cover
Contact Name
Safrizal
Contact Email
safrizal@stie-mahaputra-riau.ac.id
Phone
+6282384473254
Journal Mail Official
ambitek@stie-mahaputra-riau.ac.id
Editorial Address
LPPM STIE Mahaputra Riau Jl. Paus No. 52 Pekanbaru
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Teknologi
ISSN : 27157083     EISSN : 29622042     DOI : 10.56870
Ambitek journals publish the results of qualitative and quantitative research in the fields of: Accounting Science - Financial Accounting - Management Accounting - Tax and Taxation - Banking Accounting - Government Accounting - Small Business and MSME Accounting - Auditing and Auditing - Cost Accounting - Accounting Information Systems - Financial Management - Marketing Management - HR Management - Sharia Finance - Sharia Economics - Islamic Accounting - Finance - Business - Technology.
Articles 75 Documents
PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA (STUDI EMPIRIS STIE MAHAPUTRA RIAU) Firmansyah Firmansyah
Jurnal Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Teknologi Vol 1 No 1 (2021): AMBITEK - Edisi Februari 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahaputra Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.742 KB) | DOI: 10.56870/ambitek.v1i1.2

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan terhadap kepuasan mahasiswa STIE Mahaputra Riau, untuk mengetahui pengaruh komunikasi terhadap kepuasan mahasiswa STIE Mahaputra Riau, untuk mengetahui pengaruh komitmen terhadap kepuasan mahasiswa STIE Mahaputra Riau, dan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, komunikasi dan komitmen terhadap kepuasan mahasiswa STIE Mahaputra Riau. Hasil penelitian ini penelitian ini adalah Secara parsial kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa STIE Mahaputra Riau. Secara parsial komunikasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pada STIE Mahaputra Riau. Secara parsial komitmen berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pada STIE Mahaputra Riau. Secara simultan kepercayaan, komunikasi dan komitmen berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa pada STIE Mahaputra Riau
PENGARUH MODAL DAN HUTANG TERHADAP LABA BERSIH PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2014 – 2018 Zubir Zubir
Jurnal Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Teknologi Vol 1 No 1 (2021): AMBITEK - Edisi Februari 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahaputra Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.286 KB) | DOI: 10.56870/ambitek.v1i1.3

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modal terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 – 2018, untuk mengetahui pengaruh hutang terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 – 2018, dan untuk mengetahui pengaruh modal dan hutang terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 – 2018. Hasil penelitian ini adalah modal berpengaruh signifikan terhadap laba bersih, secara parsial hutang tidak berpengaruh signifikan terhadap laba bersih, dan secara simultan modal dan hutang berpengaruh signifikan terhadap laba bersih berdasarkan data pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minumanyang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018.
PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN Masril Masril; jefriyanto jefriyanto
Jurnal Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Teknologi Vol 1 No 1 (2021): AMBITEK - Edisi Februari 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahaputra Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.889 KB) | DOI: 10.56870/ambitek.v1i1.4

