cover
Contact Name
Abu Lubaba
Contact Email
ecopreneur.bbc@gmail.com
Phone
+628995694484
Journal Mail Official
ecopreneur.bbc@gmail.com
Editorial Address
Jl. Widarasari III –Tuparev-Cirebon
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
ISSN : -     EISSN : 27470237     DOI : 10.47453
Core Subject : Economy,
Jurnal Ecopreneur merupakan merupakan jurnal yang menyediakan temuan –temuan penelitian ilmiah di bidang ekonomi dan bisnis Islam yang diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Syariah IAI Bunga Bangsa Cirebon. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak 2 kali dalam setahun yakni bulan Februari dan Agustus
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2022): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam" : 12 Documents clear
Peran Home Industry Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam Abu Lubaba; Nur Ela
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 3 No 2 (2022): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/ecopreneur.v3i2.912

Abstract

home industry in improving the community's economy according to the perspective of Islamic economics (a case study of RF Collections). This study was motivated by a small-scale business with a relatively minimal income that was able to provide job opportunities and was able to survive relatively stable and was able to maintain a balance of conditions during the pandemic. This study aims to determine the production process carried out by the RF Collections home industry and the role of the RF Collections home industry in improving the community's economy, as well as a review of Islamic economics on the role of the RF Collections home industry in improving the community's economy. This research uses qualitative research methods with field research methods with a qualitative descriptive approach. The sources of data used are primary and secondary data sources. Data collection techniques were carried out by the methods of observation, interviews, and documentation. In this study, the validity of the data used was the data triangulation method. The results of this study are that the production process carried out by the RF Collections home industry in processing is used in two ways, namely by machine and manual (semi-automatic), in terms of capital only with personal capital so that to develop a business, other sources of capital are needed, for the procurement of materials. The raw materials are still limited, besides that the marketing reach is still limited and it is difficult to market the product. The role of the home industry in improving the community's economy is to provide jobs for the local community and increase people's income. Based on an Islamic economic review, the business carried out by RF Collections is carried out well in line with Islamic sharia, both in raw materials, capital, production processes, and marketing of products that do not contain elements of usury and gharar in the marketing process. In its business activities indirectly, the owner of RF Collections has applied the principles of Islamic economics, by applying the principles of monotheism, 'adl, nubuwwah, social security, caliphate, and ma'ad principles in running their business. There are various benefits resulting from the existence of the RF Collections home industry, causing the economic standard of living to be encouraged to be better so that it can be said that people's lives can change their into a prosperous life marked by the fulfillment of needs. Abstrak peran home industry dalam meningkatkan perekonomian masyarakat menurut perspektif ekonomi Islam (studi kasus RF Collections). Kajian ini dilatarbelakangi oleh sebuah usaha dalam skala kecil dengan penghasilan yang tergolong minim yang mampu memberikan peluang kerja serta mampu bertahan cukup stabil dan mampu menjaga keseimbangan kondisi di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses produksi yang dilakukan home industry RF Collections dan peran home industry RF Collections dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, serta tinjauan ekonomi Islam terhadap peran home industry RF Collections dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode penelitian lapangan dengan pendekatan metode deskriptif kualitatif . Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini uji keabsahan data yang digunakan ialah dengan metode triangulasi data. Hasil dari penelitian ini ialah dapat bahwa proses produksi yang dilakukan home industry RF Collections dalam melakukan pengolahan digunakan dua cara yaitu dengan mesin dan manual (semi otomatis), dari segi permodalan hanya dengan modal pribadi sehingga untuk mengembangkan usaha diperlukan modal sumber lain, untuk pengadaan bahan baku masih terbatas, disamping itu jangkauan pemasarannya masih terbatas serta kesulitan dalam memasarkan produk. Adapun peran home industry dalam meningkatkan perekonomian masyarakat adalah menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Berdasarkan tinjauan ekonomi Islam bahwasanya usaha yang dilakukan oleh RF Collections dilakukan dengan baik sejalan dengan syariah agama Islam, baik itu pada bahan baku, modal, proses produksi dan pemasaran hasil produksi tidak mengandung unsur riba dan gharar dalam proses pemasarannya. Dalam kegiatan usahanya secara tidak langsung pemilik RF Collections sudah menerapkan prinsip-prinsip ekonomi islam, dengan menerapkan prinsip ketauhidan, ‘adl, nubuwwah, jaminan sosial, khilafah dan prinsip ma’ad dalam menjalankan usahanya. Terdapat berbagai manfaat yang dihasilkan dari adanya home industry RF Collections menyebabkan kehidupan taraf perekonomian terdorong menjadi lebih baik sehingga bisa dikatakan kehidupan masyarakat dapat merubah kehidupan yang sejahtera yang ditandai dengan terpenuhinya kebutuhan.
STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN PRIMA UNTUK KEPUASAN PELANGGAN DALAM ETIKA BISNIS ISLAM agus karjuni; Heru Cahyono
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 3 No 2 (2022): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/ecopreneur.v3i2.911

