cover
Contact Name
Mashuri
Contact Email
mashuri@its.ac.id
Phone
+6281235200374
Journal Mail Official
amorijurnal@gmail.com
Editorial Address
Ruang Editor, Laboratorium Mekatronika Departemen Teknik Mesin Industri Kampus ITS Sukolilo, Surabaya - 60111
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Nasional Aplikasi Mekatronika, Otomasi dan Robot Industri (AMORI)
ISSN : 26552337     EISSN : 27213560     DOI : 10.12962/j27213560
Core Subject : Engineering,
Jurnal Aplikasi Mekatronika, Otomasi dan Robot Industri merupakan media bagi para peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitiannya yang berkualitas tinggi dalam bidang mekatronika, otomasi dan robot industri. Makalah yang dimuat dalam jurnal ini mencakup hasil riset ilmu dasar, ide-ide inovasi dan aplikasi dalam bidang tersebut, yang diusulkan oleh para peneliti, innovator ataupun tenaga ahli dari seluruh wilayah Indonesia. Topik-topik yang termasuk dalam bidang ini diantaranya : Sistem Kontrol, Elektronika, Sistem Pengolahan Data, Mekatronika, Internet of Things, serta Aplikasinya pada Dunia Industri Skala Kecil dan Besar.
Articles 25 Documents
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PLATFORM TERBANG ROBOT FLAPPING WINGS MICRO AERIAL VEHICLE Syahbana, Dwiky Fajri; Raihan, Diardano; Budiprayitno, Slamet
Jurnal Nasional Aplikasi Mekatronika, Otomasi dan Robot Industri (AMORI) Vol 1, No 2 (2020): Volume 1, Nomor 2, Tahun 2020
Publisher : Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1459.092 KB) | DOI: 10.12962/j27213560.v1i2.7710

Abstract

Teknologi Flapping Wings Micro Aerial Vehicle (FWMAV) merupakan perkembangan dari Unmanned Aerial Vehicle yang berukuran lebih kecil dan lebih ringan. FWMAV dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan inspecting, surveillance, dan spying di daerah yang sulit terjangkau manusia sehingga memerlukan kemampuan terbang yang dapat bermanuver tinggi. Platform terbang FWMAV “Papatong” dirancang untuk dapat terbang dengan mekanisme kepakan sayap berfrekuensi tinggi, seperti capung. Platform terbang ini juga dirancang untuk dapat berbelok dan bergerak naikturun sesuai dengan perintah yang dijalankan. Perancangan platform terbang Papatong meliputi pemilihan komponen elektrikal dan perancangan mekanikal terbang. Pemilihan komponen dan bahan mengutamakan pada dimensi yang kecil dan ringan namun tetap menjalankan fungsinya. Perancangan mekanik platform terbang mengadaptasi dari beberapa penelitian tentang FWMAV yang sudah ada. Hasil perancangan tiap bagian diintegrasikan dengan komponen elektrikal hingga menjadi suatu platform terbang Papatong FWMAV. Setelah melalui berbagai proses percobaan terbang dan pengujian, platform terbang yang telah terintegrasi dapat terbang dengan mekanisme kepakan sayapnya dan dapat dikendalikan dengan cukup baik.
VERTICAL AXIS WIND TURBINE PORTABLE SEBAGAI SOLUSI PENINGKATKAN RASIO ELEKTRIFIKASI UNTUK DAERAH-DAERAH TERPENCIL Budiprayitno, Slamet; Prasetyo, Andrew; Ismarningtyas, Yohidha; Yunitasari, Dewi Rahmatika
Jurnal Nasional Aplikasi Mekatronika, Otomasi dan Robot Industri (AMORI) Vol 1, No 1 (2020): Volume 1, Nomor 1, Tahun 2020
Publisher : Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1128.347 KB) | DOI: 10.12962/j27213560.v1i1.6660