Abstract

Tujuan penelitian merupakan keinginan - keinginan peneliti atas hasil penelitian dengan mengetengahkan indikator - indikator apa yang hendak ditemukan penelitian, terutama yang berkaitan dengan variable - variabel penelitian sebagai berikut untuk mengetahui apakah Struktur Modal mempunyai pengaruh terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017, Untuk mengetahui apakah Kinerja Keuangan Perusahaan mempunyai pengaruh terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017, dan Untuk mengetahui apakah Struktur Modal dan Kinerja Keuangan Perusahaan mempunyai pengaruh terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017. Hasil penelitian ini adalah Kesimpulan penelitian ini antara lain adalah hasil pengujian yang dilakukan pada variabel Struktur modal tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dimana nilai t-hitung lebih kecil dari t-tabel yaitu 0,719 < 1,65909. Hasil pengujian yang dilakukan pada variabel Kinerja Keuangan Perusahaan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, dimana nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 3,229 > 1,65909 dan signifikan sebesar 0,002. Secara simultan diperoleh dari uji ANOVA diatas diperoleh f-hitung sebesar 9,627 dengan signifikan 0,000, sedangkan f-tabel sebesar 3,08 dengan signifikan 0,05. Sehingga f-hitung > f-tabel. Berdasarkan hasil uji tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Struktur modal dan kinerja keuangan perusahaan secara simultan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan
PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN MENENGAH MAHASISWA, GAYA MENGAJAR DOSEN, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI Menhard Menhard
Jurnal Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Teknologi Vol 1 No 1 (2021): AMBITEK - Edisi Februari 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahaputra Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.243 KB) | DOI: 10.56870/ambitek.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh latar belakang pendidikan menengah mahasiswa, gaya mengajar dosen, dan minat belajar terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan cara mengumpulkan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi STIE Mahaputra Riau. Dimana populasi mahasiswa akuntansi aktif 144 mahasiswa, dan diambil 60 sampel mahasiswa. Hasil dari penelitian ini adalah pengaruh latar belakang pendidikan menengah mahasiswa tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa. Gaya mengajar dosen tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa. Minat belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa. Dan secara simultan, latar belakang pendidikan menengah mahasiswa,gaya mengajar dosen, dan minat belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi.
PENGARUH PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA LESTORAN LABERSA GOLF DI PEKANBARU Andry Andry
Jurnal Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Teknologi Vol 1 No 1 (2021): AMBITEK - Edisi Februari 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahaputra Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.235 KB) | DOI: 10.56870/ambitek.v1i1.6

Abstract

Upaya memenuhi keinginan konsumen merupakan kunci sukses memenangkan persaingan. Persaingan yang semakin ketat ini menuntut para pelaku bisnis untuk mampu memaksimalkan kinerja perusahaannya agar dapat bersaing di pasar. Untuk mengatasi hal tersebut maka perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang kuat dalam memasarkan produk barang dan jasanya sehingga dapat bertahan dalam persaingan bisnis. Berbagai strategi dilakukan agar terciptanya kepuasan konsumen. Dengan menerapkan strategi yang baik, maka kepuasan konsumen akan meningkat. Konsumen yang merasa puas akan kembali membeli, dan mereka akan memberi tahu yang lain tentang pengalaman baik mereka dengan produk tersebut. Dalam meningkatkan kepuasan konsumen, para pedagang haruslah menjual produk-produk yang berkualitas baik. Jika terciptanya kepuasan konsumen maka dapat lebih terpenuhi kebutuhan konsumen tersebut. Penelitian dilakukan Lestoran Labersa Golf di Pekanbaru dengan tujuan penelitian untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dengan keputusan pembelian sebagai variable moderatiang. Jumlah yang sampel yang digunakan adalah 99 orang, dengan metode Random Sampling. Hasil analisis menggunakan SPSS dapat diketahui bahwa 10,5% kepuasan konsumen dapat dipengaruhi oleh produk, kualitas pelayanan dan keputusan pembelian
ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS PIUTANG PADA CV. MEWAH Hendra Kasman
Jurnal Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Teknologi Vol 1 No 1 (2021): AMBITEK - Edisi Februari 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahaputra Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.885 KB) | DOI: 10.56870/ambitek.v1i1.7