Abstract

Strategy to Improve Excellent Service for Customer Satisfaction in Islamic Business Ethics is motivated by the intense competition between businesses and consumers who are increasingly critical of requiring business actors to improve excellent service to maintain customer satisfaction by using business ethics in accordance with Islamic guidelines. The company is expected to be able to provide the best service in meeting customer satisfaction. This study aims to determine the strategy of improving service excellence in maintaining customer satisfaction and to find out what indicator methods are used to measure customer satisfaction and how to improve service strategies to maintain customer satisfaction according to Islamic business ethics. This research is a type of qualitative research using primary and secondary data sources, and data collection techniques using interviews, observation and documentation. As well as the technical analysis of the data used, namely reduction, presentation, conclusion drawing and data collection. The validity technique in this research is using data triangulation. Based on the results of the research that the service strategy carried out by Yogya Junction Cirebon by improving excellent service in maintaining customer satisfaction is inseparable from the first two strategies, there are 5 strategies regarding excellent service, namely tangible evidence, reliability, responsiveness, empathy ), Assurance (Assurance) there is also the second according to the perspective of Islamic business includes unity, free will, responsibility, lastly balance and justice. Service improvement strategies to maintain customer satisfaction are expected to provide added value for the company. With an excellent service strategy, it is hoped that business actors will provide the best service to customers in accordance with Islamic business ethics so that they can continue to maintain customer satisfaction so that the company's vision and mission can be achieved and can compete with other competitors. This research is expected to be a material for information and input for special employees at Yogya Junction Cirebon, especially in providing good service to customers Abstrak Strategi Peningkatan Pelayanan Prima Untuk Kepuasan Pelanggan Dalam Etika Bisnis Islam ini dilatar belakangi oleh ketatnya persaingan antar usaha dan konsumen yang semakin kritis mengharuskan pelaku usaha meningkatkan pelayanan prima untuk tetap menjaga kepuasan pelanggannya dengan menggunakan etika bisnis yang sesuai dengan pedoman islam. Diharapkan perusahaan mampu memberikan pelayanan yang terbaik dalam memenuhi kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatan pelayanan prima dalam menjaga kepuasan pelanggan dan untuk mengetahui metode indikator apa saja yang digunakan untuk mengukur kepuasan pelanggan serta bagaimana strategi peningkatan pelayanannya untuk menjaga kepuasan pelanggan menurut etika bisnis islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif dengan menggunakan jenis sumber data primer dan data sekunder, dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan dan pengumpulan data. Teknik keabsahan dalam penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian bahwa strategi pelayanan yang dilakukan oleh Yogya Junction Cirebon dengan meningkatkan pelayanan prima dalam menjaga kepuasan pelanggannya tidak terlepas dari dua strategi yang pertama ada 5 Strategi mengenai pelayanan prima yaitu bukti nyata, Keandalan (reliability), Kesigapan (responsiveness), Empati (Empathy), Jaminan (Assurance) ada pun yang kedua menurut perspektif bisnis islam meliputi kesatuan, kehendak bebas, tanggung jawab, terakhir keseimbangan dan keadilan. Strategi peningkatan pelayanan untuk menjaga kepuasan pelanggan diharapkan mampu memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Dengan adanya strategi pelayanan yang prima, diharapkan pelaku usaha akan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan yang sesuai dengan etika bisnis islam agar dapat terus menjaga kepuasan pelanggan sehingga bisa tercapainya visi dan misi perusahaan dan dapat bersaing dengan kompetitor lain. Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi karyawan khusus nya di Yogya Junction Cirebon, terutama dalam memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan.
PERBANDINGAN KINERJA REKSA DANA SYARIAH DAN REKSA DANA NON SYARIAH DI MASA PANDEMI yoyok Prasetyo; Sarah Putri Al Anshory
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 3 No 2 (2022): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/ecopreneur.v3i2.869