Abstract

Abstrak - Berdasarkan data pada peta tahun 2011 Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, daerah yang memiliki rasio kelistrikan nasional paling kecil adalah daerah Indonesia Timur terutama Nusa Tenggara Timur yaitu sebesar 29.10% pada tahun 2010 sedangkan sampai akhir tahun 2012 Pulau Papua menjadi wilayah dengan rasio elektrifikasi terendah yakni sebesar 35.89% (KESDM 2012).  Pada Pulau Jawa, hanya DKI Jakarta yang memiliki rasio kelistrikan 100%, sedangkan rata-rata daerah lainnya di Pulau Jawa sebesar 69.5%. Berdasarkan  data tersebut kami mencoba menawarkan sebuah solusi dengan membuat alat “Vertical Axis Wind Turbin Portable”. Alat ini memanfaatkan prinsip aerodinamika untuk memutar turbinnya yang dikombiasi dengan menggunakan perhitungan rasio gerigi sehingga memiliki kemampuan dapat bekerja pada daerah yang minim angin. Rata – rata kecepatan angin yang ada di Indonesia tidak begitu besar kecuali untuk daerah pesisir. Selain itu Indonesia juga memiliki berbagai bentuk dataran tinggi sehingga alat ini kami desain agar mudah diatur ketinggiannya dari tinggi 1 meter sampai tinggi 4 meter sehingga dapat memudahkan dalam penempatannya, serta dapat dipindahkan dengan mudah. Alat ini juga memiliki fitur yang mempermudah untuk menambah dan mengurangi jumlah blade dalam turbin. Alat ini memanfaatkan generator untuk menghasilkan tegangan yang selanjutnya akan di hubungkan dengan buck converter untuk membangkitkan frekuensi dan memberikan efek switching sehingga ketika mengisi accumulator akan cepat terisi. Kemudian untuk mengubah agar dapat digunakan oleh perumahan digunakan inverter. Dengan adanya gagasan ini diharapkan dapat meningkatkan rasio elektrifikasi daerah-daerah terpencil yang memiliki ketinggian yang berbeda.
KOMPOSIT CARBON FIBER SANDWICH SEBAGAI BAHAN ALTERNATIF PENGGANTI ALUMUNIUM ALLOY 6063 PADA KNUCKLE PLATE MOBIL NOGOGENI 5 EVO Widiyono, Eddy; Mahdum, Muhammad Yusuf; Rahman, Hafid; Noor, Dedy Zulhidayat
Jurnal Nasional Aplikasi Mekatronika, Otomasi dan Robot Industri (AMORI) Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1887.887 KB) | DOI: 10.12962/j27213560.v2i1.9120

Abstract

Nogogeni merupakan mobil riset ramah lingkungan dan hemat energi yang dirancang untuk mendapatkanefisiensi tinggi. Untuk mencapai rancangan tersebut maka tim harus mereduksi berat pada kendaraan. Salah satuupaya untuk mereduksi berat mobil adalah dengan menggunakan komponen mobil dengan material dasar yang lebihringan, maka nilai efisiensi akan bertambah baik Untuk mendapatkan komponen mobil yang ringan maka dipilihlahkomposit sandwich serat karbon fiber dan double layer alumunium honeycomb core dengan variasi arah serat. Tujuandari tugas akhir ini adalah untuk membantu tim Nogogeni mendapatkan altematif pemilihan bahan dasar yang ringannamun tidak mengesampingkan kekuatan material. Setelah dilakukan pengujian bending diketahui bahwa datapengujian menghasilkan stiffness sebesar 1370.36 N/mm, facing bending stress 184.405 MPa, core shear ultimatestress 0,792 MPa komposit yang terbaik terdapat pada arah serat 0 0 , juga hasil momen bending karbonfiber dandouble layer aluminum honeycomb core lebih besar 517.62% dibandingkan dengan alumunium alloy 6063 T6-6h,model kegagalan komposit sandwich serat karbonfiber dengan double layer alumunium honeycomb core akibatpengujian bending (three point bending) berupa kegagalan indentation dan kegagalan core shear.
RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING TEGANGAN, ARUS, DAN FREKUENSI KELUARAN GENERATOR 3 FASA PADA MODUL MINI POWER PLANT DEPARTEMEN TEKNIK INSTRUMENTAS Iskandarianto, Fitri Adi; Raafi'u, Brian; Darwito, Purwadi Agus; Fadilah, Titin Nur; Badrul Alam, Rakmad Amrinsyah; Adhim, Fauzi Imaduddin; Ash-Shiddieqy, Rizaldy Hakim
Jurnal Nasional Aplikasi Mekatronika, Otomasi dan Robot Industri (AMORI) Vol 1, No 2 (2020): Volume 1, Nomor 2, Tahun 2020
Publisher : Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1098.236 KB) | DOI: 10.12962/j27213560.v1i2.7687

