cover
Contact Name
Hadi Gunawan Sakti
Contact Email
hgs@lingkarpenaindonesia.com
Phone
+6287864842289
Journal Mail Official
lingkarpenaindonesia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Soekarno-Hatta, Griya Menang Asri, Lombok Barat, Indonesia.
Location
Kab. lombok barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
ISSN : -     EISSN : 27743225     DOI : 10.36312/lpi
Core Subject : Education,
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning media, learning models, and learning strategies, with a systematic proposed method, sufficient review of previous works, expanded discussion, and concise conclusion. As our commitment to the advancement of science and technology, the Lentera Pendidikan Indonesia follows the open access policy that allows the published articles to be freely available online without any subscription.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2022): Mei" : 7 Documents clear
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PLANTED QUESTIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 4 PRAYA TIMUR Rabi’atul Adawiyah; Muh Husein Baysha; Hastuti Diah Ikawati
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 2 (2022): Mei
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v3i2.83

Abstract

Permasalahan Penelitian ini yaitu guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional berupa metode ceramah yang berdampak pada hasil belajar siswa dibawah KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Planted Questions Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Paya Timur. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan sampel dengan populasi sebanyak 47 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus t-tes. Hasil analisis diperoleh nilai thitungsebesar 9.692 dan nilai ttabel pada taraf Signifikan 5% dengan d.b (N-1) = 24-1 = 23 lebih besar dari pada nilai t pada tabel (9.692 >2,069), berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: adanya Pengaruh Strategi Pembelajaran Planted Questions Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Praya Timur. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “Signifikan”.
PENGARUH STRATEGI THE POWER OF TWO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN AQIDAH DAN AKHLAK DI MTs DARUDDA’WAH Suniarti Dwi Putri; Mujiburrahman Mujiburrahman; Muzzakir Muzzakir
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 2 (2022): Mei
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v3i2.84

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu penjelasan guru dalam mengajar yang bersifat monoton, gaya mengajarnya yang bersifat membosankan, mengakibatkan siswa kurang aktif disaat proses belajar, sehingga hasil yang diperoleh kurang efektif. Salah satu untuk mengatasi masalah belajar dengan menggunakan strategi the power of two Strategi ini memungkinkan siswa untuk belajar berkelompok dengan memanfaatkan potensi interaksi dan kerja sama antar siswa. Ketika proses belajar berlangsung, siswa dapat berdiskusi dan saling membantu memahami materi. Dari sini diharapkan motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan. Tujuan penelitiannya untuk mengetahui Strategi the power of two terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran aqidah dan akhlak Kelas VIII di MTs Daruddah’wah. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket sebagai metode pokok, observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Metode analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus Chi square. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hitung lebih kecil dari pada tabel (7,384 < 9,488), dengan taraf signifikan 5%. Demikian penelitian ini tidak signifikan. Ini berarti hipotesis alternatif (H0) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: Tidak ada pengaruh Strategi The Power Of Two terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah dan akhlak di MTs Darudda’wah.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN POINT COUNTER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN PKN DI MA–BAYYINUL ULUM Hariadi Hariadi; Endah Resnandari Puji Astuti; Hadi Gunawan Sakti
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 2 (2022): Mei
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v3i2.85

Abstract

Permasalahan pada Hasil belajar siswa kelas XI MA Bayyinul Ulum Khususnya kelas XI.B pada mata pelajaran PKn masih terbilang rendah, itu terbukti dengan masih banyaknya peserta didik yang belum mencapai standar KKM, nilai tersebut merupakan hasil tes yang diberikan oleh guru kepada peserta didik. Hal tersebut terjadi dikarenakan masih banyaknya guru yang menggunakan metode konvensional dan kurang tepatnya dalam menggunakan strategi pembelajaran sehingga mengakibatkan menurunnya hasil belajar peserta didik. Oleh sebab itu, penelitian ini menggunakan strategi pembelajaran Point Counter Point, yaitu dimana dalam proses pembelajaran siswa dituntut dapat mengungkapkan ide/ pendapatnya di depan siswa lainnya dan lebih aktif dan kritis dalam memecahkan permasalahan, sehingga dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Point Counter Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN di MA Bayyinul Ulum. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, teknik pengambilan sampel yang digunakan secara acak sehingga pengambilan sampel ini di sebut random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus t-tes. Hasil analisis diperoleh nilai thitung sebesar 4,057 dan nilai ttabel pada taraf Signifikansi 5% dengan d.b (N-1) = 26-1 = 25 lebih besar dari pada nilai t pada tabel (4,057>1,708), berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: adanya Pengaruh Strategi Pembelajaran Point Counter Point terhadap Hasil belajar siswa Kelas XI pada mata pelajaran PKn di MA–Bayyinul Ulum, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikan”.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS END ANALYSIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKRI KRITIS SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 MATARAM Suci Cahyati; Restu Wibawa; Wiwien Kurniawati
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 2 (2022): Mei
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v3i2.86