Abstract

This study aims to examine the effect of the month of Ramadan 1443 H on companies that are members of the Jakarta Islamic Index (JII). The first is to test the significance of abnormal returns on the day around the event, the second is to test whether there are differences in abnormal returns before and after the event. This research uses an event study research method, choosing t=0 the first day of the fasting month, which is March 31, 2022. Using secondary data obtained from yahoo finance. The results of the study revealed a significant reaction to the sample in this study around corporate events, and a significant AAR value was found at t+1. Meanwhile, there is no significant difference in abnormal returns before and before the event. Abstrak Menurut data Biro Pusat Statistik (BPS) penduduk Indonesia mayoritas memeluk agama Islam. Namun demikian hal ini tidak membuat otomatis instrument investasi berbasis syariah menjadi menjadi produk yang berkembang lebih unggulan dibandingkan yang non syariah. Disinyalir banyak penyebabnya, salah satunya adalah masih adanya keraguan sebagian besar masyarakat bahwa instrument investasi reksa dana syariah mempunyai kinerja tidak sebagus reksa dana non syariah. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perbandingan kinerja reksa dana syariah dan reksa dana non syariah khusunya selasa masa pandemic covid 19. Perhitungan kinerja menggunakan : Sharpe Index, Treynor Index, serta Jensen Alpha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif dengan studi komparatif terhadap sampel selama periode masa pandemi covid-19 Januari 2020 – Desember 2021. Dengan menggunakan porpusive sampling ditentukan sampel sebanyak 5 reksa dana syariah dan 5 reksa dana non yariah. Data yang digunakan berupa data Nilai Aktiva Bersih/unit (NAB/Unit), indeks reksa dana saham dan risk free rate Alat bantu uji statistic yang digunakan adalah program Statistical Product and Service Solution (SPSS) ver.25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja reksa dana syariah dan reksa dana non syariah tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Hal ini menujukan bahwa reksa dana syariah kinerjanya kompetetif dibandingkan dengan reksa dana non syariah.
Radisi Ziarah Makam Wali Dan Dampaknya Terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Di Makam Syekh Maulana Maghribi Desa Wonobodro Kecamatan Blado Kabupaten Batang) Muhammad Maskur Musa; Vina Safitri; Edi Maulana; Aan Fadia Annur
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 3 No 2 (2022): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/ecopreneur.v3i2.877