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lingkungan pengendalian dalam sistem pengendalian piutang pada CV. Mewah telah berjalan dengan efektif, untuk mengetahui penilaian risiko dalam sistem pengendalian intern piutang pada CV. Mewah telah berjalan dengan efektif, untuk mengetahui aktivitas pengendalian dalam sistem pengendalian piutang pada CV. Mewah telah berjalan dengan efektif, untuk mengetahui informasi dan komunikasi dalam sistem pengendalian piutang pada CV. Mewah telah berjalan dengan efektif, untuk mengetahui pengawasan dalam sistem pengendalian intern piutang pada CV. Mewah telah berjalan dengan efektif, untuk mengetahui sistem pengendalian intern piutang pada CV. Mewah telah berjalan dengan efektif. Hasil penelitian adalah hasil yang didapat dari uji tanda (sign test) terhadap indikator lingkungan pengendalian menunjukkan bahwa nilai P 0,725 <0,95 yang berarti lingkungan pengendalian yang ada pada CV. Mewah Pekanbaru belum berjalan dengan baik, hasil yang didapat dari uji tanda (sign test) terhadap indikator penilaian risiko menunjukkan bahwa nilai P 0,5 < 0,95 yang berarti penilaian risiko Sistem Penjualan kredit pada CV. Mewah belum berjalan dengan baik, hasil yang didapat dari uji tanda (sign test) terhadap indikator aktivitas pegendalian menunjukkan bahwa nilai P 0,998 > 0,95 yang berarti aktivitas pengendalian Sistem Penjualan kredit yang ada pada CV. Mewah sudah berjalan dengan baik, hasil yang didapat dari uji tanda (sign test) terhadap indikator infomasi dan komunikasi menunjukkan bahwa nilai P 0,980 > 0,95 yang berarti informasi dan komunikasi Sistem Penjualan kredit pada CV. Mewah sudah berjalan dengan baik. hasil yang didapat dari uji tanda (sign test) terhadap indikator pengawasan/monitoring menunjukkan bahwa nilai P 0,709 < 0,95 yang berarti pengawasan dalam penjualan kredit yang ada pada CV. Mewah belum berjalan dengan baik.
Analisis Pertumbuhan Ekonomi dan Ketimpangan Wilayah di Provinsi Riau Muhammad Yusuf; jefriyanto jefriyanto
Jurnal Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Teknologi Vol 1 No 1 (2021): AMBITEK - Edisi Februari 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahaputra Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.689 KB) | DOI: 10.56870/ambitek.v1i1.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pertumbuhan ekonomi dan tingkat ketimpangan wilayah di Provinsi Riau. Metode penelitian menggunakan metode studi kasus, menggunakan data sekunder berupa data time series tahun 2011-2018. Data dianalisis dengan menggunakan analisis pertumbuhan ekonomi Tipologi Klassen, indeks ketimpangan Williamson dan Indeks Entropi Theil. Hasil penelitian menunjukkan bahwaberdasarkan hasil tipologi Klassen, pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau terletak pada Kuadran I, ini artinya bahwa Provinsi Riau merupakan propinsi yang termasuk pada kelompok daerah maju dan cepat tumbuh.Berdasarkan perhitungan indek Williamson, Provinsi Riau dari tahun 2011-2018 memiliki ketimpangan dengan kisaran 0,470-0,620 dengan kriteria ketimpangan sedang atau rata-rata indeks ketimpangan 0,526. Meskipun kriteria ketimpangan sedang, namun nilai dari indeks tersebut mengalami penurunan selama tahun analisis. Berdasarkan indeks Enthropi Theil, pada tahun 2018 analisis diperoleh nilai rata-rata indeks 0,0470. Selama periode 2011-2018, ada kecenderungan penurunan nilai indeks yang dimulai pada tahun 2018. Adanya ketimpangan yang menurun disebabkan oleh adanya konsentrasi kegiatan ekonomi wilayah, alokasi investasi yang merata dan tingkat mobilitas faktor produksi antar daerah. Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Ketimpangan Wilayah Indexs Williamson, Tipologi Klassen
ANALISIS IMPLEMENTASI LAPORAN KEUANGAN UMKM BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (SAK-EMKM) (Studi Kasus Pada UMKM 7 Saudara) Walmi Sholihat; Abdul Hairudin
Jurnal Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Teknologi Vol 1 No 1 (2021): AMBITEK - Edisi Februari 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahaputra Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.292 KB) | DOI: 10.56870/ambitek.v1i1.9