Abstract

Kemampuan Pemecahan masalah dan kemampuan Berpikir Kritis Siswa relatif rendah sehingga, cenderung memperlihatkan kejenuhan saat mengikuti mata pelajaran terutama pada mata pelajaran IPA. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis dengan metode pemecahan masalah yang dimana siswa akan dituntut untuk memecahkan permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Means End Analysis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMPN 14 Mataram. Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian ini adalah menggunakan Metode tes sebagai metode pokok, Metode Observasi dan Domentasi sebagai Metode pelengkap. Teknik analisis Data menggunakan analisis statistik dengan rumus Uji-test. Sesuai dengan yang diperoleh t-hitung sebesar 13,88 dan nilai t-tabel sebesar 1,694 pada taraf signifikansi 5% dengan d.b (N-1) = 33-1 =32 maka demikian t-hitung lebih besar dari t-tabel (13,88>1,694), berarti yaitu H0 ditolak dan Ha diterima yang dimana berbunyi: Ada Pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Means End Analysis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMPN 14 Mataram. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini adalah “Signifikan”.
PENGARUH KONSELING REALITA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS XI MA RAUDLATUSSHIBYAN NW BELENCONG Ega Putri Aodia; Ani Endriani
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 2 (2022): Mei
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v3i2.87

Abstract

Hasil observasi awal di MA Raudlatusshibyan NW Belencong, bahwa sebagian siswa memiliki motivasi belajar rendah saat mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh teknik konseling realita terhadap motivasi belajar siswa di Masa Pandemi Covid-19 di MA Raudlatusshibyan NW Belencong. Adapun jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design (Nondesign) atau eksperimen tidak murni, dan salah satu bentuk eksperimennya adalah One- Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai metode pokok dan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Analisis data menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai thitung sebesar (4,936), sedangkan untuk nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar (2,447). Karena thitung lebih besar dari nilai ttabel (4,936 > 2,447) sehingga dapat disimpulkan “Signifikan”. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) di tolak dan hipotesis alternatif (Ha) di terima. Maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh teknik konseling realita terhadap motivasi belajar siswa di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas XI MA Raudlatusshibyan NW Belencong.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK B TK HADI SAKTI Baiq Sarlita Kartiani
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 2 (2022): Mei
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v3i2.88

Abstract

Permasalahan yang terjadi yaitu rendahnya kemampuan berbicara dan kurangya minat terhadap pembelajaran bahasa dalam hal ini berbicara bagi anak kelompok B TK Hadi Sakti. Penggunaan metode bermain peran dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak pada Kelompok B TK Hadi Sakti dilakukan untuk memberikan nuansa baru agar anak dapat menerima pembelajaran yang diberikan. Melalui metode Bermain Peran diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan berbicara anak Kelompok B TK Hadi Sakti dapat tercapai melalui metode bermain peran. Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan lembar observasi dan ceklist. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik observasi dan dokumentasi. Penelitian ini terbagi menjadi 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. pada siklus pertama nilai rata- rata anak masih adalah 70, masih dikatakan cukup baik, kemudian peneliti melanjutkan ke siklus II, pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 88 atau sangat baik, maka oleh peneliti diselesaikan sampai siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK TK Hadi Sakti, hal ini dibuktikan oleh adanya peningkatan keberhasilan pada siklus II dengan nilai rata-rata 88.
Cover, Daftar isi, Dewan Redaksi E. Editor
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 2 (2022): Mei
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Cover, Daftar isi, Dewan Redaksi

Page 1 of 1 | Total Record : 7