Abstract

Culture is the whole of human reason, labor, and output that is not based on instinct and can only be triggered by humans after they have completed the learning process. Since it implies almost all aspects of human life, the term is very broad. This study aims to explain the pilgrimage customs of the guardian's grave and its impact on the welfare of the community (a case study at the tomb of Sheikh Maulana Maghribi, Wonobodro Village, Blado District, Batang Regency). Field research (Field Research Field Work) is used in this study, and descriptive method. Collecting data in the form of observation, interviews, and documentation used to collect data. The results of the study explain that the pilgrimage to the tomb of Sheikh Maualana Maghribi Wonobodro has become a tradition or habit of the local community, which comes from various places. Because there are khoul activities every year, the pilgrimage to the tomb of Sheikh Maulana Maghribi is growing. The welfare of the community, especially in Wonobodro Village, is influenced by the tradition of visiting the tomb of Sheikh Maulana Maghribi. This is shown by the pilgrims who visited the tomb of Sheikh Maulana Maghribi Wonobodro which had a positive impact on the economy of the surrounding community because pilgrims from the surrounding community could carry out economic activities such as selling food and drinks, selling opaque crackers, hajj equipment, and so on. So that people can meet their basic needs while still growing financially. Increasing economic welfare has an impact on the creation of community infrastructure, such as the An-Nur Mosque which was established with infaq money collected from grave pilgrims.
Literasi Wakafpreneur dalam Pelaksanaan Wakaf Uang yang dilaksanakan oleh Yayasan Duta Wakaf Indonesia anggara disuma
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 3 No 2 (2022): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/ecopreneur.v3i2.794

Abstract

Literasi wakaf di Indonesia sangat rendah, sebab pemahaman masyarakat mengenai wakaf hanya sekedar aset sosial seperti masjid, pemakaman dan madarasah. Tanpa melihat aspek ekonomi, wakaf uang yang memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan, karena dengan wakaf uang daya jangkauan serta mobilisasinya akan lebih optimal ditengah-tengah masyarakat dibandingkan dengan wakaf tradisional. Hal ini disebabkan minimnya tenaga profesional dibidang wakaf uang sebagai upaya mengedukasikan program-program nazhir wakaf uang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan program duta wakaf institute di Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia dan tenaga profesional dibidang wakaf. Metode penelitian yang digunakan, metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Temuan penelitian ini adalah program duta wakaf institute di Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia untuk menciptakan tenaga profesional dibidang wakaf uang dilaksanakan oleh Lembaga Kursus dan Pelatihan Edukasi Wakaf Indonesia (LKP EWI) berupa diklat perwakafan, pelatihan wakafpreneur dan pelatihan usaha biro wakaf, sertifikasi profesi yang bekerja sama dengan BSN. Strategi yang digunakan tenaga professional wakafpreneur yaitu melaksanakan syiar literasi dan partisipasi kepada masyarakat melalui platform digital berbasis website pasifamal.id, menjalankan aktifitas promosi untuk melakukan edukasi dan partisipasi kepada masyarakat melalui program kuesioner program angket literasi wakaf dan program literasi wakaf One Day One Syiar (ODOS) baik dalam bentuk flyer ta’aruf wakaf maupun dalam bentuk video wakaf yang dikirimkan melalui pesan siaran whatsapp, yang membantu program-program nazhir wakaf uang.
Upaya Masyarakat Desa Mojosari Kecamatan Puger Kabupaten Jember Dalam Mengembangkan Usahatani Semangka Untuk Menunjang Pertumbuhan Ekonomi Rizka Dewi Damayanti; Yupita Meliana; Arga Christian Sitohang
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 3 No 2 (2022): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/ecopreneur.v3i2.862