Abstract

The development of Micro, Small, and Medium Enterprises is the driving force for economic development at this time. With such a fast growth of MSMEs in a region, it will reduce unemployment and poverty because MSMEs can open business opportunities for residents around them. The rapid growth of MSMEs can be influenced by the level of capital strength owned by the owners of MSMEs themselves. In terms of funding, most of the fast-growing MSMEs have made capital loans from banks and received capital assistance from outside parties (investors). But unfortunately, not all MSMEs can easily make loans to banks or capital assistance from outside parties (inventors), because several conditions must be met by MSME owners. One of the requirements requested in the Financial Statements by the Financial Accounting Standards for Micro, Small and Medium Entities. And in Indragiri Hulu Regency, there are still many who do not understand the reporting according to the Financial Accounting Standards for Micro, Small and Medium Entities which came into effect in 2016. Therefore, it is necessary to examine what factors cause MSMEs to not optimally implement Financial Accounting Standards for Micro, Small and Medium Entities as their reference in preparing financial reports. ini. Dengan semakit cepat pertumbuhan UMKM disuatu daerah akan mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan karena UMKM dapat membuka peluang usaha bagi warga disekitarnya. Pertumbuhan UMKM yang pesat bisa dipengaruhi oleh tingkat kekuatan modal yang dimiliki oleh pemilik UMKM itu sendiri. Dalam hal pendanaan, Sebagian besar UMKM yang berkembang pesat usahanya melakukan pinjaman modal ke Bank dan mendapatkan bantuan modal dari pihak luar (investor). Namun sayangnya tidak semua UMKM bisa dengan mudah melakukan pinjaman ke Bank maupun bantuan modal dari pihak luar (inventor), dikarenakan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pemilik UMKM. Salah satu syarat yang diminta adalah Laporan Keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah. Dan untuk di Kabupaten Indragiri Hulu masih banyak yang belum memahami terkait pelaporan sesuai dengan SAK-EMKM yang mulai diberlakukan tahun 2016. Oleh karena itu perlu diteliti faktor apa saja penyebab UMKM belum maksimal menerapkan SAK-EMKM sebagai acuan mereka menyusun laporan keuangan.
Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Tingkat Kemampuan Pengeluaran Zakat Pada BUSN Devisa M. Zidny Nafi&#039; Hasbi; Mohammad Amin
Jurnal Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Teknologi Vol 1 No 2 (2021): AMBITEK - Edisi Agustus 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahaputra Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.03 KB) | DOI: 10.56870/ambitek.v1i2.11

Abstract

Islamic banking is a representation of the Islamic economic system that confirms explicitly and firmly the social orientation within it. One such social function is zakat. In sharia banks, the orientation of zakat is directly proportional to the profitability of the company due to increase the zakat ability of sharia bank, first improve its profitability. The purpose of this study is to analyze the influence of Profitability Ratio to the level of zakat expenditure capability in Sharia Bank Foreign exchange with proxy from Profitability Ratio is Return On Asset (ROA) and Return On Equity (ROE). Data from this research comes from Annual Report of PT. Bank Muamalat Indonesia, PT. Bank BNI Syariah, PT. Bank Syariah Mandiri and PT.Bank Mega Syariah from 2014 until 2017. As for the variable of research used is Zakat as dependent variable while independent variable is Return On Asset (ROA) and Return On Equity (ROE). This study uses panel data regression using Eviews 9 as an analytical tool. After the analysis, this study proves that Return On Asset does not affect the ability of zakat expenditure, while Return On Equity affect the ability of zakat expenditure.
Pengaruh Bauran Pemasaran Syariah (9P) Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan di Kota Pekanbaru Sholahuddin Sholahuddin
Jurnal Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Teknologi Vol 1 No 2 (2021): AMBITEK - Edisi Agustus 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahaputra Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.19 KB) | DOI: 10.56870/ambitek.v1i2.12

Abstract

As the population increases both due to birth rates and due to immigrants to an area, then automatically the human need for shelter in the area will increase. This phenomenon is a promising business opportunity for housing developers. The housing business opportunity lures entrepreneurs to expand their business wings by offering various types and models of housing to prospective customers. This condition has a positive impact on people who need a house as a place to live.  In this regard, this study will analyze the effect of the Islamic marketing mix (9P) on housing purchase decisions in the city of Pekanbaru. With quantitative methods, this research is a field research where the data collection technique is by distributing questionnaires to 100 respondents and conducting interviews with housing developers and marketing who are the object of research in the city of Pekanbaru. The results of this study indicate that there is a significant positive influence on product, price, place, promotion, people, process, physical evidence, promise, and petience on the housing purchase decision in Pekanbaru both persially and simultaneously. Â