Abstract

Energi listrik menjadi suatu kebutuhan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Kestabilan pada sistem pembangkit energi listrik menjadi hal yang harus diperhatikan, salah satu instrument pembangkit listrik yang sering digunakan adalah Generator, yang mengkonversi energi mekanik menjadi energi listrik. Generator memiliki variabelvariabel fisis yang harus dijaga kestabilannya antara lain tegangan, arus dan frekuensi. Sehingga untuk mengetahui besar tegangan dan arus yang dihasilkan oleh generator maka dibuatlah sistem yang dapat mengukur besar arus, tegangan dan frekuensi yang dihasilkan oleh generator dengan sistem portable (plug and play). Pada sistem ini parameter keluaran generator dimonitoring menggunakan berbagai sensor antara lain sensor tegangan ZMPT101B untu mengukur tegangan keluaran generator, sensor ACS712 untuk mengukur variabel arus dan zero crossing detector untuk mengukur variabel frekuensi. Dari data uji sistem monitoring didapat hasil yaitu sensor tegangan ZMPT101B yang memiliki pembacaan error sebesar 0,01 untuk error pembacaan sensor ACS712 sebesar 0,09 dan untuk error pembacaan sensor frekuensi sebesar 0,01. Ketiga sensor ini berhasil digunakan dalam sistem monitoring tegangan, arus dan frekuensi keluaran generator pada modul mini power plant.
Desain Cover Bankart dengan Box Negative Pressure Sebagai Media Pengangkut Pasien COVID-19 -, Mashuri; -, Maulana; Abbas, Mohammad Ibnu; Mahardika, Bayu; Ash Shiddieqy, Rizaldy Hakim
Jurnal Nasional Aplikasi Mekatronika, Otomasi dan Robot Industri (AMORI) Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1146.537 KB) | DOI: 10.12962/j27213560.v2i1.9133

Abstract

Masa pandemi covid-19 menyita banyak perhatian masyarakat dunia diawal tahun 2020. Kemunculan bermula di daratan cina yang menyebar luas ke seluruh negara. Semua kegiatan yang sudah direncanakan akan dilakukan di tahun 2020 terpaksa harus tertunda bahkan dibatalkan. Indonesia menjadi bagian dari negara yang terkena dampaknya. Banyak masyarakat terjangkit covid-19. Maka semakin banyak pula yang harus diisolasi ke rumah sakit khusus yang telah ditetapkan. Penderita suspect covid-19 di Indonesia didominasi mereka yang sudah berusia diatas 40 tahun tanpa memandang gender dengan penyakit bawaan yang sudah dialami sebelum adanya covid-19. Penyakit komorbid atau penyakit bawaan ini sangat mempengaruhi pasien yang terjangkit dengan kondisi yang cukup parah saat menjalani perawatan di rumah sakit. Pasien covid-19 ketika dipindahkan dari rumah menuju ke rumah sakit rujukan dibawa menggunakan mobil ambulance. Jika mengikuti protokol kesehatan, para tenaga medis harus menggunakan pakaian hazmat (hazardous materials). Pakaian ini adalah perlengkapan perlindungan yang terdiri dari bahan anti tembus dan digunakan untuk proteksi terhadap material berbahaya. Meskipun dengan peraturan wajib menggunakan pakaian tersebut, masih banyak tenaga medis yang masih bisa terjangkit covid-19 dan menyebabkan meninggal dunia. Permasalahan tersebut menciptakan gagasan berupa desain Cover Bankart dan Box Negative pressure. Metode dalam penelitian perancangan ini adalah metode Pahl & Beitz (1996). Kedepannya dengan alat ini akan lebih membantu kinerja tenaga medis dalam melaksanakan penjemputan pasien covid-19 untuk dibawa ke rumah sakit karena pasien akan diletakkan diatas Bankart ambulance yang tertutup cover. Cover Bankart berkondisi Negative pressure sehingga meminimalisir udara dari dalam keluar dan memberikan rasa lebih aman kepada tenaga medis yang bertugas menjemput pasien covid-19.
RANCANG BANGUN SISTEM METERAN LISTRIK PRABAYAR BERBASIS ANDROID Putra, Ricko Mahendra; Susila, Joko; Priananda, Ciptian Weried
Jurnal Nasional Aplikasi Mekatronika, Otomasi dan Robot Industri (AMORI) Vol 1, No 2 (2020): Volume 1, Nomor 2, Tahun 2020
Publisher : Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (815.065 KB) | DOI: 10.12962/j27213560.v1i2.7711