Abstract

This research aims to see how the efforts made by the community farmers of fontMojosari Village, Jember Regency in developing watermelon farming to support economic growth and analysis of the income distribution of watermelon farmers in Mojosari Village, Jember Regency. The research activity was carried out by means of unstructured interviews with watermelon farmers. The analytical method used in this research is the Gini ratio index analysis technique. The results show that the efforts that can be made by farmers in the Mojosari Village, Jember Regency can implement a SWOT strategy by strengthening their strengths without ignoring threats that may occur. Meanwhile, the Gini ratio index analysis shows that the inequality in Mojosari Village, Jember Regency, includes light or low inequality. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana upaya yang dilakukan oleh para petani masyarakat Desa Mojosari, Kabupaten Jember dalam mengembangkan usahatani semangka untuk menunjang pertumbuhan ekonomi dan analisis distribusi pendapatan petani semangka di Desa Mojosari, Kabupaten Jember. Kegiatan penelitian dilakukan dengan cara wawancara tidak terstruktur kepada para petani semangka. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini melakukan teknik analisis indeks gini ratio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dapat dilakukan para petani masyarakat Desa Mojosari Kabupaten Jember bisa menerapkan strategi SWOT dengan cara memperkuat kekuatan yang dimiliki tanpa mengabaikan ancaman yang mungkin akan terjadi. Sedangkan dengan analisis indeks gini ratio menunjukkan bahwa ketimpangan yang terdapat di Desa Mojosari, Kabupaten Jember termasuk ketimpangan yang ringan atau rendah.
Perkembangan Industri Halal dan Kontribusinya Terhadap Perekonomian di Indonesia cucu sofiawati
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 3 No 2 (2022): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/ecopreneur.v3i2.809

Abstract

The halal industry sector has enormous potential as a driver of world economic growth. World consumer demand for the halal industry is increasing every year. So that the Government focuses on three areas in the development of the halal industry, namely infrastructure development, a halal guarantee system, and increasing the contribution of halal to the trade balance. In addition, through research and research, the Indonesian halal industry is also expected to increase. The purpose of this study is to find out how the development of the halal industry and its contribution to the economy in Indonesia is. This type of research is a descriptive analysis with a qualitative approach and is included in the category of library research. The technique of collecting data is by reviewing the literature to the library and collecting books, written materials, information and references that are relevant to the research being carried out. The results of this study indicate that the acceleration of the development of Halal Industrial Estates in Indonesia can realize the potential for developing the halal industry which is quite large. The reason is, with a 1.8 billion Muslim population in the world, there is a potential for shopping for halal products that reaches USD 2.2 trillion. Indonesia itself has the largest Muslim population in the world, amounting to 222 million people. Abstrak Sektor industri halal memiliki potensi yang sangat besar sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi dunia. Permintaan konsumen dunia terhadap industri halal semakin meningkat setiap tahunnya. Sehingga Pemerintah memfokuskan tiga bidang dalam pengembangan industri halal yaitu pembangunan infrastruktur, sistem jaminan halal, dan peningkatan kontribusi halal terhadap neraca perdagangan. Selain itu, melalui riset dan penelitian, industri halal Indonesia juga diharapkan akan meningkat. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perkembangan industri halal dan kontribusinya terhadap perekonomian di indonesia. Jenis peneitian ini merupakan penelitian kualitatif dan termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research). Adapun teknik pengumpulan data dengan tinjauan pustaka ke perpustakaan dan pengumpulan buku- buku, bahan-bahan tertulis, informasi serta referensi-referensi yang relevan dengan penelitian yang sedang dilakukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa akselerasi pembangunan Kawasan Industri Halal di Indonesia dapat merealisasikan potensi pengembangan industri halal yang cukup besar. Pasalnya, dengan 1,8 miliar penduduk muslim di dunia, terdapat potensi belanja produk halal yang mencapai USD2,2 Triliun. Indonesia sendiri memiliki populasi muslim terbesar di dunia, sebesar 222 juta jiwa.
Strategi Penjualan Online Selama Masa Covid 19 safika maranti; Rosida Rusmiati
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 3 No 2 (2022): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/ecopreneur.v3i2.910

