matematika materi Lingkaran (b) Bagaimanakah pengaruh model Pengajaran tuntas dalam meningkatkan Prestasi belajar Mata Pelajaran Matematika (Matematika) pada materi Masa Dinas Al-Ayyubiyah? Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam belajar Matematika pada materi Lingkaran, khususnya di SMPN 1 Murung Pudak Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong, salah satunya yaitu dengan menerapkan model pengajaran tuntas. Dengan menerapkan metode pembelajaran ini diharapkan prestasi belajar siswa dapat meningkat. Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Matematika materi Lingkaran setelah diterapkannya model pengajaran tuntas. (b) Ingin mengetahui pengaruh model pengajaran tuntas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap materi Lingkaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMPN 1 Murung Pudak Kecamatan Tanta Kabupatean Tabalong tahun pelajaran 2017/2018. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan ke 1 sampai siklus II pertemuan ke 2 yaitu, siklus I pertemuan ke 1 (28,00%), siklus I pertemuan ke 2 (44,00%), siklus II pertemuan ke 1 (64,00%), siklus II pertemuan ke 2 (92,00%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pengajaran tuntas dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Murung Pudak Tahun pelajaran 2017/2018, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematika.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Konduktor dan Isolator dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas VI SDN Wawai Gardu Kecamatan Batang Alai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah Yulia Ernawati
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 7 No 2 (2021)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningatkan hasil belajar IPA kelas VI melalui penerapan metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN Wawai Gardu tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 9 orang siswa. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus dan data yang terkumpul dinalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif-deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi Konduktor dan Isolator pada siswa kelas VI SDN Wawai Gardu Kecamatan Batang Alai Selatan tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode eksperimen merupakan suatu strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Wawai Gardu Kecamatan Batang Alai Selatan. Peningkatan tersebut ditunjukan oleh hasil penelitian dari siklus 1 ke siklus 2 menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 53,33 pertemuan pertama dan 58,88 pertemuan kedua pada siklus I meningkat menjadi 76,66 pertemuan pertama dan 91,11 pertemuan kedua pada siklus II, peningkatan persentase siswa yang tuntas dari siklus 1 yaitu dari 11% pada pertemuan pertama dan 44% pada pertemuan kedua meningkat menjadi 100% pada siklus II pertemuan pertama dan kedua.
Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menggunakan Metode Pembela-jaran melalui Supervisi Klinis di SDN Pembakulan Kecamatan Batang Alai Timur Kabupaten Hulu Sungai Tengah Lukas Mardisubagyo
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 7 No 2 (2021)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterampilan utama dari seorang guru adalah melakukan penilaian dan pembinaan kepada siswa untuk secara terus menerus meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas agar berdampak pada kualitas hasil belajar siswa. Untuk dapat mencapai kualitas tersebut guru diharapkan dapat melakukan pembelajaran yang didasarkan pada metode dan teknik yang tepat sesuai dengan kebutuhan siswa. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa ternyata kualitas pendidikan masih jauh dari apa yang diharapkan terutama di kelas IV, V dan VI SDN Pembakulan Kecamatan Batang Alai Timur Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Untuk mengatasi masalah tersebut maka peneliti sekaligus sebagai kepala sekolah melakukan pembinaan kepada guru melalui Supervisi Klinis, dan tindakan ini sebagai suatu langkah yang tepat agar peningkatan capaian mutu sekolah dapat dicapai sesuai dengan program pemerintah yaitu program pendidikan bermutu. Tujuan dari penelitian tindakan sekolah( PTS ) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembinaan kepala sekolah melalui supervisis Klinis untuk meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran. Dalam penelitian tindakan sekolah( PTS ) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru dengan mencapai standar ideal. Skor perolehan kelas IV dari 2,55 (kurang memuaskan) menjadi 3,67 (sangat memuaskan), skor perolehan kelas V dari 2,67 (kurang memuaskan) menjadi 3,67 (sangat memuaskan), skor perolehan kelas VI dari 2,67 (kurang memuaskan) menjadi 3,50 (sangat memuaskan). Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembinaan melalui supervisi Klinis dapat meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Tematik Tema Selalu Berhemat Energi di Kelas IV SD Negeri 1 Mandingin Norhanipah
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 7 No 2 (2021)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran tema selalu berhemat energi di kelas IV SD Negeri 1 Mandingin belum terlaksana secara maksimal. Pembelajaran masih menggunakan pola-pola pembelajaran konvensional dengan lebih banyak ceramah yang kurang bervariasi. Karenanya kegiatan pembelajaran belum sepenuhnya terpusat pada siswa. Selama proses pembelajaran siswa terlihat pasif dan hasil belajar siswa menjadi tidak maksimal. Mengatasi masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan melalui pembelajaran tematik. Penelitian bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik tema selalu berhemat energi pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Mandingin. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada semester I tahun pelajaran 2019/2020.dengan subjek sebanyak 23 orang siswa. Penelitian berlangsung 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Data aktivitas siswa dan pelaksanaan pembelajaran diperoleh melalui pengamatan dianalisis melalui teknik persentase (%) dengan meninterpretasikan pada kategori penilaian. Adapun data hasil belajar yang diperoleh melalui tes/evaluasi dianalisis dengan teknik ketuntasan belajar. Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan, bahwa aktivitas siswa dapat ditingkatkan dari 69,57% (cukup aktif) pada siklus I menjadi 74,07% (aktif) pada siklus II. Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dari ketuntasan 73,91% (tidak tuntas) pada siklus I menjadi 95,65% (tuntas) pada siklus II. Pembelajaran dapat terlaksana dengan semakin baik dari 78,46% (baik) pada siklus I menjadi 84,62% (baik) pada siklus II.