Abstract

Proyek akhir ini membahas tentang permasalahan utama bagi masyarakat di Indonesia yaitu bagaimana meningkatkan efektivitas dalam melakukan pembayaran listrik. Terdapat suatu masalah yaitu kebanyakan masih menggunakan metode manual dalam pembayarannya. Cara seperti ini tentu kurang praktis dan kebanyakan dengan metode manual masih terjadi adanya kesalahan dalam pembayarannya.Sebagai solusi permasalahan tersebut, diperlukan alat yang untuk membantu pembayaran secara otomatis dan dibuatlah rancang bangun sistem meteran listrik prabayar berbasis android. Sistem terdiri dari sensor (pengukur) arus dan tegangan litrik PLN. Kemudian dengan melalui rangkaian penyesuai dihubungkan dengan masukan mikrokontroler arduino untuk dibaca setiap perioda tiap detik. Hasil pembacaan tiap detik tersebut merupakan pemakaian listrik dalam Watt detik yang setiap detiknya diakumulasikan. Setiap hasil akumulasi akan diproses lebih lanjut antara lain untuk memperbaharui pengurangan sisa saldo. Jika sisa saldo nol, maka dilakukan pemutusan listrik oleh mikrokontroller melalui relay pemutus. Jika pengguna telah mengisi ulang saldo token, dilakukan penyambungan kembali listrik dari PLN. Sistem juga dilengkapi fitur peringatan dini melalui display apabila sisa saldo telah mencapai batas angka tertentu sesuai keinginan pengguna. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan pembacaan sensor arus pada sistem kWh meter ini memiliki kesalahan sebesar 1,904 %, sensor tegangan sebesar 0,919 %.
IMPLEMENTASI ENSEMBLE KALMAN FILTER PADA ESTIMASI GERAK PROYEKTIL DI BAWAH PENGARUH FAKTOR TEMPERATUR DAN KECEPATAN ANGIN Agustin, Diah; Apriliani, Erna; Nurhadi, Hendro
Jurnal Nasional Aplikasi Mekatronika, Otomasi dan Robot Industri (AMORI) Vol 1, No 1 (2020): Volume 1, Nomor 1, Tahun 2020
Publisher : Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1120.529 KB) | DOI: 10.12962/j27213560.v1i1.6661

Abstract

Abstrak—Proyektil merupakan bagian dari peluru yang meluncur di udara akibat adanya ekspansi termal yang terjadi di dalam selongsong. Salah satu jenis kaliber proyektil yang dikenal mempunyai daya hancur cukup tinggi adalah proyektil kaliber 12,7 × 99 mm. Dalam gerak proyektil yang sangat cepat di bawah pengaruh faktor temperatur dan kecepatan angin, diperlukan suatu estimasi untuk memperkirakan gerak proyektil agar dapat mencapai target dengan tepat. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini dilakukan estimasi gerak proyektil di bawah pengaruh faktor temperatur dan kecepatan angin.menggunakan metode Ensemble Kalman Filter. Selanjutnya hasil dari simulasi metode Ensemble Kalman Filter dilakukan perbandingan dengan menggunakan metode Kalman Filter yang bertujuan untuk mengetahui keunggulan dari estimasi EnKF. Hasil akhir menunjukkan bahwa estimasi EnKF lebih baik dalam mengestimasi gerak proyektil dengan ditunjukkan persentase akurasi estimasi EnKF adalah 93.96 % untuk variabel V1, 97.54 % untuk variabel V2, dan 66.10 % untuk variabel V3.
Rancang Bangun Mesin Electromechanical Grinding dengan Proses Silindris -, Mashuri; Satmoko, Nicholas Arnedeo; -, Winarto; Arifin, Suhdi; Sampurno, Bambang
Jurnal Nasional Aplikasi Mekatronika, Otomasi dan Robot Industri (AMORI) Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (909.556 KB) | DOI: 10.12962/j27213560.v2i1.9127

Abstract

Dalam pembuatan suatu profil yang mudah pada benda kerja, umumnya terdapat penggunaan mesin gerindakonvensional. Jika penggunaan mesin gerinda konvensional saat pengerjaannya bisa memakan waktu yang relatif lama,bisa terjadi distorsi pada permukaannya, dll.Proses ECG memiliki kelebihan dari gerinda konvensional seperti teganganinduksi rendah, kedalaman potongan, proses pengerjaannya lebih cepat dibandingkan dengan proses pengerjaanlainnya, bisa digunakan untuk segala jenis benda kerja yang bersifat konduktif, dll.ECG menggabungkan prosespenggerindaan konvensional dan proses ECM secara bersamaan antara proses pemesinan dengan gerak mekanispartikel abrasif dan reaksi elektrokimia. Dipasaran mesin ECG memiliki harga yang tinggi maka disini penulis mencobamerancang bangun alat Electrochemical Grinding sederhana agar dapat digunakan oleh mahasiswa Teknik MesinIndustri. Untuk perancangan mesin ECG memerlukan perancangan (struktur, penggerindaankonvensional,ECM),pembuatan mesin ECG dan pengujian. Hasil pengujian dari pembuatan mesin yang telah dilakukanmenunjukkan MRR penggerindaan konvensional 138,57 mm3/min dan MRR ECG 330 mm3/min
RANCANG BANGUN ALAT UKUR VISKOSITAS DIGITAL PADA OLI MENGGUNAKAN SENSOR EFEK HALL Hasiguan, Ruth Nelly; Arifin, Imam; Hady, Mohamad Abdul; Budiprayitno, Slamet; Widodo, Sugeng Tri
Jurnal Nasional Aplikasi Mekatronika, Otomasi dan Robot Industri (AMORI) Vol 1, No 2 (2020): Volume 1, Nomor 2, Tahun 2020
Publisher : Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1827.939 KB) | DOI: 10.12962/j27213560.v1i2.7689