Abstract

This article aims to describe the online sales strategy carried out by residents of the Ledok Tukangan village in Yogyakarta City during Pandemi Covid 19. This research uses qualitative method with a descriptive approach. The Researcher tries to describe the strategies carried out by the residents of Kampung Ledok Tukangan Yogyakarta in marketing their products during Pandemic. The strategy used social media such as Facebook, Instagram and Websites under the name “Pasar Kali Online” for promotion the product. In addition, residents also invites unemployment to become couriers. This method is considered effective in maintaining the culinary business in particular. Finally, sales could only sell two protions and now sell 10 to 15 portions. Likewise, traders who joined previously only 11 trades now have 35 traders. Abstrak Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi penjualan online yang dilakukan oleh warga kampung Ledok Tukangan Yogyakarta dalam menghadapi masa Pandemi Covid 19. Dengan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Peneliti mencoba mendeskripsikan strategi yang telah dilakukan oleh Warga Kampung Ledok Tukangan kota Yogyakarta dalam memasarkan hasil produksinya ditengah Pandemi Covid 19. Kampung Ledok merupakan kampung yang lokasinya tidak jauh dengan pusat perbelanjaan Malioboro. Pandemi Covid 19 membuat para warga saling membantu membaca pasar untuk menyusun strategi agar perekonomian tetap bertahan ditengah Pandemi Covid 19. Adapun strategi penjualan produk yang telah dilakukan adalah dengan memanfaatkan jaringan sosial media seperti facebook, instagram dan website. Nama website yang digunakan dalam memasarkan produk yaitu “Pasar Kali Online” (PKO) sesuai dengan lokasi pasar yaitu sepanjang bantaran sungai Code. Selain itu warga juga memberdayakan masyarakat yang terdampak PHK untuk menjadi tenaga pengantar. Ongkos jasa pengantaran yang mereka dapatkan menjadi salah satu pendapatan tambahan. Cara tersebut dinilai efektif dalam mempertahankan usaha kuliner dan sekaligus membuka peluang lapangan pekerjaan. Hasil penjualan yang awalnya hanya dapat menjual 2 porsi dan kini mencapai 10 hingga 15 porsi yang terjual. Begitupun pedagang yang bergabung yang tadinya hanya 11 pedagang sekarang mencapai 35 pedagang.
Aliran Ushul Fiqh (Dasar Historis Keilmuan Klasik dan Kontemporer) dede abduroman; Haris Maiza Putra; Hisam Ahyani
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 3 No 2 (2022): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/ecopreneur.v3i2.913