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tema Kecepatan dan Debit dengan Menggunakan Model Inkuiri Terstruktur pada Siswa Kelas V SD Negeri Hapingin Nurhikmah
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 7 No 2 (2021)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran matematika tema Kecepatan dan Debit di kelas V SD Negeri Hapingin dirasa masih kurang menarik karena lebih banyak menggunakan metode ceramah yang kurang bervariasi. Siswa menjadi kurang bergairah dan motivasi sehingga cenderung pasif selama mengikuti pelajaran yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk itu dilakukan penelitian melalui pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terstruktur. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa serta mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan model inkuiri terstruktur. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada semester I tahun pelajaran 2019/2020.dengan subjek sebanyak 8 orang siswa. Penelitian berlangsung 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data-data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui evaluasi dianalisis dengan teknik ketuntasan belajar. Adapun data aktivitas siswa dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh melalui pengamatan dianalisis melalui teknik persentase (%). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan, bahwa hasil belajar siswa siswa dapat ditingkatkan dari nilai rata-rata 64,25 dengan ketuntasan 62,50% (tidak tuntas) pada siklus I menjadi 73,75 dengan ketuntasan 100% (tuntas) pada siklus II. Aktivitas siswa dapat ditingkatkan dari 67,71% (cukup aktif) pada siklus I menjadi 73,96% (aktif) pada siklus II. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran materi klasifikasi makhluk hidup dapat terlaksana dengan semakin baik dari 76,67% (baik) pada siklus I menjadi 86,67% (baik) pada siklus II. Kepada guru SD disarankan untuk dapat mencoba menggunakan model inkuiri terstruktur baik pada pembelajaran matematika tema kecepatan dan debit atau pembelajaran lain yang sesuai karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.
Penggunaan Model Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Satuan Volume dan Debit Siswa Kelas VI SD Negeri Timbuk Bahalang Samlan
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 7 No 2 (2021)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran matematika materi Satuan Volume dan Debit di kelas VI SD Negeri Timbuk Bahalang masih terlaksana secara konvensional dengan lebih banyak ceramah, penugasan, atau menjawab soal-soal. Kegiatan pembelajaran terasa monoton dan siswa terlihat pasif dalam belajar. Akibatnya pemahaman siswa pada materi menjadi tidak maksimal dan hasil belajar menjadi rendah. Mengatasi masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan melalui pembelajaran dengan model Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa serta mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika materi Satuan Volume dan Debit dengan model Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas VI SD Negeri Timbuk Bahalang kecamatan Batang Alai Selatan kabupaten Hulu Sungai Tengah pada semester I tahun pelajaran 2019/2020.dengan subjek sebanyak 13 orang siswa. Penelitian berlangsung 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui tes/evaluasi dan dianalisis secara deskriptif berdasarkan ketuntasan belajar yang tercapai. Adapun data aktivitas siswa dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh melalui pengamatan dengan menggunakan lembar observasi dan dianalisis secara deskriptif melalui teknik persentase (%) dengan meninterpretasikan pada kategori penilaian. Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan, bahwa: (1) Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dari ketuntasan 76,92% (tidak tuntas) menjadi 92,31% (tuntas), (2) Aktivitas siswa dapat ditingkatkan dari 74,04% (cukup tinggi) menjadi 76,92% (tinggi, dan (3) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat terlaksana dengan semakin baik dari 78,33% (cukup baik) pada siklus I menjadi 85,00% (baik) pada siklus II.