Abstract

Oli mesin pada sepeda motor berfungsi sebagai minyak pelumas, pendingin, pelindung dari karat, pembersih dan penutup celah pada dinding mesin. Pelumasan terhadap mesin digunakan untuk menghindari terjadinya gesekan langsung antara logam dalam mesin sehingga tingkat keausan logam dan tingkat kerusakan mesin dapat dikurangi. Untuk mendapatkan minyak pelumas yang sesuai dengan jenis mesin kendaraan yang digunakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satu dari hal tersebut adalah tingkat kekentalan dari minyak pelumas. Faktor kekentalan atau viskositas oli merupakan besaran yang harus disesuaikan dengan klasifikasi mesin. Tetapi masyarakat awam memilih oli hanya berdasarkan merk maupun harga yang ditawarkan oleh produsen. Pada penelitian ini akan diimplementasikan suatu sistem pengukuran sensor kekentalan oli dengan menggunakan metode silinder konsentris. Metode menggunakan dua buah silinder konsentris yang berbeda ukuran dengan ruang diantara kedua silinder tersebut diisi dengan cairan yang akan diuji. Silinder luar atau rotor diputar menggunakan motor DC dengan kecepatan konstan dan torsi yang dihasilkan dari silinder dalam atau stator diukur menggunakan sensor efek hall. Pengukuran viskositas dilakukan pada oli SAE 20W-40 dan oli SAE 10W-30 dengan memberikan kecepatan putar motor konstan dan temperatur pada cairan yaitu 27oC. Hasil eksperimen pada temperatur cairan 27oC dan kecepatan putar awal motor 68 Hz menunjukkan nilai viskositas SAE 20W-40) yaitu 162,1 centiPoise dan viskositas oli SAE 10W-30 yaitu 123,8 centiPoise. Hasil eksperimen menunjukkan yaitu semakin kental oli maka kecepatan putar motor DC semakin kecil.
ESTIMASI GERAK PROYEKTIL DENGAN METODE EXTENDED KALMAN FILTER (EKF) PADA INISIAL KONDISI PESAWAT UDARA BERGERAK Aprilia, Riska; Apriliani, Erna; Nurhadi, Hendro
Jurnal Nasional Aplikasi Mekatronika, Otomasi dan Robot Industri (AMORI) Vol 1, No 1 (2020): Volume 1, Nomor 1, Tahun 2020
Publisher : Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (977.479 KB) | DOI: 10.12962/j27213560.v1i1.6646

Abstract

Abstrak — Salah satu usaha untuk mempertahankan negara adalah pengembangan dalam bidang kedirgantaraan. Contohnya pada jalur udara dengan pesawat yang dilengkapi dengan teknologi senjata api. Pada bidang kemiliteran, proyektil senjata api yang digunakan adalah proyektil kaliber 12.7 × 99 mm karena memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Oleh karena itu diperlukan sebuah estimator untuk memprediksi lintasan proyektil yang ditembak dari pesawat udara. Salah satu estimator yang dapat digunakan adalah Extended Kalman Filter. Metode ini merupakan pengembangan dari metode Kalman Filter. Pada penelitian ini Extended Kalman Filter dibandingkan dengan Kalman Filter untuk mengetahui hasil estimasi yang optimal dengan data pengukuran diasumsikan linier. Hasil estimasi menunjukkan bahwa Extended Kalman Filter memiliki hasil yang optimal untuk memprediksi lintasan proyektil yang ditembak dari pesawat udara bergerak. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat keakurasian sebesar 97.81% pada posisi  x, 64.34% pada posisi y, dan 98.13% pada posisi z.

Page 1 of 3 | Total Record : 25