Abstract

This study aims to uncover and explore about how the Historical Basis of Classical and Contemporary Science by the Ushul Fiqh School?, where today the area of ​​Islam has been increasing, the problems faced by friends as mujtahids have experienced a variety of views on decisions in deciding the law (istinbatul ahkam) , so that the friends are required to be able to function all their reasoning abilities in deciding the problems (laws) they face according to their times. The scholars tried to devote all their capacity to return all the problems that occurred to the sources of Islamic law. As a result of the variety of legal issues, there were also differences in the legal stipulations carried out by the ulama at that time. This research method is included in the category of normative legal research, where the data used is primary data obtained from the results of library research by adopting the opinions of experts and practitioners who have an understanding of the problems discussed. The data used are primary data obtained from library research by adopting the opinions of experts and practitioners. The results of the study prove that: 1) Each ulema has his own method of ushul fiqh in deciding an Islamic legal case, so that the difference between one cleric and another in interpreting the law from the Qur'an and hadith. 2) Iraqi scholars, for example, are better known for their use of ra'yu (opinion) so that they try to find various illat in every case they face. 3) While the scholars of Medina, are better known for their use of hadith, because of the consideration that in this city the Messenger of Allah lived and received more revelations. 4) Besides that, there are also scholars who compromise between the ahlu ra'yu and the ahlu hadith. On this basis, the scholars made an arrangement of rules as a general basis in addressing these differences. However, in the formulation of these rules there are differences. In historical development, it is known as the schools of ushul fiqh. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguak serta menggali tentang tentang bagaimana Dasar Historis Keilmuan Klasik dan Kontemporer oleh Aliran Ushul Fiqh ?, dimana dewasa ini telah semakin bertambah luasnya wilayah Islam, permasalahan yang dihadapi sahabat sebagai mujtahid telah mengalami keberagaman pandangan putusan dalam memutuskan hukum (istinbatul ahkam), sehingga para sahabat dituntut agar mampu memfungsikan segala kemampuan nalar mereka dalam memutuskan permasalahan (hukum) yang dihadapi sesuai zamannya. Para ulama berusaha mencurahkan segenap kapasitas kemampuannya mengembalikan seluruh permasalahan yang terjadi kepada sumber-sumber hukum Islam. Akibat dari beragamnya permasalahan hukum tersebut, maka terjadi pula perbedaan dalam penetapan hukum yang dilakukan para ulama masa itu. Metode penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian hukum normative, dimana Data yang digunakan merupakan data primer yang didapat dari hasil penelitian kepustakaan dengan dengan mengadopsi pendapat para pakar dan praktisi yang memiliki pemahaman tentang permasalahan yang dibahas. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil studi pustaka (library research) dengan mengadopsi pendapat para ahli dan praktisi Hasil penelitian membuktikan bahwa : 1) Masing-masing ulama memiliki metode ushul fiqh sendiri dalam memutus suatu perkara hukum islam, sehingga terlihat perbedaan antara satu ulama dan ulama lainnya dalam mengistinbathkan hukum dari al-Qur’an dan hadis. 2) Ulama Iraq misalnya, lebih dikenal dengan penggunaan ra’yu (opini) sehingga mereka berusaha mencari berbagai illat dalam setiap kasus yang mereka hadapi. 3) Sedangkan ulama Madinah, lebih dikenal dengan penggunaan hadisnya, karena pertimbangan bahwa di kota inilah Rasulullah SAW tinggal dan lebih banyak menerima wahyu. 4) Disamping itu terdapat pula ulama yang mengkompromikan antara ahlu ra’yu dan ahlu hadis tersebut. Atas dasar ini, para ulama membuat susunan kaidah-kaedah sebagai landasan umum dalam menyikapi perbedaan tersebut. Akan tetapi, dalam penyusunan kaidah-kaidah ini terdapat perbedaan. Dalam perkembangan sejarah, dikenal dengan istilah aliran-aliran ushul fiqh.
Ramadhan Effect Fitria Yuni Astuti; Gilang Kharisma Putra; Siti Abdillah Nurhidayah
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 3 No 2 (2022): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/ecopreneur.v3i2.892

Abstract

This study aims to examine the effect of the month of Ramadan 1443 H on companies that are members of the Jakarta Islamic Index (JII). The first is to test the significance of abnormal returns on the day around the event, the second is to test whether there are differences in abnormal returns before and after the event. This research uses an event study research method, choosing t=0 the first day of the fasting month, which is March 31, 2022. Using secondary data obtained from yahoo finance. The results of the study revealed a significant reaction to the sample in this study around corporate events, and a significant AAR value was found at t+1. Meanwhile, there is no significant difference in abnormal returns before and before the event. Abstrak Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh Bulan Ramadhan 1443 H terhadap perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Indeks (JII). Pertama melakukan pengujian signifikansi abnormal return pada hari sekitaran peristiwa, pengujian kedua apakah terdapat perbedaan abnormal return sebelum dan setelah peristiwa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi peristiwa, dengan penentuan t=0 hari pertama bulan puasa, yakni pada tanggal 31 Maret 2022. Menggunakan data sekunder yang diperoleh dari yahoo finance. Hasil penelitian mengungkapkan terdapat reaksi yang signifikan terhadap sampel perusahaan pada penelitian ini pada sekitaran peristiwa, dan ditemukan nilai AAR yang signifikan pada t+1. Sementara itu tidak terdapat perbedaan abnormal return yang signifikan sebelum dan sesudah peristiwa

Page 1 of 2 | Total Record : 12