Pengembangan Model Manajemen Pendidikan Karakter melalui Teknik Pendampingan Guru pada Sekolah Menengah Pertama Akhmad Gafuri
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 7 No 2 (2021)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan upaya yang terencana dalam proses pembimbingan dan pembelajaran bagi individu agar berkembang dan tumbuh menjadi manusia yang mandiri, bertanggungjawab, kreatif, berilmu, sehat, dan berakhlak mulia baik dilihat dari aspek jasmani maupun rohani. Pengembangan karakter peserta didik cenderung berupa harapan saja yang tertuang pada perencanaan pembelajaran guru. Atas dasar itu penelitian dan pengembangan model manajemen pendidikan karakter ini dilakukan. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan model manajemen pendidikan karakter dengan teknik pendampingan guru pada sekolah menengah pertama. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Borg dan Gall yang disederhanakan oleh Depdiknas RI menjadi 5 langkah. Dan 5 langkah tersebut melalui berbagai pertimbangan, peneliti menyederhanakan yaitu (1) penelitian awal, (2) pengembangan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi produk, (4) ujicoba lapangan dan revisi produk, dan (5) produk akhir. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling (sampel pertimbangan) terdiri dari 31 orang guru dan 30 orang peserta didik di SMPN 3 Hulu Sungai Tengah. Teknik pengumpulan data pada penelitian awal dilakukan dengan menggunakan angket dengan hasil tingkat pengetahuan, pemahaman, dan kebutuhan guru terhadap pembinaan pengembangan karakter peserta didik berada pada kategori “Tinggi” dan rata-rata nilai karakter peserta didik berada pada kategori “Mulai Terlihat (MT). Berdasarkan hasil penelitian awal tersebut produk awal yang dikembangkan meliputi gambar model pengelolaan dan perangkat manajemen pendidikan karakter dengan teknik pendampingan guru. Uji coba penggunaan produk dilakukan oleh 8 orang responden dari kepala sekolah, wali kelas, guru pendamping. Hasil uji coba di lapangan menunjukkan bahwa (1) tingkat kegunaan, kemudahan penggunaan, kelengkapan, dan keterbacaan model pada kategori “Sangat Tinggi”, (2) tingkat pengetahuan, pemahaman, dan kebutuhan guru terhadap pembinaan pengembangan karakter peserta didik setelah penelitian masuk kategori “Sangat Tinggi”, (3) karakter peserta didik setelah dilakukan pendampingan oleh guru masuk kategori “Membudaya (M)”, (4) hasil uji t menunjukkan ada perbedaan tingkat pengetahuan, pemahaman, dan kebutuhan guru terhadap pembinaan pengembangan karakter peserta didik sebelum dan setelah penelitian. Produk yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model manajemen pendidikan karakter dengan teknik pendampingan guru yang dapat digunakan di sekolah lanjutan pertama untuk mengukur secara jelas dan efektif terhadap tumbuh dan berkembangnya karakter peserta didik.
Upaya Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Masa Pandemi COVID-19 melalui Whatsapp (WA) Group dan Youtube di SDN 4 Tamiang Layang Kristina Paende
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 7 No 2 (2021)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan dalam situasi pandemi covid 19 sangat sulit dilaksanakan, oleh karena itu diperlukan terobosan, inovasi dalam pembelajaran yang sesuai dengan keadaan saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah agar siswa mendapatkan penjelasan materi setiap hari dari guru, agar pembelajaran di masa pandemi covid 19 ini terlaksana dengan baik, adanya tatap muka guru dan siswa, siswa dan siswa tanpa harus di sekolah dan kinerja guru bisa terukur. Penelitian ini dirancang dengan rancangan Penelitian Tindakan Sekolah yang dilaksanakan pada guru-guru SDN 4 Tamiang Layang. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri selain itu menggunakan lembar obseravasi dan tes hasil KBM. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa KBM masa pandemi covid 19 dapat menggunakan media WA grub kelas dan Youtube dapat membantu KBM Senin-Sabtu mulai pukul 07.00- 09.00 WIB. guru menjelaskan materi dan bertatap muka langsung dengan siswa. Media ini juga paling mudah diakses siswa SD dan orang tua tanpa menggunakan kuota internet yang besar. Hal ini dapat dilihat pada hasil KBM Guru yang semakin meningkat, Pra tindakan rata-rata 57%; Siklus 1 rata-rata 61%; Siklus 2 rata-rata 75%. Hasil Kegiatan Belajar Mengajar masa pandemi covid 19 diatas KKM 65, memenuhi indikator keberhasilan penelitian. Secara keseluruhan bahwa pelaksanaan KBM menggunakan media WA grub kelas dan Youtube dikatakan berhasil.
Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Materi What Time Is It pada Peserta Didik Kelas VII D SMPN 1 Hulu Sungai Tengah Nurul Kasbiah
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 7 No 2 (2021)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi masih rendahnya keterampilan menulis peserta didik materi What Time Is It (60% tuntas) dan keaktifan peserta didik hanya 65% dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis dan keaktifan peserta didik kelas VII D SMPN 1 Hulu Sungai Tengah, serta pelaksanaan pembelajaran materi What Time Is It melalui penerapan pendekatan saintifik. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 orang peserta didik kelas VII D1 SMPN 1 Hulu Sungai Tengah semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data bersumber dari evaluasi, lembar observasi keaktifan peserta didik, dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik di kelas VII D SMPN 1 Hulu Sungai Tengah dapat meningkatkan keterampilan menulis materi What Time Is It dengan ketuntasan klasikal 66,67% (siklus I) menjadi 86,67% (siklus II), keaktifan peserta didik dari 81,82% (siklus I) menjadi 90,91% (siklus II), dan pelaksanaan pembelajaran dari 88,64% (siklus I) menjadi 93,18% (siklus II).

Page 1 of 1 | Total Record : 9